salicylic acid

Salicylic acid merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk produk skincare, terutama skicare untuk eksfoliasi kulit wajah. Seperti contohnya exfoliating serum dan face wash. Dalam produk skincare tersebut, bahan ini pasti tercantum.

Salicylic acid dalam skincare di Indonesia dikenal dengan istilah asam salisilat. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama salicylic acid manfaat untuk wajah sehingga banyak digunakan di setiap produk skincare itu sendiri. Namun sebelum membahas salicylic acid manfaat, kita ketahui terlebih dahulu terkait asam salisilat ini.

BACA JUGA: 10 Manfaat Lemon untuk Wajah Beserta Efek Sampingnya

Apa itu salicylic acid

salicylic acid
Kompas

Berbicara tentang salicylic acid, Sedulur harus mengetahui terkait jenis-jenis dari acid atau asam yang digunakan dalam mengeksfoliasi kulit wajah. Jenis-jenis tersebut yaitu alpha hydroxy acid (AHA) dan beta hydroxy acid (BHA).

-->

Keduanya memiliki struktur molekul yang berbeda, membuat AHA larut di dalam air sementara BHA larut di dalam minyak. Asam yang masuk dalam kelompok AHA di antaranya adalah glycolic acid, lactic acid, dan citric acid, sementara salicylic acid merupakan satu-satunya acid di kelompok BHA.

Cara kerja asam salisilat

iStock

Saat dijadikan kandungan skincare, kedua jenis asam tersebut bekerja dengan cara yang sama, yaitu memutuskan ikatan yang membuat sel-sel kulit mati tetap menempel di permukaan kulit dan tidak luruh sehingga membuat kulit wajah terasa kasar dan terlihat kusam.

Sebenarnya sel-sel kulit mati ini akan luruh secara alami, namun kecepatannya berkurang saat usia bertambah. Di sinilah AHA dan BHA berperan untuk mempercepat prosesnya. Setelah ikatannya terputus, maka sel-sel kulit mati ini akan luruh dengan mudah saat wajah dibersihkan.

Karena BHA dapat larut dalam minyak, maka acid ini dapat menembus lapisan minyak yang memenuhi pori-pori dan masuk sampai ke dalam untuk mengeksfoliasi dan membersihkan minyak, kotoran, partikel polusi, dan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Manfaat salicylic acid

salicylic acid
iStock

Kemampuan dari asam tersebut membuat BHA sangat direkomendasikan untuk pemilik kulit wajah berminyak dan cenderung berjerawat, walau dapat juga digunakan oleh jenis kulit wajah lainnya. Dengan pemakaian rutin, kondisi kulit wajah akan membaik.

Salah satu yang paling bermanfaat adalah manfaat salicylic acid untuk jerawat. Termasuk salicylic acid Somethinc 2%. Berikut ini adalah daftar manfaatnya lebih lengkap lagi, yaitu:

1. Mampu mengeksfoliasi sel-sel kulit mati

iStock

Manfaat pertama yaitu dapat melakukan eksfoliasi pada kulit wajah jika digunakan seara rutin 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Terutama jika menggunakan produk yang mengandung AHA dan BHA dapat membantu kulit wajah tampak lebih halus dan cerah, serta membantu menyamarkan tampilan garis-garis halus, kerutan, dan pori-pori besar.

2. Mengatasi masalah-masalah kulit

salicylic acid
iStock

Kemampuannya mengeksfoliasi sel-sel kulit mati membuat salicylic acid menjadi keratolytic agent yang dapat membantu mengobati masalah-masalah kulit, seperti jerawat, kutil, dan psoriasis.

Dengan membersihkan pori-pori dari sumbatan, maka bakteri penyebab peradangan kulit dapat diatasi, dan peradangan kulit dapati dikurangi. Sehingga kulit akan terhindar dari masalah-masalah yang membuat kulit wajah kering, rusak dan kusam.

3. Menyembukan jerawat

Kompas

Ini merupakan manfaat yang paling dibutuhkan, yaitu mengobati jerawat. Masalah jerawat umumnya muncul karena tiga penyebab, yaitu tumpukan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori, produksi minyak berlebih, dan paparan bakteri P. acnes.

Dengan kemampuannya mengeksfoliasi sel-sel kulit mati di kulit yang berminyak dan ditambah dengan sifatnya yang anti-bakteri, maka salicylic acid ampuh dalam membantu menyembuhkan jerawat.

4. Mencegah munculnya komedo dan blackhead

salicylic acid
Hellosehat

Selain masalah jerawat, masalah wajah yang menyebalkan dan menganggu selanjutnya yaitu komedo dan blackhead. Keduanya merupakan sel-sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori yang secara perlaham membentuk komedo.

Jika tidak segera dibersihkan, maka komedo tersebut akan teroksidasi dan terbentuknya blackhead yang lebih sulit dibersihkan. Jika Sedulur rutin melakukan eksfoliasi menggunakan produk skincare yang mengandung BHA, maka masalah ini dapat dicegah.

5. Mengurangi peradangan pada kulit wajah

Alodokter

Salicylic acid merupakan turunan dari aspirin yang berfungsi mengurangi peradangan di tubuh. Karena sifat anti-inflamasi-nya, maka zat asam ini dapat membantu mengurangi peradangan saat kulit wajah iritasi atau mengalami breakout. 

BACA JUGA: 7 Manfaat Masker Himalaya untuk Wajah Beserta Harganya

Kandungan salicylic acid

salicylic acid
iStock

Setelah mengetahui daftar manfaatnya di atas, wajar jika tidak sulit menemukan asam salisilat sebagai bahan pembuatan skincare. Baik di produk pembersih wajah, scrub, cleansing, toner hingga krim pelembab wajah menggunakan bahan satu ini.

Untuk serum misalnya, penggunaan asam salisilat atau BHA lebih tinggi dan terkonsentrasi di dalam serum dan obat jerawat.

Sementara itu, untuk persentase kandungan yang aman, Food and Drug Administration (FDA), lembangan serupa BPOM asal Amerika Serikat, memperbolehkan kandungan 0,5-2 persen untuk produk-produk skincare yang dijual bebas dan ditujukan untuk eksfoliasi serta pengobatan jerawat ringan.

Sementara jika mengambil perawatan peeling di klinik kecantikan yang dilakukan oleh dokter kulit, persentasenya bisa mencapai 20-30 persen.  Persentase lebih besar penggunaan salicylic acid untuk kulit, karena berada dalam pengawasan dokter secara langsung.

Panduan penggunaan yang harus diketahui

iStock

Kendati manfaat dari kandungan asam salisilat sangat baik untuk wajah, namun Sedulur juga harus tahu panduan penggunaannya. Panduan ini berupa aturan penggunaan yang harus diperhatikan. Bagi Sedulur yang menggunakan produk skincare menggandung BHA atau salicylic acid, berikut panduan yang perlu diperhatikan:

  • Sedulur disarankan untuk melakukan patch test terlebih dahulu untuk melihat respon kulit wajah Sedulur. Karena bahan ini dapat menyebabkan iritas, terutama jika kandungannya tinggi. Jika tidak terjadi iritasi, maka Sedulur bisa lanjut menggunakannya.
  • Tidak dianjurkan untuk kulit wajah kering dan sensitif, termasuk juga bagi ibu hamil atau orang yang tengah mengalami masa pengobatan.
  • Gunakan setiap produk skincare sesuai dengan petunjuk penggunaannya, jangan kurang ataupun lebih. Untuk asam salisilat dengan konsentrasi tinggi, gunakan hanya pada area wajah yang bermasalah. Penggunaan yang berlebihan bisa berpotensi menyebabkan keracunan.
  • BHA dapat membuat kulit wajah menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Karena itu, selalu gunakan sunscreen yang mengandung SPF dan PA, serta sebisa mungkin hindari paparan langsung sinar matahari ke kulit wajah.
  • Jika Sedulur tengah mengobati jerawat, disarankan untuk menggunakan produk-produk skincare dan makeup yang bersifat non-comedogenic dan non-acnegenic sehingga tidak menyumbat pori-pori.

Efek samping yang muncul

salicylic acid
Sociolla

Setiap menggunakan obat-obatan atau bahan kimiawi selalu menimbulkan reaksi efek samping. Berbeda dengan menggunakan bahan alami yang bebas dari efek samping. Adapun beberapa hal yang dapat ditimbulkan dari penggunaan salicylic acid yaitu sebagai berikut:

  • Efek samping pertama yaitu dapat menimbulkan iritasi pada kulit, seperti kulit mengelupas, terbakar, kering, atau memerah, terutama pada awal perawatan. Jika salah satu efek ini tidak kunjung sembuh, ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter.
  • Efek samping kedua yaitu dapat menimbulkan reaksi alergi. Seseorang bisa mengalami reaksi alergi yang sangat serius meskipun kasusnya terbilang jarang terjadi. Beberapa reaksi alergi yang dapat timbul, antara lain ruam, gatal/bengkak, pusing yang parah, hingga kesulitan bernapas.
  • Dalam tahapan yang lebih parah lagi, efek samping yang akan muncul seperti sakit kepala parah, telinga berdenging, masalah pendengaran, dan masalah berpikir. Ada juga efek samping sakit perut yang parah, muntah, hingga diare dan perasaan pusing seperti akan pingsan serta sesak napas. Jika efek samping tersebut yang dirasakan maka jangan ragu untuk periksa ke dokter dan melakukan konsultasi pengobatan. Minta saran dari dokter untuk pengobatan yang tepat.

Nah itulah tadi pembahasan terkait manfaat salicylic acid untuk wajah sehingga banyak digunakan untuk produk skincare. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.