cara membuat kuah bakso

Salah satu bagian paling nikmat dari bakso adalah kuahnya. Bagi yang ingin membuat kuahnya sendiri, berikut ini adalah cara membuat kuah bakso yang bisa dicoba dibuat di rumah. Dengan citarasa gurih, rasa bakso akan semakin lezat dan melengkapi saat menyantap bakso.

Tidak seperti yang Sedulur bayangkan, membuat kuah bakso tidak sesulit itu. Kamu bisa membuatnya dengan mudah dengan syarat menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Setelah itu, tinggal mengikuti langkah membuatnya di bawah ini.

BACA JUGA: Harus Coba! Ini Resep Unik Kuah Bakso Tanpa Tulang Sapi

Bahan yang dibutuhkan

bahan
masakanbunda

Dalam cara membuat kuah bakso, bahan yang perlu Sedulur siapkan adalah:

  • 1 kg iga sapi
  • 1,5 liter air
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 1,5 sdm garam
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1 sdm gula
  • 1 batang seledri, iris halus
  • 2 sdm bawang merah goreng

Dari bahan di atas, dibutuhkan iga sapi sebagai bahan rebusan kuah. Sedulur bisa mengganti iga sapi dengan bagian sapi lainnya yang sesuai keinginan.Setelah bahan disiapkan, Sedulur bisa lanjut ke cara membuat kuah bakso yg sedap. Simak cara dan langkahnya dengan sekesama. Pastikan tidak ada langkah-langkah yang terlewatkan.

BACA JUGA: Resep Bakso Mercon Super Enak

Rebus air dan beberapa bahan

cara membuat kuah bakso sapi
bolenenaksekali
 

Langkah pertama dalam cara membuat kuah bakso sapi adalah dengan merebus air hingga mendidih. Lalu masukkan bumbu-bumbu seperti seledri, bawang merah goreng dan bawang putih cincang. Rebus hingga air benar-benar mendidih dan mengeluarkan aroma wangi.

Fungsi dari seledri, bawang merah goreng, dan bawang putih cincang adalah untuk mengeluarkan aroma wangi dan menghasilkan rasa yang nikmat. Selain itu, bumbu di atas juga akan menambah rasa gurih dan nikmat untuk kuah bakso. Melengkapi saripati dari iga sapi yang akan dimasukkan.

BACA JUGA: Cara Membuat Bakso Super Mudah

Masukkan iga sapi

cara membuat kuah bakso sederhana
detik

Langkah selanjutnya dalam cara membuat kuah bakso sederhana adalah dengan memasukkan iga sapi, dan biarkan iga sapi matang dan mengeluarkan saripatinya ke dapat kuah. Karena, saripati dari iga sapi akan membuat kuah bakso menjadi semakin gurih dan nikmat. Hingga iga sapi matang dan mengeluarkan saripatinya, Sedulur bisa langsung memasukkan garam, gula, dan lada bubuk. Lalu aduk hingga rata dan jangan lupa untuk cek rasa.

BACA JUGA: Peluang Bisnis Usaha Bakso, Modal Kecil Omzet Bisa Jutaan!

Kuah bakso siap disajikan

kuah bakso siap disajikan
resepdapurmama

Langkah terakhir dalam cara membuat bakso adalah menyajikannya. Sedulur bisa mematikan kompor dan menyiram kuah bakso di atas mangkuk yang telah berisi bakso dan mie bihun. Sedulur bisa melengkapinya dengan menambahkan kecap, saus dan cuka. Resep kuah bakso bening pun telah selesai Sedulur lakukan.

Selain membuat kuah di atas dengan menggunakan iga sapi atau bahan dari daging sapi, Sedulur juga bisa membuat resep kuah bakso ayam dengan bahan dari daging ayam. Langkah dan cara membuat kuah bakso ayam hampir sama dengan langkah-langkah di atas.

Sekian rekomendasi beberapa cara membuat kuah bakso yang bisa Sedulur buat di rumah. Sedulur bisa mengikuti langkah-langkahnya dengan mudah, dan jangan lupa menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Agar lebih memudahkan Sedulur, Sedulur bisa membeli bahan-bahan untuk membuatnya di Aplikasi Super.

Aplikasi Super menyediakan bahan kebutuhan sehari-hari dengan lengkap dan berkualitas. Ditambah cara membelinya yang super mudah semakin membuat memudahkan Sedulur untuk membuat berbagai makanan. Bagi Sedulur yang belum memiliki aplikasinya, kamu bisa klik di sini untuk download. Yuk, segera download aplikasinya.