Memang menjalankan usaha toko listrik terlihat tidak begitu menjanjikan. Jika kita melihat setiap toko listrik, rasa tidak begitu ramai dan sulit untuk mendapatkan keuntungan dari menjalankan usahanya. Pemikiran tersebut sebenarnya sangat keliru, dan mengkerdilkan potensi dari usaha satu ini.

Jika terlihat oleh pandangan kita bahwa menjalanakn usaha toko listrik seperti demikian, berbeda dengan menjalaninya. Keuntungan yang kita dapatkan dalam menjalankan usaha toko listrik sangat potensial. Pandangan tersebut berdasarkan pada kebutuhan masyarakat terhadap listrik.

Memang usaha toko listrik tidak menyediakan listrik, hal tersebut merupakan tugas dari PLN, namun bagaimana dengan peralatannya? PLN hanya mengaliri listrik, sementara peralatannya kita yang memikirkannya sendiri. Setiap rumah tangga membutuhkan peralatan listrik yang didapatkan dari toko listrik. Dari sini kita bisa berkesimpulan bahwa usaha ini sangat menjanjikan. Bagi Sedulur yang berminat, berikut tips menjalankannya usaha satu ini.

BACA JUGA: Bisnis PPOB yang Modal Kecil Untung Terus, Simak Tipsnya!

1. Hitung modal

usaha toko listrik
suara

Bagi yang menjalankan usaha toko listrik pemula, penting sekiranya untuk menghitung modal usaha. Kiranya berapa perkiraan uang yang dibutuhkan. Sedulur bisa terlebih dahulu menghitung kebutuhan toko, seperti biaya sewa tempat, biaya operasional setiap harinya selama satu bulan dan biaya membeli peralatan listrik.

Berikut rincian perikiraan modal yang perlukan, hal ini didapatkan dari analisa usaha toko alat listrik. Yuk, mari kita cek:

  • Biaya sewa tempat selama setahun dibayar dimuka: Rp 24.000.000
  • Belanja barang dagangan: Rp 2.000.000
  • Etalase dan Rak: Rp 3.000.000
  • Gaji Karyawan 2 orang: Rp.3.000.000 (perorang 1.500.000/bulan)
  • Pembuatan papan nama dan spanduk: Rp 500.000
  • Biaya listrik: Rp200.000/bulan (toko alat listrik membutuhkan biaya listrik yang besar, karena biasanya dipasangi banyak lampu agar tokonya tampak terang sehingga menarik pembeli).

Modal di atas diasumsikan dari menjalankan paket usaha toko listrik biasa, jika Sedulur ingin menjual seperti AC, kulkas, TV, kipas angin dan peralatan elektronik lainnya, maka tentu modal yang dibutuhkan lebih besar lagi.

2. Menentukan harga jual

dekoruma

Tips menjalankan usaha toko listrik selanjutnya adalah menentukan harga jual. Nah, untuk persoalan ini sayangnya Sedulur harus survey harga kompetitor terlebih dahulu. Disarankan untuk tidak terlalu jauh dengan harga kompetitor. Sedulur bisa menggunakan ‘jangan terlalu mahal jangan terlalu murah’.

Berdasarkan modal usaha toko listrik, Sedulur bisa menentukan harga yang tidak terlalu mahal, dengan mengambil keuntungan sedikit demi sedikit. Untuk peralatan yang mahal, Sedulur bisa mematok keuntungan yang relatif kecil, berbeda dengan peralatan yang Sedulur jual murah, Sedulur bisa mengambil keuntungan yang besar. Maka secara perlahan hal tersebut bisa memberikan keuntungan yang signifikan.

BACA JUGA: Tips Memulai Bisnis Minuman Boba Agar Cepat Balik Modal

3. Lakukan strategi promosi

usaha toko listrik
daya.id

Sebuah bisnis yang baik, memiliki promosi yang baik pula. Prinsip ini penting untuk dipegang teguh. Sedari menghitung modal awal usaha toko listrik, Sedulur bisa menentukan budget atau biaya promosi. Semisal untuk membuat banner atau spanduk, usahakan buat dengan desain yang menyita perhatian.

Sedulur juga bahkan bisa memberikan beberapa harga khusus dan spesial bagi pelanggan yang sering membeli peralatan listrik di toko Sedulur. Dengan begitu, pelanggan tidak akan segan untuk kembali lagi ke toko listrik kita ketika harus membeli peralatan-peralatan listrik rumahan.

4. Kualitas barang yang dijual

argoniaga

Saat sedang membuat daftar barang toko listrik, Sedulur wajib memperhatikan barang yang dibeli. Sedulur wajib memperhatikan kualitas barang yang Sedulur beli untuk kemudian di jual, tanpa terkecuali. Kualitas barang yang kita jual mempengaruhi kepuasan konsumen.

Jangan sampai, konsumen kapok untuk datang kembali ke toko listrik kita untuk membeli peralatan yang dibutuhkan hanya karena kita menjual barang dengan kualitas yang sangat jelek. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu bersikap ramah kepada setiap pengunjung yang datang.

BACA JUGA: Peluang Bisnis Mini Market: Segini Perkiraan Modal & Omzetnya

5. Kelengkapan barang

usaha toko listrik
indiamart

Sedulur harus memastikan untuk melengkapi setiap barang yang dijual. Usahakan barang yang dijual adalah barang-barang yang benar dibutuhkan oleh setiap rumah. Abaikan dahulu barang-barang yang tidak begitu dibutuhkan dan memiliki skala tahunan untuk diganti, seperti kulkas, AC, kipas angin dan alat elektronik lainnya.

Sedulur bisa melengkapi barang seperti saklar, kabel dan lainnya yang memiliki waktu cenderung lebih cepat untuk diganti, Untuk itu, Sedulur perlu melakukan beberapa strategi agar dapat melengkapi barang-barang yang dijual dengan kualitas yang baik. Salah satunya adalah memilih supplier alat listrik yang terpercaya.

6. Kerjasama dengan supplier alat listrik

alamatelpon

Setelah Sedulur menjaga hubungan baik dengan konsumen langgan Sedulur, hal yang penting untuk Sedulur perhatikan adalah memilih supplier yang tepat. Sedulur bisa melakukan cara mencari supplier alat listrik, untuk hal ini tentu saja Sedulur perlu riset kecil. Jika Sedulur enggan melakukan riset ke kompetitor, Sedulur bisa mendatangi satu per satu supplier alat listrik.

Pilih supplier yang memberikan kualitas barang terbaik dengan harga yang terjangkau, jika sudah menentukan supplier maka kemudian lakukan komunikasi secara intens dan jangan lupa untuk melakukan kerjasama. Pastikan juga dengan pasokan yang Sedulur butuhkan dalam kondisi aman.

Jangan lupa juga untuk mengkomunikasikan ketika Sedulur membutuhkan peralatan yang sangat mendesak. Bagaimana sistem kerja supplier jika menghadapi kondisi tersebut. Hal ini penting untuk dikomunikasikan, Sedulur juga bisa melakukan kerjasama perihal ini, agar hubungan yang terjalin sangat profesional.

BACA JUGA: TIps dan Cara Usaha Jamu, Dijamin Untung!

7. Kelemahan usaha listrik

usaha toko listrik
liputan6

Sebagaimana yang Sedulur ketahui, bahwa setiap bisnis tentu saja memiliki kelemahan. Bagian ini disampaikan bukan untuk menakut-nakuti Sedulur dan urung untuk menjalankan bisnis ini. Namun sebaliknya, agar Sedulur dapat memiliki gambaran dan mencegah hal buruk terjadi.

Kelemahan pertama adalah modal yang dibutuhkan sangat besar. Hal ini memang tidak bisa dipungkiri lagi, ditambah kemungkinan pemasukan uang yang sangat lambat membuat kita pusing untuk menjalankan bisnisnya. Namun, persoalan ini bisa diatas dengan mengurangi beberapa kebutuhan modal yang bisa dikesampingkan terlebih dahulu.

Kelemahan selanjutnya adalah jenis barang yang dijual di usaha listrik sangat lambat. Misal seperti kita menjual bohlam, kabel, saklar. Barang-barang tersebut merupakan kebutuhan dasar, namun bukan merupakan barang yang cepat habis atau rusak. Hal ini akan berpengaruh kepada toko listrik Sedulur yang sepi. Untuk mengatasi hal ini, Sedulur bisa mengakalinya dengan mengambil keuntungan dari setiap harga jual yang Sedulur tentukan.

Sekian tips menjalankan usaha toko listrik yang bisa Sedulur lakukan. Dalam menjalankan usaha, hal yang paling penting adalah sabar, yakin, disiplin dan terus memikirkan inovasi dan solusi atas setiap masalah yang dihadapi. Menjalankan bisnis bukan persoalan mudah, banyak hal dan tantangan yang akan kita hadapi.

Bagi Sedulur yang memikirkan kemungkinan usaha lain, seperti menjalankan usaha warung dan sembako. Sedulur bisa buka dan cek Aplikasi Super. Selain bisa Sedulur jadikan sebagai partner usaha, Aplikasi Super juga bisa Sedulur gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super, dan langsung mempelajarinya saat ini juga. Selamat mencoba dan selamat berusaha!