Pengertian Wordpress

Bagi seorang penulis konten, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah wordpress. WordPress adalah sebuah platform yang berguna untuk membuat dan mengkreasikan website dan memiliki sifat open source. Artinya, platform ini bisa digunakan secara gratis dan bebas untuk dimodifikasi oleh siapapun. 

Platform ini juga memiliki fungsi untuk mempermudah pekerjaan, karena memiliki segudang fitur yang berhubungan dengan cara membuat sebuah website. Walaupun gratis, ada banyak tema serta tampilan menarik yang ditawarkan oleh platform yang satu ini. 

Sebelum Sedulur memutuskan untuk mencoba platform yang satu ini, ada baiknya untuk mengetahui pengertian, fitur, fungsi, dan ragam lainnya dari wordpress. Oleh sebab itu, simak penjelasannya di bawah ini dulu, ya. 

BACA JUGA: 12 Manfaat Menulis, Baik Untuk Kesehatan Mental?

-->

1. Pengertian WordPress

wordpress adalah
unsplash

WordPress adalah salah satu contoh dari Content Management System (CMS) yang paling populer dan banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia pada saat ini. Platform ini dibangun menggunakan basis data MySQL dan bahasa pemrograman PHP. Dengan memanfaatkan platform ini ketika seseorang sedang membuat website, maka ia tidak perlu lagi memahami dan mempelajari bahasa teknis sebuah pemrograman. Maka dari itu, platform ini sangat cocok untuk digunakan para pemula karena cepat untuk dimengerti. 

2. Sejarah WordPress

wordpress adalah
unsplash

Platform yang termasuk dalam CMS ini pertama kali dikembangkan pada awal tahun 2003 oleh Matt Mullenweg dan Muke Little. Keduanya menciptakan platform ini berawal dari sebuah keresahan dalam melakukan publikasi secara online. Selain itu, mereka juga resah karena fitur B2 dan Cafeblog mulai dihentikan.  

Kemudian, mereka berdua memutuskan untuk membuat sebuah layanan yang bisa difungsikan untuk publikasi secara online buatan sendiri. Walaupun awal mula tampilannya masih tampak sederhana, namun sudah terdapat berbagai macam fitur yang fungsional dan masih dipertahankan hingga saat ini. Seiring berkembangnya jaman, platform ini semakin berkembang dan terus mengalami perbaikan. Bahkan, saat ini terdapat dua jenis alamat dari platform ini yang berbeda. 

Salah satu fungsi yang menarik adalah software ini bersifat open source. Seperti yang telah dijelaskan di atas, open source artinya bisa digunakan secara gratis dan bebas untuk dimodifikasi oleh siapapun. Tak hanya itu saja, platform ini juga menyediakan plugin yang berguna untuk memudahkan penggunanya dalam menambahkan fitur di website hanya dengan menggunakan satu kali klik. 

3. Perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org

wordpress adalah
unsplash

Alamat yang digunakan untuk mengakses wordpress adalah wordpress.com. Namun, ada juga yang memiliki alamat WordPress.org. Keduanya memiliki tujuan yang berbeda, berikut adalah hal yang membedakannya:

  • com : merupakan perusahaan hosting yang pengaturan kontennya digunakan untuk semua blog yang dibuat didalamnya. Pengguna bisa mendapatkan paket defaultnya secara gratis. Namun, apabila ingin custom, maka akan ada tambahan biaya tertentu.
  • org : merupakan website yang digunakan apabila pengguna ingin membuat situs self hosted pada platform ini. Melaluinya, pengguna bisa mengunduh platform dan mendapatkan berbagai plugin dan tema secara gratis. 

BACA JUGA: Cara Membuat Blog Gratis yang Dapat Menghasilkan Uang

4. Fitur dari WordPress

wordpress adalah
unsplash

Ada berbagai macam fitur yang dikembangkan oleh platform ini yang dirancang dan dikembangkan untuk kemudahan akses para penggunanya. Sejauh ini, semua fitur yang diberikan mendapatkan respon yang cukup baik dari penggunanya. Sehingga, platform ini bisa menjadi yang terpopuler dan banyak digunakan di seluruh dunia. Sebelum penggunanya bisa mengakses berbagai fitur tersebut, pastikan untuk melakukan wordpress login dahulu, ya. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai fitur-fiturnya. 

Post

Salah satu fitur utama dari WordPress adalah post. Fitur ini berguna untuk mempublikasikan sebuah artikel dengan sangat mudah. Caranya adalah tinggal klik bagian “Post”, lalu akan muncul sub menu dan klik “Add New” atau “All Post”. Pada sub menu ini, pengguna bisa menambahkan sebuah artikel yang nantinya dipublikasikan di website. Sedangkan, sub menu “All Post” berguna untuk menampilkan jumlah artikel yang telah dipublikasikan. 

Media

Selanjutnya adalah fitur Media yang digunakan untuk menambahkan gambar, video, dan berbagai macam media lainnya pada sebuah postingan artikel, sesuai dengan namanya. Untuk menggunakannya, ada dua yang bisa dipilih. Cara pertama bisa digunakan dengan menekan tombol kumpulan menu yang terletak di sebelah kiri. Bisa juga dilakukan dengan cara mengeditkan di halaman utama. Pengguna bisa mengelola, mengembangkan, atau menambahkan media tertentu dalam fitur yang satu ini. 

Appearance

Berikutnya adalah fitur Appearance yang bisa membuat pengguna mengatur tampilan website sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Terdapat berbagai macam tema atau template yang bisa dipilih dan digunakan para pengguna dalam menu ini. Ada berbagai tema yang memiliki tampilan bagus dan tak kalah menarik dari website yang dikembangkan sendiri. Untuk menggunakan temanya, pengguna harus terlebih dahulu mengunduhnya. 

Tools

Tools merupakan sebuah fitur yang sangat berguna untuk penggunanya pada saat tertentu. Fitur ini akan membantu penggunanya ketika ingin melakukan sebuah perpindahan dari website satu ke website yang lainnya. Cara kerja dari fitur WordPress ini adalah melakukan import dan export seluruh isi dari website. Tentunya, pengguna akan sangat terbantu ketika proses perpindahan data dari website yang mendetail. 

Comment

Menu atau fitur comment ini digunakan untuk mengelola komentar yang masuk pada sebuah artikel yang telah dipublikasi, sesuai dengan namanya. Pengguna bebas untuk mengatur komentar yang akan ditampilkan, misalnya harus melalui filter terlebih dahulu ataupun tidak. Jadi, semua komentar yang masuk akan dikelola melalui fitur yang satu ini.

Users

Fitur yang satu ini memiliki fungsi yang tak kalah penting dari fitur yang lainnya dalam sebuah dashboard. Fungsi dari fitur Users adalah untuk melihat pengguna pada sebuah website CMS. selain itu, fitur ini juga bisa digunakan untuk mengatur tingkatan hak akses pengguna untuk login dalam sebuah website. Pengguna juga bisa mengatur keamanan seperti password pada sebuah website.

Plugins

Selanjutnya adalah fitur Plugins yang memiliki kegunaan untuk memilih fitur yang mendukung sebuah website. Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa sebuah website yang bagus harus mempunyai fitur yang mendukung juga. Apabila sebuah website memiliki hal tersebut, maka respon dari pembaca akan bernilai positif. Melalui fitur ini, terdapat banyak plugins yang mendukung baik untuk blog, profil, toko online, dan sebagainya.

Setting

Fitur yang satu ini pasti sudah terdengar familiar untuk Sedulur. Yups, fitur ini digunakan sebagai pusat pengaturan sebuah website. Untuk seorang pemula, disarankan dapat menguasai menu ini supaya bisa mengembangkan sebuah website dengan baik dan menyeluruh, serta bisa mempermudah mengatur dan menginstall plugins sesuai kebutuhan.

Pages

Terakhir adalah Pages yang kegunaannya hampir sama dengan fitur Post. perbedaannya adalah dalam fitur ini tidak terdapat berbagai macam kategori. Tak hanya itu, fitur ini memiliki fungsi untuk menampilkan contact, privacy policy, serta masih banyak lagi. Dari sinilah, pengguna bisa membuat halaman baru dan bisa menambahkan deskripsi blog, kontak, serta yang lainnya. 

5. Cara membuat blog WordPress

unsplash

Setelah mengenal berbagai macam fiturnya, tentunya Sedulur sudah mulai tertarik dengan CMS yang satu ini, kan. Walaupun terkesan sedikit rumit, namun tampilan yang ditawarkan lebih fleksibel. Sehingga, bisa diubah sesuai dengan keinginan penggunanya. Untuk Sedulur yang masih bingung serta merupakan seorang pemula, cara membuat blog baru di wordpress adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka website WordPress di id.wordpress.com
  • Kemudian, cari dan klik “Buat situs web”.
  • Sebuah halaman baru akan muncul pada tampilannya. Setelah itu, Sedulur harus mengisi beberapa informasi terkait pembuatan akun seperti email, nama pengguna, alamat blog, dan tentunya password.
  • Setelah mengisinya dengan informasi yang diinginkan, selanjutnya adalah memilih nama blog beserta URL nya. Jangan lupa untuk klik link yang memiliki tulisan “akan menggunakan alamat yang gratis” supaya tidak dikenakan biaya. 
  • Jika sudah selesai, klik tombol “buat blog”.
  • Pihak terkait akan mengirimkan sebuah verifikasi berupa link pada akun email Sedulur. Buka dan klik link verifikasi tersebut dan selanjutnya akan muncul laman dashboard. Tandanya, alamat blog Sedulur sudah bisa digunakan.

6. Kelebihan WordPress

unsplash

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, wordpress com adalah situs untuk membuat blog dan semua jenis website dengan mudah. Pengguna bisa mengunggah hasil karya atau portofolionya dengan cara menulis artikel bahkan video tutorial melalui platform yang satu ini. Lalu, apa saja kelebihan dari CMS ini? Berikut adalah penjabarannya.

  • Mudah dikelola. Tak perlu menguasai bahasa pemrograman yang sulit dimengerti apalagi untuk pemula, Sedulur bisa melakukan berbagai macam pekerjaan seperti menulis dan menyunting postingan, mengubah dan menyunting gambar, menambahkan menu, mengelola user, dan lain sebagainya dengan mudah.
  • Gampang mengelola update dan setupnya. Tak seperti CMS yang lainnya, platform yang satu ini tidak butuh berbagai konfigurasi dalam manajemennya. Platform ini bisa diperbarui dengan cara satu kali klik saja.
  • Biaya yang murah. Meskipun terdapat pilihan menggunakan layanan yang berbayar, namun Sedulur bisa menggunakan layanan ini secara gratis atau tidak berbayar. 
  • Komunitas yang besar. Karena banyak yang menggunakan platform ini, maka secara otomatis memiliki komunitas yang tersebar di berbagai wilayah di penjuru dunia. Tentunya, komunitas tersebut sangat besar. Jadi, jika terdapat kendala atau ingin bertanya seputar platform ini, Sedulur bisa dengan mudah menanyakannya melalui komunitas yang tersebar di internet.

BACA JUGA: 8 Cara Download Video Facebook Tanpa Aplikasi Mudah & Cepat

7. Kekurangan WordPress

unsplash

Selain memiliki banyak kelebihan, tentunya WordPress juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangannya:

  • Waktu loading. Apabila pengguna menginstall banyak plugins, maka kecepatan loading suatu website akan menjadi lambat. Solusi untuk mengurangi waktu loadingnya adalah dengan menginstall plugin cache. 
  • Memiliki keamanan yang rendah. Walaupun komunitasnya sudah tersebar pada seluruh penjuru dunia, namun hal itu tidak menjamin tingkat keamanannya tinggi. Justru, platform ini rentan terhadap peretasan. Agar bisa menghindarinya, install plugin keamanan.
  • Konten berasal dari layanan pihak ketiga. Sebagian besar tema dan pluginnya dikembangkan oleh pihak ketiga sebagai developer. Tak heran jika masih terdapat kesalahan atau bug. Maka dari itu, baca terlebih dahulu deskripsi dan review dari pengguna sebelum memutuskan untuk menginstall tema baru. Apabila tidak yakin, jangan takut untuk bertanya pada komunitas platform ini yang keberadaannya mudah sekali dicari.

8. WordPress mudah dioptimalkan untuk SEO

unsplash

Supaya sebuah website mudah untuk ditemukan dalam mesin pencarian seperti Google, maka pengguna harus melakukan SEO atau Search Engine Optimization. Melakukan pengoptimalan tersebut pada WordPress dinilai tidak rumit. Tanpa menggunakan tambahan plugin apapun, pengguna sudah bisa mengubah permalink pada halaman dan blog post.

Tak hanya itu saja, pengguna sudah bisa mengubah permalink pada suatu halaman dan blog post tanpa menambahkan plugin apapun. Selain itu, pengguna juga bisa menambahkan alt text pada gambar yang ada di sebuah website. Ada berbagai macam plugin SEO yang berkualitas dalam repository CMS yang bisa Sedulur temukan, misalnya adalah yoast SEO.

Sekarang, Sedulur sudah tahu pengertian, kelebihan, kekurangan, contoh WordPress, dan lain sebagainya. Setelah mengetahuinya, kini Sedulur bisa menggunakan platform ini untuk membuat berbagai macam portofolio baik berupa tulisan maupun video yang bisa dipamerkan dan dipublikasikan secara online. Tunggu apa lagi, mulai buat website sendiri dan dapatkan kemudahan yang ditawarkan!

Supaya situs web atau blog milik Sedulur berkembang, salah satu alternatif yang bisa dilakukan yaitu mengikuti lomba blog. Salah satu lomba blog yang bisa diikuti adalah Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan. Kontes ini diselenggarakan spesial oleh Aplikasi Super pada 4 April—5 Juni 2022. Terbuka untuk umum serta GRATIS. Mengangkat tema pahlawan, di sini Sedulur bisa menulis sosok pahlawan di sekitar sesuai versi terbaikmu.

Jika tulisan yang telah dibuat terpilih sebagai pemenang, Sedulur bakal mendapatkan hadiah jutaan rupiah. Enggak cuma itu saja, menariknya yang membedakan kontes blog ini dengan lomba lainnya adalah, Super akan bantu mewujudkan impianmu terhadap sosok ‘pahlawan’ yang diangkat dalam tulisan. Menarik banget, ‘kan? Daripada penasaran, silakan cek infonya di sini.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.