Seiring berkembangnya teknologi, para pelaku bisnis mulai memiliki pilihan sangat beragam terkait media apa yang mereka gunakan untuk promosi produk. Diharapkan, media yang mereka pilih nantinya dapat menyampaikan pesan baik untuk para konsumen. Salah satu media yang kini menjadi favorit para pebisnis dalam menyampaikan pesan adalah melalui content creator.

Content creator adalah seseorang yang menciptakan konten atau media kepada khalayak secara online. Konten tersebut bisa berupa promosi produk, kehidupan sehari-hari, komedi, dan lain sebagainya guna menghibur masyarakat umum. Jika Sedulur tertarik dengan bidang pekerjaan yang kekinian ini, berikut adalah rangkuman cara dan kunci suksesnya.

BACA JUGA: Ini Cara Duet di TikTok yang Seru agar Konten Masuk FYP

Apa itu content creator?

content creator
unsplash

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, bidang pekerjaan kekinian ini merupakan seseorang yang membuat konten, baik berupa gambar, video, tulisan, atau suara. Konten yang mereka buat kemudian akan diunggah melalui berbagai situs sesuai dengan yang mereka inginkan, seperti YouTube, Instagram, Twitter, Facebook, Spotify, serta WordPress.

-->

Ragam konten yang mereka tawarkan pun bervariasi, mulai dari kehidupan sehari-hari atau daily vlog, tutorial, games, podcasting, komedi, wawancara, pengetahuan, dan lain sebagainya. Bidang pekerjaan ini membutuhkan ide yang kemudian akan dilakukan riset untuk membuat sebuah konsep yang akan dijadikan sebuah konten. Setelah melakukan riset, mereka lalu mengeksekusi idenya melalui sebuah konten yang sesuai dengan branding dan identitas yang diinginkan.

Tentunya, pengetahuan yang baik sangat dibutuhkan dalam bidang pekerjaan ini. Di antaranya adalah pengetahuan tentang komunikasi, produksi, bahkan cara untuk bisa menyebarkan konten kepada masyarakat. Termasuk, cara untuk menghibur masyarakat sebagai audience baik melalui lisan, tulisan, dan media visual.

Tidak hanya itu saja, pengetahuan yang baik mengenai peralatan, teknik, serta prinsip desain termasuk dalam memproduksi gambar, model, dan rencana teknikal yang presisi pun juga dibutuhkan untuk menekuni content creator yang menarik.

Bidang pekerjaan ini juga membutuhkan multitasking dalam bermacam-macam hal, mulai dari hard skill, soft skill, sampai kemampuan menulis iklan dengan bahasa yang menarik. Seorang yang menekuni bidang pekerjaan ini tidak mungkin berdiri sendiri. Maka dari itu, mereka harus bisa berkolaborasi dengan yang lainnya agar makin menarik dan diminati audiens terus.

Proyeksi karir content creator

content creator
unsplash

Jika dilihat dari banyaknya minat masyarakat terhadap bidang pekerjaan yang satu ini, maka salah satu alasannya adalah agar bisa dikenal oleh khalayak luas dan memiliki pendapatan cukup tinggi. Dibanding dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini memiliki banyak peluang yang menjanjikan. Apalagi, adanya pandemi COVID-19 yang mengakibatkan banyak orang tidak bisa ke mana-mana dan lebih banyak berkutat di layar ponsel pintar atau gadget lainnya. Pastinya, proyeksi karir dari pekerjaan ini tidak main-main. Ada beberapa hal yang menjadi latar belakang proyeksi karir dari content creator, seperti berikut ini.

  • Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, semua orang bisa terhubung dengan mudah secara online. Apalagi, adanya pandemi global yang memaksa semua orang untuk tinggal di rumah, mau tidak mau. Ini bisa menjadi salah satu peluang yang baik untuk membuat berbagai konten secara digital yang unik dan menarik. Karena semua orang menggunakan internet, jadi konten yang Sedulur akan unggah punya peluang cukup banyak dilihat masyarakat luas.
  • Agar peluang makin besar, sebisa mungkin memiliki pengalaman yang berkaitan dengan pemasaran. Apalagi, salah satu tanggung jawab dari pekerjaan ini adalah memasarkan suatu produk sebuah perusahaan. Umumnya, perusahaan akan lebih senang memasarkan produk atau layanannya dengan menggunakan metode pengalaman pengguna. Mereka akan senang jika seorang penyedia konten mampu menghadirkan konten asli yang menarik serta bisa membagikan pengalaman yang nyata kepada audiensnya ketika sedang menggunakan suatu produk atau layanan.
  • Memiliki revolusi konten yang sudah berlangsung. Dunia pembuatan konten akan selalu berubah seiring dengan adanya ragam platform media sosial baru yang terus bermunculan. Maka dari itu, dibutuhkan adaptasi yang cepat dalam bidang kreatif supaya tidak tenggelam oleh zaman. Jadi, jika Sedulur ingin mengambil bagian dalam revolusi konten, saat ini adalah waktu yang tepat.

Cara menjadi content creator

content creator
unsplash

Sebelum mengetahui beberapa langkah agar bisa terjun ke bidang pekerjaan ini, ada baiknya mengetahui beberapa tanggung jawabnya, di antaranya Sedulur harus bisa mengumpulkan data, ide, dan melakukan riset yang lainnya supaya bisa menghasilkan konten menarik untuk masyarakat sebagai audiens.

Sedulur juga harus bisa memilih platform apa saja yang cocok untuk “ngonten“. Jika suka menulis, maka salah satu platform yang tepat adalah WordPress. Apabila suka membuat video, maka beberapa platform yang bisa dituju adalah YouTube, TikTok, atau Instagram.

Seorang content creator juga dituntut untuk mengetahui hal terkait Search Engine Optimization (SEO). Sebab, hal ini bisa menjadi salah satu penentu kesuksesan konten. Konten akan mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google, sehingga sangat berpengaruh terhadap traffic.  Jika sudah memahami hal-hal tersebut, berikut adalah beberapa cara dan langkahnya.

BACA JUGA: Apa Itu WordPress? ini Pengertian, Jenis dan Kegunaannya

1. Buat konten yang unik dan berbeda

content creator
unsplash

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk memulainya adalah membuat konten yang unik dan berbeda. Cara menjadi digital content creator ini adalah mendapatkan perhatian dari calon audiens. Apalagi, jika kontennya bersifat mempromosikan produk. Sangat direkomendasikan untuk membuat konten yang lebih unik daripada biasanya.

Jika kontennya tidak unik, maka calon audiens tidak akan tertarik untuk membeli atau melihatnya. Salah satu kemungkinannya adalah konten tersebut pernah mereka lihat di kesempatan yang sudah berlalu. Unik tidak selalu berkaitan dengan out of the box. Unik juga bukan berarti ide yang belum pernah dipikirkan sebelumnya oleh siapa pun.

Salah satu hal yang bisa mendasari keunikan suatu produk adalah mampu menarik perhatian calon audiens, minimal bisa mendapatkan view, likes, dan komentar yang cukup tinggi. Tidak hanya itu saja, bidang ini juga mengharuskan up to date terhadap berita dan hal lain yang terjadi di sekitar.

Jika sudah mengetahui topik apa yang sedang ramai dibicarakan, maka Sedulur akan mudah menemukan ide yang relevan dengan isi konten. Di masa kini, tidak sulit untuk menemukan berita terbaru mulai dari membaca portal berita, menjelajahi media sosial, sampai mengeksplorasi Google Trends. Dengan mengetahui berita terkini, maka konten akan makin diminati oleh masyarakat.

2. Bangun branding yang konsisten dan profesional

content creator
unsplash

Selanjutnya adalah dengan membangun branding yang profesional dan tetap konsisten. Branding bisa dikatakan sebagai wajah suatu kreator di mata masyarakat. Wajah inilah yang diperlukan untuk menjadi branding terhadap suatu bisnis.

Di mata masyarakat, brand awareness sangat penting. Maka dari itu, seseorang harus menciptakan sebuah konten yang konsisten. Apabila citra yang dimiliki oleh seseorang adalah gembira dan dekat dengan audiens, maka konten yang akan dibuat harus memiliki relasi dengan hal tersebut.

3. Pelajari audiens dari industri yang digeluti

content creator
unsplash

Selanjutnya adalah dengan mempelajari terlebih dahulu audiens dari industri yang digeluti. Misalnya, media yang dipilih adalah Instagram, maka cara menjadi content creator Instagram adalah dengan memiliki kreativitas yang sesuai dengan audiens di platform tersebut. Jika kreativitas sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, maka mereka akan selalu tertarik dengan konten yang dimiliki seseorang.

Maka dari itu, pelajari perilaku audiens dari industri yang digeluti sedalam mungkin. Bisa jadi, seseorang akan secara tidak sengaja menemukan peluang dan ketertarikan baru berkat kebutuhan dan keinginan dari audiens.

Salah satu kualitas terbaik dari bidang pekerjaan ini yang dianggap sukses adalah ketika mereka berhasil mengetahui bagaimana pola audiensnya luar dan dalam. Tak hanya itu saja, seseorang juga harus bisa meneliti kebutuhan dan keinginan dari audiens yang belum dipenuhi. Dalam hal tersebut, cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan riset. 

Kelompokkan audiens sesuai dengan gender, usia, anggota keluarga, profesi, gaji, bahkan lokasi. Jika sudah dikelompokkan, maka penilaian akan menjadi lebih mudah. Apabila sudah dinilai, maka konten yang sesuai pun akan bisa dibuat.

BACA JUGA: Cara Daftar Google AdSense untuk Pemula Terbaru & Termudah

4. Buat konten yang orisinal dan kurasi dengan konten lain

content creator
unsplash

Arti dari konten orisinal di sini adalah konten yang nantinya akan menjadi ciri khas dan gaya dari seseorang. Jika sudah mempunyainya, maka hal itulah yang akan menjadi pembeda satu sama lain. Misalnya, seorang content creator YouTube bernama Tanboy Kun yang memiliki ciri khas dalam kontennya yaitu selalu makan dengan porsi banyak atau “mukbang“. Maka, ketika audiens ditanya hal yang berkaitan dengan “mukbang”, maka kebanyakan akan kepikiran dengan Tanboy Kun.

Apabila seseorang tidak memiliki ciri khas yang menonjol, maka secara tidak langsung akan terpinggirkan. Gunakan cara pembuatan konten yang unik dengan medium berbeda agar bisa menjadi pembeda dari yang lainnya.

Mengenai kurasi dengan konten lain, yang dimaksud kurasi adalah selain membagikan konten milik orang lain, seseorang juga harus memberikan sesuatu yang menjadi pembeda dengan konten tersebut. Seseorang tidak hanya sekadar membagikan konten sesuai format sebelumnya saja, tapi harus memiliki interaksi dengan konten tersebut. Tunjukkan pada audiens bahwa kamu adalah seorang yang ahli dalam bidang tertentu.

Contohnya, ada seseorang yang membagikan video lewat platform Twitter. Lakukan interaksi dengan video tersebut dengan cara retweet unggahan tersebut. Tambahkan dengan berbagai komentar menarik atau yang lainnya agar bisa dilihat oleh audiens.

Konten yang kamu buat tentunya akan menjadi tambahan nilai informasi. Apalagi, jika bisa menambahkan hal lainnya terkait unggahan itu. Gali terus berbagai hal yang berkaitan dengan itu, agar makin terlihat oleh audiens. Selain itu, personal brand yang dimiliki juga akan terbentuk.

5. Ikut komunitas dan online course untuk meningkatkan keahlian

content creator
unsplash

Selanjutnya adalah dengan mengikuti komunitas dan online course agar keahlian makin meningkat. Hal ini penting dilakukan karena kesuksesan tidak hanya diukur dari passion, tapi juga adanya sosok penting yang bisa menginspirasi, mengajari, serta mendorong seseorang agar bisa berpikir dengan cara yang berbeda. Itu semua bisa didapatkan dengan mudah melalui berbagai komunitas atau online course.

Tidak hanya bisa mengajari dan menginspirasi, dengan mengikuti komunitas juga bisa mendapatkan berbagai lowongan content creator. Ada pula berbagai ilmu tentang membuat konten, misalnya dasar penyuntingan video, trik mengatur kamera, atau kursus lainnya yang pastinya berkaitan dengan industri yang sedang digeluti.

Bangun jaringan dengan sesama, agar kesempatan yang dimiliki makin besar peluangnya. Untuk bisa terhubung dengan komunitas, luangkan waktu untuk membuka berbagai platform seperti Instagram, Twitter, TikTok, dan Facebook.

6. Buat penilaian dari kontenmu

unsplash

Peluang yang besar terdapat pada jaringan internet. Saking besarnya, internet bisa menjadi tempat untuk menilai konten yang dibuat sendiri. Maka dari itu, seorang content creator perlu memahami Key Performance Indicator atau KPI dari konten yang dibuat. Seseorang akan bisa menilai apakah konten yang telah dibagikan sudah sesuai atau sudah baik lewat beberapa pengukuran tertentu.

Selain itu, seseorang juga bisa melihatnya melalui media sosial dan organic traffic dari konten itu sendiri. Lewat cara itulah, seseorang bisa menilai sendiri apakah konten yang telah dibuat layak dilihat oleh audiens atau sebaliknya.

Kemudian, seseorang juga bisa melihat penilaian dari orang lain terhadap konten yang sudah disebarkan. Jadi, kreator bisa mengetahui apakah audiens menyukainya ataupun tidak. Hal itu berpengaruh terhadap materi selanjutnya yang akan dibuat.

BACA JUGA: Pengertian Blog: Ini Jenis, Struktur, Fungsi, dan Kegunaannya!

7. Minta kritik dan saran untuk perkembangan kontenmu

unsplash

Untuk perkembangan konten menjadi lebih baik, usahakan untuk meminta kritik dan saran dari teman sejawat content creator Indonesia ataupun orang yang lainnya. Jika konten sudah diunggah, tentunya pekerjaan tidak selesai begitu saja. Itulah saat yang tepat untuk bisa mengevaluasi konten dengan cara mendengarkan tanggapan yang diberikan oleh orang lain.

Bila perlu, sediakan catatan kecil agar bisa mencatat hal apa saja yang bisa menjadi saran baik untuk konten ke depannya. Seseorang bisa dikatakan sukses apabila bisa memahami dan menyadari bahwa masih banyak hal yang harus dipelajari dan tidak hanya diam di tempat. Selain itu, seseorang juga harus memiliki sikap terbuka terhadap cara pandang orang lain.

8. Tulis setiap ide secara rutin

unsplash

Menulis secara rutin ide yang terlintas bukan berarti membuat esai, ya. Ini tidak berkaitan dengan inspirasi yang hadir dalam menulis, namun inspirasi yang bisa saja hadir dari setiap tulisan yang sedang dibuat.

Seseorang yang bisa dikatakan sukses harus menyadari betapa pentingnya konsistensi dalam mengembangkan sebuah tulisan. Cara mudah untuk melakukannya secara rutin adalah dengan membiasakan diri untuk duduk sejenak selama 10 sampai 15 menit setiap harinya, untuk mengeluarkan ide dan pemikiran yang terlintas di dalam otak. Apa pun ide dan pemikiran yang terlintas, tulis saja semuanya ke dalam sebuah catatan. Dari situlah biasanya akan muncul inspirasi yang unik dan menarik.

9. Lakukan kolaborasi dengan content creator lain

unsplash

Biasanya, seorang content creator yang sukses tidak berdiri dengan sendirinya. Mereka akan membangun jaringan dengan rekan sejawat agar bisa membuat suatu konten yang bisa dilihat oleh audiens. Misalnya, YouTubers yang berkolaborasi satu sama lain dan membuat konten bersama-sama. Tujuan mereka berkolaborasi tentunya adalah untuk menambah jumlah subscribers.

BACA JUGA: YouTuber: 9 Cara Menjadi YouTuber Sukses untuk Pemula

10. Memahami keyword dan SEO yang tepat

unsplash

Selain memiliki kemampuan menulis, seorang content creator harus bisa memahami kata kunci yang sedang populer serta Search Engine Optimization (SEO) yang tepat. Jika manajemen SEO sudah bagus, maka konten yang dibuat akan mudah dilihat dan ditemukan melalui mesin pencari seperti Google.

Gaji content creator

unsplash

Setelah mengetahui berbagai cara untuk bisa terjun dan bertahan di bidang pekerjaan ini, tentunya Sedulur juga penasaran, kenapa banyak sekali orang yang ingin menekuni bidang pekerjaan ini Pendapatan dari bidang pekerjaan ini dinilai tak terbatas, tergantung seberapa banyak traffic dari media yang mereka ciptakan.

Makin seseorang mampu untuk berpikir kreatif dan unik, makin besar pula peluang audiens melihat dan menyukai konten yang dibuat. Jika sudah banyak audiens yang melihat, maka peluang untuk mendapatkan traffic juga makin besar. Hal ini berpengaruh dengan besaran gaji yang akan didapatkan. Gaji content creator Instagram juga tidak bisa disamakan dengan YouTube, TikTok, Twitter, dan lain sebagainya. Semuanya memiliki besaran yang berbeda.

Demikian ulasan mengenai apa itu content creator beserta beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk bisa terjun dan bertahan di bidang pekerjaan ini. Di era modern ini, peran mereka cukup esensial untuk melakukan pemasaran di berbagai perusahaan. Hal ini dilakukan untuk menarik minat konsumen secara digital. Maka dari itu, pelajari tips di atas agar Sedulur bisa sukses di bidang pekerjaan ini. Semoga membantu!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.