usaha papan bunga

Bisnis papan bunga merupakan bisnis yang menawarkan jasa pembuatan papan bunga untuk hadiah atau dekorasi di berbagai acara seperti pernikahan, ulang tahun, perayaan, atau acara duka cita. Bisnis ini cukup menjanjikan karena permintaan untuk papan bunga terus meningkat. Selain itu, acara-acara yang melibatkan papan bunga tak pernah padam. Akan selalu ada perayaan yang membutuhkan papan bunga.

Meski demikian, untuk membuka bisnis papan bunga, Sedulur memerlukan riset. Usaha ini memang menjanjikan, namun ada banyak saingan yang perlu Sedulur pelajari di luar sana. Maka dari itu, alangkah baiknya jika Sedulur mengikuti tips dan cara berikut untuk memulai bisnis papan bunga yang menguntungkan jutaan rupiah.

BACA JUGA: Bisnis Jus Buah, Tips Sukses dan Rincian Modal Lengkapnya!

1. Membuat rencana bisnis

bisnis papan bunga
Clover Blog

Pertama, buatlah rencana bisnis yang jelas dan rinci. Membuat rencana bisnis yang matang adalah kunci untuk memulai bisnis papan bunga dengan sukses. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan diantaranya adalah deskripsi bisnis, analisis pasar, kompetisi, produk dan layanan, strategi pemasaran, biaya dan keuntungan, serta menentukan tim manajemen. 

-->

Dengan membuat rencana bisnis yang baik, Sedulur bisa memperkirakan risiko dan peluang bisnis ini, serta menentukan strategi yang efektif untuk mencapai tujuan bisnis Sedulur.

2. Menentukan niche

bisnis papan bunga
Liputan6

Tentukan spesialisasi bisnis papan bunga yang akan Sedulur jalankan. Menentukan niche bisnis papan bunga ini langkah penting untuk membedakan bisnis Sedulur dari pesaing dan menarik pelanggan yang tepat.

Beberapa ide untuk menentukan niche bisnis ini adalah papan bunga spesialis. Misalnya papan bunga untuk pernikahan, ulang tahun, acara duka cita, berjualan bunga lokal, menyediakan desain khusus yang unik, atau menawarkan harga yang terjangkau.

3. Menentukan harga yang kompetitif

bisnis papan bunga
Unsplash

Melanjutkan tips sebelumnya, Sedulur perlu menentukan harga jual yang kompetitif namun tetap menguntungkan. Perhatikan biaya produksi yang mencakup biaya bahan baku, tenaga kerja, kemasan, dan biaya operasional lainnya.

Selain itu, tentukan markup harga yang ingin Sedulur terapkan untuk menghasilkan keuntungan. Berikutnya, baru analisis pasar dan pesaing untuk mengetahui harga pasar yang kompetitif dan produk yang ditawarkan. Lalu, pertimbangkan layanan tambahan. Terakhir, evaluasi secara berkala. 

4. Menjalin kerjasama dengan supplier

Pinterest

Cari supplier bunga dan bahan-bahan lainnya yang berkualitas dengan harga yang terjangkau dan stabil. Caranya,  Lakukan riset terlebih dahulu untuk menemukan supplier yang cocok dengan kebutuhan bisnis Sedulur. Bangun hubungan yang baik dengan supplier dengan menjaga kepercayaan satu sama lain.

Sedulur juga bisa meminta sampel produk untuk mengevaluasi kualitas bunga, menentukan jangka waktu pembayaran dan pengiriman, serta menjaga persediaan. Pastikan bahwa bahan selalu tersedia untuk menjaga konsistensi produk dan memenuhi permintaan pelanggan.

5. Menjaga kualitas produk

bisnis papan bunga
The Spruce

Pastikan bunga yang digunakan dalam papan bunga berkualitas baik. Gunakan bunga yang masih segar, tahan lama dan bebas dari cacat.  Perhatikan pula papan bunga terlihat menarik dan sesuai dengan tema atau keinginan pelanggan. Kualitas bunga juga bisa diupayakan dengan menyimpan bunga dengan baik dan merawatnya secara rutin.

Upaya lain untuk menjaga kualitas produk adalah dengan tidak melewatkan detail. Pastikan semua detail seperti kemasan, warna dan ukuran papan bunga, serta pesan yang ingin disampaikan oleh pelanggan. Jika perlu, lakukan inspeksi pada produk sebelum dikirimkan pada pelanggan untuk memastikan bahwa produk yang dikirimkan telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan.

6. Mempromosikan bisnis

bisnis papan bunga
Pinterest

Gunakan strategi pemasaran yang tepat untuk mempromosikan bisnis Sedulur.  Membuat website dan media sosial seperti Instagram, Facebook, atau TikTok adalah cara yang baik untuk mempromosikan bisnis papan bunga. Sedulur juga bisa menawarkan diskon secara berkala untuk menarik perhatian pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Perluas jangkauan dengan beriklan di media cetak dan online, bekerja sama dengan pelaku bisnis lain, ikuti event atau pameran. Terakhir, berikan pelayanan terbaik untuk membantu membangun citra bisnis yang baik dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Sedulur juga bisa membagikan promosi khusus sebagai bagian cara dalam mempromosikan bisnsi. Ditambah lagi promo merupakan hal yang paling disukai oleh konsumen atau pembeli. Untuk melakukan ini, Sedulur bisa memanfaatkan momentum tertentu.

Misalnya, saat pembukaan bisnis pertama kali, Sedulur bisa memberikan potongan diskon dengan nominal sekian persen.  Selain itu, kamu juga bisa memberikan spesial promo di peringatan hari-hari tertentu. Contoh, saat ada yang memesan papan ucapan selamat ulang tahun di tanggal 17 Agustus, kamu bisa sekalian memberikan diskon 17% sesuai dengan tanggal tersebut. 

7. Membuka toko online

Pinterest

Jika memungkinkan, buka toko online untuk menjual papan bunga Sedulur secara lebih luas dan efektif. Pilihlah platform yang sesuai dengan target market atau sesuai dengan kemampuan Sedulur sendiri. 

Jika ingin membangun bisnis papan bunga melalui toko online, pastikan untuk mendekor toko sebaik mungkin. Caranya dengan mengunggah foto-foto terbaik, menggunakan deskripsi yang menarik, dan menawarkan harga yang bersaing. 

Lakukan promosi untuk meningkatkan visibilitas toko online Sedulur untuk menjangkau calon pelanggan dan memperluas jangkauan bisnis Sedulur. Selain itu, saat ini telah memasuki era digital sehingga penting bukan hanya membuat toko online namun juga memasarkan secara online.

Penggunaan media sosial sangat disarankan. Sedulur bisa melakukan bisnis papan bunga secara online dengan membuka akun bisnis khusus, baik di Instagram, Twitter, maupun di Facebook. Di samping itu, untuk membuat pemasaran yang lebih menarik, Sedulur juga bisa memanfaatkan sosial media TikTok.

Biasanya orang-orang akan lebih tertarik untuk melihat promosi dalam bentuk video. Ini juga bisa menjadi cara jitu untuk mendatangkan lebih banyak customer dan pesanan ke toko Sedulur. Saat ini TikTok bisa lebih dimanfaatkan untuk segala pemasaran secara online.

8. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan

NY Times

Berikan layanan yang baik dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan, lalu jaga hubungan baik dengan mereka untuk membangun kepercayaan dan loyalitas. Pastikan pelanggan mendapatkan layanan pelanggan yang baik, respon cepat terhadap pertanyaan atau keluhan yang diajukan, memberikan informasi yang jelas dan akurat, dan memberikan solusi yang baik jika terjadi masalah dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan.

Di samping itu, terus pantau kualitas produk sehingga meminimalisasi cacat pada produk, perhatikan permintaan khusus pelanggan, memberikan diskon atau hadiah, serta lakukan follow up. Follow up dilakukan untuk memastikan pelanggan puas dengan produk yang telah dibeli. Hal ini dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan.

BACA JUGA: Struktur Lengkap Pembagian Kerja Dalam Bisnis Restorant

9. Mencari kemitraan

Unsplash

Cari kemitraan dengan perusahaan atau penyedia layanan lain yang terkait dengan bisnis papan bunga yang Sedulur bangun. Misalnya, cari kemitraan dengan florist atau toko bunga lokal untuk memperluas jangkauan bisnis papan bunga. Sedulur juga bisa mencoba kemitraan dengan event organizer atau perusahaan yang menyelenggarakan acara.

Gunakan media sosial untuk mencari kemitraan bisnis papan bunga. Sedulur dapat mengikuti akun-akun yang relevan dengan bisnis papan bunga dan mencari kemitraan dengan akun-akun tersebut. Kemitraan juga bisa terjalin dengan platform e-commerce, influencer, hingga perusahaan atau restoran. Mereka bisa menerima penawaran untuk dekorasi restoran mereka.

10. Memperluas bisnis

bisnis papan bunga
Pinterest

Jangan ragu untuk mengembangkan bisnis papan bunga Sedulur dengan menambahkan produk atau layanan lain terkait, misalnya dekorasi acara atau penyediaan karangan bunga untuk kantor-kantor. Pertimbangkan untuk membuka cabang baru di tempat yang berbeda untuk memperluas jangkauan bisnis papan bunga Sedulur dan menjangkau pelanggan baru.

Tawarkan pula layanan lain, seperti layanan pengiriman, menawarkan produk yang berbeda, meningkatkan kualitas produk, dan menawarkan paket khusus. Imbangi semua hal itu dengan membuat kampanye iklan untuk memperkenalkan bisnis. Jalin kerjasama dengan perusahaan atau orang-orang terkait, seperti florist atau event organizer, untuk memperluas jangkauan bisnis Sedulur.

Siapkan modal bisnis

Setiap bisnis tentu membutuhkan modal, besar kecilnya modal yang dibutuhkan tentu tergantung kebutuhan bisnis itu sendiri. Dalam bisnis papan bunga, yang Sedulur butuhkan adalah material pembuatan papan bunga itu sendiri.

Berikut ini adalah rincian materrial sekaligus modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis papan bunga itu sendiri, yaitu:

  • Kayu (lebih disarankan menggunakan kayu meranti) 1×2 inch sejumlah 7 batang. Jumlah kayu bisa disesuaikan dengan ukuran dari ucapan papan kayu yang dipesan.  Perkiraan harga: Rp45.000 x 7 = Rp315.000.
  • Busa dengan ketebalan 4 cm sejumlah 3 lembar. Perkiraan harga: Rp125.000 x 3 = Rp375.000.
  • Kain blacu atau beludru. Perkiraan harga: Rp60.000.
  • Lem kambing 1 kaleng. Perkiraan harga: Rp35.000.
  • Huruf karet papan bunga. Perkiraan harga: Rp250.000 per pack.
  • Paku payung 1 box. Perkiraan harga: Rp35.000.
  • Bunga satin sebanyak 5000 kuntum. Perkiraan harga: Rp400 x 5000 = Rp2.000.000.
  • Jarum pentul sebanyak 4000 biji. Perkiraan harga: Rp160.000.
  • Renda 1 gulung. Perkiraan harga: Rp40.000.

Dari bahan-bahan yang telah disebutkan, total perkiraan modal yang perlu dikeluarkan untuk bisnis papan bunga ini adalah Rp3.270.000.

Demikian tips dan cara bisnis papan bunga dari nol untuk menambah referensi Sedulur. Dengan ini, Sedulur bisa mulai meriset terlebih dahulu segala hal yang dibutuhkan sebelum membuka bisnis di atas. Ada banyak yang perlu disiapkan untuk mencapai keuntungan dalam bisnis bunga. Semoga tips dan cara di atas bermanfaat dan mengundang untung untuk Sedulur!