gaji receptionist hotel

Salah satu pilihan pekerjaan yang bisa jadi referensi Sedulur adalah bekerja di hotel. Pilihan yang terbuka lebar yaitu menjadi seorang receptionist hotel. Tentu selain tugas dan tanggung jawabnya, Sedulur mungkin penasaran dengan gaji receptionist hotel.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas terkait gaji receptionist hotel dengan segala halnya yang berkaitan dengan pekerjaannya. Mulai dari tugas dan tanggung jawabnya hingga berbagai komponen lainnya yang penting diketahui. Tanpa berlama-lama lagi, yuk mari langsung kita bahas terkait gaji receptionist hotel di bawah ini!

BACA JUGA: Script Writer: Pengertian, Tugas, Skill, dan Jenjang Karirnya

Siapa itu receptionist hotel?

gaji receptionist hotel
iStock

Sebelum membahas terkait gaji receptionist hotel, penting untuk diketahui terlebih dahulu siapa itu reeptionist hotel? Receptionist hotel sendiri adalah wajah dari sebuah hotel dan berkontribusi pada pengalaman para tamu di hotel.

Lain dari resepsionis pada umumnya, profesi ini akan melakukan pekerjaan seputar kegiatan perhotelan. Profesi ini dikerjakan oleh pria maupun wanita yang berdiri di meja depan lobi hotel. Resepsionis hotel perlu melayani tamu dengan keramahan dan informatif saat memberikan informasi terkait kamar maupun fasilitas hotel.

Sehingga pekerjaan sebagai receptionist hotel merupakan bagian penting yang berkaitan dengan pelanggan yang akan menggunakan layanan dari hotel itu sendiri.

Peran receptionist hotel

gaji receptionist hotel
iStock

Di penjelasan sebelumnya disebut bahwa receptionist hotel merupakan wajah dari hotel itu sendiri. Maka dari itu perannya sangat penting. Perannya sangat beragam mulai dari membantu tamu saat tiba, memberikan informasi tentang fasilitas hotel, dan menyimpan catatan pemesanan yang akurat.

Resepsionis Hotel juga menangani permintaan tambahan dari tamu. Selain itu, jika Sedulur tertarik menjadi seorang Resepsionis Hotel maka Sedulur juga berperan dalam mengelola panggilan telepon masuk hingga email, pos, dan pengiriman.

Tanggung jawab receptionist hotel

gaji receptionist hotel
iStock

Selain gaji receptionist hotel yang penting juga untuk Sedulur ketahui adalah tugas dan tanggung jawabnya. Secara umum, berikut ini adalah tugas dan tanggung jawabnya yaitu:

  • Menyambut tamu dan memeriksa detail mereka terhadap pemesanan
  • Mengalokasikan tamu untuk kesediaan kamar dan menyediakan kunci kamarnya
  • Menjawab telepon dari calon pelanggan dan tamu, menerima pesan dan mengantarkannya
  • Menanggapi permintaan bantuan dan informasi
  • Menyediakan layanan pramutamu, seperti memesan tiket wahana, mengatur perjalanan hingga memberikan informasi tentang fasilitas dan atraksi yang disediakan lokasi.

Tugas receptionist hotel

iStock

Selain tanggung jawab di atas, seorang resepsionis hotel juga memiliki tugas profesi. Tugasnya yaitu menyelesaikan tugas administrasi seperti pengarsipan. Hal itu terkait berkas penting tamu sebagai salah satu pelengkap syarat menginap di suatu hotel.

Kemudian, Sedulur juga perlu menyiapkan tagihan kamar dan memastikan pembayaran tepat waktu, mengambil pembayaran, dan mengembalikan deposit. Dengan begitu, kegiatan kasir dan administrasi juga dilakukan oleh seorang Resepsionis Hotel.

Namun, di hotel yang lebih besar mungkin ada tim resepsionis yang bertanggung jawab menjaga layanan tanpa gangguan kepada tamu. Sementara, hotel yang lebih kecil biasanya memiliki satu atau dua resepsionis hotel.

BACA JUGA: 13 Cara Mengembangkan Potensi Diri Untuk Karirmu!

Jenjang karir receptionist hotel

iStock

Meskipun kadang masih dianggap sebelah mata, nyatanya profesi ini memiliki jenjang karir yang menarik jika Sedulur terus tekuni secara konsisten. Berikut beberapa jenjang karir sebagai hotel receptionist. Berikut ini daftar jenjang karirnya:

1. Junior Hotel Receptionist

Pada jenjang awal, Sedulur akan berada pada posisi junior level yang memiliki tanggung jawab yang sama dengan rekan lainnya di front desk. Mulai dari kegiatan administrasi hingga melayani tamu seperti pada umumnya.

Di jenjang ini Sedulur akan bekerja sekaligus bekerja secara profesional menjadi ‘wajah’ dari hotel bagi pelanggan. Biasanya, pada jenjang ini Sedulur akan terbagi atas satu tim yang diawasi oleh seorang atasan.

2. Tenant Relationship Executive

Jenjang selanjutnya adalah sebagai Tenant Relationship Executive, yaitu orang yang bertanggung jawab untuk memastikan segala proses kegiatan resepsionis berjalan dengan baik. Memastikan proses serah terima unit dari pengembang ke pelanggan terkelola dengan baik.

Pada jenjang tersebut, Sedulur juga akan menjadi penghubung dalam menanggapi keluhan pelanggan (terkait cacat) dengan meneruskan informasi tersebut ke departemen terkait seperti divisi manajemen proyek.

3. Front Office Manager

Kemudian, jenjang paling tinggi adalah menjadi seorang Front Office Manager. Tugasnya adalah membangun dan memelihara hubungan yang kuat dengan calon klien dan klien yang sudah ada.

Setelah itu, Manager juga akan membantu mempromosikan dan mempertahankan citra perusahaan yang positif. Serta, menyediakan klien dengan konsultasi produk dan layanan yang komprehensif, hingga membimbing proses pengambilan keputusan mereka.

Gaji receptionist hotel

iStock

Pada dasarnya gaji receptionist hotel berbeda-beda, tergantung daerah tempat hotel tersebut berada. Biasanya setiap daerah memiliki UMK/UMR yang berbeda masing-masing tergantung pendapatan daerah itu sendiri.

gaji resepsionis hotel di Indonesia pada jenjang awal berkisar Rp.2.000.000 hingga Rp.3.500.000 per bulan tergantung daerahnya. Untuk level menengah hingga manajer nominal yang diberikan jauh lebih besar dengan beban pekerjaan yang lebih banyak sehingga gaji yang diperoleh sekitar lebih dari Rp.6.000.000.

Gaji receptionist hotel bisa berbeda, tergantung daerah tempat hotel tersebut berdiri, juga tergantung hotel itu sendiri. Selain daerah memiliki pendapatan yang berbeda juga hotel memiliki kebijakan sendiri terkait penggajian pegawainya.

Namun ternyata setiap hotel yang berbeda bintang memiliki gaji yang berbeda pula. Berikut ini penjelasannya lebih lanjut, yaitu:

1. Gaji resepsionis Bintang 2

Resepsionis pada bintang 2 mungkin masih tergolong sederhana. Tugasnya masih tidak terlalu banyak, hanya berfokus pada menyapa kunjungan dari pelanggan.

Bintang 2 masih memiliki rate yang tidak terlalu tinggi. Jadi, tidak heran jika pelanggan yang menuju ke hotel ini juga masih seputaran lokal saja. resepsionis bertugas untuk membantu pelanggan baik untuk reservasi, check-in, check-out dan menawarkan produk.

Untuk range gaji kerja resepsionis hotel yaitu mulai dari Rp. 1.800.000 – Rp. 2.300.000 per bulannya. Dengan range tersebut, sudah cukup sesuai untuk pekerjaan resepsionis pada hotel di bintang 2. Karena tidak terlalu membutuhkan keterampilan yang tinggi dalam melakukan perjamuan dengan pelanggan.

2. Gaji resepsionis Bintang 3

Resepsionis bintang 3 harus lebih aktif dalam melakukan komunikasi kepada pelanggan. Biasanya, untuk hotel bintang 3 sudah menerima tamu dari luar kota. Jadi, diharuskan untuk bisa berbahasa Indonesia yang baik dan benar. REceptionist bisa membantu reservasi kebutuhan pelanggan, check-in,check-out.

Untuk kisaran gaji yang diberikan yaitu mulai dari Rp. 2.400.000 sampai Rp. 3.200.000 per bulannya. Range gaji yang diberikan sudah sangat sesuai dengan aktivitas yang dilakukan. Mengingat, untuk aktivitas yang dilakukan juga lebih banyak dibandingkan hotel pada bintang 2.

3. Gaji resepsionis Bintang 4

Hotel bintang 4 sudah berjalan dengan sistem yang jauh lebih baik. Dengan begitu, pelayanan dalam hal resepsionis dituntut untuk jauh lebih baik juga. resepsionis diharuskan untuk bisa berbahasa Indonesia dan Inggris serta memiliki sikap yang baik.

Karena, hotel bintang 4 juga sering menjadi tempat menginap bagi banyak orang luar negeri yang berkunjung ke Indonesia. Jika Sedulur mendapatkan tawaran untuk menjadi resepsionis hotel bintang 4, maka harus segera diambil.

Mengapa demikian? Karena, untuk range gaji resepsionis hotel yang diberikan sudah cukup besar. Mulai dari Rp. 3.800.000 – Rp. 4.400,000 per bulannya. Gaji tersebut sangat wajar diberikan kepada receptionist bintang 4, mengingat tidak semua orang memiliki keterampilan yang baik untuk menjadi receptionist.

4. Gaji resepsionis Bintang 5

Pelayanan untuk hotel bintang 5 tentu jelas yang terbaik. Termasuk, pada pekerjaan di bagian resepsionis. Tidak sembarang orang bisa menjadi resepsionis yang bekerja secara langsung pada hotel bintang 5. Seorang resepsionis diharuskan untuk memiliki kefasihan dalam multi bahasa.

Seperti bahasa indonesia, inggris, mandarin maupun lainnya. Namun, yang paling utama yaitu bahasa Inggris. Selain itu, juga diharuskan untuk tampil secara profesional dan perfect setiap saat. Tidak boleh sedikitpun menampilkan wajah yang tidak menyenangkan kepada tamu hotel.

Karena, semua tamu hotel merupakan VIP dan orang-orang yang berkelas. Image yang baik dari seorang resepsionis akan memberikan pandangan baik hotel dari pada tamu. Lalu, berapa gaji resepsionist hotel bintang 5? Mulai dari Rp. 4.000.000 – Rp. 6.000.000 Rupiah.

Range tersebut sangatlah wajar diberikan, karena hotel bintang 5 umumnya sudah memiliki banyak cabang di dunia. Belum lagi mengenai tanggung jawab yang diberikan juga sangat berat karena tamunya begitu berkelas. Jadi, tidak heran jika gaji resepsionis hotel yang diberikan tinggi.

BACA JUGA: Desainer Grafis: Pengertian, Jenis, Tugas dan Prospek Karir

Tips menjadi receptionist hotel

iStock

Nah bagi Sedulur yang tertari menjadi resepsionis hotel karena mengetahui gaji receptionist hotel beserta dengan tanggung jawabnya, tentu Sedulur harus mengetahui bagaimana tips menjadi receptionist hotel itu sendiri.

Berikut ini terdapat beberapa langkah dan tips yang bisa Sedulur lakukan untuk menjadikan receptionist hotel, yuk mari kita simak!

1. Melalui pendidikan formal

Cara untuk mendapatkan gaji receptionist hotel dan bekerja yaitu dengan melalui pendidikan formal. Pendidikan formal pada bidang ini dapat Sedulur lakukan melalui SMK jurusan perhotelan atau perguruan tinggi jurusan pariwisata dan perhotelan.

Hal ini juga menjadi bekal untuk mempersiapkan berbagai skill keterampilan seperti layanan pelanggan, front desk management, dan administrasi. Di sisi lain, melalui pendidikan formal juga bermanfaat untuk melatih komunikasi bahasa Inggris karena membantu berbicara dengan tamu yang mungkin tidak fasih dalam bahasa lokal.

Tidak hanya itu, pendidikan formal akan membantu Sedulur meraih jenjang karir yang lebih tinggi kedepannya. Meskipun begitu, beberapa hotel atau resort juga biasanya membuka lowongan dengan mempekerjakan kandidat yang menyelesaikan pendidikan menengah atas. Sehingga, Sedulur tidak perlu khawatir jika belum memiliki gelar sarjana.

2. Melalui pendidikan non formal

Selanjutnya yaitu melalui pendidikan non formal Sedulur bisa tempuh agar bisa mendapatkan gaji receptionist hotel. Bukan hanya belajar melalui bangku sekolah atau kuliah, Sedulur juga bisa mengembangkan kemampuan melalui jalur non formal.

Terlebih lagi, peran sebagai hotel receptionist memerlukan kemampuan dalam kegiatan administrasi. Dalam hal ini, Sedulur bisa mengikuti berbagai kursus, webinar, hingga pelatihan dalam mengembangkan skill yang diperlukan. Misalnya, pelatihan menggunakan Ms.Office, bahasa inggris bisnis, cara melakukan data entry, dan lainnya.

Selain itu, adapun pelatihan hardskill perhotelan melalui berbagai lembaga kursus yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Di sisi lain, Sedulur akan mendapatkan sertifikasi dari hasil pendidikan non formal yang Sedulur ikuti.

3. Mengikuti program internship

Program internship atau magang bisa jadi jalan bagi Sedulur untuk menjadi seorang resepsionis hotel dan mencapatkan gaji receptionist hotel sebagai sumber penghidupan. Hal ini dapat memberikan Sedulur pengalaman industri yang berharga dan membiasakan Sedulur dengan tren dan keterampilan yang terbarukan.

Sedulur dapat mengambil magang atau internship di perusahaan manapun yang menawarkan layanan perhotelan. Selain itu, ini juga bisa menjadi peluang besar untuk memperluas jaringan profesional Sedulur. Ada banyak jalan yang bisa Sedulur lakukan untuk menjadi seorang resepsionis hotel.

Nah itulah penjelasan seputar gaji receptionist hotel dan berbagai macam penjelasan penting lainnya yang perlu Sedulur ketahui. Terutama bagi Sedulur yang berminat untuk menjadi resepsionis hotel. Semoga penjelasan di atas bermanfaat bagi Sedulur ya!