Cara menghasilkan uang dari internet

Di era digital saat ini, ada banyak kesempatan untuk menghasilkan uang dari internet yang bisa Sedulur lakukan. Apalagi pekerjaan berbasis internet sekarang dinilai lebih praktis dan hemat biaya baik bagi perseorangan maupun perusahaan.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas daftar rekomendasi cara dan pekerjaan untuk menghasilkan uang dari internet yang bisa Sedulur lakukan. Selain bisa Sedulur jadikan penghasilan tambahan bahkan bisa jadi penghasilan utama untuk kehidupan Sedulur. Lantas apa saja rekomendasi dan cara menghasilkan uang dari internet yang bisa Sedulur lakukan? Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 7 Cara Memulai Bisnis Hijab dengan Merek Sendiri

1. Menjadi penulis freelance

menghasilkan uang dari internet
The Balance

Cara menghasilkan uang dari internet yang pertama yang bisa Sedulur lakukan yaitu dengan menjadi penulis freelance. Ada berbagai situs internet yang menyediakan layanan kontributor untuk para penulis mendapatkan uang.

-->

Siapa bilang menjadi freelancer penulis tidak bisa memberikan keuntungan? Justru dengan menjadi freelancer, Sedulur akan mendapatkan banyak keuntungan. Hanya berbekal keahlian yang dipunya, Sedulur bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa modal hanya dengan bermodal koneksi internet saja.

2. Menjadi dropshipper dan reseller

Saat ini kepercayaan masyarakat untuk belanja online telah tinggi. Hal itu juga didukung oleh perkembangan internet yang semakin canggih dan sistem keamanan marketplace yang menjamin transaksi yang terjadi.

Melihat kondisi tersebut, menjadi reseller atau dropshipper akan sangat menguntungkan sebagai cara menghasilkan uang dari internet. Menjalankan profesi ini dapat Sedulur lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet tanpa modal, banyak contoh sukses yang bisa Sedulur teladani.

3. Mengikuti survey online

Mengikuti survey online yang ada di internet bisa menjadi pilihan untuk Sedulur untuk menghasilkan uang dari internet. Mengisi survey online berbayar merupakan salah satu cara cari penghasilan tambahan tanpa modal yang menguntungkan.

Sedulur tidak perlu mengeluarkan modal untuk mengisi survei ini. Perlu Sedulur ketahui, survey online berbayar ini dibuat berbentuk form yang ada di situs web. Hal ini terjadi karena disebabkan oleh perkembangan internet yang sangat baik dan sudah dipercaya.

4. Online shop

Cara menghasilkan uang dari internet yang banyak dilakukan oleh orang yaitu berjualan online dan membuat online shop. Berjualan online shop juga tidak membutuhkan modal yang besar, bahkan meski tanpa modal sama sekali.

Sebelum memulai jualan online shop, tentu Sedulur harus mencari jenis bisnis yang cocok untuk Sedulur kelola, seperti bisnis fashion, makanan, dan lainnya. Setelah itu, baru deh, Sedulur membuat akun di berbagai platform media sosial seperti Instagram, facebook, dan twitter. Sedulur juga bisa membuat akun di marketplace.

Dengan memanfaatkan media sosial, bisnis online shop yang Sedulur buat akan dikenal oleh banyak orang. Terlebih lagi, berbisnis di media sosial bisa menaikkan omset penjualan, lho! Jadi, jangan lupa manfaatkan media sosial ya, Sedulur Super!

5. Menjadi vlogger

Cara menghasilkan uang dari internet yaitu dengan menjadi vlogger. Tidak ada yang menyangka, bahwa dengan menjadi vlogger bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari internet. Di era serba digital dan teknologi yang serba canggih seperti saat ini, sebagian besar orang menghabiskan waktunya mengunjungi internet, dan memanfaatkan internet untuk kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut bisa menjadi kesempatan bagi Sedulur untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari interet, baik dengan membuat konten blog dan atau video yang diupload di YouTube. Pelajari lebih lanjut terkait menjadi vlogger dan blogger agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari internet.

6. Membuat website

Unsplash

Sedulur menghasilkan uang dari internet dengan membuat website. Memiliki website sendiri juga akan sangat menguntungkan bagi Sedulur, dan dapat memungkinkan Sedulur untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet. Terutama jika kebetulan memiliki hobby menulis dan fotografi.

Website yang Sedulur miliki bisa diisi oleh tulisan dan foto yang Sedulur potret sendiri. Jika website Sedulur menarik banyak pembaca dan pengunjung, pada akhirnya nanti Sedulur akan mendapatkan komisi dari Google yang akan langsung ditransfer ke rekening Sedulur.

7. Digital marketing

Sedulur menyukai bermain medsos? Atau Sedulur kuat dan siap menghabiskan waktu berlama-lama memainkan smartphone untuk melihat media sosial? Jika jawabannya adalah iya, hal ini merupakan peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet.

Karena menjalankan Digital Marketing salah satu syarat pentingnya adalah terus memainkan media sosial dan mempromosikan produk dengan sangat menarik. Saat ini, banyak perusahaan yang mulai menggunakan jasa digital marketing dan aktivitasnya hanya seputar dunia maya dan internet saja.

Jika Sedulur merasakan memiliki bakar berjualan dan juga kuat dan tahan lama menggunakan medsos, bisa menjadikan digital marketing sebagai sebuah peluang usaha baru yang sangat wajib untuk dicoba.

8. Menyediakan jasa online

Cara menghasilkan uang dari internet yang bisa Sedulur lakukan yaitu menyediakan jasa online. Sedulur yang memiliki ketertarikan dalam bidan IT dan komputer, bisa mencoba membuat aplikasi penyedia jasa secara online. Jasa yang bisa ditawarkan banyak, seperti jasa membersihkan ruangan, jasa penerjemahan, dan jasa lainnya.

Karena dengan memiliki aplikasi dan aktif secara online, dapat memberikan penghasilan tambahan dari internet. Penghasilan yang didapat berasal dari iklan yang masuk ke aplikasi yang Sedulur miliki. Saat ini dunia digital, dengan internet sebagai nafasnya telah bisa memberikan peluang yang beragam untuk dapat menghasilkan uang.

9. Menjual foto online

Jika Sedulur memiliki hobi fotografi, hal tersebut bisa Sedulur manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet tanpa modal. Sedulur bisa menjual foto-foto yang Sedulur potret secara online.

Selain itu, Sedulur juga tidak akan kehilangan hak cipta foto Sedulur. Uang yang Sedulur dapat berasal dari setiap foto yang didownload oleh para pengguna internet. Cara menghasilkan uang dari internet ini bisa jadi rekomendasi Sedulur untuk dilakukan.

10. Admin media sosial

Secara spesifik, Sedulur bisa mendapatkan uang dengan menjadi admin media sosial. Terutama bagi Sedulur yang sering bermain Instagram, Facebook, Twitter dan Whatsapp. Admin Media Sosial merupakan bisnis online tanpa modal untuk ibu rumah tangga. Mengingat posisi ibu rumah tangga punya segudang pekerjaan di rumah, alhasil tak ada waktu untuk pergi kerja di luar rumah.

Jika Sedulur adalah ibu rumah tangga dan harus mengurusi segala isi rumah, mungkin bisa mencoba contoh bisnis online Admin Media Sosial. Adapun tugas Sedulur jika mengambil bisnis online tanpa modal seperti  Admin Sosial Media ini.

BACA JUGA: Tips Sukses Membuka Bisnis Sablon Agar Banyak Pelanggan

11. Menjadi Youtuber

menghasilkan uang dari internet
World Magazine

Jika dalam daftar cara menghasilkan uang dari internet sebelumnya telah disebutkan menjadi vlogger. Kali ini secara spesifik yaitu menjadi Youtuber dengan membuat konten-konten video Youtube bukan hanya berbentuk Vlog saja.,

Profesi ini masih menjadi favorite banyak orang karena termasuk bisnis online tanpa modal hasil melimpah. Youtuber merupakan platform media sosial berisi jutaan video content creator  dari seluruh penjuru dunia. Tentunya setiap hari dan setiap saat banyak video diunggah, disaksikan dan dikomentari. Sehingga setiap orang bebas membuat konten video sesui apa yang diminati.

12. Menjadi asisten virtual

Cara menghasilkan uang dari internet yang bisa Sedulur lakukan yaitu dengan menjadi asisten virtual. . Selama ini bisnis beroperasi secara online sehingga tak mengherankan banyak bisnis membutuhkan Asisten Virtual. Asisten Virtual di butuhkan untuk membantu mereka tetap teratur menyelesaikan tugas administratif tanpa perlu mengeluarkan modal.

Adapun gambaran tugas Asisten Virtual selama menjalankan tugasnya. Seperti mencakup penulisan, membalasa email, membuat dan mendistribusikan dokumen bisnis. Selanjutnya menanggapi pertanyaan media dan bisnis, menulis dan membuat konten serta masih banyak lagi.

13. Menawarkan jasa penerjemah

Selanjutnya cara menghasilkan uang dari internet yang bisa Sedulur tawarkan yaitu dengan menawarkan jasa penerjemahan secara online. Penerjemah masih banyak dicari orang untuk keperluan membantu tugas-tugas deadline, freelance dan online. Biasanya tawaran kerja sebagai penerjemah ini sebatas pe-buku ataupun per materi yang ingin dialih bahasakan.

Mengingat selama ini pekerjaan masih banyak dilakukan secara online, sehingga peran penerjemah dalam membantu tugas-tugas seseorang yang sedang bekerja online sangat dibutuhkan. Nah buat Sedulur mahasiswa bisa mengambil kesempatan ini untuk menambah uang saku.

14. Konsultan SEO

Menghasilkan uang dari internet bisa Sedulur lakukan dengan menjadi konsultan SEO. Terutama bagi Sedulur yang memiliki keterampilan di bidang Google Analytics. Jika Sedulur mempunyai ketrampilan dalam hal membuat Search Engine Optimization atau SEO, maka sekarang perusahaan sangat banyak membutuhkan.

Tak hanya perusahaan besar, banyak bisnis kecil mulai merambah ke dunia website dalam memasarkan produknya. Alhasil keberadaan SEO sangat dibutuhkan supaya lebih banyak menjangkau pembeli. Jasa konsultasi SEO termasuk contoh bisnis online terbaru dan kedepan jasa ini sangat punya peluang besar mendapat perhatian banyak perusahaan. Mengapa demikian, karena banyak pengusaha akan berusaha bagaiamana caranya memasarkan  produk  dan sampai dijangkau pembeli di mesin pencari.

15. Desainer web

Memiliki ketrampilan dalam bidang mendesain web jangan sampai Sedulur sia-siakan Sedulur. Sebab bisa jadi ketrampilan mu malah menjadi peluang dalam menjadi pundi-pundi rupiah. Bisnis mendesain web termasuk bisnis online gratis tanpa modal langsung dapat uang.

Sehingga Sedulur tak boleh menyianyiakan begitu saja, karena sekarang banyak bisnis sangat membutuhkan desainer web. Jika Sedulur mempunyai pengetahuan dan kemampuan dalam bidang bahasa pemrograman HTML, maka Sedulur bisa membuka jasa untuk membuat situs web. Selain membangun portofolio Sedulur pun agar semakin keren, Sedulur bisa mendapatkan keuntungan dari menawarkan jasa desainer web.

16. Blogger mengulas produk

Entrepeneur

Ada lagi contoh cara menghasilkan uang dari internet yang bsia Sedulur dapatkan yaitu menjadi blogger pengulas produk. Jika Sedulur merupakan orang yang suka dalam meninggalkan ulasan atau komentar pada situs-situs besar seperti Amazon, maka sudahilah melakukanny dengan cara gratis. Sebab ada teknis Word of Mouth baik dalam dunia digital masih mendatangkan keuntungan bagi banyak bisnis.

Jika Sedulur mempunyai blog pribadi dan memiliki  banyak pengunjung, ternyata ini malah menjadi peluag bisnis tersendiri bagi Sedulur. Nantinya pihak PR dari setiap bisnis akan mencari pemasar brand  mereka dan salah satunya adalah keberadaan Blogger.

17. Desain grafis

Rekomendasn cari menghasilkan uang dari internet selanjutnya yaitu menjadi desain grafis. Tak hanya seorang penulis freelance, ada pula bisnis online tanpa modal untuk pelajar seperti membuka jasa desain grafis.

Maklum saat ini, banyak sekali pemilik usaha, pebisnis ataupun pengusaha membutuhkan desain grafis. Mereka dibutuhkan untuk keperluan membuat spanduk, stiker ataup pembuata  pamflet.

18. Membuka jasa copywriting

Memiliki kemampuan dalam hal menulis iklan produk harus kamu manfaatkan sebaik-baiknya. Sebab dengan kemampuan yang kamu miliki bisa jadi peluang dalam mencari pemasukan pasive atau passive income.

Meyakinkan pembeli agar produk kita bisa terjual memang tidak sembarangan orang bisa melakukanya. Butuh teknis dan proses supaya mereka mau membeli produk kita. Nah, Copy Writing merupakan teknik  menjual produk yang biasa ditemukan di banyak perusaan.

19. Menjadi agen pulsa

Sedulur bisa menghasilkan uang dari internet dengan menjadi agen pulsa. Usaha satu ini memiliki potensi yang besar karena kebutuhan pulsa di era sekarang sangatlah penting. Apalagi hampir semua orang sudah menggunakan gadget atau ponsel dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Usaha ini juga tergolong membutuhkan modal yang kecil. Sedulur bisa mengisi saldo berapapun yang dimau, untuk nantinya dijual kembali lagi kepada pelanggan.

20. Agen travel

Selain agen pulsa, Sedulur juga bisa menjadi agen travel. Pekerjaan ini sangat cocok bagi Sedulur yang hobi mencari tiker pesawat, keret dan hotel.

Namun, jangan salah, bisnis seperti ini juga menjadi bisnis dari ponsel yang menghasilkan uang sangat banyak. Apalagi kalau Sedulur memiliki banyak stok jualan yang tergolong mahal seperti hotel bintang lima, tiket eksekutif, sampai tiket yang memiliki jam keberangkatan tidak biasa.

BACA JUGA: Struktur Lengkap Pembagian Kerja Dalam Bisnis Restorant

21. Joki game

menghasilkan uang dari internet
Mediani

Sedulur bisa menghasilkan uang dari internet dengan menjadi joki game. Game zaman sekarang sudah berkemang sangat pesat. Bahkan, beberapa game online yang dimainkan lewat HP sudah memiliki komunitas dan kompetisi profesional.

Hal tersebut ternyata membuat game menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi banyak orang. Salah satunya dengan menjadi joki game. Profesi ini sendiri sering dianggap remeh bagi sebagian orang, tapi siapa sangka omset yang bisa didapat bisa mencapai puluhan juta dalam sebulan.

22. Trading

Ini merupakan cara untuk menghasilkan uang besar yang bisa Sedulur lakukan dari internet. Ditambah lagi harga bitcoin sangat tinggi saat ini. Terutama Sedulur yang memiliki perkiraan yang bagus dan modal yang cukup besar. Terlebih lagi saat ini harga bitcoin sering naik turun drastis sehingga Sedulur pun harus siap dengan segala resikonya.

23. Melukis digital

Bila Sedulur penyuka seni dan hobi menggambar. Maka ini bisa menjadi peluang menjanjikan yang bisa jadi pilihan Sedulur untuk menghasilkan uang. Apalagi banyak orang yang saat ini sangat suka menggambarkan dirinya di internet dengan identitas digital. Selain itu, lukisan digital juga bisa diprint sehingga jadi kado bagi teman atau orang yang tersayang.

24. Influencer

Jangan salah kira bahwa influencer hanya sekedar profesi yang saat ini gengsinya sedang tinggi. Di samping sebagai profesi, Influencer juga merupakan peluang bisnis online yang sangat menguntungkan.

Menjadi Influencer bisa dibilang gampang gampang susah. Gampangnya adalah influencer merupakan bisnis online dengan modal kecil, kita hanya memerlukan data internet yang terus aktif untuk upload setiap video yang kita buat. Tentu bisa jadi cara menghasilkan uang yang wajib dicoba.

25. Menjual template website

Saat ini website yang umum digunakan untuk kepentingan bisnis adalah WordPress dan Blogger. Namun sayangnya kita hanya bisa menggunakan tema default dalam menggunakan blog. Untuk mengisi kekosongan ini, kita bisa menjual template website bagi para pelaku bisnis yang membutuhkan.

Menjual template website merupakan salah satu peluang bisnis online yang akan sangat memberikan keuntungan. Karena sangat banyak yang membutuhkannya dan juga platform awal tidak memberikan banyak pilihan template merupakan poin utama dari peluang bisnis online ini.

Nah itulah daftar rekomendasi cara untuk menghasilkan uang dari internet yang bisa Sedulur lakukan. Sedulur bisa memilih cara yang sesuai dan cocok bagi Sedulur, namun jangan lupa untuk tetap memperhatikan tanggung jawab utama dan tentu saja fokus dalam mencapai segalanya.