manfaat influencer untuk bisnis

Influencer merupakan individu yang memiliki jumlah pengikut atau audiens yang besar di media sosial. Mereka memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengikut mereka, termasuk artis, selebgram, blogger, youtuber, dan lain sebagainya.

Pada era saat ini, strategi pemasaran melalui influencer telah menjadi salah satu metode yang sangat populer dalam pemasaran online. Saat memilih menggunakan jasa seorang influencer, penting untuk memilih influencer yang tepat sesuai dengan bisnis Sedulur. 

Manfaat menggunakan influencer lokal yang memiliki reputasi baik di kalangan influencer lainnya, memiliki kepribadian dan kekuatan dalam memasarkan produk. Menjadi seorang influencer tentunya membuat seseorang disukai dan dipercaya oleh banyak orang, terutama oleh pengikutnya. 

Oleh karena itu, apa pun yang mereka promosikan memiliki potensi untuk menginspirasi dan mempengaruhi pengikut mereka, termasuk dalam mencoba atau membeli produk yang dipromosikan oleh para influencer.

-->

Dalam era digital ini, terjadi perubahan besar dalam cara orang menjual produk dan jasa serta mengembangkan bisnis mereka. Dengan dominasi pemasaran online yang beragam, langkah yang diambil dalam memasarkan dan memperkenalkan bisnis juga ikut berubah.

BACA JUGA: 12 Jenis Jenis Strategi Pemasaran Lengkap dengan Contohnya

Arti kata influencer

manfaat menggunakan inflencer lokal
iStock

Kata “influencer” merupakan istilah yang diadopsi dari bahasa Inggris. Secara harfiah, influencer merujuk kepada seseorang yang memiliki pengaruh. 

Secara sederhana, influencer adalah individu yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi tindakan atau perilaku masyarakat. Biasanya, influencer adalah selebritis, blogger, YouTuber, atau tokoh publik yang dianggap penting di suatu komunitas atau memiliki pengaruh yang signifikan pada komunitas tersebut.

Seorang individu juga dapat dianggap sebagai influencer jika ia memiliki jutaan pengikut atau follower di media sosial, dan memiliki kemampuan untuk memberikan pengaruh yang besar kepada audiensnya untuk melakukan sesuatu.

Kemampuan untuk memberikan pengaruh yang besar inilah yang sering dimanfaatkan oleh merek-merek, termasuk untuk memperkuat pemasaran dan promosi melalui media digital. Jika Sedulur adalah pemilik bisnis atau merek, penting bagi Sedulur untuk mempertimbangkan penggunaan influencer guna memperkuat strategi pemasaran dan promosi. 

Namun, untuk melakukan hal tersebut dengan baik, Sedulur perlu memahami apa itu influencer, jenis-jenis influencer yang ada, dan cara memilih influencer yang tepat. Manfaat menggunakan influencer lokal dapat menjadi pilihan Sedulur mengambil keuntungan.

Tentang influencer marketing

manfaat menggunakan influencer lokal
iStock

Influencer marketing adalah strategi pemasaran di mana merek bekerja sama dengan influencer untuk memasarkan produk atau layanan mereka kepada audiens influencer melalui media sosial. 

Dalam strategi ini, manfaat menggunakan influencer lokal memberikan pengaruh dan kredibilitas influencer digunakan untuk membangun kesadaran merek, meningkatkan interaksi pengguna, dan mencapai penjualan yang menguntungkan.

Influencer marketing telah menjadi salah satu tren pemasaran digital yang paling efektif. Hal ini terjadi karena audiens cenderung lebih mempercayai dan menghargai rekomendasi produk dari influencer yang mereka ikuti daripada iklan konvensional. 

Influencer yang autentik dan memiliki keterikatan emosional dengan pengikutnya dapat memberikan dampak yang kuat dalam mempengaruhi perilaku konsumen. Kelebihan influencer marketing juga terlihat dalam kemampuannya untuk menjangkau audiens baru. 

Ketika merek bekerja dengan influencer yang memiliki basis pengikut yang berbeda, mereka dapat memperluas jangkauan merek mereka ke segmen pasar yang belum terjamah sebelumnya.  Dengan cara ini, influencer marketing membantu merek menembus pasar yang lebih luas dan menarik minat konsumen potensial.

Selain itu, influencer marketing memberikan kesempatan bagi merek untuk terlibat dalam konten yang lebih organik dan kreatif. Influencer dapat mengintegrasikan produk atau layanan merek ke dalam konten mereka dengan cara yang alami dan menarik. 

Hal ini membantu membangun hubungan yang lebih kuat antara merek dan audiens, yang dapat dapat meningkatkan kepercayaan dan kesetiaan konsumen. Secara keseluruhan, influencer marketing telah terbukti sebagai strategi pemasaran yang efektif dalam era digital ini. 

Dengan manfaat menggunakan influencer lokal, merek dapat membangun kesadaran, meningkatkan keterlibatan pengguna, dan mencapai hasil penjualan yang positif.

BACA JUGA: Kenali Apa Itu Growth Marketing dan Tanggung Jawabnya!

Jenis-jenis influencer menurut jangkauannya

iStock

Dalam dunia influencer marketing, influencer dapat diklasifikasikan berdasarkan jumlah pengikut dan media sosial yang mereka gunakan untuk mempromosikan produk. Berikut ini adalah beberapa jenis influencer berdasarkan jangkauannya:

1. Nano influencer

Nano influencer adalah jenis influencer dengan jumlah pengikut terendah, yaitu kurang dari 10 ribu pengikut. Meskipun memiliki jumlah pengikut yang relatif kecil, nano influencer memiliki kelebihan yang berbeda dengan selebritas atau figur publik yang lebih terkenal.

Pertama, nano influencer cenderung menawarkan tarif kerja sama yang lebih terjangkau, menjadikannya manfaat menggunakan influencer lokal bagi bisnis kecil yang ingin mencoba strategi influencer marketing.

Kedua, dengan jumlah pengikut yang masih sedikit, nano influencer dapat membangun hubungan yang lebih dekat dengan pengikutnya. Mereka dapat berinteraksi secara lebih personal, sehingga memperoleh kepercayaan pengikut dengan lebih mudah.

2. Mikro influencer

Mikro influencer adalah influencer yang memiliki jumlah pengikut antara 10 ribu hingga 100 ribu orang. Keunggulan utama mikro influencer adalah tingkat keterlibatan (engagement) yang tinggi dengan pengikutnya. 

Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa kemungkinan konsumen membeli produk berdasarkan rekomendasi mikro influencer mencapai 82%!

Selain itu, mikro influencer memiliki audiens yang lebih spesifik dalam niche tertentu. Dengan pemahaman yang baik tentang audiensnya, mereka dapat menciptakan konten yang lebih relevan dan sesuai dengan minat pengikutnya.

3. Makro influencer

Jenis selanjutnya adalah makro influencer. Makro influencer adalah mereka yang memiliki lebih dari 100 ribu pengikut. Biasanya, makro influencer adalah individu yang memiliki pengaruh yang besar dan memiliki banyak pengikut setia, meskipun belum sepopuler selebritas.

Dengan jumlah pengikut yang banyak, makro influencer dapat memberikan dampak yang signifikan dalam promosi atau pemasaran. Manfaat menggunakan influencer lokal juga dapat dipilih sebagai brand ambassador untuk memberikan kesan eksklusif bagi merek.

4. Mega influencer

Mega influencer adalah jenis influencer dengan jumlah pengikut terbanyak. Mega influencer umumnya memiliki jutaan pengikut di media sosial. 

Meskipun persentase pembelian produk berdasarkan rekomendasi dari mega influencer mungkin tidak sebesar jenis influencer lainnya, namun jangkauan pesan yang disampaikan oleh mereka sangat luas.

Namun, dalam memilih mega influencer, perlu dipertimbangkan kesesuaian dengan produk yang ditawarkan dan anggaran yang dimiliki. Dalam membangun strategi influencer marketing, penting untuk memilih jenis influencer yang sesuai dengan tujuan dan target audiens Sedulur. 

Setiap jenis influencer memiliki keunggulan dan karakteristiknya sendiri, yang dapat Sedulur ambil manfaat menggunakan influencer lokal untuk mencapai hasil yang diinginkan dalam pemasaran produk atau layanan Sedulur.

Jenis-jenis influencer berdasar media sosialnya

iStock

Selain berdasarkan jumlah pengikut, influencer juga dapat diklasifikasikan berdasarkan media sosial yang mereka gunakan. Berikut ini adalah beberapa jenis influencer berdasarkan media sosialnya:

1. Blogger

Meskipun tidak sepopuler influencer di platform media sosial lainnya, blogger tetap menjadi salah satu jenis influencer yang relevan. Seorang blogger adalah seseorang yang memiliki atau mengelola sebuah blog.

Biasanya, blogger menggunakan blog mereka untuk melakukan ulasan tentang produk tertentu. Sebagai contoh, Gita Savitri, seorang blogger terkenal yang memberikan ulasan mengenai pengalamannya dalam pendidikan di Jerman.

Manfaat menggunakan influencer lokal blogger dapat digunakan untuk melakukan review atau merekomendasikan produk kepada pembaca agar tertarik untuk mencobanya. Biasanya, blogger juga memiliki jumlah pembaca setia yang cukup signifikan.

2. Youtuber

Profesi sebagai seorang youtuber saat ini menjadi sangat menjanjikan, terutama dengan popularitas YouTube yang semakin meningkat, termasuk fitur Shorts yang baru diperkenalkan. 

Seorang youtuber adalah influencer yang mengunggah video ke platform YouTube, yang dapat berupa informasi, review produk, kegiatan sehari-hari, dan lain-lain. Peran youtuber saat ini sangat signifikan. Data menunjukkan bahwa lebih dari 90% pengguna internet mengetahui produk baru melalui YouTube.

3. Selebgram

Seperti namanya yang terinspirasi dari “Instagram”, selebgram adalah jenis influencer yang menggunakan platform Instagram sebagai media utama untuk mempromosikan produk.

Pemanfaatan selebgram memiliki potensi yang besar di Indonesia karena negara ini menempati peringkat keempat sebagai pengguna Instagram terbesar di dunia dengan lebih dari 59 juta pengguna.

Data tersebut menunjukkan bahwa memanfaatkan selebgram dapat menjadi strategi yang tepat untuk memasarkan produk atau jasa.

Dalam memilih jenis influencer berdasarkan media sosialnya, penting untuk mempertimbangkan karakteristik target audiens Sedulur dan saluran yang paling efektif untuk mencapai mereka.  Setiap jenis influencer memiliki ciri khas dan keunggulan masing-masing dalam menyampaikan pesan promosi dan mempengaruhi audiens mereka.

BACA JUGA: Tips dan Cara Bisnis Papan Bunga, Bisa Untung Jutaan!

Manfaat influencer bagi bisnis

iStock

Manfaat menggunakan influencer lokal menyediakan berbagai manfaat luar biasa bagi brand dan perusahaan. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Produk menjadi pusat perhatian

Dengan menggandeng influencer dalam strategi bisnis Sedulur, produk Sedulur akan mendapatkan perhatian dari banyak followers influencer, terutama di platform seperti Instagram. Ketika influencer menggunakan produk Sedulur, para followers mereka akan melihat dan tertarik untuk membeli produk tersebut.

2. Meningkatkan kepercayaan publik

Manfaat menggunakan influencer lokal dalam bisnis dapat membantu membangun kepercayaan konsumen terhadap produk dan jasa Sedulur. Seorang influencer yang profesional dapat membantu Sedulur menentukan tema konten yang sesuai dengan brand Sedulur. 

Mereka juga menerapkan teknik soft selling dalam konten mereka, menyampaikan materi promosi secara autentik, mudah dipahami, jelas, dan diterima dengan baik oleh audiens. Manfaat menggunakan influencer lokal menjadi efektif dalam mencapai hasil maksimal.

3. Menjangkau pangsa pasar yang luas

Influencer mampu mencapai jutaan pengikut. Ketika seorang influencer mempromosikan produk atau jasa Sedulur, semakin banyak orang yang akan mengenal bisnis Sedulur. 

Dengan jumlah orang yang mengenal produk Sedulur, peluang untuk menjangkau lebih banyak calon klien juga semakin besar. Manfaat menggunakan influencer lokal  ini dapat meningkatkan omset bisnis Sedulur.

4. Meningkatkan brand awareness

Manfaat menggunakan influencer lokal tidak hanya membangun kepercayaan para followers terhadap bisnis Sedulur, tetapi juga membuat mereka mengetahui dan mengingat produk atau jasa yang diiklankan.

Followers akan lebih menyukai produk atau jasa yang digunakan oleh influencer yang mereka sukai atau kagumi. Jika Sedulur sedang membangun bisnis baru, strategi influencer marketing dapat menjadi awal yang baik untuk meningkatkan brand awareness.

5. Membangun kedekatan dengan konsumen

Manfaat menggunakan influencer lokal, Sedulur dapat menjalin kedekatan dengan konsumen. Dengan menggunakan influencer yang memiliki pengikut setia, Sedulur dapat membangun hubungan baru dengan calon konsumen.

6. Pengembalian modal yang cepat

Manfaat menggunakan influencer lokal adalah investasi bisnis yang dapat memberikan pengembalian modal yang cepat. Dalam beberapa kasus, ROI (Return on Investment) dari influencer marketing diketahui mencapai 11 kali lipat lebih besar daripada iklan banner.

7. Menambah testimoni

Dalam sistem endorsement yang dilakukan oleh influencer, Sedulur akan mendapatkan bukti foto atau video ketika influencer menggunakan produk Sedulur. Hal ini dapat Sedulur gunakan sebagai tambahan testimoni untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen terhadap bisnis Sedulur.

8. Memperbanyak followers

Dengan memperluas pangsa pasar merupakan manfaat menggunakan influencer lokal, Sedulur juga akan mendapatkan followers baru. Banyaknya followers pada akun media sosial bisnis Sedulur akan meningkatkan kepercayaan calon konsumen terhadap akun media tersebut.

9. Tidak membutuhkan dana yang besar

Dalam persaingan di antara para influencer dalam mempromosikan produk bisnis, mereka cenderung menawarkan harga yang kompetitif.  Manfaat menggunakan influencer lokal yang sesuai dengan anggaran Sedulur, sehingga Sedulur tidak perlu mengeluarkan dana yang besar untuk mempromosikan produk bisnis Sedulur.

Cara memilih influencer untuk bisnis

iStock

Untuk memperkuat pemasaran dan promosi di media digital, penting untuk memilih influencer dengan tepat. Berikut adalah beberapa cara untuk manfaat menggunakan influencer lokal  yang sesuai:

1. Lebih selektif dalam melihat jumlah followersnya

Ketika memilih influencer, penting untuk menjadi selektif dalam melihat jumlah followers yang dimilikinya. Semakin besar jumlah pengikut yang dimiliki oleh seorang influencer, semakin luas pula jangkauan audiens yang dapat dijangkau melalui promosi atau pemasaran produk Sedulur.

Namun, tidak hanya sekadar melihat angka jumlah followers, namun juga perlu dipertimbangkan faktor kualitas dari pengikut tersebut. 

Meskipun influencer dengan jumlah followers yang besar menawarkan potensi jangkauan yang luas, perlu diperhatikan pula apakah followers tersebut benar-benar tertarik dan berinteraksi dengan konten yang disajikan oleh influencer tersebut.

2. Sesuaikan dengan brand image bisnis

Dalam memilih influencer, penting untuk menyelaraskan pilihan dengan karakteristik dan citra brand bisnis Sedulur. Sedulur perlu mempertimbangkan topik atau niche yang sesuai dengan produk atau jasa, seperti gaya hidup, kesehatan, makanan dan minuman, dan sejenisnya.

Dengan memilih influencer yang berfokus pada topik yang relevan, Sedulur dapat memastikan bahwa konten yang disajikan oleh influencer tersebut sejalan dengan nilai-nilai dan pesan yang ingin Sedulur sampaikan melalui merek bisnis Sedulur. 

Misalnya, jika Sedulur menjual produk kesehatan dan kebugaran, memilih influencer yang aktif dalam gaya hidup sehat dan memiliki audiens yang tertarik pada topik tersebut dapat meningkatkan daya tarik dan kepercayaan konsumen terhadap produk Sedulur.

3. Pertimbangkan reputasi dari influencer

Saat memilih influencer untuk bekerja sama, penting untuk mempertimbangkan reputasi mereka di mata masyarakat. Sedulur perlu mencari tahu bagaimana citra influencer tersebut dan apakah mereka memiliki reputasi yang baik di kalangan pengikut dan audiens mereka.

Reputasi influencer memainkan peran penting dalam efektivitas kampanye pemasaran atau promosi Sedulur. Influencer dengan citra dan reputasi positif cenderung memiliki pengaruh yang lebih besar dalam mempengaruhi orang lain secara positif. 

Jika seorang influencer dikenal karena integritasnya, kredibilitas, dan kualitas kontennya, hal ini dapat meningkatkan kepercayaan dan pengaruhnya terhadap audiens.

4. Lihat tingkat engagement rate

Selain reputasi, tingkat engagement rate juga merupakan faktor penting yang perlu dievaluasi saat memilih influencer. Meskipun seorang influencer memiliki ribuan atau bahkan jutaan pengikut, belum tentu mereka memiliki tingkat interaksi yang tinggi dengan audiens mereka. 

Beberapa influencer mungkin saja memperoleh pengikut dengan cara yang tidak organik, seperti membeli followers.

Mengapa tingkat engagement rate penting? Engagement rate mencerminkan sejauh mana pengikut influencer terlibat dan berinteraksi dengan konten yang mereka sajikan. Dengan kata lain, tingkat engagement rate mengukur seberapa banyak pengikut yang aktif memberikan respons, komentar, dan like pada konten influencer.

BACA JUGA: 25 Cara Menghasilkan Uang dari Internet, Cuan Terus di 2023!

5. Siapkan budget

Memang, beberapa influencer terkenal dengan jumlah pengikut yang besar mungkin menarik perhatian Sedulur, tetapi kerjasama dengan mereka juga bisa memerlukan biaya yang tinggi. 

Namun, jangan khawatir jika Sedulur memiliki anggaran terbatas, karena ada opsi lain yang tidak kalah efektif. Salah satu pilihan yang dapat dipertimbangkan adalah bekerja sama dengan influencer nano atau mikro. 

Influencer jenis ini biasanya memiliki jumlah pengikut yang lebih kecil dibandingkan dengan influencer terkenal, namun mereka memiliki keunggulan lain yang tidak boleh diabaikan.

Influencer nano atau mikro cenderung memiliki interaksi yang lebih intens dengan followers mereka. Karena jumlah pengikut yang lebih kecil, mereka dapat lebih fokus dan terlibat dalam berinteraksi dengan audiens mereka. 

Hal ini dapat menghasilkan hubungan yang lebih dekat dan personal antara influencer dan pengikutnya. Selain itu, pengikut influencer jenis ini sering kali memberikan masukan, ulasan, atau rekomendasi tentang produk atau layanan yang mereka gunakan kepada pengguna lain di komunitas mereka.

Dalam hal anggaran, kerjasama dengan influencer nano atau mikro juga cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan influencer terkenal. Meskipun demikian, jangan anggap remeh potensi yang dimiliki oleh influencer ini. 

Mereka bisa menjadi alat pemasaran yang efektif untuk bisnis Sedulur, terutama jika produk atau jasa yang Sedulur tawarkan lebih terkait dengan audiens yang dimiliki oleh influencer jenis ini

Dengan memperhatikan manfaat menggunakan influencer lokal dan mengikuti tips memilih yang telah disebutkan, Sedulur dapat memanfaatkan kekuatan pemasaran influencer untuk memperkuat bisnis Sedulur. 

Tetaplah fokus pada kesesuaian influencer dengan audiens target dan nilai-nilai merek Sedulur, serta pastikan untuk membangun kerjasama yang saling menguntungkan dengan influencer yang dipilih. 

Dengan pendekatan yang tepat, Sedulur dapat mengoptimalkan potensi influencer untuk mencapai tujuan pemasaran dan pertumbuhan bisnis yang lebih besar.