Cara masak kerak telor

Selain semur jengkol, roti buaya, dan kue cucur ternyata kerak telor adalah makanan khas Betawi juga lho. Kerak telor berasal dari campuran beras ketan putih, telur ayam, dan ebi yang dimasak dalam sebuah wajan kecil.

Pedagang kerak telor sekarang memang tak sebanyak dulu. Kuliner yang tergolong unik ini juga baru bisa ditemui saat ada perayaan besar di Jakarta. Padahal cita rasa kerak telor yang gurih dan lezat sering dirindukan banyak orang.

Nah, sajian ini bisa dibuat dengan mudah kok di rumah agar Sedulur bisa merasakan langsung rasa kelak telor khas betawi. Lalu bagaimana cara membuatnya? Yuk simak ulasan berikut ini ya.

Baca Juga: Cara Membuat Bir Pletok, Minuman Tanpa Alkohol khas Betawi

Resep kerak telor sederhana

Kerak telor
Ruber ID

Sebelum mulai membahas bahan-bahan memasak kerak telor, ada beberapa hal yang perlu Sedulur ketahui nih. Kerak telor yang dimasak di rumah perlu menggunakan wajan anti lengket atau agar adonan tidak rusak dan pecah. Dan berikut ini bahan yang diperlukan.

Bahan kerak telur

  • 6 sdm beras ketan, rendam semalam dan tiriskan
  • 2 buah telur bebek
  • 2 sdt udang kering, rendam, sangrai dan haluskan
  • 2 sdm kelapa parut setengah tua, sangria
  • 1 sdm bawang goreng

Bumbu lain

  • 1 sdm cabai merah iris, sangria dan haluskan
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm cabai bubuk (opsional)

Cara memasak

Cara masak kerak telur
Detik Food
  1. Cara membuat kerak telor yang pertama adalah Kocok telur bebek, masukkan udang kering, bumbu yang dihaluskan, bawang goreng, dan kelapa sangrai. Aduk rata.
  2. Panaskan wajan dadar anti lengket atau teflon. Tuang setengah bagian ketan. Ratakan di permukaan wajan. Masak hingga setengah matang.
  3. Tuang setengah bagian telur kocok berbumbu. Ratakan di seluruh permukaan sambil ditekan-tekan. Setelah bagian bawahnya matang, dapat dibalik agar matang merata.
  4. Hidangkan kerak telur selagi panas.
  5. Bila Sedulur menyukai kerak telur dengan cita rasa pedas, maka bisa menambahkan bubuk cabe di atas adonan kerak telur yang sudah matang.

Baca Juga: Resep Soto Tangkar Asli Betawi, Praktis Dibuat di Rumah

Karakteristik kerak telur

Makanan khas Betawi
Umma

Kerak telur sendiri menjadi salah satu makanan yang sangat populer bagi masyarakat Betawi. Hal ini tak lepas dari rasanya yang memang nikmat tapi juga sejarahnya yang begitu panjang.

Makanan ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda dan baru populer di kalangan masyarakat Betawi sejak tahun 1970-an. Namun, asal usul masakan kerak telor berasal dari daerah Kota Tua. Hal ini dikuatkan dengan banyaknya pedagang yang masih bertahan di sana sampai sekarang.

Ciri khas kerak telor sendiri ada pada cita rasa setiap komponennya yang berasal dari ketan putih, telur bebek, ebi, lalu kelapa sangria, kencur, jahe sampai merica yang membuat makanan ini begitu nikmat di lidah.

Cara memasak kerak telur juga tergolong unik karena menggunakan wajan dan tungku arang untuk membuatnya. Tidak heran tekstur yang ada pada kerak telur menjadi renyah.

Nah itu tadi resep kerak telor teflon yang bisa Sedulur coba di rumah. Bagaimana mudah bukan cara pembuatannya, selamat mencoba ya!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.