Pembayaran listrik yang semakin modern ternyata berdampak besar pada perkembangan bisnis masyarakat di Indonesia. Usaha jual beli token listrik jadi salah satu yang laris manis dan diyakini bisa menghasilkan banyak keuntungan. Tidak heran, usaha ini banyak dilirik masyarakat dan perusahaan-perusahaan besar. Namun, Sedulur pasti penasaran bagaimana cara buka usaha token listrik yang tepat agar bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Peluang usaha token listrik memang sangat menggiurkan. Apalagi, listrik menjadi salah satu kebutuhan utama seseorang agar bisa melakukan aktivitas sehari-harinya. Dengan latar belakang bisnis yang sangat menarik itu, maka Sedulur bisa mencoba untuk menyelami lebih dalam bisnis token listrik. Jika kamu tertarik tentu perlu mengetahui bagaimana tips dan cara buka usaha token listrik yang tepat. Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: Tips & Trik Memulai Bisnis Toko Listrik dan Peluang Usahanya

Keuntungan usaha token listrik

Kompas

Sebelum masuk ke pembahasan tentang cara buka usaha token listrik, tentu Sedulur harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana keuntungan usaha token listrik. Perubahan sistem ini, dilakukan oleh PLN agar memudahkan masyarakat dalam membayar dan mengakses listrik.

-->

Pembayaran bisa dilakukan dimana pun, mulai dari toko retail sampai toko kelontong yang telah menjadi agen resmi. Selain itu, jangkauan internet yang mulai meluas juga semakin memudahkan para penyedia token listrik ini untuk mengakses layanan pembelian token listrik.

Mereka hanya perlu menyediakan perangkat seperti smartphone dan sambungan ke internet untuk bisa melakukannya. Hal ini tentunya sangat mudah dan murah dilakukan sekaligus sebagai usaha memiliki prospek yang sangat menjanjikan.

BACA JUGA: Berapa Modal Usaha Bengkel Motor? Ini Rincian Lengkapnya!

Cara buka usaha token listrik

Pinterest

Setelah mengetahui apa saja keuntungan dan peluang dalam menjalankan usaha listrik di atas, kita akan bahas langsung seperti apa cara dan tips buka usaha token listrik. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan. Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini:

1. Mendaftar sebagai agen

Langkah pertama yang bisa Sedulur lakukan sebagai cara buka usaha token listrik yaitu dengan mendaftar sebagai agen. Saat ini sudah tersedia banyak provider yang menawarkan peluang kemitraan (agen) untuk menjual token listrik.

Hal yang perlu Sedulur lakukan hanya memilih dan menseleksi provider mana yang menawarkan keuntungan lebih, harga yang kompetitif dan bisa dipercaya untuk menjual token listrik. Cara mendaftarnya pun cukup mudah, bahkan beberapa provider telah menyediakan layanan pendaftaran sebagai agen secara online atau melalui layanan SMS saja.

2. Siapkan saldo awal

Setelah Sedulur mendaftar sebagai agen dan mendapatkan keanggotaan sebagai mitra dan telah disetujui, maka langkah selanjutnya yaitu dengan mengisi saldo awal keagenan atau kemitraan, saldo ini nantinya digunakan untuk transaksi dengan pihak provider.

Beberapa provider biasanya telah menetapkan saldo minimal untuk bisa mulai bertransaksi token listrik ini, angkanya berkisar di antara Rp500 ribuan. Pengisian saldo ini bisa dilakukan kapan saja dan dari mana saja.

Untuk mengantisipasi permintaan, kamu perlu melihat dulu kebutuhan para pelanggan. Misalnya, pelanggan kamu menggunakan daya listrik sebesar 1300 VA di rumahnya, berarti setidaknya kamu harus memiliki saldo sebesar Rp1 juta untuk bisa bertransaksi.

3. Langsung jualan dan mulai promosi

Cara buka usaha token listrik selanjutnya setelah mengisi saldo awal adalah dengan langsung menjualnya. Jangan lupa juga untuk melakukan dan memulai promosi. Sedulur juga perlu untuk menyiapkan peralatan pendukungnya seperti smartphone dan sambungan internet.

Tujuannya agar pelanggan bisa tetap mendapatkan pelayanan yang baik. Selain itu, saat memulainya kamu harus melakukan promosi untuk menarik pelanggan. Promosi ini bisa dihadirkan lewat potongan harga atau fasilitas lainnya yang menguntungkan pelanggan, tapi juga tidak terlalu membebani margin keuntungan yang Sedulur dapatkan.

4. Tentukan lokasi usaha yang strategis

Sebenarnya bisnis token listrik ini pasti akan tetap laku di mana pun Sedulur membukanya. Itulah yang membuat usaha jual token pulsa ini banyak bertebaran di mana-mana, bahkan di tempat yang sepi sekalipun. Hal tersebut bukan tanpa sebab, penyebab utamanya adalah karena  hampir semua orang itu membutuhkan listrik untuk kebutuhan rumah dan kebutuhan sehari-hari.

Jika Sedulur ingin mendapatkan lebih banyak konsumen, tentu saja harus memilih tempat yang strategis untuk berjualan. Sebenarnya tidak ada kriteria khusus, yang penting lokasi untuk mendirikan konter tersebut ramai dan banyak orang yang berlalu lalang.

5. Modal yang dibutuhkan

Setiap usaha tentu saja membutuhkan modal untuk menjalankannya. Bagi bisnis yang bergerak di bidang jasa token listrik ini, terdapat beberapa rincian umum untuk modal yang bisa disiapkan untuk menjalankan bisnis.

Secara umum, modal yang Sedulur butuhkan yaitu sekitar Rp20.000 hingga Rp1.000.000. Untuk permulaan Sedulur bisa melakukan setorang ringan terlebih dahulu, disarankan mulai dari Rp100.000 hingga Rp1.000.000 saja.

Tentu saja jika Sedulur menyiapkan modal lebih besar dari angka di atas akan lebih baik, namun lebih baik lagi jika Sedulur memiliki modal untuk mengalihkannya kepada peralatan yang dibutuhkan. Pasalnya, peralatan dalam bisnis merupakan investasi.

Selain itu, peralatan juga merupakan asset yang bernilai bagi sebuah usaha. Untuk mengetahui apa saja peralatan yang dibutuhkan, Sedulur bisa simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: 4 Cara Menghitung Watt Listrik Rumah, Akurat dan Mudah!

Peralatan yang dibutuhkan

Pencari Nafkah

Setelah mengetahui keuntungan dan tips membuka usaha token listrik di atas, ada beberapa peralatan yang perlu disiapkan. Dalam penjelasan di atas juga telah disinggung ada beberapa yang perlu disiapkan agar dapat memberikan pelayanan prima terhadap pelanggan.

Semakin baik peralatan yang Sedulur miliki, tentu akan mempengaruhi bisnis jual token listrik yang Sedulur jalankan. Berikut ini daftar peralatan yang wajib Sedulur miliki untuk menjalankan usaha satu ini, yaitu:

1. Ponsel dan laptop

Seperti halnya penjualan pulsa, jual token listrik PLN memerlukan dukungan yang dapat menghubungi server untuk mengirim kode dari token daya. Sedulur bisa bisa melakukan transaksi pembelian token listrik melalui komputer ataupun smartphone.

Jadi Sedulur harus daftar menjadi agen token listrik seperti yang telah dijelaskan di atas  untuk mendapatkan token listrik PLN dan melakukan deposit. Saat mendaftarkan diri sebagai agen atau kemitraan, maka peralatan yang dibutuhkan adalah ponsel atau laptop.

Jika bisa, usahakan untuk menggunakan ponsel dan laptop dengan spesifikasi yang mumpuni, tujuannya agar Sedulur dapat memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen dan tidak akan terhambat oleh peralatan yang kurang memadai.

2. Printer

Jika Sedulur menggunakan PC/komputer untuk jual token listrik PLN, maka ada baiknya juga menyediakan printer untuk mencetak bukti transaksi bila perlu. Mirip dengan menjual token listrik, beberapa orang merasa lebih nyaman mendapatkan kupon fisik (kertas) daripada kupon digital.

Saat ini pun telah tersedia banyak printer portable dengan bentuk kecil dan bisa dihubungkan dengan ponsel atau smartphone. Bahkan banyak printer yang bisa diakses melalui ponsel menggunakan aplikasi. Printer berfungsi untk mencetak kupon pembayaran token.

Nomor token yang akan dimasukkan oleh pembeli agar bisa mendapatkan listrik tertera dari kupon yang dicetak. Maka penting bagi Sedulur untuk menyediakan printer sebagai peralatan utamanya.

BACA JUGA: 22 Ide Usaha Modal 1 Juta untuk Pemula, Pasti Menguntungkan!

Risiko dan tantangan

PLN

Setiap bisnis atau usaha itu tentu saja memiliki risiko dan tantangan yang harus dihadapi. Nah, jika Sedulur membuka usaha jual token pulsa, maka bersiap-siaplah untuk menghadapi risiko dan tantangan berikut:

  • Banyaknya saingan bisnis dan kompetitor.
  • Harga token listrik yang terlalu flat, sehingga sulit mengambil keuntungan besar.
  • Kebutuhan listrik memang tinggi, namun tidak bisa diperkirakan kapan masyarakatn membutuhkannya.
  • Kemajuan teknologi membuat masyarakat bisa membeli listrik sendiri.

Apapun tantang dan risiko yang dihadapi, dalam bisnis, poin penting yang harus Sedulur tanamkan dengan kuat yaitu harus menjalankan bisnis dengan kuat. Terlebih lagi untuk jualan token listri, adanya banyak kompetitor dan bisa dilakukan sendiri oleh konsumen.

Hal tersebut membuat Sedulur harus benar-benar bersabar untuk mendapatkan kesuksesan dan banyak pelanggan di kemudian hari. Sabar, disiplin dan terus menghadapi tantangan merupakan kunci untuk keberhasilan dalam sebuah bisnis, apapun bisnis yang dijalani.

Itu tadi penjelasan terkait cara buka usaha token listrik yang bisa Sedulur lakukan. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Sedulur dan bisa menjalankan usaha untuk menambah penghasilan tambahan setiap bulannya.

Selamat menjalankan bisnis, jangan pantang menyerah dan selalu disiplin dalam mencatat pemasukan harian. Berikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan agar kembali membeli token listrik di tempat Sedulur.