Sedulur yang akrab dengan berbagai produk perawatan kulit pastinya sudah tidak asing lagi dengan mitos dunia skincare. Ya, klaim-klaim tanpa dasar informasi dan riset yang kuat tentang produk perawatan tersebut dapat menyesatkan siapa saja. Jika Sedulur terlanjur mempercayai mitos-mitos itu, bisa jadi Sedulur malah semakin merusak kulit sendiri, loh!

Pastinya tidak ada yang menginginkan kulit rusak karena percaya terhadap suatu klaim atau informasi salah. Nah, maka dari itu, artikel kali ini akan mencoba untuk membedah sedikit terkait apa saja mitos dunia skincare yang paling umum beredar di masyarakat awam. Yuk, simak lebih lanjut untuk mengetahui apa saja klaim-klaim palsu tersebut!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Bedak Terbaik dan Terbaru untuk Remaja

Mitos dunia skincare, apa saja?

Ketika merawat kulit dengan produk skincare, Sedulur pastinya menginginkan hasil yang maksimal; kulit sehat dan glowing. Akan tetapi, ada beberapa mitos dunia skincare yang kesannya sedikit menyesatkan atau bahkan berbahaya untuk kulit. 

-->

Jangan sampai terlena mengikuti mitos-mitos tersebut, ya Sedulur! Simak beberapa mitos dunia skincare yang paling umum beredar berikut ini!

1. Es batu dapat mengecilkan pori-pori

mitos dunia skincare
Depositphotos

Mitos dunia skincare yang pertama datang dari masalah pori-pori kulit. Sedulur pastinya pernah merasa kurang percaya diri karena lubang pori-pori kulit wajah, terutama sekitar hidung terlihat sangat besar.

Di luaran sana, banyak yang mengatakan bahwa salah satu tips manjur untuk mengecilkan pori-pori tersebut adalah dengan menggunakan es batu. Pori-pori tersebut ditempelkan es batu, biarkan sementara, lalu lama kelamaan ia akan mengecil sendiri. Lantas, benarkah pernyataan tersebut?

Mitos dunia skincare es batu dapat mengecilkan pori-pori tersebut ternyata hanyalah bualan belaka, loh! Pori-pori yang mengecil setelah ditempel es batu sifatnya sementara, ia hanyalah reaksi kulit terhadap suhu yang dingin. Mitos ini sangat menyesatkan dan malah memicu masalah kulit lainnya, seperti jerawat akibat bakteri-bakteri pada es batu yang menempel pada kulit.

BACA JUGA: 6 Jenis-Jenis Sepatu yang Banyak Digunakan Pria dan Wanita

2. Menyimpan krim di dalam kulkas dapat membuatnya lebih tahan lama

mitos dunia skincare
Depositphotos

Benarkah mitos dunia skincare terkait menyimpan krim di dalam kulkas dapat membuatnya lebih tahan lama? Banyak orang yang menganggap bahwa krim skincare yang disimpan di dalam kulkas akan lebih tahan lama, dalam artian dapat digunakan kembali selepas masa expired-nya.

Padahal sebenarnya mau dimanapun Sedulur menyimpan produk skincare, apabila sudah kadaluarsa, ya kadaluarsa. Masa pakai suatu produk skincare dihitung dari pertama kali Sedulur membuka kemasannya. Jika sudah lewat tanggal expired, maka sebaiknya Sedulur berhenti menggunakan produk tersebut. 

Risiko masalah serius dapat muncul dari penggunaan krim yang expired, walaupun disimpan di dalam kulkas. Terlebih lagi jika krim dibiarkan terbuka begitu saja di dalam kulkas dengan anggapan bahwa bakteri tidak akan tumbuh di lingkungan yang sejuk. Jadi, jangan dilakukan ya, Sedulur!

3. Mitos dunia skincare, kalau kulit terasa seperti terbakar tandanya skincare sedang bekerja

mitos dunia skincare
Depositphotos

Pernahkah Sedulur memakai suatu produk skincare dan langsung merasakan sensasi terbakar pada kulit setelah beberapa saat? Beberapa orang ada yang menganggap bahwa rasa terbakar tersebut adalah bukti nyata dari produk skincare yang bekerja pada kulit Sedulur.

Nyatanya? Anggapan tersebut hanyalah mitos dunia skincare belaka. Jika Sedulur merasakan sensasi menggelitik pada kulit setelah memakai skincare, mungkin hal tersebut masih dapat dimaklumi. Beberapa produk skincare memang dapat menghasilkan rasa menggelitik tersebut, seperti halnya produk berbahan glycolic acid.

Tetapi apabila Sedulur merasakan sensasi terbakar pada kulit yang agak menyakitkan dan juga mungkin disertai ruam merah dan gatal, mungkin sudah saatnya Sedulur berhenti menggunakan produk tersebut. Tanda-tanda yang Sedulur alami sejatinya merupakan reaksi alergi kulit terhadap bahan kimia tertentu. Jika diteruskan, ia berpotensi semakin merusak kulit Sedulur.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Lip Tint Lokal untuk Bibir Kering, Dijamin Ampuh

4. Mitos dunia skincare, semakin sering eksfoliasi maka kulit akan semakin sehat

mitos dunia skincare
Depositphotos

Benarkah semakin sering eksfoliasi maka kulit akan semakin sehat? Tunggu dulu, jangan mentah-mentah percaya terhadap mitos dunia skincare ini, ya! Menggosok kulit wajah dengan scrub dapat merusak kulit apabila dilakukan dengan frekuensi yang sering. Eksfoliasi dapat dilakukan maksimal dua sampai tiga kali dalam seminggu.

5. Penggunaan makeup yang terlalu sering dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat

mitos dunia skincare
Depositphotos

Umumnya makeup tidak akan menyebabkan jerawat. Pori-pori kulit tetap dapat ‘bernafas’ dan bekerja dengan semestinya. Tidak ada yang tersumbat dan memicu jerawat walaupun memakai makeup.

Tetapi, ia bisa jadi biang kerok jerawat apabila formulasi makeup tersebut berasal dari bahan kimia abal-abal atau sudah di luar masa kadaluarsanya.

BACA JUGA: 10 Model Rambut Mandarin yang Keren, Dijamin Disukai Wanita!

6. Sunscreen hanya perlu dipakai pada saat cuaca panas atau terik di luar ruangan

Depositphotos

Salah satu mitos dunia skincare yang banyak dipercaya orang adalah menggunakan sunscreen hanya pada saat berada di luar ruangan atau cuaca cerah saja. Nyatanya, sinar UVA dan UVB dari matahari tetap dapat menembus awan dan bahkan kaca-kaca di rumah Sedulur. Jadi, ada baiknya Sedulur tetap memakai sunscreen di dalam dan juga di luar ruangan.

7. Skincare dapat menyebabkan ketergantungan

Everypixel

Apakah skincare dapat menyebabkan ketergantungan? Ternyata ia hanya menjadi mitos dunia skincare saja, nih Sedulur! Ibarat tanaman, kulit Sedulur perlu untuk diberi air, pupuk, dan selalu dirawat. Fungsi skincare sendiri sejatinya seperti air dan pupuk tersebut, akan menutrisi kulit dan mempercepat pemulihan kulit dari berbagai macam kerusakan.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Cleansing Balm Terbaik Beserta Harganya

8. Produk skincare menawarkan hasil yang instan dan cepat, benarkah?

Depositphotos

Beberapa klaim produk skincare ada yang mengatakan bahwa ia dapat menghasilkan kulit sehat dengan instan dan cepat. Hal tersebut termasuk mitos dunia skincare, hanya trik marketing saja. Setiap produk skincare butuh waktu untuk dapat membuahkan hasil yang maksimal. Jadi, tetap bersabar, ya Sedulur!

9. Mitos dunia skincare, pelembab hanya khusus untuk orang dengan kulit kering

Depositphotos

Pelembab hanya khusus untuk orang dengan kulit kering? Mitos dunia skincare, saja tuh! Pelembab bukan cuma berfungsi untuk menghidrasi kulit, tetapi juga memberikan nutrisi. Jadi, tidak peduli tipe kulit Sedulur berminyak atau kering, tetap pakai pelembab setiap saat, ya! Toh, pelembab yang dijual di pasaran sekarang banyak yang diformulasikan untuk orang kulit berminyak tanpa menghasilkan kulit licin dan lengket, kok!

10. Semakin mahal harga skincare, semakin efektif pula kerjanya

Depositphotos

Benarkah pernyataan semakin mahal harga skincare, semakin efektif pula kerjanya? Belum tentu, ya Sedulur! Pernyataan tersebut bisa jadi termasuk ke dalam mitos dunia skincare. Kenapa?

Tidak setiap produk perawatan kulit cocok dengan orang-orang. Walaupun harganya mahal, bisa jadi ia mengandung bahan kimia yang dapat memicu alergi, ruam merah, sensasi kulit terbakar, dan lain-lain. Jadi, tidak perlu membela-bela beli produk yang mahal, beli saja produk-produk skincare yang cocok dengan kondisi kulit dan dompet Sedulur.

Dari mana kita bisa mendapatkan informasi tentang dunia skincare yang terpercaya?

Apabila Sedulur kebingungan dari mana mencari informasi terkait dunia skincare yang valid, mungkin Sedulur bisa berkonsultasi kepada ahlinya, seperti dokter kulit atau kecantikan. Di internet pun sudah banyak situs-situs yang menyediakan berbagai fakta dan tips menarik terkait skincare, tentunya fakta tersebut sudah berdasarkan informasi dan riset yang tepat, ya! Jadi, jangan ragu-ragu lagi untuk merawat kulit Sedulur hanya karena banyak mitos dunia skincare yang bertebaran.

Demikian ulasan singkat mengenai mitos dunia skincare. Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat bagi Sedulur dalam merawat kesehatan kulit, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.