Urutan skincare pria sejatinya tidak berbeda banyak dengan skincare. Hal tersebut dikarenakan perawatan kulit sebenarnya genderless, alias tidak mengenal jenis kelamin. Pria, wanita, dan juga mereka yang mengidentifikasikan diri dengan selain kedua gender tersebut wajib dan berhak merawat kulitnya sendiri.

Merawat kulit sama halnya dengan merawat diri. Tidak cukup hanya mandi dua kali sehari, kebersihan pribadi juga perlu diperhatikan secara mendetail termasuk pada kulit wajah. Terlebih lagi bagi pria yang kegiatan sehari-harinya berat dan mayoritas berada di luar ruangan, kulit wajah pasti akan terpapar berbagai macam debu, kotoran, asap dan lain-lain. Mencuci muka dengan sabun wajah saja belum cukup untuk menjaga kesehatan kulit. Lalu, bagaimana solusinya?

Solusinya sudah jelas, yaitu dengan melakukan tahap-tahap perawatan kulit atau skincare. Mungkin ada beberapa di antara Sedulur yang masih asing dan kebingungan bagaimana langkah-langkah yang tepat untuk menjaga wajah agar tetap cerah, sehat, dan juga selalu tampan dari waktu ke waktu. Jangan khawatir, Sedulur bisa menyimak 8 langkah sederhana melakukan urutan skincare pria berikut ini!

BACA JUGA: 10 Aplikasi Penghasil Diamond ML yang Terbaru dan Gratis!

8 urutan penggunaan skincare untuk pria

urutan skincare pria
Depositphotos

Telah disebutkan sebelumnya, pria juga wajib dan berhak untuk merawat kulit wajahnya. Selain karena sering terpapar sinar matahari dan berbagai macam kotoran ketika di luar ruangan, tetapi juga untuk menyempurnakan penampilan secara keseluruhan. Sedulur tentunya tidak mau kan, penampilan sudah on point tetapi ternyata wajah penuh dengan minyak dan jerawat?

Maka dari itu, perawatan kulit wajah bagi pria merupakan hal penting yang tidak boleh dilewatkan. Yuk, coba intip beberapa langkah skincare berikut ini yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber!

BACA JUGA: Kisah Bonnie and Clyde, Pasangan Kriminal yang Bikin Heboh!

1. Urutan skincare pria, menggunakan oil cleanser

Depositphotos

Langkah yang pertama dari urutan skincare pria adalah menggunakan oil cleanser. Oil cleanser merupakan produk pembersih wajah yang berbahan dasar minyak. Formulasi yang dikandung mampu melembabkan dan juga menutrisi kulit. Selain itu, produk ini dikenal mampu menyapu bersih segala kotoran yang menempel di muka setelah berkegiatan berat, loh!

Beberapa merek oil cleanser yang dapat Sedulur pilih adalah Nivea Hydrating Cleansing Oil, Somethinc Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil, dan Deep Cleansing Oil by DHC.

2. Membilas wajah

urutan skincare pria
Depositphotos

Membilas wajah dengan sabun cuci muka sudah menjadi langkah wajib dalam urutan skincare pria. Menggunakan oil cleanser dan face wash dikenal sebagai double cleansing. Fungsinya pun jelas, untuk membersihkan semua debu, asap, dan kotoran lainnya yang berisiko merusak kulit wajah. Membersihkan wajah terlebih dahulu juga akan mempercepat penyerapan kulit terhadap produk-produk skincare yang nantinya akan digunakan.

Beberapa merek face wash yang dapat Sedulur pilih adalah Sukin For Men Facial Cleanser, Nivea Men Maximum Hydration Moisturizing Face Wash, dan Himalaya Men Power Glow Licorice Face Wash.

3. Urutan skincare pria, melakukan eksfoliasi

Depositphotos

Langkah yang selanjutnya adalah mengeksfoliasi kulit. Eksfoliasi merupakan sebuah istilah untuk mengangkat sisa-sisa sel kulit wajah yang mati. Seperti yang kita ketahui bersama, sel kulit melakukan regenerasinya sendiri secara rutin. Nah, Sedulur dapat mempercepat dan memaksimalkan regenerasi sel kulit tersebut dengan melakukan eksfoliasi kimiawi. Ingat! Eksfoliasi kulit wajah hanya perlu dilakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu saja.

Beberapa merek produk eksfoliasi yang dapat Sedulur pilih adalah Kahf Gentle Exfoliating Face Scrub, Cetaphil Daily Exfoliating Cleanser, dan Whitelab Exfoliating Toner.

4. Mengaplikasikan toner

Depositphotos

Ketika setelah mencuci muka atau melakukan eksfoliasi, kulit wajah biasanya akan terasa sedikit kering karena semua minyak dan kotoran telah diangkat. Untuk mengembalikan kelembaban dan kesegaran wajah, urutan skincare pria yang selanjutnya adalah mengaplikasikan toner. Toner dapat menutrisi dan mengembalikan pH kulit wajah Sedulur.

Beberapa merek toner yang dapat Sedulur pilih adalah Elvicto Men Acne Toner, Nivea Men Natural Power Repair Essence Toner with CICA, dan Koolit Toner For Men.

BACA JUGA: 14 Model Rambut Buzz Cut yang Cocok Untuk Pria Maskulin

5. Urutan skincare pria, memakai serum

Depositphotos

Pelengkap urutan skincare pria yang dapat Sedulur coba adalah serum. Serum akan menambah berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit, selain penggunaan face wash dan toner di atas. Selain itu, serum dapat disesuaikan dengan masalah kulit yang dialami, seperti kulit berjerawat, kulit berminyak, dan lain sebagainya.

Beberapa merek serum yang dapat Sedulur pilih adalah Hanasui Men Bright Active Serum, Energy Serum MS Glow For Men, dan Kahf Skincare For Men Beard Serum.

6. Mengoleskan krim mata

urutan skincare pria
Depositphotos

Krim mata juga bersifat pelengkap dalam urutan skincare pria. Rasanya kurang lengkap apabila kulit wajah sudah benar-benar bersih dan sehat, tetapi lingkar mata tetap terlihat hitam. Ketampanan Sedulur pun akan sedikit terganggu.

Beberapa merek krim mata yang dapat Sedulur pilih adalah Nuxe Men Multi Purpose Eye Cream, Clarins Men Eye Balm, dan Shiseido Men Total Revitalizer Eye.

7. Urutan skincare pria, menggunakan masker

urutan skincare pria
Depositphotos

Jangan lupa juga untuk menggunakan masker wajah, ya Sedulur! Masker wajah dapat memberikan nutrisi tambahan bagi wajah agar semakin sehat dan cerah.

Beberapa merek masker wajah yang dapat Sedulur pilih adalah Serum Mask Men Power White Skincare by Garnier, La Roche Posay Effaclar Oil Control & Acne Clay Mask, dan Lacoco Glow Mask Watermelon.

BACA JUGA: Jarang Diketahui! Ini 12 Penyebab Jerawat di Rahang

8. Memakai pelembab atau sunscreen

urutan skincare pria
Depositphotos

Sebagai penutup, kunci semua nutrisi yang sudah didapatkan dari produk-produk di atas dengan pelembab atau sunscreen. Terlebih lagi bagi pria yang sering beraktivitas di luar, sunscreen sangat penting untuk menghindari kanker kulit akibat sinar UVA dan UVB matahari.

Beberapa merek pelembab atau sunscreen yang dapat Sedulur pilih adalah Kahf Triple Protection Sunscreen Moisturizer, Vaseline Men SPF 30 Face Sunblock, dan His Erha Energy Bright Cream – Pelembab Wajah Pria + UV.

Nah Sedulur, di atas merupakan 8 urutan skincare pria yang bisa dicoba untuk menjaga dan merawat kulit wajah. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, skincare merupakan kegiatan yang tidak mengenal gender, tidak perlu ragu lagi apabila Sedulur ingin memelihara penampilan wajah.

Setidaknya ada 8 langkah yang bisa Sedulur lakukan, mulai dari double cleansing (menggunakan oil-based cleanser dan water-based cleanser), melakukan eksfoliasi 2 sampai 3 kali dalam seminggu, mengaplikasikan toner, serum, krim mata, masker wajah, dan juga pelembab atau sunscreen. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.