bb cream untuk kulit berminyak

Saat memilih produk make up seperti BB Cream, tidak hanya merk dan harga yang penting untuk diperhatikan. Sedulur juga perlu menyesuaikannya dengan jenis atau tipe kulit untuk mendapatkan hasil yang optimal. Seperti jika Sedulur memiliki kulit berminyak, maka pastikan Sedulur juga menggunakan BB Cream untuk kulit berminyak.

Oleh karena itu, sebelum membeli produk kecantikan, Sedulur harus mengenal lebih dulu jenis kulit yang Sedulur miliki. Hal ini sangat penting karena beberapa produk make up biasanya diproduksi dengan formula untuk jenis kulit tertentu. Jangan sampai, Sedulur salah membeli produk dan akhirnya harus membuang produk tersebut.

Nah, agar Sedulur tidak salah pilih produk, berikut akan dijelaskan cara memilih BB Cream untuk kulit berminyak beserta rekomendasi produknya. Simak dengan baik, ya!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Skincare Remaja Paling Aman, Bikin Kulit Glow Up!

-->

Cara memilih BB Cream untuk kulit berminyak

bb cream untuk kulit berminyak
iStock

Sebelum membeli produk BB Cream, alangkah baiknya jika Sedulur mengetahui beberapa cara memilih BB Cream berikut ini untuk mendapatkan produk yang paling tepat. 

1. Ketahui kandungan yang ada di dalamnya

Hal paling awal yang harus Sedulur perhatikan sebelum memilih BB Cream adalah mengetahui kandungan formulanya. Langkah ini tidak boleh dilewatkan jika Sedulur menginginkan hasil yang sesuai dengan kondisi kulit masing-masing.

Penting diketahui jika produksi minyak berlebih pada jenis kulit berminyak akan sangat rentan mengalami masalah kulit. Mulai dari munculnya jerawat, hingga terjadinya iritasi pada kulit yang lainnya. Dengan begitu, Sedulur harus menghindari kandungan mineral oil pada produk BB Cream untuk meminimalkan minyak di wajah.

Mineral oil perlu dihindari karena formula ini akan membuat kandungan minyak di wajah semakin banyak. Semakin banyak minyak di wajah, maka pori-pori kulit akan tersumbat dan membuat timbulnya jerawat semakin parah.  

Setelah menghindari kandungan mineral oil, Sedulur perlu mencari produk yang memiliki kandungan pelembap. Hal ini supaya kelembapan kulit tetap terjaga, sehingga kelenjar minyak tidak akan memproduksi minyak berlebih di wajah. Sebab, kondisi kulit yang kering justru akan memicu kelenjar minyak untuk lebih aktif memproduksi sebum.

Akan tetapi, Sedulur juga mesti cermat saat akan memilih jenis kandungan pelembap ini. Pastikan jika Sedulur menghindari bahan pelembap dari minyak, seperti coconut oil dan lanolin. Hal ini karena bahan-bahan tersebut akan menyumbat pori-pori pada kulit berminyak.  

Sedulur bisa memilih kandungan pelembap dari golongan AHA, seperti lactic acid dan glycolic acid. Hal ini karena keduanya memiliki kemampuan untuk mengunci kelembapan tanpa harus menghasilkan minyak berlebih pada kulit. Selain golongan AHA, pelembap dari ekstrak tanaman juga bisa Sedulur pilih. 

Terakhir, utamakan produk BB Cream yang sudah dilengkapi dengan kandungan SPF. Hal ini karena SPF akan menjaga kesehatan kulit, melindungi kulit dari sinar UV, dan mencegah kerusakan kulit karena sinar UVA dan UVB. Biasanya, produk BB Cream akan dilengkapi dengan SPF mulai dari 15 hingga 50. 

Akan tetapi, Sedulur perlu mengetahui bahwa semakin tinggi nilai SPF, maka akan semakin kental juga tekstur BB Cream. Sehingga, risiko terjadinya iritasi pada kulit berminyak akan lebih tinggi. Sebaiknya, Sedulur memilih BB Cream dengan SPF rendah dan memadukannya dengan sunscreen yang ringan. Gunakan sunscreen berbahan dasar air yang mudah diserap kulit untuk hasil lebih optimal. 

2. Perhatikan klaim pada BB Cream

Setiap produk pasti memiliki klaim masing-masing, tak terkecuali BB Cream. Klaim ini harus Sedulur perhatikan dengan baik agar bisa menemukan produk yang tepat dan sesuai dengan masalah kulit yang dimiliki. 

Seperti pada klaim oil control dan oil free, produk BB Cream akan berfungsi sebagai pengontrol produksi sebum di wajah. Klaim ini bisa menjadi bahan pertimbangan karena T-zone adalah area wajah yang cenderung berminyak sehingga dibutuhkan produk yang efektif menyerap minyak dengan tekstur ringan dan mudah diserap kulit.  

Selain itu, kandungan salicylic acid juga bisa Sedulur pertimbangkan bila sedang mencari produk BB cream untuk kulit berminyak dan berjerawat. Hal ini karena salicylic acid merupakan bahan yang memiliki sifat anti-inflamasi dan memiliki kemampuan untuk menghalau jerawat di kulit wajah.

Salicylic acid akan mengangkat sel kulit mati tanpa membuat kulit menjadi lebih kering, mampu mengecilkan pori-pori, serta bisa mengurangi produksi minyak berlebih. Kandungan bahan ini juga bisa membantu membersihkan pori-pori sehingga digolongkan dalam make up yang noncomedogenic.

Kandungan noncomedogenic ini sangat penting dipilih karena tidak akan menyumbat pori-pori. Dengan begitu, masalah kulit seperti jerawat, komedo, dan lain sebagainya tidak akan muncul kembali. Sedulur juga bisa memilih bahan hyaluronic acid dalam memilih BB cream noncomedogenic, sebab bahan ini akan membantu kulit semakin lembut, kenyal, dan lembap.  

3. Pilih produk dengan hasil akhir matte

Hasil akhir BB Cream yang matte memang sangat cocok untuk seseorang yang memiliki kulit berminyak. Sebab, produk BB cream ini akan membuat wajah bebas kilap, wajah tidak kusam, dan make up bisa bertahan lebih lama. Untuk menyamarkan bekas jerawat atau kemerahan di kulit, gunakan BB Cream dengan tingkat coverage yang tinggi, ya! 

BACA JUGA: Terbongkar! 10 Mitos Dunia Skincare yang Tak Perlu Dipecaya!

Rekomendasi BB Cream untuk kulit berminyak

1. Maybelline Super BB Cream Fresh Matte 

Review SOCO

Rekomendasi pertama adalah Maybelline Super BB Cream Fresh Matte. BB Cream ini memiliki kandungan Mattifying Mineral Perlite yang diklaim bisa mengontrol minyak di wajah hingga 12 jam. Dengan begitu, produk dengan harga sekitar Rp124.000 ini sangat cocok untuk Sedulur yang memiliki tipe kulit berminyak. 

Lebih dari itu, produk ini juga mengandung hingga 80 persen Water Essence, Water Lily dan Aloe Vera Extract yang mampu memberikan nutrisi terbaik dan tentunya melembabkan kulit secara optimal. Apalagi dengan kandungan SPF 21 PA++, kulit akan terlindung dari sinar UVA dan UVB. 

2. Skin Aqua BB Cream Matte SPF 27 PA++

bb cream untuk kulit berminyak
Vida Zenitha

 

Bila Sedulur mencari produk BB Cream untuk kulit berminyak dengan kemasan yang mewah, produk BB Cream dari Skin Aqua ini bisa menjadi salah satunya. Produk yang dikemas di dalam kardus berwarna merah muda metalik ini akan membuat Sedulur merasa puas dengan tampilannya.  

Skin Aqua BB Cream Matte SPF 27 PA++ akan menyesuaikan warna dengan kulit penggunanya, sehingga Sedulur tidak perlu khawatir wajah akan terlihat belang. Selain itu, produk ini juga akan menyerap minyak dan memberikan hasil akhir matte yang tahan selama 8 jam.

Menariknya lagi, BB Cream dari Skin Aqua ini juga dibekali dengan SPF 27 PA++ untuk memberikan perlindungan kepada wajah dari sinar UVA dan UVB. Jika Sedulur tertarik membelinya, produk ini dijual dengan harga sekitar Rp50.000 saja. 

3. PIXY Cosmetics UVW BB Cream

glamgodess

Berikutnya ada produk dari Pixy Cosmetics yang termasuk jenis BB cream noncomedogenic dan memiliki klaim mampu mencerahkan hingga 12 jam. Dengan menggunakan BB cream ini, Sedulur tentunya tidak perlu re-apply kembali dan akan tetap on point seharian. Apalagi harganya juga sangat terjangkau, yakni sekitar Rp40.000 saja.

PIXY Cosmetics UVW BB Cream dibekali dengan vitamin C dan natural whitening powder sehingga akan membuat kulit wajah tampak cerah dan bebas kusam. Didukung dengan Teknologi Fit Blend Formula, produk ini juga lebih mudah menyatu dengan kulit walaupun mengaplikasikannya dengan jari tangan. 

BACA JUGA: 10 Skincare untuk Menghilangkan Milia Beserta Harganya

4. Veraclara Real Perfect BB Cream

bb cream untuk kulit berminyak
Solidastore

Rekomendasi BB Cream untuk kulit berminyak berikutnya adalah Veraclara Real Perfect BB Cream. Produk make up dari Korea ini memiliki kandungan SPF 50+/PA+++ dan dijual dengan harga mulai dari Rp59.000. Kandungan bahan yang mampu melembapkan juga membuat BB Cream ini sangat cocok untuk digunakan beraktivitas di luar ruangan.

Lebih dari itu, formula produk ini juga tidak membuat make up menjadi crack atau pecah-pecah. Kandungan ekstrak daun Camellia sinensis, Morus alba bark extract, dan Glycyrrhiza glabra root extract juga akan membuat kulit terhidrasi dan lembut terlindungi.  

5. Wardah BB Cream Every Day

Khyra store

Beralih ke brand lokal, Wardah juga memiliki produk BB Cream untuk kulit berminyak yang populer. Meskipun harganya sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp29.000 saja, namun kualitas yang dimiliki Wardah sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Produk BB Cream ini diformulasikan dengan witch hazel extract dan zinc gluconate yang mampu mengontrol produksi minyak di kulit wajah dan bisa meredakan inflamasi. Kandungan Aloe vera dan bio-hyaluronic acid juga akan memberikan kelembapan dan nutrisi yang berguna untuk kulit wajah.  

6. Silkygirl Magic BB Cream

bb cream untuk kulit berminyak
Silkygirl

Berikutnya ada Silkygirl Magic BB Cream yang merupakan produk krim wajahi dengan kandungan mineral powder. Sesuai dengan namanya, produk ini akan menyatu dengan kulit dalam waktu sekejap layaknya sulap.

Produk seharga Rp73.500 ini mengandung sodium hyaluronate dan vitamin E yang mampu menjaga kelembapan kulit. Selain itu, kandungan AHA natural yang berasal dari lima jenis ekstrak tumbuhan juga akan membantu proses regenerasi kulit. 

BACA JUGA: Jangan Sampai Lewat! Ini 8 Urutan Skincare Pria

7. NYX Professional Makeup BB Cream 

bb cream untuk kulit berminyak
Yogi Iswad

Bila Sedulur tertarik dengan BB Cream yang memiliki formula ringan namun tetap memberikan blurring effect untuk menutupi flek hitam, bekas jerawat, hingga kemerahan, NYX Professional Makeup BB Cream adalah jawabannya.

Produk seharga Rp235.000 ini banyak digunakan untuk menghasilkan tampilan make up natural dan no make up make up look. NYX Professional Makeup BB Cream juga mampu mengontrol minyak berlebih dengan baik dan kandungan mineralnya tetap aman pada semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif dan berjerawat. 

8. Emina Daily Matte BB Cream

Emina Cosmetics

Emina Daily Matte BB Cream sangat cocok untuk Sedulur yang ingin mendapatkan produk berkualitas dengan harga yang terjangkau. Produk dengan harga mulai dari Rp27.900 ini tidak hanya mampu mengontrol minyak berlebih pada wajah, namun juga bisa memberikan kelembapan untuk kulit wajah. 

Diformulasikan dengan SPF 25 PA++, BB cream dari Emina Cosmetics yang bisa digunakan untuk remaja ini akan melindungi kulit saat beraktivitas sehari-hari. Kandungan vitamin E di dalamnya juga akan memberikan nutrisi yang cukup untuk kulit, lho! 

9. Etude House Precious Mineral BB Cream Matte 

bb cream untuk kulit berminyak
Andishop

 

Sedang mencari BB Cream untuk kulit berminyak dengan tekstur yang ringan dan hasil akhir matte? Jawabannya tentu saja Etude House Precious Mineral BB Cream Matte. Produk seharga Rp690.000 ini tidak hanya mengurangi kilap di kulit, namun coveragenya juga cukup baik untuk menyamarkan bekas jerawat. 

BB Cream yang memiliki coverage medium to full ini akan sangat cocok menemani aktivitas sehari-hari Sedulur ataupun digunakan saat acara formal seperti wisuda dan pernikahan. Apalagi kandungan SPF-nya yang cukup tinggi, yakni SPF 50 PA+++, Sedulur tidak perlu khawatir lagi untuk berkegiatan di luar ruangan.

BACA JUGA: Penting! Ini Manfaat Centella Asiatica yang ada Pada Skincare!

10. Holika Holika Aqua Petit Jelly BB Cream

Lila Beauty

Sedulur pasti sudah tidak asing lagi dengan brand Holika Holika bukan? Nah, mereka juga memiliki produk BB Cream untuk kulit berminyak yang layak untuk dicoba. Produk Aqua Petit Jelly BB Cream ini mengandung Alaska glacier water yang mampu membantu melembapkan kulit. 

Produk dengan harga mulai dari Rp297.000 ini tidak hanya cocok digunakan untuk pemilik kulit berminyak, namun juga bisa digunakan untuk pemilik kulit sensitif. Menariknya lagi, BB Cream ini memiliki tekstur jelly yang sangat praktis dibawa bepergian dan tentunya dilengkapi dengan spatula.

11. COSRX Make Me Lovely Cream

Behance

Berikutnya ada COSRX Make Me Lovely Cream yang merupakan kombinasi antara kosmetik dan skincare dengan formula yang ringan di kulit. Produk BB cream ini hampir sama dengan tone up cream karena akan memberikan efek cerah dan bisa meratakan warna kulit dengan hasil akhir yang natural.

Selain untuk kulit berminyak, produk ini juga cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Produk BB Cream dari COSRX ini juga bisa digunakan para remaja yang ingin tampil natural sehari-hari. Bila tertarik, harga produk ini mulai dari Rp197.000.

12. Airnderm Aesthetic BB Cream Gold

bb cream untuk kulit berminyak
Airin.skin

Airnderm Aesthetic Blemish Balm Cream Gold menjadi salah satu rekomendasi BB Cream yang memiliki tekstur ringan dan mudah meresap ke dalam kulit. Tak hanya mampu menyerap minyak berlebih, produk ini juga bisa menyatu dengan semua warna kulit sehingga cocok untuk tipe warna kulit apapun. Bila tertarik, BB Cream ini dibanderol dengan harga sekitar Rp94.000.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Skincare Pria Terbaik Paling Mudah Ditemukan

13. Y.O.U Radiance White BB Cream

bb cream untuk kulit berminyak
Beauty Lover

Rekomendasi berikutnya adalah Y.O.U Radiance White BB Cream. Produk yang diciptakan untuk kulit berminyak ini telah dilengkapi dengan SPF40 dan PA+++ yang akan melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. Kandungan snow mushroom juga akan menghidrasi dan menjaga elastisitas kulit.

Sedulur bisa memilih salah satu diantara tiga varian warna yang tersedia, yakni Vanilla, Almond dan Mocca. BB Cream ini tidak hanya memberikan efek mencerahkan, namun juga hasil akhir matte yang cocok untuk pemilik kulit berminyak. Sedulur bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari 

14. Fanbo Precious White BB Cream

Review SOCO

Selanjutnya ada BB cream dari Fanbo Cosmetics yakni ini Fanbo Precious White BB Cream. Produk ini memiliki empat kelebihan utama, diantaranya lightening, color balancing, sebum control, dan long lasting. Selain memiliki tekstur ringan, BB Cream seharga Rp33.700 ini juga mengandung ekstrak sakura dan provitamin B3 dengan SPF 15/PA++.

15. Purbasari Brightening Cool BB Cream

themakeupguru

Rekomendasi terakhir adalah Purbasari Brightening Cool BB Cream. Produk ini cocok untuk kulit berminyak dan memiliki coverage cukup tinggi untuk menyamarkan bekas luka, noda hitam hingga jerawat. Produk yang telah dilengkapi dengan SPF 15 ini juga memberikan hasil akhir matte dengan pilihan warna Honey Beige dan Natural. Sedulur bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp44.500.

Itu tadi 15 rekomendasi BB Cream untuk kulit berminyak beserta cara memilihnya yang bisa Sedulur jadikan referensi. Selain menggunakan BB Cream, Sedulur juga perlu menggunakan make up maupun skin care lain agar penampilan semakin paripurna.

Untuk mendapatkan skin care dan make up berkualitas dengan harga murah, Sedulur bisa belanja kebutuhan perawatan diri tersebut melalui Aplikasi Super. Sedulur akan mendapatkan berbagai diskon dan cashback menarik, hingga voucher gratis ongkir dalam setiap transaksi. 

Tak hanya itu, proses pengiriman barangnya juga cepat dan akan diantar langsung sampai ke depan rumah. Tunggu apalagi? Segera download Aplikasi Super di PlayStore dan nikmati kemudahan belanja sekarang juga!