skincare remaja

Remaja merupakan masa transisi dari anak-anak menuju dewasa yang terjadi dalam rentang usia 10 hingga 19 tahun. Masa remaja ditandai dengan sejumlah perubahan pada tubuh sebagai akibat terjadinya perubahan hormon. Selain itu, masalah kulit seperti munculnya komedo dan jerawat juga mulai terjadi pada usia remaja. Untuk mengatasi masalah tersebut, anak remaja perlu merawat kesehatan dan kebersihan kulit dengan skincare.

Kabar baiknya, saat ini telah tersedia beragam merek dan produk skincare yang sesuai untuk kulit remaja. Seperti diketahui, anak remaja memiliki kondisi sekaligus masalah kulit yang berbeda dengan orang dewasa. Oleh karenanya diperlukan produk perawatan kulit yang sesuai dengan kondisi kulit remaja.

BACA JUGA: Wajib Dihindari! Kesalahan Mencuci Muka yang Merusak Kulit

Ketahui kebutuhan skincare untuk remaja

skincare remaja
iStock

Sebelum menyimak rekomendasi skincare remaja, Sedulur perlu mengetahui kebutuhan perawatan kulit untuk anak remaja. Dihimpun dari berbagai sumber, pada dasarnya anak remaja cenderung tidak memiliki masalah kulit yang kompleks seperti orang dewasa. Sehingga basic skincare atau skincare dasar bisa menjadi pilihan dalam melakukan perawatan kulit. Berikut urutan basic skincare yang dapat Sedulur ikuti.

-->

1. Double cleansing dengan micellar water dan facial foam

Membersihkan wajah dari debu, kotoran, dan sisa make up menjadi kunci dalam perawatan wajah. Kondisi kulit yang kotor dapat mengganggu kerja skincare yang diaplikasikan. Selain itu, kotoran yang menempel dan tidak dibersihkan secara sempurna bisa menyumbat pori hingga menyebabkan timbulnya beragam masalah kulit. Untuk itu tahap pertama yang harus dilakukan adalah melakukan double cleansing atau pembersihan ganda dengan micellar water dan facial foam atau sabun wajah.

Pertama-tama, Sedulur dapat menggunakan micellar water untuk membersihkan wajah. Kemudian lanjutkan dengan mencuci wajah dengan sabun sesuai tipe kulit. Langkah ini wajib dilakukan setiap hari terutama setelah beraktivitas di luar rumah.

2. Gunakan toner wajah

Toner merupakan skincare berupa cairan yang cenderung bertekstur encer seperti air namun sedikit lebih kental. Skincare berfungsi untuk membersihkan sisa kotoran setelah mencuci wajah sekaligus melembapkan kulit. Selain itu, toner juga dapat menutrisi dan mengembalikan pH kulit.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Sedulur dapat mengaplikasikan toner menggunakan kapas. Usapkan kapas yang sudah diberi toner secara perlahan hingga seluruh bagian wajah merasakan manfaat kandungan toner tersebut.

3. Pelembap atau moisturizer

Setelah wajah dibersihkan, Sedulur bisa menggunakan krim pelembap atau moisturizer. Sesuai namanya, skincare satu ini ditujukan untuk melembapkan kulit wajah sehingga kulit menjadi terhidrasi. Pelembap juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya penuaan dini yang disebabkan oleh kondisi kulit kering.

4. Melindungi kulit dengan tabir surya

Setelah membersihkan dan melembapkan kulit, step selanjutnya adalah melindungi kulit dari sinar UV A dan UV B yang dapat menyebabkan risiko kerusakan pada kulit. Caranya dengan menggunakan tabir surya alias sunscreen. Sedulur bisa memilih produk sunscreen sesuai kondisi kulit dan aktivitas yang dilakukan. Agar manfaat sunscreen bisa didapatkan secara optimal, gunakan sunscreen 15-30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.

5. Perawatan mingguan

Selain perawatan sehari-hari dengan empat rangkaian di atas, Sedulur juga perlu melakukan perawatan mingguan untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cerah. Bagaimana caranya?

Sedulur bisa menambahkan masker wajah ke dalam rangkaian skincare mingguan yang dilakukan sebanyak 1-2 saja dalam satu minggu.

Di samping itu lakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Perlu diperhatikan, perawatan dengan eksfoliasi juga disarankan hanya dilakukan sebanyak 1-2 kali saja di setiap minggunya.

Produk lain yang juga bisa ditambahkan dalam perawatan kulit remaja adalah krim jerawat atau acne spot treatment. Sesuai namanya, produk tersebut ditujukan untuk merawat kulit berjerawat sekaligus membantu mengatasi noda bekas jerawat yang dapat mengganggu penampilan.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Eye Cream untuk Remaja, Dijamin Ampuh!

Skincare remaja terbaik untuk kulit sehat dan cerah

Spesial untuk Sedulur yang kini menginjak usia remaja, berikut ada 12 rekomendasi skincare remaja paling aman yang tentunya bikin kulit jadi sehat dan cerah. Mulai dari pembersih, pelembap, dan pelindung. Yuk, langsung disimak informasinya!

1. POND’S Vitamin Micellar Water Brightening Rose

skincare remaja
POND’S

Rekomendasi skincare remaja yang pertama adalah POND’S Vitamin Micellar Water Brightening Rose. Produk pembersih ini cocok menjadi pilihan Sedulur untuk membersihkan kotoran setelah beraktivitas di luar ruangan maupun untuk menghapus make up sehari-hari.

Mengutip dari laman resmi POND’s, produk ini diklaim mengandung 1 juta micelles dan vitamin B3 yang dapat membantu mencerahkan kulit. Selain itu, ada pula kandungan 100% Organic French Rose Extract yang kaya antioksidan. Menariknya lagi, POND’S Vitamin Micellar Water Brightening Rose tidak mengandung alkohol dan telah teruji klinis oleh dermatologis.

Harga: mulai dari Rp20 ribu

2. Biore Skin Caring Facial Foam Bright and Oil Clear

skincare remaja
KAO

Membersihkan kulit dengan micellar water tidaklah cukup. Sedulur perlu melakukan double cleansing alias pembersihan ganda dengan melanjutkan tahapan skincare menggunakan sabun wajah. Sedulur bisa memilih Biore Skin Caring Facial Foam Bright and Oil Clear yang diformulasikan dengan Skin Purifying Technology dari Jepang.

Produk satu ini memiliki kandungan yang dapat mengangkat kotoran dan minyak berlebih sekaligus membuat kulit wajah menjadi halus serta cerah bercahaya. Manfaat tersebut diperoleh karena Biore Skin Caring Facial Foam Bright and Oil Clear hadir dengan busa dan scrub lembut sehingga lebih efektif untuk membersihkan wajah tanpa membuatnya menjadi kering.

Harga: mulai dari Rp25 ribu

3. Emina Bright Stuff Face Toner

Emina Cosmetics

Setelah melakukan double cleansing dengan micellar water dan sabun wajar, Sedulur bisa menggunakan toner bermanfaat untuk menghidrasi wajah. Misalnya Emina Bright Stuff Face Toner, toner wajah yang diformulasikan dengan pH-balance serta mengandung Ekstrak Summer Plum dan niacinamide.

Berbagai kandungan di dalam produk skincare remaja lokal satu ini dapat membantu menghidrasi, menyegarkan, serta mencerahkan wajah. Sehingga kulit wajah Sedulur tetap cerah, glowing, dan kenyal.

Harga: mulai dari Rp28 ribu

4. Pigeon Teens Moisturizer For All Skin Types

Pigeon Teens

Produk skincare remaja yang berikutnya adalah Pigeon Teens Moisturizer For All Skin Types. Moisturizer atau pelembap merupakan salah satu produk yang wajib masuk dalam rangkaian perawatan kulit Sedulur. Sebab, kondisi kulit yang kering dapat menyebabkan timbulnya beragam masalah pada kulit.

Sesuai dengan namanya, Pigeon Teens Moisturizer For All Skin Types merupakan produk pelembap dari Pigeon Teens yang diformulasikan khusus untuk kulit remaja. Produk ini mengandung ekstrak jojoba dan chamomile yang berfungsi menyejukkan, merawat kelebapan, dan membantu melindungi kulit dari iritasi ringan. Selain itu juga diperkaya dengan hydroviton 24 yang menjadikan kulit tetap halus, lembut, dan tidak kering.

Harga: mulai dari Rp20 ribu

5. Emina Sun Protection SPF 30

Emina Cosmetics

Berikutnya ada Emina Sun Protection SPF 30, rekomendasi sunscreen untuk melengkapi rangkaian skincare remaja. Produk ini mengandung bahan-bahan yang berfungsi untuk melindungi kulit dari UV A & UV B. Selain itu juga memiliki keunggulan berupa formulanya yang ringan, mudah meresap, dan tidak lengket sehingga nyaman saat diaplikasikan ke kulit wajah.

Harga: mulai dari Rp29 ribu

6. Himalaya Purifying Neem Mask

Skincare remaja
Female Daily

Selain menggunakan skincare dasar seperti pembersih, pelembap, dan sunscreen, Sedulur juga dapat menambah rangkaian perawatan kulit dengan masker. Misalnya dengan menggunakan Himalaya Purifying Neem Mask, masker wajah dengan kandungan Neem yang bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat. Sekadar diketahui, neem merupakan tanaman asli India yang terkenal akan manfaatnya sebagai antibakteri, membantu mengendalikan dan mencegah jerawat kembali.  

Selain itu juga terdapat kandungan kunyit yang membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat dan Fuller’s Earth atau multani mitti yang dapat mendinginkan dan menyejukkan kulit. Melihat dari berbagai kandungan yang sudah diuraikan, bisa diketahui bahwa Himalaya Purifying Neem Mask merupakan pilihan skincare remaja terbaik, terutama untuk mengatasi masalah kulit berjerawat.

Harga: mulai dari Rp21 ribu

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Pelembab Wajah untuk Remaja Terbaik

7. Garnier Serum Mask Hydra Bomb Green Tea

skincare remaja
Garnier

Rekomendasi skincare berikutnya adalah Garnier Serum Mask Hydra Bomb Green Tea, tissue mask yang diperkaya dengan kandungan ekstrak green tea. Selain itu ada juga kandungan hyaluronic acid yang telah dikenal akan manfaatnya untuk kulit. Kandungan antioksidan pada masker ini mampu menutrisi kulit secara menyeluruh dan menyeimbangkan kadar minyak tanpa membuatnya menjadi kering, sehingga cocok untuk Sedulur yang memiliki tipe kulit wajah berminyak.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari masker ini, Sedulur disarankan menggunakannya setelah mencuci wajah. Kemudian aplikasikan masker pada wajah mengikuti bentuk wajah Sedulur dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Selanjutnya lepas masker dan pijat sisa-sisa serum agar menyerap ke kulit.

Harga: mulai dari Rp12 ribu

8. Clean & Clear Oil Control Film

Review SOCO

Sedulur yang memiliki kondisi kulit berminyak wajib memiliki produk skincare remaja satu ini. Adalah Clean & Clear Oil Control Film, lembaran tipis yang berfungsi untuk menyerap minyak berlebih tanpa merusak make up.

Cara menggunakan Clean & Clear Oil Control Film ini sangatlah mudah. Sedulur cukup mengambil 1 lembar dan tekan lembut pada area wajah yang berminyak. Nantinya minyak akan terserap sehingga wajah terbebas dari kilap minyak yang dapat mengganggu penampilan. Menariknya, produk ini dapat mengatasi minyak tanpa merusak make up Sedulur sehingga bisa digunakan kapan saja.

Harga: mulai dari Rp27 ribu

9. Acnes Spot Care

Acnes

Acnes merupakan merek skincare remaja yang dikenal dengan produk-produk perawatan wajah untuk mengatasi masalah jerawat. Salah satu produk yang direkomendasikan adalah Acnes Spot Care. Produk skincare yang hadir dalam bentuk gel transparan ini diformulasikan untuk merawat bekas jerawat, kulit kasar, dan noda hitam.

Beberapa manfaat Acnes Spot Care di antaranya adalah menghaluskan kulit kasar bekas jerawat, mengatasi noda hitam, mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat membuat pori-pori tersumbat, melembabkan kulit, serta mencegah jerawat karena memiliki kandungan anti bakteri. Adapun cara penggunaannya adalah cukup oleskan tipis-tipis pada bekas jerawat dan flek hitam setelah mencuci wajah. Sedulur bisa menggunakannya 2-3 kali sehari.

Harga: mulai dari Rp33 ribu

10. Wardah Acnederm Acne Spot Treatment Gel

skincare remaja
Wardah

Pilihan skincare untuk mengatasi jerawat yang berikutnya adalah Wardah Acnederm Acne Spot Treatment Gel. Produk ini diperkaya dengan kandungan Derma Treat Actives dengan BHA dan Willowherb Extract yang bermanfaat untuk merawat kulit berjerawat.

Untuk penggunaannya, cukup bersihkan kulit wajah kemudian oleskan Wardah Acnederm Acne Spot Treatment Gel pada bagian wajah yang berjerawat. Produk ini diformulasikan untuk menenangkan jerawat sehingga kulit tidak meradang. Selain itu juga membantu mempercepat proses pengeringan sekaligus pengelupasan jerawat tanpa membuat kulit iritasi. Sehingga noda bekas jerawat juga lebih cepat menghilang.

Harga: mulai dari Rp28 ribu

11. Biore Pore Pack Black

KAO

Selain jerawat, masalah kulit lain yang kerap dialami anak remaja adalah komedo. Sedulur bisa mengatasinya dengan Biore Pore Pack Black, skincare berupa plester yang efektif mengangkat komedo.

Produk ini memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya adalah praktis angkat komedo dari dalam pori, memiliki kandungan bamboo charcoal dan oil absorbing powder, dapat mengurangi minyak berlebih di area hidung, serta mengecilkan pori karena komedo yang semula menyumbat dapat terangkat. Dalam satu kemasan Biore Pore Pack Black terdapat 4 lembar plester sehingga bisa digunakan untuk perawatan rutin.

Harga: mulai dari Rp13 ribu

12. Nivea Lip Care Watermelon Shine

Nivea

Selain merawat kulit wajah agar terbebas dari jerawat dan komedo, Sedulur juga perlu memperhatikan kulit bibir. Kondisi bibir yang kering tentu akan mengganggu penampilan di samping juga dapat menimbulkan iritasi jika kulit yang kering menjadi pecah-pecah. Untuk mengatasi hal itu, Sedulur dapat menggunakan Nivea Lip Care Watermelon Shine.

Sesuai dengan namanya, produk ini diformulasikan untuk merawat bibir dengan kandungan jojoba oil dan avocado oil yang bermanfaat untuk melembapkan bibir. Selain itu juga dapat membuat bibir tampak glossy dengan sentuhan warna merah muda yang alami.

Harga: mulai dari Rp21 ribu

BACA JUGA: Penting! Ini Manfaat Centella Asiatica yang ada Pada Skincare!

Tips memilih skincare untuk remaja

skincare remaja
iStock

Sebagai pemula, Sedulur mungkin merasa kebingungan saat pertama kali membeli skincare. Pertama-tama, Sedulur dapat memahami apa saja kebutuhan perawatan kulit bagi remaja seperti yang sudah dipaparkan di atas. Selanjutnya, ikuti beberapa tips di bawah ini untuk memilih skincare yang tetap sesuai dengan kondisi kulit maupun masalah yang dimiliki.

  • Pilih produk sesuai dengan jenis atau tipe kulit. Secara umum ada tiga jenis kulit, yaitu berminyak, kering, dan sensitif yang ketiganya membutuhkan perawatan berbeda.
  • Kenali masalah kulit yang dialami, misalnya komedo dan jerawat. Untuk mengatasi hal itu, pilih produk dengan kandungan bahan yang bisa menenangkan jerawat serta mengangkat komedo.
  • Cek bahan atau kandungan skincare. Setiap produk skincare memiliki kandungan bahan yang diunggulkan, untuk itu pilih produk dengan kandungan yang sesuai dengan kondisi kulit.
  • Konsultasi dengan ahli atau dokter kulit. Tak ada salahnya untuk konsultasi dengan ahli terkait masalah kulit yang dimiliki agar mendapat rekomendasi perawatan sekaligus produk yang sesuai.

Itu dia beberapa rekomendasi skincare remaja yang bisa Sedulur pilih. Selain itu juga sudah dipaparkan informasi singkat tentang kebutuhan perawatan kulit untuk remaja dan tips memilih skincare yang sesuai.

Untuk melengkapi kebutuhan perawatan kulit, Sedulur bisa membeli aneka produk skincare di Aplikasi Super. Selain itu juga ada beragam pilihan make up untuk menyempurnakan penampilanmu sehari-hari. Yuk, langsung unduh Aplikasi Super di Google Play Store dan cek katalognya, sekarang!