jurusan banyak peluang kerja

Mengenyam bangku kuliah merupakan kesempatan emas yang sangat berarti. Karena pendidikan tingkat tinggi merupakan langkah awal untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Ada berbagai macam jurusan banyak peluang kerja yang perlu diketahui.

Tentunya, selain menyesuaikan keinginan untuk berkuliah dan menimba ilmu, juga harus disesuaikan dengan peluang kerja. Maka dari itu, mencari tahu jurusan banyak peluang kerja penting untuk dilakukan. Nah dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama apa saja jurusan banyak peluang kerja yang bisa jadi referensi Sedulur. Yuk mari langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Tugas, Jenjang Karir dan Gaji Receptionist Hotel Terbaru 2023

Indikator Jurusan Banyak Peluang Kerja

perbedaan kpi dan okr
Pexels

Sebelum masuk ke pembahasan utama terkait daftar jurusan banyak peluang kerja, tentu Sedulur juga harus tahu apa saja indikator jurusan menjadi sangat banyak peluang untuk bekerja. Adapun indikator jurusan banyak peluang kerja yang dimaksud adalah sebagai berikut:

-->
  • Jarang ada orang yang ahli di bidang/jurusan tersebut
  • Gaji tinggi dan menjanjikan
  • Banyak dicari dan dibutuhkan serta sangat mudah masuk ke BUMN/organisasi pemerintahan
  • Tidak dibutuhkan edukasi lanjutan saat bekerja

Dari indikator di atas, menunjukan bahwa jurusan kuliah yang jadi pilihan bisa memiliki peluang kerja tinggi untuk masuk kerja. Atau sangat mudah mendapatkan kerja setelah lulus kuliah. Selain indikator di atas, ada beberapa pertimbangan yang penting untuk dipikirkan sebelum mengambil jurusan kuliah, yaitu:

  1. Apakah pekerjaannya menarik untuk Sedulur secara personal?
  2. Apakah Sedulur memiliki bakat untuk mengerjakan pekerjaan tersebut?
  3. Berapa banyak waktu yang bisa dan rela Sedulur korbankan untuk belajar?
  4. Apa saja pilihan karir yang bisa dimiliki setelah lulus?
  5. Berapa banyak potensi penghasilan yang bisa didapat dari jurusan ini?

Sambil mempertimbangkan beberapa pilihan di atas, Sedulur juga bisa sambil memilih jurusan-jurusan banyak peluang kerja. Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi jurusan yang bisa jadi pilihan Sedulur.

BACA JUGA: Pahami Pentingnya Manajemen Waktu untuk Bisnis dan Karir

1. Software Engineer/IT

jurusan banyak peluang kerja
Asia Internship

Rekomendasi jurusan banyak peluang kerja yang pertama yaitu software engineer/IT. Jurusan ini paling mudah mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Jawabannya karena di era saat ini semua serba digital, dengan kemajuan teknologi yang pesat.

Maka kehadiran dan jasa dari para lulusan IT sangat dicari oleh banyak perusahaan. Setelah lulus, Sedulur bisa bekerja di perusahaan yang memang menyediakan jasa pemrograman software. Atau bahkan di pabrik dan perusahaan dagang yang menyediakan jasa digital.

Jasa digital seperti menyediakan dan maintain aplikasi dan software yang digunakan di perusahaan. Jadi, lulusan IT memang sangat dicari dan  sangat dibutuhkan di semua jenis bisnis perusahaan. Bisa jadi pilihan jurusan yang menarik.

2. Teknik Mesin dan Elektronika

Jurusan banyak peluang kerja selanjutnya yang masih terkait dengan perkembangan teknologi. Selain software yang dikembangkan tidak akan bisa berjalan tanpa adanya hardware /mesin /alatnya. Maka dari itu, orang-orang dengan keahlian teknik mesin serta elektronika akan selalu dibutuhkan.

Karena tidak semua orang mengerti dan mampu menangani saat terjadi masalah pada mesin, baik itu mesin produksi, mesin kendaraan, dll. Software engineer/IT dan teknik mesin serta elektronika sangat berkaitan dan membantu perkembangan teknologi.

3. Ilmu Farmasi

Rekomendasi jurusan banyak peluang kerja selanjutnya yaitu ilmu farmasi, jurusan ini berkaitan dengan pembuatan obat, vitamin dan suplemen untuk membuat tubuh agar tetap sehat. Tanpa jurusan ini, semua orang sakit akan kesulitan sembuh karena tidak bisa minum obat.

Bahkan saat ini, kebutuhan obat seperti vaksin sangat dibutuhkan untuk menjaga imunitas tubuh dari berbagai macam virus, salah satunya seperti virus Covid-19 yang lalu. Maka dari itu jurusan ini sangat dibutuhkan dan akan selalu bermanfaat.

4. Psikologi

Rekomendasi jurusan banyak peluang kerja yang masih berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan banyak orang yaitu psikologi. Jurusan ini berkaitan dengan ketenangan dan kesehatan mental setiap orang, serta memberikan saran untuk kehidupan.

Jika ilmu farmasi menciptakan obat untuk kesehatan jasmani, maka psikolog hadir untuk menjaga kesehatan mental atau rohani. Psikolog dan psikiater merupakan dokter bagi kesehatan mental manusia. Di dunia yang penuh tekanan ini, peran psikolog dan psikiater jadi sangat penting.

5. Ilmu Komunikasi

Ada juga rekomendasi jurusan banyak peluang kerja yaitu ilmu komunikasi. Sarjana komunikasi memiliki bakat dan kemampuan dalam menulis serta berbicara di depan umum. Kemampuan mereka berbeda dengan orang yang tidak mendalami ilmu komunikasi.

Peluang karir yang bisa diambil misalnya sebagai PR (public relations), brand ambassador, marketing, penulis, juru bicara, jurnalis, penyiar, presenter, dll. Jurusan ini sangat dibutuhkan karena berkaitan dengan mengomunikasi hal penting.

BACA JUGA: Langkah Tepat Memulai Karir Sebagai Freelancer Profesional

6. Akuntansi

jurusan banyak peluang kerja
Coursera

Pekerjaan mencatat dan melaporkan keuangan perusahaan bukanlah hal yang sederhana. Butuh kemampuan khusus dan ketelitian yang sangat baik. Banyak aturan dan standar-standar yang harus dipenuhi agar laporannya valid serta bisa dipertanggungjawabkan. Sarjana akuntansi apalagi yang dibekali dengan keahlian perpajakan akan selalu dicari oleh banyak perusahaan, baik itu di Indonesia maupun luar negeri.

7. Sistem Komputer

Rekomendasi jurusan yang memiliki peluang kerja yang sangat banyak selanjutnya yaitu sistem komputer. Sarjana ilmu sistem komputer harus memiliki keahlian dalam bidang fisika, matematika, ilmu komputer baik itu hardware dan software.

Lulusan sistem komputer juga jadi yang banyak sekali dicari terkait dengan perkembangan teknologi saat ini. Khususnya berkaitan dengan pembuat code dan sistem teknologi yang diterapkan oleh berbagai aplikasi dan peralatan.

8. Kedokteran dan Keperawatan

Jurusan yang berkaitan dengan dunia kesehatan yang banyak peluang kerja yaitu kedokteran dan keperawatan. Sangat mudah mencari kerja dan sangat dibutuhkan, karena pekerjaan ini berkaitan dengan menjaga kesehatan makhluk hidup.

Mengambil jurusan ini sangat tidah mudah, karena membutuhkan usaha yang keras dalam belajar serta masa belajarnya yang cukup lama dan sulit menjadi tantangan lainnya. Ditambah lagi biaya yang dibutuhkan sangat tinggi. Namun hal itu semua terbayar dengan jaminan mendapatkan pekerjaan. Hal tersebut disebabkan karena kebutuhan yang tinggi.

9. Manajemen Keuangan

Jurusan manajemen memang luas. Ada manajemen pemasaran, operasional, keuangan, dll. Untuk Sedulur yang berfokus pada manajemen keuangan, bersyukurlah karena berdasarkan riset & prediksi; bidang manajemen keuangan ini akan berkembang 7% dari tahun 2022 sampai 2028. Artinya peluang kerja di bidang manajemen keuangan akan terbuka lebar tentu saja menjadi kabar baik karena bisa jadi pilihan karir.

10. Administrasi bisnis

Ada yang bilang bahwa jurusan administrasi bisnis adalah jurusan yang paling mudah. Bisa jadi benar, tapi bisa juga tidak. Karena menjadi seorang pebisnis tidak semudah itu! Banyak ilmu dan seni yang harus diterapkan. Tapi meskipun terbilang materi kuliahnya tidak terlalu berat dan cukup umum; tapi ketika Sedulur lulus jadi sarjana Administrasi Bisnis maka peluang kerja terbuka lebar.

BACA JUGA: Inspirasi Style Hijab untuk Wanita Karir yang Bisa Kamu Contek

11. Ilmu Statiska

jurusan banyak peluang kerja
iStock

Di jurusan statistika, seorang mahasiswa dipersiapkan untuk mampu berkarir di dunia statistik, ahli keuangan, dan banyak bidang usaha lainnya.Orang dengan kemampuan statistika sangat dibutuhkan baik di perusahaan maupun pemerintahan. Mereka diperlukan untuk riset, analisis, dan evaluasi sebuah project.

12. Teknik Kelautan

Untuk masuk ke jurusan teknik kelautan, seseorang harus sangat cerdas dan pintar. Jurusan ini dipersiapkan untuk memahami segala konsep kelautan dan juga membuat berbagai kendaraan laut yang sangat kompleks. Jadi tidak sembarangan orang bisa masuk dan diterima di jurusan ini. Maka dari itu lulusannya akan mudah dapat pekerjaan.

13. Teknik Penerbangan

Saat ini, di dunia yang besar ini bisa dengan mudah dijangkau dan didatangi hal tersebut semuanya disebabkan karena ada teknologi pesawat terbang yang memudahkan dan menghubungkan berbagai negara dan kebudayaan.

Ingin pergi ke tempat manapun di dunia tentu saat ini menjadi jauh lebih mudah. Maka dari itu teknik penerbangan menjadi penting dan tulang punggung dalam menghubungkan setiap orang di dunia ini.

14. Jurusan Ekonomi Bisnis

Setiap orang dengan jurusan ekonomi bisnis mempelajari bagaimana sistem ekonomi bekerja dan bagaimana faktor ekonomi bisa mempengaruhi aspek sosial dan bisnis sebuah negara. Lulusan ekonomi bisa bekerja di banyak sekali posisi dan karir. Apalagi sekarang ini ekonomi global juga sedang berkembang pesat, dengan adanya ekonomi digital.

15. Manajemen Pemasaran

Pemasaran adalah ujung tombak dari sebuah sistem bisnis. Semua produk baik itu barang dan jasa berujung pada kegiatan penjualan serta pemasaran. Ada banyak sekali strategi pemasaran yang bisa diterapkan, dan hal ini butuh seni serta pengetahuan yang sangat luas.

Nah itulah daftar rekomendasi jurusan banyak peluang kerja yang bisa jadi pertimbangan Sedulur. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur dan bisa bermanfaat bagi masa depan karir dan kehidupan Sedulur. Semangat belajar dan pantang menyerah untuk masa depan yang cerah!