saus sambal

Butuh rekomendasi saus sambal yang bikin nagih? Yuk, langsung saja simak ulasannya! Masyarakat Indonesia sangat menyukai rasa pedas. Bahkan makanan manis atau biasa saja, selalu ditambahkan saus sambal untuk menambah rasa pedas. Terutama untuk gorengan asin dan masakan berkuah, saus sambal pasti menjadi pilihan untuk menambah cita rasa.

Artikel kali ini akan membahas rekomendasi saus sambal yang bisa bikin kita ketagihan dan nikmat untuk segala jenis makanan. Mari langsung saja kita simak ulasan rekomendasi saus sambal apa saja yang bisa bikin lidah kita kecanduan.

Namun sebelum itu, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa saus sambal memiliki perbedaan dengan saus tomat. Selain saus tomat tidak menggunakan cabai sebagai bahan pembuatannya, saus tomat juga tidak memiliki rasa pedas.

Bagi yang menyukai rasa manis dan asam, bisa menggunakan saus sambal sebagai pelengkap makanan. Simak rekomendasi saus sambal yang nikmat dan bikin nagih terbaru tahun 2023 di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Resep Kuah Bakso yang Segar, Gurih dan Bikin Nagih!

1. Saus Sambal Nasional

saus sambal
Pinterest

Saus Sambal Nasional pernah merajai pasar dan dunia saus di Indonesia. Walaupun saat ini tidak begitu terkenal karena telah dikalahkan oleh beberapa produk saus sambal lainnya. Akan tetapi, merk saus sambal ini masih bertahan yang menunjukan bahwa masih ada pelanggan setianya.

Rasa dari Saus Sambal Nasional nikmat untuk dicoba. Terutama sebagai cocolan gorengan atau camilan asin. Saus Sambal Nasional akan semakin memperkuat rasa dari camilan apapun itu karena rasanya yang gurih dan masuk ke dalam jenis makanan apapun.

BACA JUGA: Resep Tongseng Daging Sapi Tanpa Santan Gurih dan Empuk

2. Jawara Saus Sambal

saus sambal
Jawara

Dari namanya, kita sudah bisa langsung tahu bahwa saus sambal satu ini memiliki citarasa pedas yang menjadi andalan. Jawara Saus Sambal merupakan salah satu pilihan utama untuk masyarakat yang menyukai rasa saus yang sangat pedas.

Selain itu, Jawara Saus Sambal memiliki kemasan unik yang berbeda dengan kemasan saus sambal lainnya. Jika saus sambal pada umumnya menggunakan kemasan botol dalam berbagai ukuran, Jawara Saus Sambal menggunakan kemasan pouch yang sangat cocok untuk dibawa berpergian.

Selain itu, harga saus sambal satu ini juga bisa sangat bersaing dengan saus lainnya di pasaran.

BACA JUGA: Resep Ayam Goreng Bawang Putih, Gurihnya Nendang Banget!

3. Sasa Sambal Extra Pedas

saus sambal
Sasa Inti

Sasa terkenal sebagai produsen bumbu masak. Hal tersebut dikarenakan kualitas Sasa dalam memberikan produk bumbu masak yang terbukti memuaskan. Sasa juga memilki produk saus sambal yang membuatnya dapat memperluas cakupan pasar di Indonesia.

Sasa Sambal Extra Pedas menjadi pilihan para pecinta sambal untuk menikmati makan atau menikmati cemilan. Bukan hanya itu, Sasa Sambal Extra Pedas juga bisa digunakan sebagai bumbu masak. Terutama ketika akan memasak makanan berkuah kental.

BACA JUGA: Resep Kerak Telor Khas Betawi, Jajanan dari Beras Ketan

4. MamaSuka Delisaus Hot Lava

saus sambal
Mamasuka

Jika Sedulur bosan dengan varian saus sambal biasa yang ada dikemas dengan botol dan menginginkan saus sambal berbeda, maka Sedulur wajib coba MamaSuka Delisaus Hot Lava ini. Melihat dari warnanya, kita sudah bisa menebak bahwa rasa pedas dari saus sambal ini sangat mantap sekali.

Tekstur saus cenderung lebih halus dan encer, namun rasa pedas dari saus bisa membuat mulut kita kepanasan dan merasakan sensasi terbakat. Saus sambal ini cocok bagi para pecinta makanan pedas yang saat ini banyak dijual.

Kita juga bisa mencampurnya dengan berbagai olahan mie, termasuk kepada mie goreng untuk mendapatkan sensasi mie yang ekstra pedas atau dijadikan bahan untuk melumuri ayam goreng demi tercapainya rasa dan sensasi ayam pedas yang super nikmat.

BACA JUGA: 10 Resep Bistik Daging Sapi Empuk Menggugah Selera

5. Del Monte Extra Hot

Pinterest

Buat Sedulur yang ingin tetap makan saus tapi tidak kuat menahan rasa pedas atau tidak bisa menikmati rasa pedas, Del Monte Extra Hot menjadi pilihan yang tepat untuk dicoba. Bahkan, untuk varian rasa pedas dari saus ini memiliki rasa pedas yang normal.

Bahkan masih ada sedikit sensasi rasa manisnya. Selain dijadikan pendamping makan, Del Monte Extra Hot ini juga sangat cocok untuk dijadikan paduan bahan membuat saus pasta atau makanan western lainnya.

6. ABC Sambal Asli

saus sambal
Pinterest

ABC Sambal Asli adalah saus yang paling terkenal dan paling banyak dibeli oleh masyarakat di Indonesia. Fakta di atas bukan tanpa sebab dan tanpa data, dikarenakan oleh rasa saus ABC Sambal Asli yang memang memiliki cita rasa yang nikmat sekaligus berkualitas.

Ditambah lagi, ABC mengklaim bahwa saus mereka dibuat dari cabai dan bumbu pilihan sehingga memiliki aroma sambal yang segar dan pedas yang nikmat. Selain sambal asli, ada juga berbagai varian saus sambal ABC lainnya sepeti ekstra pedas, pedas manis, dan lainnya.

Kemasannya pun ada dari botol besar, plastik hingga sachet. Hal tersebut menunjukan betapa masyarakat Indonesia menyukai saus ABC sehingga dijual dalam bentuk sachet.

7. Dua Belibis Saus Cabe

Pinterest

Dibuat dari bahan cabai dan bawang yang berkualitas tinggi dengan campuran dan komposisi yang lebih banyak, membuat Dua Belibis Saus Cabe memiliki citarasa yang kuat dan sangat nikmat untuk dinikmati sebagai cocolan gorengan. Cocok untuk Sedulur yang memiliki lidah yang terbiasa dengan rasa kuat, rasa pedas yang pekat

Tekstur sambalnya pun tidak terlalu halus sempurna, sehingga Sedulur masih bisa merasakan bahan yang asli dan berkualitas. Saus sambal ini sangat cocok untuk dijadikan cocolan gorengan dan makanan lainnya, hingga dipadukan dengan kuah yang gurih.

8. Sambal Cap Ibu Jari Jempol

Pinterest

Bagi para vegetarian yang selama ini mungkin masih merasa kurang nyaman dan nikmat saat mengkonsumsi saus botolan, Sedulur bisa mencoba varian saus vegetarian dari Sambal Cap Ibu Jari Jempol satu ini.

Varian ini dijamin tidak mengandung sedikit pun bahan hewani yang merupakan pantangan utama bagi para vegetarian, sehingga Sedulur sebagai vegetarian bisa mengkonsumsinya dengan tenang.

Selain itu, tekstus Sambal Cap Ibu Jari Jempol ini tidak terlalu halus sehingga bahannya yang asli dan segar masih kita rasakan sensasinya di lidah. Untuk Sedulur yang bukan vegetarian, sangat diwajibkan untuk mencoba varian sambal asli dari Sambal Cap Ibu Jari Jempol ini.

9. Obento Saus Sambal Ekstra Pedas

Pinterest

Bagi Sedulur yang merupakan penggemar saus dari restoran HokBen, maka saat ini Sedulur bisa menikmatinya setiap saat di rumah. Obento Saus Sambal Ekstra Pedas dari restoran HokBen ini adalah saus sambal yang sama dengan yang disediakan di HokBen.

Obento Saus Sambal Ekstra Pedas ini sangat cocok untuk Sedulur jadikan cocolan tempura, nugget, dan frozen food goreng lainnya. Tentunya cocok juga bagi Sedulur untuk dijadikan cocolan teriyaki, yakiniku, atau menu olahan daging tumis dan bakar khas makanan Jepang.

Seperti yang kita ketahui, bahwa makanan Jepang memang identik dengan makanan goreng dengan tepung yang menghasilkan rasa yang gurih dan kriuk.

10. Indofood Sambal Pedas Manis

Pinterest

Indofood, hampir sama dengan ABC, merupakan salah satu merk dari makanan kemasan berkualitas asli Indonesia yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Saus sambalnya juga tentu menjadi produk yang layak untuk dicoba.

Tekstur saus sambalnya sangat lembut dengan citarasa yang nikmat. Tekstur yang lembut cocok untuk dikonsumsi manula yang wajib memakan makanan yang halus dan lembut. Terdapat lima varian yang dari saus Indofood yang bisa kita nikmati.

Ada Pedas Manis, Pedas, Extra Pedas, Saus Seafood, dan Saus Lampung. Namun, varian Pedas Manis menjadi salah satu varian yang paling direkomendasikan karena perpaduan rasa pedas manisnya yang pas dan bisa bikin kita ketagihan.

11. Indofood Sambal Bangkok

Pinterest

Selain Indofood Sambal Pedas Manis, ada juga Indofood Sambal Bangkok yang memiliki cita rasa khas saus pedas dari Negeri Gajah Putih tersebut. Jika pada saus lainnya biasanya bertekstur kental, Indofood Sambal Bangkok memiliki ciri khas tekstur yang sedikit encer dengan warna merah terang cenderung kekuningannya.

Jangan ragu dulu, Sedulur. Rasa Indofood Sambal Bangkok ini tidak kalah dengan rasa saus produk Indofood yang lainnya, kok! Indofood Sambal Bangkok memberikan kesan pedas manis yang sangat unik di lidah. Tentunya, Indofood Sambal Bangkok sangat cocok untuk dijadikan bahan cocolan semua makanan goreng.

12. Membuat saus sendiri

Depositphotos

Jika Sedulur tertarik untuk bereksperimen, Sedulur bisa membuat saus sendiri dengan beberapa resep di bawah ini. Pertama siapkan bahan 500 gr tomat, 100 gr cabai merah, 50 gr bawang putih, 3 sendok makan tepung maizena, dan 400 ml air.

Cara membuatnya sangat mudah, Sedulur campurkan semua bahan di atas dalam satu wadah dan kemudian haluskan. Setelah itu, masak hingga matang dan beri bumbu rasa sesuai selera. Sambal saus pun sudah bisa kita nikmati dengan membuat sendiri.

Namun jika tidak ingin ribet, Sedulur bisa membeli berbagai saus sambal yang telah direkomendasikan tadi di Aplikasi Super. Aplikasi Super menawarkan kemudahan untuk berbelanja berbagai macam kebutuhan dapur, termasuk saus cabe dengan puluhan jenis rasa, merek, serta harga yang jauh lebih murah. 

Langsung unduh Aplikasi Super di Google Play Store dan pantau terus setiap promo serta voucher yang ada, ya! Aplikasi Super, Mudah, Murah, Untung Melimpah!

Demikian ulasan singkat mengenai rekomendasi 12 saus sambal yang akan membuat Sedulur selalu ketagiha. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!