kerak telor

Selain semur jengkol, roti buaya, dan kue cucur ternyata kerak telor adalah makanan khas Betawi juga lho. Kerak telor berasal dari campuran beras ketan putih, telur ayam, dan ebi yang dimasak dalam sebuah wajan kecil.

Pedagang kerak telor sekarang memang tak sebanyak dulu. Kuliner yang tergolong unik ini juga baru bisa ditemui saat ada perayaan besar di Jakarta. Padahal cita rasa kerak telor yang gurih dan lezat sering dirindukan banyak orang.

Sedulur yang merindukan jajanan satu ini tak perlu sedih. Sebab, sajian ini bisa dibuat dengan mudah di rumah agar Sedulur bisa merasakan langsung rasa kerak telur khas Betawi. Lalu bagaimana cara membuatnya? Yuk simak resep selengkapnya berikut ini ya.

BACA JUGA: Resep Gabin Tape, Jajanan Tradisional Favorit yang Manis

-->

Resep kerak telor sederhana

kerak telor
Kompas

Sebelum mulai membahas bahan-bahan memasak kerak telor, ada beberapa hal yang perlu Sedulur ketahui nih. Kerak telor yang dimasak di rumah perlu menggunakan wajan anti lengket atau agar adonan tidak rusak dan pecah. Misalnya, Sedulur bisa menggunakan wajan dadar teflon yang dilengkapi dengan lapisan anti lengket. Jika alat sudah siap, yuk, langsung kita simak bahan-bahan yang diperlukan berikut ini.

a. Bahan

  • 6 sdm beras ketan, rendam semalam dan tiriskan
  • 2 buah telur bebek
  • 2 sdt udang kering, rendam, sangrai dan haluskan
  • 2 sdm kelapa parut setengah tua, sangria
  • 1 sdm bawang goreng

b. Bumbu lain

  • 1 sdm cabai merah iris, sangria dan haluskan
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm cabai bubuk (opsional)

c. Cara memasak

  1. Pertama, kocok telur bebek. Kemudian masukkan udang kering, bumbu yang dihaluskan, bawang goreng, dan kelapa sangrai. Aduk rata.
  2. Panaskan wajan dadar anti lengket atau teflon. Tuang setengah bagian ketan. Ratakan di permukaan wajan. Masak hingga setengah matang.
  3. Tuang setengah bagian telur kocok berbumbu. Ratakan di seluruh permukaan sambil ditekan-tekan. Setelah bagian bawahnya matang, dapat dibalik agar matang merata.
  4. Hidangkan kerak telur selagi panas.
  5. Bila Sedulur menyukai kerak telur dengan cita rasa pedas, maka bisa menambahkan bubuk cabe di atas adonan kerak telur yang sudah matang.

BACA JUGA: Resep Lupis Kue Tradisional Lembut untuk Camilan di Rumah

Ciri khas kerak telor

Fimela

Kerak telur sendiri menjadi salah satu makanan yang sangat populer bagi masyarakat Betawi. Hal ini tak lepas dari rasanya yang memang nikmat tapi juga sejarahnya yang begitu panjang.

Makanan ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda dan baru populer di kalangan masyarakat Betawi sejak tahun 1970-an. Namun, asal usul masakan kerak telor berasal dari daerah Kota Tua. Hal ini dikuatkan dengan banyaknya pedagang yang masih bertahan di sana sampai sekarang.

Ciri khas kerak telor sendiri ada pada cita rasa setiap komponennya yang berasal dari ketan putih, telur bebek, ebi, lalu kelapa sangria, kencur, jahe sampai merica yang membuat makanan ini begitu nikmat di lidah.

Cara memasak kerak telur juga tergolong unik karena menggunakan wajan dan tungku arang untuk membuatnya. Tidak heran tekstur yang ada pada kerak telur menjadi renyah.

Nah itu tadi resep kerak telor teflon yang bisa Sedulur coba di rumah. Selain lezat dan mudah dibuat, bahan-bahan untuk membuat kerak telur juga mudah ditemukan di pasaran.

Kabar baiknya, Sedulur bisa membeli bahan-bahan untuk membuat kerak telor dan berbagai bumbu dapur di Aplikasi Super. Selain dijamin murah, belanja di Aplikasi Super juga super untung karena ada banyak voucher promo, cashback, hingga gratis ongkir. Sedulur juga tidak perlu repot keluar rumah, karena cukup pesan melalui aplikasi dan pesanan akan langsung dikirim sampai depan rumah.

Menarik bukan? Yuk, langsung unduh Aplikasi Super dan nikmati kemudahan belanja kebutuhan dapur serta berbagai promonya!