manfaat lemon untuk wajah

Lemon merupakan salah satu jenis buah yang banyak disukai. Sebab, buah yang identik dengan kulit berwarna kuning ini memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan hingga kecantikan kulit wajah. Manfaat lemon untuk wajah pun membuat buah satu ini kerap dijadikan salah satu campuran dalam pembuatan produk perawatan kulit (skincare) ataupun dibuat menjadi masker rumahan.

Apakah Sedulur penasaran apa saja manfaat lemon untuk kulit? Serta bagaimana cara mengolah buah lemon menjadi masker yang kaya manfaat untuk kulit? Berikut ini Super sudah merangkum 10 manfaat lemon untuk wajah dan cara menggunakannya serta efek samping yang perlu diwaspadai.

BACA JUGA: 10 Manfaat Daun Insulin untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Kenali!

Mengenal kandungan lemon dan manfaatnya untuk wajah

manfaat lemon untuk wajah
iStock

Buah lemon atau juga dikenal sebagai sitrun, jeruk sitrun, atau limun merupakan buah sejenis jeruk yang umum dipakai sebagai salah satu bahan makanan maupun minuman. Buah yang terkenal dengan rasa asam ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan termasuk kesehatan kulit. Hal ini tidak lepas dari berbagai kandungan yang ada di dalamnya.

-->

Dikutip dari laman Alodokter, setidaknya di dalam 100 gram lemon, terdapat 29 kalori. Selain itu terkandung beragam nutrisi yang meliputi karbohidrat, protein, gula, serat, kalium, kalsium, dan berbagai vitamin, termasuk vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C. Lemon juga mengandung fosfor, magnesium, zinc, serta berbagai jenis antioksidan, seperti hesperidin, diosmin, dan eriocitrin.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa manfaat lemon untuk wajah yang perlu Sedulur ketahui.

1. Mengobati jerawat

manfaat lemon untuk wajah
Freepik

Manfaat lemon untuk jerawat telah dikenal luas sejak lama. Menurut Dr. Surbhi, MD, air perasan lemon dapat digunakan untuk mengobati jerawat dikarenakan kandungan dalam air perasan lemon mampu mengurangi sekresi minyak dan bakteri penyebab jerawat. Namun perlu menjadi catatan bahwa tidak dianjurkan untuk mengoleskan lemon langsung ke jerawat. Sebab, hal itu malah dapat menimbulkan iritasi.

Lantas bagaimana cara menggunakan lemon sebagai obat jerawat?

Sedulur dapat mencampurkan beberapa tetes air perasan lemon dengan air. Kemudian oleskan ke bagian wajah yang berjerawat dan tunggu selama beberapa menit lalu bilas dengan air hangat. Di samping itu, Sedulur juga bisa membuat toner dari campuran air perasan lemon dengan air mawar. Untuk takaran yang sesuai anjuran adalah satu mililiter air perasan lemon dicampur dengan 100 ml air mawar. Selanjutnya air toner itu bisa diaplikasikan ke wajah dengan kapas.

2. Mengurangi minyak pada wajah

Manfaat lemon untuk wajah yang selanjutnya adalah mengurangi minyak. Kandungan asam sitrat dalam lemon disebut memiliki manfaat layaknya astringent yang dapat mengurangi produksi minyak berlebih. Hal ini sekaligus bisa mencegah timbulnya jerawat akibat penyumbatan pori oleh minyak. 

Di sisi lain perlu menjadi catatan bahwa manfaat lemon untuk mengurangi minyak pada wajah sekaligus dapat menyebabkan wajah menjadi kering. Oleh karenanya, untuk memperoleh manfaat lemon untuk wajah kering sebaiknya penggunaan lemon dicampur dengan madu. Sebab, madu dapat berfungsi sebagai pelembab alami. Selain itu, hindari penggunaan lemon pada kulit yang sensitif atau sangat kering.

3. Menghilangkan komedo

manfaat lemon untuk wajah
iStock

Komedo juga merupakan masalah kulit yang disebabkan oleh minyak yang menumpuk dan menyumbat pori-pori. Oleh sebab itu, mengurangi produksi minyak pada wajah dengan air perasan lemon sekaligus dapat mengatasi masalah komedo dan mencegahnya datang lagi.

BACA JUGA: Mengenal Arti & Manfaat Bunga Forget Me Not, Bunga Kesetiaan

4.  Mengangkat sel kulit mati

Selain bermanfaat untuk mengurangi minyak dan mengatasi masalah jerawat serta komedo, air perasan lemon yang mengandung asam sitrat juga dapat berfungsi sebagai eksfoliator tepatnya dengan mengangkat sel-sel kulit mati. Perlu diketahui, menumpuknya sel kulit pada wajah dapat menjadi sumber berbagai masalah kulit yang banyak dikeluhkan masyarakat khususnya kaum hawa. Mulai dari timbulnya jerawat, komedo, hingga wajah tampak kusam. Untuk itu, buah lemon yang memiliki kandungan asam lemon dinilai sebagai paket komplit untuk perawatan kulit karena kaya akan manfaat.

5. Mencerahkan wajah yang kusam

Freepik

Salah satu manfaat air perasan lemon untuk mengangkat sel kulit mati ialah dapat membantu mencerahkan kulit. Manfaat ini juga kerap diunggulkan oleh produk-produk perawatan kulit yang menggunakan lemon sebagai salah satu bahannya.

Manfaat lemon untuk mencerahkan wajah sendiri diperoleh dari kandungan asam sitrat yang berfungsi untuk eksfoliasi dengan mengangkat sel kulit mati. Diketahui, sel-sel kulit mati inilah yang menjadi penyebab kulit wajah menjadi tampak kusam atau tidak cerah.

6. Menyamarkan bekas jerawat

Manfaat lain dari asam sitrat yang dapat berfungsi sebagai eksfoliator dengan mengangkat sel kulit mati adalah menyamarkan noda bekas jerawat. Dengan terangkatnya sel-sel kulit mati, maka bekas jerawat akan cepat terganti dengan sel kulit baru yang membuat penampilan menjadi lebih cerah dan bersih.

7. Mengatasi flek hitam pada wajah

istock

Masalah kulit selanjutnya yang banyak dikeluhkan adalah munculnya flek hitam. Kabar baiknya, buah lemon juga bisa menjadi bahan alami untuk mengatasi masalah satu ini.

Manfaat lemon untuk wajah flek hitam lagi-lagi diperoleh dari kandungan asam sitrat dan vitamin C pada lemon. Nah, untuk memperoleh manfaat lemon untuk mengatasi flek hitam, Sedulur dapat mencampurkan tetesan air lemon dengan air dan dan kemudian mengoleskannya ke wajah. Selanjutnya tunggu selama beberapa menit dan bilas dengan air. Cara ini bisa Sedulur lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

BACA JUGA: 10 Fungsi Tawas untuk Kecantikan dan Kesehatan

8. Manfaat lemon untuk wajah dengan merangsang produksi kolagen

Manfaat lemon untuk kulit lainnya adalah meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Hal ini dikarenakan lemon memiliki kandungan berupa asam nitrat dan vitamin C yang dapat merangsang pembentukan kolagen. Seperti yang diketahui, kolagen memiliki peran besar untuk menjaga elastisitas kulit. Sayangnya produksi kolagen akan mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. Hal ini jugalah yang membuat munculnya masalah seperti kerutan. Untuk itu menggunakan produk yang dapat merangsang produksi kolagen seperti lemon akan sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerutan pada wajah.

9. Mencegah penuaan dini

Freepik

Penuaan dini merupakan kondisi yang umum ditandai dengan berbagai masalah kulit, seperti flek hitam dan wajah tampak kendur. Sudah dijelaskan pada poin-poin sebelumnya bahwa lemon dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Oleh karenanya, menggunakan air perasan lemon sebagai bahan untuk perawatan kulit sekaligus dapat mencegah terjadinya penuaan dini.

10. Mencerahkan bibir yang gelap

Selain bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah, lemon juga bisa digunakan untuk mencerahkan bibir. Manfaat ini bisa Sedulur peroleh dengan menaburkan gula pada lemon yang sudah dibelah menjadi dua. Kemudian lemon yang sudah ditaburi gula itu digunakan sebagai scrub pada bibir. Namun pastikan untuk melakukan scrubbing secara perlahan dan lembut agar bibir tidak terluka.

BACA JUGA:15 Manfaat Serai untuk Kesehatan Tubuh & Efek Sampingnya

Tips cara menggunakan lemon untuk wajah

iStock

Setelah mengetahui berbagai manfaat lemon untuk wajah, Sedulur tentu ingin tahu bagaimana cara memanfaatkan buah lemon sebagai produk perawatan kulit wajah. Selain menggunakan produk skincare yang mengandung lemon, Sedulur juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Tentu hal ini harus dilakukan secara hati-hati agar campuran lemon tidak malah menimbulkan masalah pada kulit. Nah, berikut ini ada beberapa tips cara membuat masker lemon termasuk untuk memutihkan wajah.

  1. Campuran air lemon

Beberapa sumber menyebut tidak masalah untuk menggunakan air perasan lemon saja tanpa dicampur air. Namun cara ini memiliki risiko menyebabkan iritasi karena kandungan asam yang sangat kuat. Untuk itu, ada baiknya mencampur air lemon dengan air. Selain itu selalu bilas wajah setelah menggunakan air lemon.

  1. Masker lemon dan madu

Cara ini bisa dicoba Sedulur yang memiliki kulit cenderung kering namun tetap ingin mendapatkan manfaat lemon untuk mencerahkan wajah maupun mengatasi masalah kulit lainnya. Untuk cara satu ini, Sedulur dapat mencampurkan setengah sendok makan air lemon dengan satu sendok teh madu. Kemudian campuran tersebut dioleskan pada wajah hingga agak mengering lalu bilas.

BACA JUGA: Manfaat Kitolod untuk Kesehatan, Begini Cara Penggunaanya

Cara tes kulit sensitif terhadap lemon

iStock

Seperti yang disampaikan sebelumnya, penggunaan manfaat lemon untuk wajah kering perlu dilakukan secara hati-hati. Sebab, kandungan asam pada lemon dapat menimbulkan risiko seperti iritasi pada kulit. Kondisi ini terutama dapat terjadi pada kulit kering maupun kulit sensitif yang memiliki riwayat alergi terhadap lemon. Untuk kasus seperti ini, disarankan tidak mengoleskan perasan lemon secara langsung pada kulit.

Adapun Sedulur juga bisa melakukan uji reaksi perasan lemon pada kulit sebelum menggunakannya sebagai bahan untuk perawatan kulit. Berikut tips menguji kulit sensitif terhadap lemon.

  • Pertama, oleskan air lemon atau masker lemon yang sudah dibuat pada bagian tubuh selain wajah. Umumnya uji alergi bisa dilakukan di bagian punggung tangan.
  • Kemudian tunggu hingga 15 menit dan bilas.
  • Amati reaksi air lemon atau masker lemon tadi terhadap kulit. Jika muncul iritasi, ruam, gatal, atau tanda kulit sensitif lainnya, dapat dimungkinkan kulit Sedulur sensitif terhadap kandungan lemon. Apabila demikian, ada baiknya menghindari campuran lemon sebagai bahan perawatan kulit.

BACA JUGA: 8 Manfaat Daun Capo untuk Kesehatan Beserta Resepnya

Mengenal efek samping lemon

iStock

Di samping beragam manfaat yang dimiliki air lemon untuk wajah, terdapat efek samping yang perlu untuk Sedulur waspadai. Efek samping ini umumnya disebabkan oleh kandungan lemon yang tidak cocok dengan kondisi kulit wajah. Selain itu cara penggunaan air lemon untuk perawatan kulit juga bisa menyebabkan timbulnya efek samping. Lantas, apa saja efek samping menggunakan lemon untuk wajah? Berikut ulasan selengkapnya.

  • Iritasi kulit, merupakan efek samping yang paling umum dialami. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam yang memang berpotensi menyebabkan kulit menjadi kering, kemerahan, bahkan mengelupas. Pada kulit sensitif, efek ini dapat terjadi secara lebih parah. Untuk itu pemilik kulit sensitif tidak dianjurkan menggunakan lemon pada kulit.
  • Leukoderma atau vitiligo, yaitu kondisi di mana kulit menjadi lebih cerah namun tidak merata. Hal ini disebabkan oleh hilangnya melanin akibat reaksi pada kulit.
  • Kulit terbakar sinar matahari. Hal ini disebabkan lemon memiliki efek eksfoliasi yang membuat kulit menjadi sensitif sehingga berdampak buruk ketika terkena sinar matahari. Oleh sebab itu tidak dianjurkan menggunakan lemon sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Demikian tadi ragam manfaat lemon untuk wajah. Selain itu telah dipaparkan pula cara menggunakan lemon untuk perawatan kulit wajah serta efek samping yang harus diwaspadai. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.