Kerajinan dari Barang Bekas

Siapa bilang membuat kerajinan barang bekas itu sulit? Pakai barang tak terpakai ini, kreasikan, dan gunakan untuk hal yang bermanfaat.

Punya banyak waktu luang? Kenapa tidak membuat kerajinan dari barang bekas yang bermanfaat saja? Benda yang sudah tidak terpakai, pada dasarnya masih memiliki nilai guna bila dikreasikan dengan tepat lho, Sedulur. 

Coba lihat apa saja sampah kering yang memenuhi tempat sampahmu. Dari situ, kamu bisa memulai untuk mencari ide dan membuat barang tersebut berubah menjadi lebih bermanfaat. Bila Sedulur pandai untuk menjual dan mempromosikannya, bakal semakin untung dan bisa dijadikan pemasukan tambahan. 

Pada dasarnya, peralatan yang dibutuhkan untuk membuat macam-macam kerajinan tangan juga sederhana. Paling tidak, kamu harus menyiapkan gunting, lem, cat, dan beberapa benda yang pasti dimiliki di setiap rumah.

1. Bunga dari sedotan

kerajinan dari barang bekas sedotan
image source: thebellebrigade

 

Sedotan bekas bisa memiliki nilai estetika lebih. Kerajinan dari barang bekas sedotan ini bisa disulap menjadi bunga dan bisa dijadikan sebagai dekorasi. 

Cara membuatnya pun terbilang sederhana. Pertama-tama, potong dan rangkai sedotan bekas berwarna pink dan hijau. Setelah selesai, bisa ditaruh di pot dan bisa untuk mempercantik meja di ruanganmu.

2. Bunga kertas

kerajinan dari barang bekas bunga kertas
image source: Pexels

 

Bila kamu penyuka dekorasi minimalis dan vintage, dekorasi bunga dari kertas bekas bisa jadi piilhan untuk memperindah ruangan. Kamu bisa memakai kertas polos tidak terpakai, majalah, maupun koran. 

Sebagai langkah awal pembuatan, kamu perlu menyiapkan gunting, kertas bekas, dan lem. Setelah itu, buat lipatan sesuai dengan selera. Lalu buat tangkai yang terbuat dari plastik maupun kertas tebal. Bila sudah jadi, satukan daun dan tangkainya dengan lem sebagai perekat. Tinggal ditunggu kering dan setelahnya langsung bisa ditempatkan di dalam vas.

3. Kain untuk cultery set

kerajinan dari barang bekas cultery set
image source: Unsplash

 

Membawa cultery set atau peralatan makan pribadi sudah menjadi kebiasaan baru selama pandemi. Selain bisa memantau kebersihan alat makannya, kamu bisa membawa peralatan yang terdiri dari garpu, sendok, dan terkadang ada sepasang sumpit ini ke mana-mana. Jika merasa cultery set yang disimpan di wadah plastik terlalu bulky, kamu bisa mencoba membuat wadah ramah lingkungan dengan memakai kain bekas yang bersih.

Kamu hanya perlu menyiapkan kain yang sudah dijahit rapi pinggirannya. Untuk tempat garpu, sendok, dan pisaunya, kamu bisa memakai benang dan menyesuaikan ukurannya. Setelah jadi, kamu bisa melipat kain tersebut dan menalikan benang untuk merapatkan kemasannya. Sebuah kerajinan dari barang bekas yang mudah, bukan?

Baca juga: Usaha Makanan yang Menjanjikan Ini Bisa Dicoba!

4. Toples kapas & cotton buds

kerajinan dari barang bekas toples
image source: Unsplash

 

Punya banyak toples kaca yang tak terpakai? Jangan didiamkan di gudang terus. Pakai saja untuk menyimpan alat tempur harianmu, misalnya saja untuk wadah cotton buds dan kapas. Kerajinan dari barang bekas ini termasuk mudah. Kamu tidak perlu melakukan banyak modifikasi.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan bagian dalam dan luar toples. Kamu bisa mencucinya dengan sabun. Selain itu, kamu membutuhkan cairan yang mengandung alkohol di langkah selanjutnya untuk memastikan kebersihan wadahnya. Setelah kering, kamu bisa memberikan aksen tambahan jika ingin. Lalu, tinggal masukkan saja cotton buds dan kapas di setiap toplesnya. Bisa ditaruh di meja rias maupun wastafel. 

5. Vas dari botol bekas

kerajinan dari barang bekas botol aqua
image source: Unsplash

 

Kehadiran bunga di dalam ruangan bisa membawa banyak hal baik bagi penghuninya. Supaya lebih rapi, kehadiran vas juga sangat dibutuhkan. Bila ada botol kaca bekas kemasan minuman dan makanan, manfaatkan saja untuk dijadikan vas. Tinggal dibersihkan dan dikeringkan, siap dipakai.

Selain botol kaca, kamu juga bisa menjadikan botol air mineral untuk dijadikan sebagai vas polastik. Kerajinan dari barang bekas botol Aqua ini juga tak kalah bagus hasilnya bila dikreasikan dengan bagus. Kalau bisa membuat yang hasilnya aesthetic, kamu bisa menjualnya di e-commerce dan mendapatkn suntikan pemasukan tambahan.

6. Pot tanaman dari cup kertas kopi

kerajinan dari barang bekas pot cup kopi
image source: Unsplash

 

Kebiasaan takeaway kopi juga menjadi salah satu jenis sampah yang menumpuk di rumahmu. Selain bisa dipisahkan sebelum dibuang, kamu bisa menjadikan cup kopi yang terbuat dari kertas ini untuk pot tanaman. Bentuknya yang kecil dan ramping sangat cocok untuk ditempatkan di sudut ruangan yang tidak terlalu memakan tempat.

Pertama-tama, kamu bisa melubangi bagian bawah cup untuk saluran air dan sirkulasi udara tanaman. Setelah itu, langsung masukkan tanah dan bibit yang rasionya disesuaikan dengan ukuran gelas kertasnya. Setelah itu tinggal dirapikan di rak yang terkenak sinar matahari. Pot terkesan seragam dan lebih aesthetic. Jangan lupa untuk disiran secara teratur paling tidak sehari sekali pada pagi hari, ya.

7. Pot dari kaleng

kerajinan dari barang bekas pot kaleng bekas
image source: Unsplash

 

Untuk memperindah kebun kecil di rumah, kamu bisa kerajinan dari barang bekas yang bermanfaat dari kemasan kaleng susu bekas. Cara mengkreasikannya pun terbilang sederhana. Peralatan yang dibutuhkan juga tidak terlalu rumit. Tidak dibutuhkan teknik khusus untuk memperindah kaleng bekas ini.

Untuk membuatnya, pertama-tama kamu garus membersihkan kertas yang menempel di permukaan kaleng. Setelah kertas benar-benar hilang, cuci dan tunggu kering. Bila ingin digantung, kamu perlu membuat lubang kecil untuk dipasang kawat. Usahakan untuk memakai sarung tangan kain tebal untuk menghindari luka saat memakai kawat.

Setelah bersih, kamu bisa mengecat permukaan dan bagian dalam kalengnya dengan warna favoritmu. Tunggu kering selama beberapa jam dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Kamu juga bisa mengeringkan dengan menaruhnya di tempat teduh dan diangin-anginkan. Setelah itu, bisa langsung diisi dengan tanah dan bibit tanaman yang ingin ditanam, deh.

Baca juga: Ide Pekerjaan Sampingan untuk Karyawan dan Mahasiswa

8. Wadah sendok dari kaleng

kerajinan dari barang bekas wadah sendok
image source: nikastory

 

Memiliki metode kerajinan dari barang bekas yang mudah sama dengan sebelumnya, membuat wadah sendok dari kaleng juga layak untuk dicoba. Kamu bisa memulainya dengan membersihkan permukaan dan bagian dalam kaleng. Karena akan dibuat wadah untuk makan, kamu harus memastikan kebersihannya dengan lebih detail.

Apabila prosesnya sudah sampai mengecatnya dan kering sempurna, kamu bisa menaruh kalengnya di meja makan maupun menggantungnya di dinding. Kamu bisa lebih hemat karena tidak perlu membeli tempat sendok dan garpu baru, deh.

9. Papan memo

kerajinan dari barang bekas memo board
image source: Pexels

 

Bila memiliki styrofoam bekas dan bingung mau dibuat apa, kamu bisa mengolahnya menjadi papan memo. Kamu perlu mengalasi permukaan styrofoam dengan kertas hitam dan menaruhnya di pigura. Setelah itu, kamu pun bisa langsung menempelkan sticky notes dan memo di sana. Sebuah kerajinan dari barang bekas yang bermanfaat, ‘kan.

10. Hiasan dinding dari CD

kerajinan dari barang bekas cd
image source: Pexels

 

Suka corat-coret dan berkreasi untuk hiasan dinding? Kamu bisa menjadikan CD bekas sebagai media berkaryamu. Kmu bisa menggambar dan membuat quotes dengan cat air. Setelah kering, kamu bisa memajangnya di dinding. Dekorasi sederhana ini bisa memperindah ruanganmu jadi semakin artsy.

11. Dekorasi ban bekas

kerajinan dari barang bekas ban
image source: Unsplash

 

Punya banyak ban bekas yang tidak terpakai. Daripada menumpuk di gudang dan menjadi sarang nyamuk, modifikasi saja supaya bisa menjadi dekorasi untuk mempercantik rumahmu.

Kamu perlu mengecat ban menjadi warna putih. Setelah kering, pasang di tembok bagian luar rumah. Bisa juga dipasang di pagar kayu. Setelah itu, bagian tengahnya bisa diisi dengan tanaman ataupun perintilan aesthetic lainnya.

Baca juga: Bisnis Coffee Shop, Berikut Tips & Cara Sukses Memulainya

12. Vas dari teko bekas

kerajinan dari barang bekas teko
image source: Unsplash

 

Dekorasi yang mengusung tema vintage memang selalu disukai. Tanpa perlu beli barang baru, kamu bisa mendaur ulang teko bekas yang sudah tidak terpakai sebagai tempat bunga. Kamu bisa mengecat ulang dengan warna lainnya yang sedang menjadi favoritmu saat ini. Selain itu, kamu bisa menaruhnya di meja ruang tamu maupun ruang makan. Gampang, ‘kan?

Membuat kerajinan dari barang bekas adalah langkah yang baik untuk lebih menyayangi bumi. Selain itu, kamu juga dituntut untuk leboh kreatif agar mendapatkan nilai estetika dan mendapat cuan sekaligus. 

Bila belanja sembako di Aplikasi Super yang bisa diunduh lewat Google Play Store, kamu juga bisa mendaur ulang kemasannya dan mengubahnya menjadi barang yang lebih bermanfaat lho, Sedulur. Tertarik untuk ikut berkreasi dan membuat barang bagus dengan tanganmu sendiri? Lakukan kegiatan ini saja di waktu luang. Meskipun penuh effort, tapi hasil kahir yang didapatkan tidak akan mengecewakan.