Salah satu bisnis yang trend dalam beberapa tahun belakangan ini adalah coffee shop. Jika Sedulur tertarik, Sedulur bisa simak tipsnya di bawah ini!

Coffee shop bukan sekedar sebuah tempat untuk nongkrong saja, terdapat banyak nilai yang bisa didapat di coffee shop. Di Indonesia, budaya nongkrong sambil minum kopi telah berakar sejak lama. Dikenal dengan nama warung kopi, banyak masyarakat yang nongkrong di warung kopi dengan membicarakan apapun.

Mulai dari persoalan rumah tangga hingga persoalan perpolitikan nasional. Di era modern saat ini, warung kopi bertransformasi menjadi coffee shop. Bukan hanya sekedar sebagai tempat untuk bergaya, dengan selfie dan lain sebagainya, banyak yang bisa diberikan dari sebuah tempat bernama coffee shop.

Hal tersebut yang menjadikan peluang usaha coffee shop sangat tinggi sehingga diminati oleh beberapa pengusaha. Keuntungan buka coffee shop lainnya adalah perkembangan konsumen yang stabil dan bisa menjadi keuntungan bagi usaha gerai kopi yang kita buka. Untuk lebih jelas lagi, berikut ini daftar tips sukses untuk membuka warung kopi di era serba digital dan modern saat ini!

Baca Juga: 30+ Ide Bisnis Kreatif & Inovatif Paling Menguntungkan di 2021

Tips Sukses Membuka Bisnis Coffee Shop. Solusi Masalah Keuangan Sedulur!

1. Membuat Rencana yang Matang

1. Membuat Rencana yang Matang
pojokbisnis.com

Langkah pertama yang penting untuk Sedulur lakukan adalah membuat rencana yang matang. Mulai dari menghitung modal usaha coffee shop, dan mempertimbangkan setiap paket usaha coffee shop. Beberapa hal yang perlu Sedulur perhitungan dalam perencanaan sebelum membuat warung kopi adalah:

  • Konsep yang ditawarkan harus menarik
  • Tentukan target market
  • Buat daftar kompetitor, dan tentukan pembeda usaha kopi Sedulur dengan kompetitor
  • Tentukan harga secangkir kopi yang akan dijual
  • Pilih dan pertimbangkan tempat yang strategis untuk pengunjung berlama-lama di tempat kopi Sedulur
  • Tentukan termin waktu Sedulur akan mendapatkan keuntungan

2. Cari Supplier Kopi Murah Berkualitas

2. Cari Supplier Kopi Murah Berkualitas
harga123.info

Hal penting dalam menjalankan bisnis coffee shop yaitu menjalin kerjasama dengan supplier kopi. Ketika Sedulur telah memiliki supplier kopi yang cocok dengan bisnis Sedulur, hal ini akan memudahkan Sedulur menjalankan dan mengembangkan bisnis usaha Sedulur. Setelah kerjasama terjalin, Sedulur bisa bisa mendapatkan harga diskon untuk kopi yang akan mempengaruhi pendapatan dan keuntungan bagi bisnis Sedulur itu sendiri.

3. Memiliki Nilai Lebih Dari Sekedar Coffee Shop

3. Memiliki Nilai Lebih Dari Sekedar Coffee Shop
tribunnews.com

Hal penting dari sebuah warung kopi atau tempat kuliner yaitu menyuguhkan sebuah konsep. Konsep coffee shop menjadi hal penting. Karena berawal dari konsep, kita bisa menentukan pembeda dari kompetitor dan menemukan nilai lebih dari tempat usaha yang kita jalankan. Jika sekedar membuat warung kopi merupakan hal yang mudah, namun memiliki nilai lebih adalah hal yang luar biasa.

Karena nilai lebih yang dimiliki usaha kopi Sedulur merupakan faktor segalanya. Dalam dunia bisnis, marketing dan branding adalah hal penting. Salah satu yang penting dalam marketing dan branding adalah nilai jual. Nilai jual tersebut bisa terbentuk dari nilai lebih dan nilai pembeda yang kita miliki. Menemukan hal tersebut adalah penting dalam tips kali ini.

4. Fokus Pada Marketing dan Keuangan

4. Fokus Pada Marketing dan Keuangan
uprint.id

Dalam menjalankan usaha coffee shop, Sedulur harus benar-benar memikirkan pengelolaan penjualan dan keuangan. Proses penjualan merupakan hal yang penting, dan mengelola keuangan adalah distribusi yang terjadi setiap harinya. Jika pengelolaan kedua hal ini terjadi kesalahan, hal tersebut dapat meningkatkan risiko kerugian bahkan hingga risiko kegagalan.

Maka dari itu, membuat sistem merupakan hal yang penting dalam menjalankan bisnis apapun, termasuk membuka warung kopi. Sistem ini termasuk marketing yang mengurusi perihal penjualan dan juga manajemen keuangan, yang mengurusi masalah biaya operasional, uang masuk dan keluar setiap harinya.

Sistem yang Sedulur buat berdasarkan kebutuhan usaha Sedulur akan membantu memudahkan Sedulur menjalankan usaha dan mengoptimalkan keuntungan yang didapat. Sistem yang berjalan efisien juga dapat meningkatkan kemungkinan profit yang akan didapatkan.

Baca Juga: Cara Sukses Memulai Bisnis Beras Bagi Pemula Mulai Dari Nol

5. Membangun Jaringan dan Koneksi Bisnis

5. Membangun Jaringan dan Koneksi Bisnis
kikasyafii.com

Penting untuk dibangun jaringan dan koneksi bisnis bagi seorang pengusaha. Sebagai pengusaha, Sedulur bisa mendapatkan jaringan dan koneksi bisnis dengan mengikuti berbagai kegiatan, seperti seminar, workshop hingga komunitas pengusaha. Selain berjejaring kepada sesama pengusaha coffee shop, berjejaring dengan pengusaha lainnya pun merupakan hal penting.

Misalkan berjejaring dengan pengusaha camilan atau makanan. Hal tersebut akan memungkinkan Sedulur untuk menciptakan sebuah kolaborasi bisnis. Kolaborasi tersebut bisa mengantarkan kemungkinan lainnya, termasuk profit dalam bentuk pemasukan atau juga jumlah konsumen.

Melakukan kolaborasi dengan jaringan dan koneksi bisnis juga termasuk bagian penting dalam pengembangan sayap usaha. Target konsumen yang dimiliki oleh jaringan bisnis Sedulur, bisa Sedulur dapatkan dengan seringnya melakukan kolaborasi. Kita ambil contoh, Sedulur melakukan kolaborasi dengan pengusaha dimsum yang telah memiliki ratusan ribu pembeli setia.

Ratusan ribu pembeli setia dimsum tersebut bisa Sedulur ambil sebagai calon konsumen tetap Sedulur, terutama jika kolaborasi bisnis yang dilakukan dengan menjual paket produk. Bisnis di era digital saat ini, merupakan bisnis yang mengandalkan jaringan dan koneksi, dengan kolaborasi sebagai motor dan tumpuannya.

6. Sistem Marketing yang Optimal

6. Sistem Marketing yang Optimal
topbrand-award.com

Membuat sistem marketing yang optimal adalah hal yang penting. Salah satu cara untuk menunjang pembuatan sistem marketing adalah dengan menentukan konsep coffee shop Sedulur. Jika Sedulur telah memiliki konsep, konsep ini bisa dikembangkan dan diturunkan menjadi berbagai konsep untuk sistem marketing.

Terlebih lagi, di era digital saat ini, pemanfaatan media digital merupakan hal yang sangat penting. Konsep akan dapat membuat sistem marketing Sedulur berjalan dengan optimal.

7. Gunakan Marketing Digital

7. Gunakan Marketing Digital
sekawanmedia.co.id

Di tengah era digital saat ini, berbagai coffee shop berlomba-lomba membuat channel digital sebagai bagian dari marketing digital. Sama dengan poin sebelumnya, konsep bisnis merupakan hal penting untuk membuat marketing digital menjadi lebih optimal dilakukan.

  • Beberapa hal yang perlu Sedulur lakukan untuk memanfaatkan marketing digital adalah:
  • Memasang iklan di media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan youtube
  • Membuat website sendiri dan memberikan konten yang dapat menarik hati konsumen dan calon konsumen
  • Membuat data konsumen dengan memberikan berbagai konten promosi. Data konsumen ini penting, agar Sedulur dapat menentukan langkah selanjutnya untuk menarik hati calon konsumen.
  • Kerjasama dengan berbagai acara, kegiatan dan public figure seperti artis atau selebgram. Melakukan kolaborasi untuk meluaskan pasar merupakan hal yang penting untuk mengembangkan bisnis Sedulur.

8. Ikuti Trend Pasar yang Diminati

8. Ikuti Trend Pasar yang Diminati
bisnisukm.com

Hal yang wajib Sedulur lakukan sebagai seorang pengusaha adalah mengikuti trend pasar yang sedang diminati masyarakat. Untuk yang paling pertama, lakukan yang berkaitan dengan konsumen kopi. Ikuti trend yang diminati oleh para konsumen kopi.

Ikuti apa yang menjadi trend, pelajari dan kemudian terapkan dalam usaha kopi yang Sedulur jalankan. Lakukan modifikasi sedikit, dan gunakan sentuhan yang sesuai dengan konsep kedai kopi Sedulur. Lihat perubahan yang akan Sedulur rasakan, terutama terkait dengan pertambahan jumlah konsumen.

9. Gunakan Aplikasi Super

5. Banyak Keuntungan yang Bisa Sedulur Dapatkan
superapp.id

Agar Sedulur bisa menjalankan bisnis warung kopi yang ramai dan berkembang, Sedulur bisa menggunakan Aplikasi Super sebagai partner bisnis Sedulur. Selain itu, Sedulur juga bisa menggunakan Aplikasi Super untuk memenuhi kebutuhan usaha Sedulur. Banyak kemudahan untuk bisnis Sedulur yang akan dirasakan dengan mulai menggunakan Aplikasi Super.

Sedulur bisa coba dengan download terlebih dahulu Aplikasi Super. Klik di sini untuk download Aplikasi Super dan memanfaatkan keberadaan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan Sedulur, mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga kebutuhan untuk menunjang usaha agar semakin maju dan bisa mendapatkan untung super melimpah!