Menjadi YouTuber kini jadi pekerjaan yang mulai diminati banyak generasi muda. Sebab cara menjadi YouTuber ternyata cukup mudah. Hanya dengan modal alat perekam gambar seperti handphone, seseorang sudah bisa membuat video yang dapat ditonton orang dan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Selain itu, cara menjadi YouTuber pemula modal hp bisa dilakukan. Sedulur hanya tinggal membuat video yang mengandung informasi penting dengan hp dan selanjutnya diunggah ke media sosial seperti YouTube. Diketahui, media sosial memberikan kebebasan seluas-seluasnya untuk semua orang yang ingin  berkreasi. Dan apabila subscribersnya sudah mencapai jutaan, peluang mendapatkan penghasilan dari adsense.

Nah, bagaimana cara menjadi YouTuber? Kali ini Aplikasi Super sudah memberikan rangkumannya terkait apa saja yang wajib kamu miliki sebelum terjun ke dunia ini. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: 8 Cara Screenshot Laptop Termudah dan Tercepat, Harus Tau

1. Pilih kategori konten 

cara menjadi youtuber
voi

Cara menjadi YouTuber yang pertama adalah seseorang harus menentukan jenis konten dan nama channelnya. Hal ini perlu dilakukan agar Sedulur punya perencaan yang jelas dan tidak menyimpang dari jenis konten yang sudah direncanakan.

Poin kedua, kategori ini berhubungan dengan jumlah likes, komentar, dan bagikan (share) yang Sedulur miliki. Semakin banyak didapatkan, maka Sedulur dapat disebut sebagai YouTuber dengan engagement tinggi.

Poin ketiga adalah, monetisasi. Hal ini salah satu syarat cara menjadi YouTuber yang dapat menghasilkan uang. Tentu saja jumlah penghasilan setiap YouTuber akan berbeda-beda, tergantung pada kualitas video, jumlah penonton atau viewers, dan aspek lain yang menjadi pertimbangannya

2. Buat target

cara menjadi youtuber
jojonomic

Seorang YouTuber pemula wajib memiliki target yang harus ditentukan. Baik jumlah viewer, comment, likes, dan subscriber. Hal ini perlu supaya mengetahui seberapa besar kemajuan channelmu dari hari ke hari. Dan satu lagi, seorang YouTuber pemula juga harus memiliki patokan yang jelas mengenai berapa konten yang harus dibuat dan diunggah di kanal YouTube Sedulur.

BACA JUGA: Anti Ribet! Ini Cara Cek Nomor KK Online Mudah dan Cepat

3. Tentukan niche sesuai dengan kemampuan anda

cara menjadi youtuber
web developer

Pemilihan topik atau niche bagi YouTuber pemula wajib dilakukan. Pastikan Sedulur memiliki topik yang kamu kuasai. Hal ini akan mempermudah Sedulur dalam menyampaikan informasi. Banyak sekali topik yang dapat dijadikan konten untuk YouTube, seperti musik, gim, fashion, kuliner dan masih banyak lagi. Apabila masih bingung, menentukan konten untuk kanal youtubemu, Sedulur bisa mencari sumber referensi di media sosial atau mencoba mencari tahu apa yang menjadi hobi Sedulur.

4. Bangun karakter

cara menjadi Youtuber
Unsplash

Membangun karakter salah satu langkah penting cara menjadi YouTuber pemula. Ciri khas yang dapat Sedulur tonjolkan, antara lain intonasi bicara, tagline menarik, atau penampilan yang unik. Bangunlah karakter yang sesuai dengan jati diri Sedulur.

Selain itu, bangunlah image channel  Sedulur dengan baik supaya subscriber terkesan dengan konten-konten yang Sedulur buat.

5. Buat konten yang menarik

cara menjadi youtuber
IDN times

Satu hal lagi cara menjadi YouTuber pemula adalah kreativitas dalam membuat video. Seorang YouTuber harus memiliki memiliki ide-ide cemerlang dalam membuat konten. Selain itu, asah selalu kemampuan editing video, seperti cuting atau mengkomparasikan dengan suara dan animasi yang memukau agar konten Sedulur semakin berkualitas dan disukai oleh penonton.

6. Promosi

cara menjadi youtuber
wificolony

Bagi anda seorang YouTuber pemula, promosi harus dilakukan. Maksud promosi ini adalah Sedulur harus mempromosikan channel ke banyak orang. Kamu juga bisa mempromosikan ke sosial media agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

7. Konsistensi

liputan6

Cara menjadi YouTuber pemula selanjutnya adalah masalah konsistensi. Banyak sekali YouTuber pemula yang masih sering tidak tepat waktu dalam membuat konten atau bisa dibilang tidak konsisten. Ini bisa berpengaruh terhadap jumlah subscribermu dan permasalahan lainnya. Dan tidak hanya itu, engagement juga bisa mengalami penurunan. Bila Sedulur tidak ingin hal tersebut terjadi, Sedulur harus bisa mematok target, berapa konten yang harus dibuat perhari dan berapa konten yang harus di upload ke channel anda.  

 

8. Aktif menanggapi tanggapan audience

Erry ricardo

Menjadi YouTuber pemula, tidak boleh mengabaikan setiap komentar-komentar atau interaksi dengan audience yang masuk ke channel youtube Sedulur. Sedulur harus aktif menanggapi setiap komentar-komentar yang masuk dari subscriber atau para penonton.

Selain itu, perlu membangun koneksi dengan sesama kreator lainnya. Kalau perlu, ajak mereka untuk membuat video kolaborasi. Biasanya, kamu juga akan menemukan feedback, baik positif maupun negatif, lewat kolom komentar tersebut. Jadikan ini sebagai masukan yang baik untuk konten berikutnya.

9. Belajar optimasi Youtube dengaan SEO

Unsplash

Youtuber pemula wajib belajar mengenai optimasi Youtube dengan SEO. Ya, Search Engine Optimation atau SEO adalah salah satu cara agar konten-kontenmu bisa dijangkau oleh banyak orang. Agar konten yang telah dibuat dapat berkembang, para content creator video di YouTube juga mesti lihai dalam mengoperasikan beberapa tools dalam YouTube.

Misalnya, mengerti soal apa itu impression, mengenai views, watchtime, dan analisis data lainnya yang bisa menguntungkan akun YouTube kita.  Optimasi YouTube ini juga termasuk belajar SEO (search engine optimisation) buat YouTube. Yaitu cara agar video kita bakal tampil di halaman pertama YouTube ketika seseorang mencari dengan keyword atau kata kunci tertentu. 

Penghasilan Menjadi Seorang Youtuber

Tidak bisa diketahui secara pasti,  berapa total pendapatan yang bisa didapat sebagai seorang YouTuber. Memang profesi menjadi YouTuber pemula bisa meraih pendapatan mencapai puluhan hingga ratusan juta. Meski demikian perlu usaha kerasa agar bisa meraih pendapatan tersebut.

Banyak sekali faktor yang berpengaruh bagi YouTuber bisa meraih pendapatan puluhan juta. Faktor tersebut antara lain, jumlah like, total viewers, interaksi dengan audience, jumlah subscriber, hingga harga iklan.

Pendapatan menjadi seorang YouTuber dihitung menggunakan cost per mille atau biaya per seribu tampilan. Pendapatan lainnya juga bisa berasal dari biaya per klik atau penghasilan yang diperoleh saat penonton klik iklan yang muncul pada kanal tersebut. Penghasilan lainya dapat berasal di luar YouTube. Misalnya, saat YouTuber  mendapatkan endorse atau bekerja sama dengan sebuah merek produk.  

Aplikasi editing video bagi youtuber pemula

Banyak sekali aplikasi editing yang bisa digunakan bagi YouTuber pemula. Baik itu yang sifatnnya gratis atau yang berbayar .Bagi Sedulur yang akan menjadi youtuber pemula, wajib memiliki aplikasi editing seperti yang akan dijelaskan oleh tim Super App berikut ini: 

1. Adobe premier pro

Adobe premier pro adalah editing yang bisa dipakai bagi Sedulur yang akan terjun menjadi YouTuber pemula atau yang sudah profesional. Fitur-fitur yang diberikan pada aplikasi editing ini cukup lengkap, sehingga sangat layak buat Anda yang akan mengedit video.

2. Apple i Movie

Aplikasi selanjutnya adalah Apple i Movie Aplikasi ini tersedia gratis buat pengguna iPhone, iPad, Macbook, dan iMac. Dengan menggunakan aplikasi ini, edit video bisa kapan dan di mana saja, berkat fitur-fiturnya yang super lengkap. Ubah video yang tampak biasa saja dengan 14 template trailer, 8 tema unik dan 10 filter, bahkan menciptakan efek slo-mo yang keren.

3. Kinemaster

Aplikasi ini sangat dianjurkan sekali bagi seseorang yang belum tahu mengedit video dan ingin terjun menjadi YouTuber pemula. Keunggulan Kinemaster sebagai aplikasi edit video ini mudah dipakai oleh semua orang baik YouTuber pemula ataupun profesional. Banyak fitur unggulan dalam aplikasi ini dan merupakan aplikasi yang banyak diunduh oleh YouTuber melalui smartphone.

Ya, itu tadi beberapa poin penting cara menjadi YouTuber dari mulai aspek apa yang harus dipersiapkan hingga aplikasi editing apa yang harus dipakai oleh seorang YouTuber pemula.

Kalau sudah menjadi YouTuber, Sedulur pasti akan disibukkan dengan proses pembuatan video dan editing. Biar menghemat waktu, kebutuhan berbelanja kebutuhan sehari-hari serahkan saja pada Aplikasi Super. Di sini Sedulur bisa berbelanja kebutuhan pokok dengan mudah dan murah. Yuk download Aplikasi Super sekarang.