Usaha modal 1 juta

Dalam memulai bisnis, terkadang usaha modal 1 juta menjadi salah satu opsi yang paling banyak dicari. Apalagi kalau Sedulur adalah anak muda atau mahasiswa yang tidak memiliki kemampuan finansial yang kuat. Maka usaha bermodal kecil merupakan pilihan yang sangat tepat.

Namun, apa aja ya usaha modal 1 juta yang cocok untuk dikelola? Bisakah usaha itu bertahan lama dan memiliki pasar yang besar? Pertanyaan seperti ini tentu menjadi masalah yang cukup menghantui bagi banyak orang yang ingin memulai bisnis.

Nah, agar Sedulur tidak ragu dan tidak bingung lagi mencari usaha modal 1 juta kebawah yang berpotensi besar. Simak ulasan lengkap contoh usaha modal kecil untuk besar berikut ini.

BACA JUGA: 20 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil yang Menjanjikan di 2022

1. Pembuatan hampers

usaha modal 1 juta
Detik

Bisnis kecil-kecilan seperti pembuatan parsel atau hamper menjadi usaha modal 1 juta yang menarik untuk dicoba. Sedulur hanya butuh modal untuk membeli keranjang dan peralatan pendukung lainnya.

Bisnis yang satu ini bisa mendulang keuntungan yang sangat besar menjelang hari raya. Bahkan, jika Sedulur jeli melihat peluang dan pintar menyusun strategi pasar, bisnis parsel ini dapat berkembang dalam skala yang intens seperti parsel untuk pernikahan, hantaran, atau acara lainnya.

Dengan banyaknya acara atau momen setiap bulan bahkan minggu yang membutuhkan kehadiran hamper, tentu bisnis ini tidak bisa dianggap sebelah mata. Apalagi pembuatan hampers atau parsel cenderung mudah dan bisa sangat fleksibel.

Bila Sedulur tertarik untuk mencoba usaha modal 1 juta untuk anak muda ini, jangan lupa untuk lakukan promosi di media sosial agar jangkauan bisnis pembuatan parsel semakin luas.

2. Usaha frozen food

Usaha modal 1 juta
Unsplash

Hidup serba praktis kini sudah seperti slogan bagi masyarakat modern yang kekinian. Termasuk untuk makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Salah satu ide usaha modal 1 juta di rumah yang sedang hype adalah menjual makanan frozen food atau makanan ready to cook. Sebagai permulaan dalam merintis usaha ini, gunakan dulu freezer kulkas di rumah untuk penyimpanan sementara.

Seiring bertambahnya permintaan Sedulur bisa mulai pertimbangkan membeli freezer dengan ukuran penyimpanan yang lebih besar besar. Tak harus baru, freezer bekas dengan kualitas yang bagus juga bisa jadi pilihan untuk menekan biaya modal bisnis frozen food.

3. Toko beras

Beras Karya Alam
Aplikasi Super

Kebutuhan dasar seperti sembako atau kebutuhan pokok sehari-hari menjadi hal esensial yang tak bisa dilewatkan seorang manusia. Misalnya kebutuhan seseorang akan makanan seperti nasi yang terbuat dari beras.

Melihat masalah di atas, tentu bisa menjadi peluang usaha yang cocok dilakukan. Bahkan, bisa dibilang berjualan beras bisa menjadi usaha modal 1 juta di kampung yang bisa Sedulur coba.

Bila Sedulur tertarik untuk berjualan sembako seperti beras, maka bisa mencoba memanfaatkan Aplikasi Super sebagai platform berusaha. Lewat aplikasi ini, Sedulur bisa kulakan beras dengan jumlah yang banyak dengan harga yang relatif lebih murah.

Super sendiri memiliki jenis beras berkualitas yang memiliki harga yang sangat bersaing seperti beras buncit dan beras karya alam. Jika Sedulur berminat, langsung saja cari aplikasinya di Play Store atau kunjungi langsung toko kelontong Super Agen yang ada di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya.

4. Berjualan jajan pasar

Onde onde
Pinterest

Membuka bisnis camilan atau makanan ringan adalah ide bisnis yang tepat dan dapat Sedulur coba sebagai bisnis sampingan. Cobalah untuk menjual makanan ringan seperti mie lidi, makaroni goreng/basah, aneka keripik, dan aneka jajanan pasar yang memang sangat disukai masyarakat.

Sedulur dapat mencobanya melalui sistem pre-order, sehingga Sedulur tidak perlu mengeluarkan modal awal yang banyak. Namun, jika Sedulur tertarik untuk menggunakan gerobak atau meja sebagai sarana tempat jual, pilihlah gerobak atau meja sederhana dengan harga dibawah Rp 500.000. Sisa modalnya dapat digunakan untuk membeli bahan baku makanan ringan tersebut.

Sedulur juga perlu memperhatikan pemilihan tempat jika berjualan menggunakan meja atau gerobak. Pastikan akses berjualan mudah dijangkau pelanggan agar usaha bisa berkembang dan Sedulur mendapatkan keuntungan.

5. Konter pulsa & internet

Super Agen
Aplikasi Super

Peluang usaha ini juga sangat cocok untuk dicoba di desa berkembang. Apalagi di kampung sekarang sudah menerapkan gaya hidup di kota. Di desa berkembang, warganya mulai terhubung dengan teknologi komunikasi sehingga akhirnya banyak orang yang butuh membeli pulsa.

Selain itu, lewat usaha konter pulsa Sedulur juga bisa meluaskan lini usaha dengan membuka jasa top up game. Lini usaha satu ini memang sedang sangat menjanjikan karena semakin banyak orang yang menyukai bermain game online lewat handphone.

Jasa top up dan pulsa pun saling berhubungan karena bisa dilakukan secara bersamaan. Dengan saling berhubungan tersebut, Sedulur tentu tidak perlu ribet dan akan bisa lebih banyak mendapatkan keuntungan.

Meskipun terlihat sederhana dan remah, tapi usaha konter pulsa dan internet menjadi contoh usaha modal kecil untung besar. Nggak percaya? Langsung coba saja kalau begitu.

BACA JUGA: 12 Ciri Ciri Peluang Usaha yang Baik, Potensial & Tahan Lama

6. Usaha laundry

Laundry hotel
Journey Junket

Saat ini sudah banyak orang-orang yang lebih menyukai hal-hal yang praktis. Dengan banyaknya kesibukan, orang lebih memilih untuk membeli waktu orang lain agar bisa mengerjakan pekerjaan rumah mereka.

Salah satu pekerjaan rumah yang bisa dijadikan usaha modal 1 juta yang berpotensial adalah mencuci baju. Membuka usaha laundry kiloan bisa menjadi ladang keuntungan yang melimpah!

Apalagi jika rumah Sedulur berada di lokasi yang strategis, seperti di sekitar kos-kosan. Bisa dipastikan usaha ini akan memberikan keuntungan yang besar.

7. Toko kelontong

Toko kelontong
Aplikasi Super

Toko kelontong adalah salah satu jenis usaha modal 1 juta rumahan yang sangat wajib Sedulur coba. Hal ini karena warung kelontong selalu dicari oleh masyarakat, khususnya untuk memenuhi kebutuhan pokok hariannya.

Keberadaan toko kelontong juga tak hanya membantu masyarakat agar bisa berbelanja bulanan atau harian secara mudah, tapi juga membantu pemerintah dalam menjaga siklus ekonomi mikro di tengah masyarakat.

Belum lagi, sekarang ada beberapa platform yang telah berhasil mengembangkan toko kelontong menjadi lebih modern lewat fitur bernama Aplikasi Super. Sedulur bisa mendapatkan banyak kemudahan berbelanja atau kulakan hanya lewat aplikasi dengan berbagai macam keuntungan. seperti gratis pengantaran sampai potongan harga.

Konsep toko kelontong dari Aplikasi Super yang diberi nama Super Agen juga memberikan banyak kemudahan dalam berbelanja karena bisa dilakukan lewat ponsel. Tentu ini menjadi usaha rumahan modern yang menarik dicoba kan Sedulur

8. Minuman kekinian

Usaha modal 1 juta
Unsplash

Selain jajanan makanan ringan, Sedulur juga bisa mencoba usaha minuman kekinian untuk bisnis modal 1 juta untuk mahasiswa. Bisnis ini memang tergolong sangat cepat berubah, tapi jika Sedulur memiliki resep minuman yang segar dan disukai masyarakat maka bisa saja usaha ini bertahan lama dan berkembang pesat.

Usaha ini memang sangat cocok untuk mahasiswa karena bisa menyesuaikan dengan cepat selera pasar. Beberapa minuman kekinian yang bisa dicoba adalah minuman boba, milk tea, sampai es teh dengan berbagai rasa. Usaha ini sangat cocok dibuka ketika rumah Sedulur berada dekat dengan sekolah atau wilayah perkantoran.

Selain itu, usaha minuman kekinian juga tidak memerlukan modal yang besar. Sedulur hanya perlu menyiapkan bahan minuman berbagai rasa, gelas atau botol plastik, dan akun media sosial untuk memasarkannya.

9. Jus buah

Usaha modal 1 juta
Unsplash

Modal 500 ribu rupiah sudah bisa menjemput kesuksesan dengan buka jus buah di rumah lho! Ternyata dengan modal usaha yang relatif kecil ini Sedulur sudah bisa membuka usaha. Salah satunya dengan usaha jus buah di rumah.

Bahan baku usaha minuman jus buah sangat mudah di temukan di pasaran dengan harga relatif sangat murah. Tapi jangan salah, keuntungan yang didapat mencapai 150% sampai 300%.

Alat yang dibutuhkan pun hanya alat pembuat jus atau blender saja, yang harganya tidak sampai jutaan rupiah. Umumnya jus buah cepat laku jika dijual di pagi hari sampai sore hari, apalagi di kawasan tropis seperti Indonesia.

10. Jasa potong rambut

Usaha modal 1 juta
Unsplash

Jasa potong rambut banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Sedulur dapat memulai bisnis jasa potong rambut khusus wanita.

Alih-alih memotong rambut di salon yang biayanya mahal, masyarakat sekitar dapat menggunakan jasa Sedulur. Ide ini cukup unik karena sebenarnya orang akan lebih memilih jasa yang biayanya lebih murah.

Meskipun biaya jasanya tak semahal di salon, Sedulur tetap harus memberikan pelayanan yang terbaik.

BACA JUGA: Ketahui Berapa Modal Usaha Toko Kelontong dan Tips Memulainya

11. Cuci sepatu

usaha modal 1 juta
Bewerbung Schreiben

Jasa cuci sepatu menjadi bisnis yang populer akhir-akhir ini. Dengan jumlah pebisnis yang masih sedikit memungkinkan Sedulur memiliki peluang untuk menguasai pasar.

Modal yang Sedulur perlukan pun tidak besar untuk memulai bisnis cuci sepatu rumahan. Berbekal pengetahuan tentang merawat sepatu, deterjen khusus, dan peralatan yang sesuai, Sedulur bisa langsung menjalankan bisnis ini.

12. Berjualan gorengan

Gorengan
Pinterest

Siapa yang bisa menolak godaan harum dan menggiurkannya gorengan hangat? Nah, buat Sedulur yang tinggal di daerah padat penduduk, menjual gorengan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Sedulur bisa menjual gorengan seperti bakwan, tempe goreng, cireng, pisang goreng, dan beberapa jenis gorengan lainnya. Tidak butuh modal sampai Rp 1 jutaan Sedulur sudah bisa menjalankan bisnis ini lho.

13. Bisnis ikan hias

Apakah Sedulur gemar merawat ikan hias di rumah? Hobi ini bisa menjadi ladang bisnis yang menarik untuk digeluti. Beberapa jenis ikan hias mempunyai harga jual yang tinggi.

Merawat ikan hias pun tidak terlalu rumit. Terlebih jika Sedulur sudah sejak lama menekuni hobi ini. Tentu Sedulur tidak akan merasa kesulitan untuk menjalankan bisnis budidaya ikan hias.

Kunci agar bisnis sukses yaitu tetap fokus pada bisnis dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Usaha ini juga sedang naik daun dan jadi salah satu usaha modal 1 juta yang lagi trend lho. Jadi jika Sedulur ingin mencoba usaha satu ini, maka lakukanlah sekarang.

14. Usaha preloved atau thrifting

 

Nah, ini dia bisnis yang terbilang sedang naik daun. Bisnis thrift shop adalah bisnis jual beli pakaian dan aksesoris yang telah terpakai atau dengan kata lain jual beli barang second. Jadi, jika Sedulur memiliki pakaian yang Sedulur rasa sudah tidak ingin lagi memakainya, Sedulur dapat mempertimbangkan untuk menjualnya. Pastikan pakaian ataupun aksesoris tersebut masih layak dipakai ya. Tentunya, Sedulur dapat menentukan harga jual dibawah harga beli awal produk Sedulur.

Modal yang dibutuhkan untuk bisnis thrift shop ini adalah kemasan atau packaging untuk mengemas produk agar terlihat lebih rapi. Sedulur dapat mengemasnya dengan box atau tas berbahan daur ulang. Diluar itu, biaya yang muncul seperti biaya pengiriman umumnya akan ditanggung oleh pembeli. Selain itu, para pegiat thrift shop banyak memasarkan produknya melalui Instagram maupun Facebook.

15. Berjualan jilbab

Usaha fashion lainnya yang dapat Sedulur coba adalah dengan berbisnis jilbab. Berbisnis jilbab tergolong membutuhkan modal yang rendah. Dengan harga jual jilbab sederhana per piecesnya yang berkisar dari Rp 8.500 hingga Rp 20.000, Sedulur kiranya membutuhkan modal kurang lebih Rp 500.000.

Sedulur juga dapat memilih model bisnis jilbab sebagai reseller maupun dengan memproduksi sendiri. Jika Sedulur memproduksi sendiri tentunya akan lebih bervariatif dari segi model dan dapat lebih menekan biaya.

16. Berjualan batagor

Batagor
Fimela

Sekarang ada maanan yang berasal dari wilayah Jawa Barat, yaitu batagor. Makanan satu ini bisa menjadi ide jualan makanan kekinian modal kecil karena bahan dasar memasaknya yang mudah dan murah.

Batagor sendiri merupakan akronim dari baso tahu goreng, dimana bahan dasar pembuatannya berarti hanya menggunakan tahu yang dilembutkan lalu diisi dengan adonan ikan tenggiri yang telah dicampur tepung kanji.

Dalam proses pembuatannya, jika Sedulur ingin membuat versi yang lebih murah meriah maka bisa mengubah bahan ikan tengiri dengan bakan ikan lain yang lebih murah. Atau Sedulur bisa membuatnya dengan aci saja. Jadi tidak heran jika usaha batagor termasuk usaha modal 1 juta dibidang kuliner yang tidak bisa dilewatkan.

Kunci dari batagor untuk jualan rumahan adalah pembuatan bumbu kacang yang harus lembut dan nikmat. Jadi Sedulur bisa mencoba beberapa variasi bumbu kacang agar bisa menemukan resep yang terbaik sebelum dijual ke pelanggan.

BACA JUGA: Mengenal Perbedaan Kios dan Toko untuk Usaha

17. Bisnis tanaman hias

Tanaman hias
Unsplash

Sukulen adalah tanaman hias dengan ciri khasnya berukuran mungil yang belakangan ini sedang populer. Dengan bentuknya yang berbeda dan cenderung unik, membuat tanaman sukulen menjadi list favorit penghias sudut dan halaman rumah. Tanaman sukulen merupakan tanaman yang dapat tumbuh subur dengan pangairan yang minim. Beberapa jenis tanaman sukulen ini antara lain kaktus, jade plant, burros tail, strings of hearts, dan lain-lain.

Harga 1 tanaman sukulen berkisari mulai dari Rp 3.000 hingga Rp 15.000 tanpa pot. Estimasi harga grosir pot per satuannya yaitu Rp 2.000. Sebagai pemercantik, Sedulur dapat menambahkan bebatuan kecil yang per karungnya dihargai mulai dari Rp 60.000. Harga jual tanaman sukulen lengkap dengan pot nya biasanya dipatok mulai dari harga Rp 15.000 hingga Rp 30.000.

18. Desain grafis

desain grafis
Unsplash

Selain jasa penulisan lepas dan pembuatan website, bagi Sedulur yang memiliki keahlian desain grafis, tidak ada salahnya untuk mengembangkan usaha sendiri dalam bidang desain. Seperti membuat logo bisnis misalnya atau membuat pixel art poster sesuai dengan permintaan. Biasanya Sedulur membutuhkan tools berbayar dalam mendukung pembuatan seni desain grafis ini.

Namun, umumnya bisnis jasa desain termasuk usaha modal 1 juta yang menjanjikan. Dengan usaha yang konsisten, bukan tidak mungkin bisnis jasa desain grafis yang Sedulur geluti dapat menjadi penghasilan utama yang memiliki omset jutaan rupiah per bulannya.

19. Dropshiper

Usaha modal 1 juta yang pertama yaitu dengan memulai bisnis dropship. Sedulur dapat menjadi dropshipper untuk produk pakaian, sepatu, makanan, dan lain-lain. Menjadi dropshipper bahkan dapat tidak dikenai modal sama sekali.

Melalui sistem dropship, Sedulur hanya perlu memasarkan produk dari penjual dan meneruskan pemesanan serta pembayaran dari customer ke penjual. Sehingga, Sedulur tidak perlu mengeluarkan biaya modal bahan baku. Meski begitu, jangan dianggap remeh juga ya. Pengetahuan tentang produk yang dijual dan bagiamana cara merespon customer adalah cara agar bisnis dropshipper dapat berjalan sukses.

20. Berjualan kue kering

usaha modal 1 juta
Unsplash

Jika Sedulur mempunya hobi membuat kue tidak ada salahnya mengembangkan hobi sebagai salah satu sumber penghasilan. Untuk memulai bisnis kue kering, Sedulur tidak perlu mengeluarkan modal besar. Sebagai permulaan Sedulur bisa membuat satu atau dua toples kue kering untuk ditawarkan kepada teman dan orang sekitar.

Memilih aneka kue kering yang hendak dijual bisa dipilih sesuai dengan selera dan kemampuan Sedulur membuat kue kering. Sekalipun banyak orang yang membuat usaha serupa, namun Sedulur bisa menciptakan tampilan dan variasi rasa yang menarik untuk dijual, Modal usaha 1 juta sudah cukup untuk memulai bisnis kue kering, Bisnis kue kering akan banyak diminati terutama menjelang hari raya. Selain kue kering Sedulur pun dapat menambahkan variasi kue yang dijual seperti kue basah, cake atau kue-kue jajanan pasar lainnya.

21. Handcraft aksesoris dan pernak pernik

usaha modal 1 juta
Unsplash

Usaha menjual atau membuat aksesoris wanita bisa menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Hal ini dikarenakan ada banyak produk yang dapat ditawarkan, mulai dari aksesoris rambut, pakaian dan perhiasan. Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis aksesoris atau pernak-pernik wanita tidaklah banyak.

Sedulur dapat memulai dengan modal usaha 1 juta atau 2 juta tergantung aksesoris yang hendak dijual. Sedulur dapat mulai memasarkan produk dari orang-orang terdekat. Pilih produk yang banyak digemari wanita atau sedang populer pada saat itu.

22. Cetak foto polaroid

Jangan dianggap sepele, jasa cetak foto polaroid nyatanya termasuk bisnis bermodal kecil tapi menguntungkan lho. Foto bergaya polaroid ini banyak diminati karena memberi kesan keren dan cocok untuk dijadikan koleksi, aksesoris aesthetic ruangan, hingga dekorasi acara.

Berbekal printer khusus foto dan 1 set kertas foto yang dijual dengan harga ekonomis, Sedulur sudah bisa memulai bisnis ini. Bahkan kalau Sedulur bisa mengembangkan kreativitasmu dengan jasa cetak foto polaroid ini, Sedulur bisa mendapat lebih banyak keuntungan lebih lho.

Misalnya dengan mendesain berbagai background foto yang membuat pelanggan lebih tertarik untuk mencetak foto dengan jasa Sedulur .

Nah, itu tadi daftar usaha modal 1 juta yang bisa Sedulur coba di rumah. Kelas bisnis di atas memang tergolong kecil, tapi bila Sedulur bisa menapaki jalan kesuksesan lewat usaha di atas bukan tidak mungkin bisa menjadi titik mula kesuksesan yang lebih besar.

Jadi kira-kira mana usaha yang tertarik buat Sedulur coba nih?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.