Banyak ragam jenis pekerjaan sampingan menarik untuk digeluti, terutama di masa pandemi seperti ini. Berikut beberapa ide rekomendasi sampingan yang bisa Sedulur coba!

Setiap dari kita pasti akan bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan harian. Kebutuhan lain yang tidak kalah penting untuk dipenuhi adalah kebutuhan rumah, kebutuhan anak, kebutuhan pendidikan dan lain sebagainya. Bahkan, banyak karyawan yang telah memiliki pekerjaan tetapi masih berupaya melakukan berbagai jenis pekerjaan sampingan agar kebutuhannya terpenuhi.

Hal itu terjadi bukan hanya pada karyawan, banyak juga mahasiswa yang berkuliah sambil bekerja guna memenuhi kebutuhan mereka. Maka dari itu, pekerjaan sampingan dan pemasukan tambahan berperan sangat penting dalam kehidupan saat ini.

Dalam kesempatan kali ini, Aplikasi Super akan mengulas beberapa pekerjaan sampingan yang bisa menghasilkan banyak uang. Pekerjaan ini bisa dilakukan oleh karyawan dan juga mahasiswa, yang berarti jam kerjanya cukup fleksibel. Penasaran? Yuk, langsung simak ulasannya!

Rekomendasi Ide Pekerjaan Sampingan Untuk Karyawan dan Mahasiswa

1. Pekerjaan Sampingan Penulis Lepas

1. Penulis Lepas
fastwork.id

Pekerjaan satu ini banyak dilakukan oleh mahasiswa. Salah satu pekerjaan sampingan dari internet ini bisa menghasilkan banyak uang. Pasalnya, penulis lepas saat ini banyak dicari dan dibutuhkan oleh perusahaan, terutama yang membutuhkan jasa copywriting. Karena perkembangan bisnis online saat ini demikian pesat, jasa penulis konten juga menjadi sangat dibutuhkan.

Penulis konten bertugas membuat artikel-artikel untuk mempromosikan produk maupun image dari perusahaan. Selain itu, banyak juga dibutuhkan penulis konten untuk memberikan edukasi terkait produk usaha. Perkembangan ini menjadikan penulis konten sebagai peluang bisnis online yang tentu sangat menguntungkan.

2. Pekerjaan Sampingan Fotografer Lepas

2. Fotografer Lepas
kompas.com

Sama dengan penulis lepas, menjadi fotografer juga bisa menjadi pekerjaan sampingan yang menghasilkan banyak uang. Bagi Sedulur yang memiliki kemampuan fotografi, Sedulur bisa mencoba pekerjaan satu ini. Banyak perusahaan dan para pedagang yang membutuhkan jasa fotografer untuk kepentingan promosi.

Karena, setiap produk yang dimiliki perusahaan atau pedagang harus dibuat semenarik mungkin agar dapat menjangkau banyak pembeli. Dalam hal ini, jasa fotografer sangat dibutuhkan. Belum lagi banyak event atau kegiatan yang membutuhkan dokumentasi, siapa lagi yang bertugas dalam mendokumentasikan jika bukan fotografer. Banyak hal yang bisa digarap dengan menjadi fotografer, oleh karena itu pekerjaan ini sangat menarik dicoba.

3. Desainer Grafis Sebagai Pekerjaan Sampingan

3. Desainer Grafis
idntimes.com

Bagi Sedulur yang bisa melakukan kerja sampingan malam hari dan memiliki kemampuan design yang baik, menjadi desainer grafis merupakan hal yang bisa Sedulur coba. Dalam dunia digital marketing, design grafis merupakan pekerjaan yang amat penting.

Pekerjaan seperti membuat desain logo, desain kemasan produk, desain brosur merupakan tugas dari desainer grafis. Pekerjaan ini memegang peran penting di era bisnis digital saat ini. Sedulur bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

4. Admin Media Sosial

4. Admin Media Sosial
hipwee.com

Masih dalam konteks digital marketing, saat ini pemanfaatan media sosial bisa dioptimalkan untuk mendukung bisnis yang dilakukan. Namun pekerjaan tersebut membutuhkan waktu dan keterampilan khusus. Oleh karena itu, biasanya setiap perusahaan merekrut admin media sosial untuk memberikan berbagai macam informasi produk dan lainnya.

Selain itu, keuntungan dari admin media sosial adalah bisa dilakukan di rumah. Karena, admin media sosial merupakan pekerjaan sampingan online yang mengutamakan akses internet. Media sosial seperti instagram, facebook dan twitter akan Sedulur pegang untuk kepentingan marketing dan perusahaan. Cukup mudah dilakukan, terutama bagi Sedulur yang sering bermedsos ria!

5. Pekerjaan Sampingan Jasa Penerjemah

5. Jasa Penerjemah
literasinusantara.com

Jika Sedulur mencari rekomendasi kerja sampingan malam hari lainnya, menjadi penerjemah adalah jawabannya. Namun, untuk melakukan pekerjaan ini tentu saja perlu memiliki kemampuan bahasa asing yang baik. Biasanya, mahasiswa yang kuliah di Fakultas Sastra banyak yang menjadikan pekerjaan ini sebagai sampingan.

Yang menjadi menarik dalam melakukan pekerjaan ini adalah Sedulur bisa menentukan tarif penerjemahan dari setiap lembarnya. Tentu saja, tarif ditentukan berdasarkan tingkat kesulitan teks yang diterjemahkan.

Baca Juga: Bisnis Coffee Shop, Berikut Tips dan Cara Sukses Memulainya!

6. Membuka Toko Kelontong

6. Membuka Toko Kelontong
superapp.id

Biasanya, pekerjaan sampingan yang banyak dilakukan oleh para karyawan adalah dengan membuka toko kelontong atau warung biasa. Omset yang dihasilkan dengan membuka toko kelontong bisa melebihi gaji bulanan yang diterima oleh karyawan. Hal ini karena toko kelontong menjual berbagai kebutuhan masyarakat dan akan selalu dicari.

Maka dari itu, ide kerja sampingan ini bisa sekali Sedulur coba. Terutama bagi Sedulur yang memiliki rumah dengan tempat strategis, hal tersebut merupakan kelebihan penting. Jika Sedulur ingin toko kelontong lebih maju dan berkembang lagi, Sedulur juga bisa bergabung dengan Mitra Super Center.

Dengan bergabung menjadi Mitra Super Center, toko kelontong yang Sedulur jalani akan berkembang pesat dan Sedulur bisa mendapatkan keuntungan lebih. Banyak kemudahan yang diberikan Aplikasi Super jika Sedulur bergabung ke dalam Mitra Super Center. Klik di sini untuk mempelajari lebih lengkap bagi Sedulur yang tertarik!

7. Pekerjaan Sampingan Menjadi Reseller

7. Menjadi Reseller
superapp.id

Apakah ada jenis usaha sampingan tanpa modal? Tentu saja ada, dengan menjadi reseller! Sedulur yang hobi berjualan, bisa mencoba menjadi reseller, dengan menjual produk-produk yang telah ada. Pilih produk yang digemari dan dibutuhkan, salah satunya yaitu produk kecantikan. Sedulur bisa menjadi reseller produk kecantikan dengan target konsumen para wanita, terutama ibu-ibu. Dijamin Sedulur bisa mendapatkan untung yang besar setiap bulannya!

8. Menjual Buku Bekas

8. Menjual Buku Bekas
liputan6.com

Ide pekerjaan sampingan selanjutnya adalah dengan menjual buku bekas, terutama bagi Sedulur yang memiliki banyak koleksi buku berkualitas dan sudah tidak dibaca lagi. Ketimbang membuat rumah menjadi sempit, Sedulur bisa menjualnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Di Indonesia banyak sekali pembaca buku yang sangat menyukai buku-buku bekas, terutama jika Sedulur memiliki buku lawas dan buku antik. Banyak kolektor buku yang mengincarnya. Hal tersebut bisa merupakan sebuah kemudahan untuk menjalankan usaha sampingan karyawan satu ini.

9. Jasa Laundry

9. Jasa Laundry
bisnisukm.com

Para karyawan yang membutuhkan rekomendasi kerja sampingan di rumah, membuka usaha laundry jawabannya. Menjadi karyawan bisa tetap dilakukan sambil menjalankan usaha laundry. Terutama jika Sedulur sebagai karyawan yang memiliki rumah di daerah pendidikan atau perkantoran. Membuka usaha ini akan mengantarkan keuntungan, karena mahasiswa atau pekerja biasanya tidak ada waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri.

10. Menjual Camilan

10. Menjual Camilan
liputan6.com

Pekerjaan sampingan yang menjanjikan dan bisa memberikan Sedulur banyak uang adalah dengan menjual camilan. Seperti yang Sedulur tahu, setiap orang pasti suka ngemil. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Terutama bagi mahasiswa, relasi dan jejaring di kampus bisa dimanfaatkan untuk menjual aneka camilan.

Sedulur juga bisa lebih untung lagi dengan membeli aneka macam camilan di Aplikasi Super. Keuntungan lebih bisa Sedulur dapat dari berbagai potongan harga camilan yang dijual Aplikasi Super. Aplikasi Super menjual berbagai barang dan sembako dengan harga murah, namun kualitas tetap terjamin.

Baca Juga: 22 Ide Usaha Modal Kecil Untung Besar yang Menjanjikan, Sudah Coba?

11. Open Jastip (Jasa Titip)

11. Open Jastip (Jasa Titip)
kompas.com

Sedulur ingin melakukan pekerjaan sampingan sambil liburan? Open jastip jawabannya. Jastip singkatan dari jasa titip, beberapa tahun belakang ini, pekerjaan ini menjadi sangat potensial ketika media sosial ramai digunakan banyak orang. Jika Sedulur sedang berlibur, terutama ke luar negeri, Sedulur bisa membuka jastip untuk membeli beberapa produk yang dipesan.

Biasanya, terdapat beberapa produk dari luar negeri yang tidak masuk di Indonesia. Open jastip terjadi akibat kekurangan tersebut. Terutama untuk produk-produk makanan, Sedulur bisa membuka jasa titip dengan menargetkan biaya dari setiap produk yang dibeli. Sambil berlibur sambil mendapatkan uang. Menarik ‘kan?

12. Menjadi Youtuber

12. Menjadi Youtuber
digitek.id

Jika di masa lalu, ketika anak-anak SD ditanya cita-cita, mereka akan menjawab menjadi polisi, tentara, dokter, pilot dan sebagainya. Tapi saat ini, saat anak SD ditanya cita-cita, mereka akan menjawab ingin menjadi Youtuber! Hal tersebut menunjukan betapa menggiurkannya penghasilan menjadi Youtuber.

Banyak Youtuber seperti Atta Halilintar, Raffi Ahmad, Deddy Corbuzier yang bisa mendapatkan miliaran rupiah setiap bulannya dari video konten youtube yang mereka buat. Berangkat dari itu, menjadi Youtuber bisa menjadi pekerjaan sampingan dari internet yang sangat menggiurkan.

Ditambah lagi, Sedulur bisa membahas apapun di Youtube, mulai dari membahas skill yang Sedulur miliki, membuat vlog tentang keseharian dan lain sebagainya. Uang yang Sedulur dapatkan berasal dari setiap iklan yang ada di video konten Sedulur di youtube.

13. Membuat Katering

13. Membuat Katering
bisnisukm.com

Rekomendasi pekerjaan sampingan selanjutnya yaitu membuka katering. Sama dengan usaha laundry, usaha satu ini juga bisa dijalankan di rumah, pekerjaan Sedulur sebagai karyawan pun masih tetap bisa dilakukan. Terutama, jika Sedulur tinggal di daerah perkantoran, usaha satu ini sangat menjanjikan untuk dijalankan.

Kebutuhan makan merupakan kebutuhan utama, banyak pekerja yang membutuhkan makan siang di tengah waktu kerja yang dilakukan. Terutama jika Sedulur jago masak dan memiliki beberapa anggota keluarga yang bisa diajak bekerja sama untuk mengurus usaha sampingan karyawan satu ini. Dijamin menguntungkan!

14. Menjual Tanaman Hias

14. Menjual Tanaman Hias
detik.com

Menjual tanaman hias bisa menjadi pekerjaan sampingan yang menjanjikan, saat ini kesadaran akan menghias rumah dengan tanaman hias telah tumbuh di masyarakat. Selain itu, tren menghias rumah dengan tanaman, baik di halaman rumah atau juga di dalam rumah sedang ramai diminati. Hal tersebut bisa menjadi peluang yang menjanjikan.

Sedulur dapat menjual tanaman hias dengan kreativitas dan inovasi. Selain itu bisnis tanaman hias merupakan salah satu usaha pertanian yang sangat menguntungkan saat ini. Didukung dengan tren yang sedang ramai, usaha satu ini sangat menjanjikan untuk mengantarkan cuan yang banyak!

15. Thrift Shop (Second Stuff)

15. Thrift Shop (Second Stuff)
scmedia.id

Banyak yang menjalankan usaha thrift shop saat ini, baik anak muda dan berbagai rentang usia lainnya saat ini yang melakukan thrifting dan menjualnya kembali. Hal tersebut menunjukan salah satu kelebihan usaha satu ini. Thrift shop merupakan salah satu ide bisnis yang saat ini ramai dilakukan dan sedang menjadi tren.

Menjual pakaian bekas yang masih memiliki kualitas tinggi. Selain itu bisnis ini sangat menguntungkan karena model dari setiap pakaian jarang ada yang memiliki. Banyak juga yang saat ini menyukai model pakaian yang sangat antik dan klasik, hal tersebut merupakan sebuah keuntungan tersendiri saat menjelaskan usaha satu ini.

16. Menjadi Super Agen

superapp.id

Rekomendasi terakhir ide pekerjaan sampingan adalah dengan menjadi Super Agen di Aplikasi Super. Menjadi Super agen membuat Sedulur bisa mendapatkan penghasilan tambahan Jutaan Rupiah. Super Agen adalah program kemitraan dari Aplikasi Super untuk menambah penghasilan dengan menjual berbagai produk kebutuhan rumah tangga.

Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa mendapatkan banyak keuntungan, pertama penghasilan senilai Rp 5 juta setiap bulannya, kedua banyak bonus yang akan Sedulur dapat jika Sedulur memenuhi target, ketiga Sedulur bisa menentukan jam kerja sendiri sangat cocok sebagai kerja sampingan, dan banyak keuntungan lainnya.

Bagi Sedulur yang tertarik intip dan pelajari dulu alur pendaftarannya. Jangan lupa juga download Aplikasi Super, agar Sedulur bisa mendapatkan keuntungan dan kemudahan. Semoga daftar pekerjaan sampingan di atas bisa memberikan ide yang bermanfaat bagi Sedulur sekalian. Selamat mencoba!