makanan khas bondowoso

Bondowoso tak hanya memiliki budaya Jawa yang kental sebagai wisata. Kota kecil yang berada di Jawa Timur ini juga memiliki koleksi kuliner yang unik dan lezat. Bahkan, makanan khas Bondowoso memiliki perbedaan yang cukup mencolok dibandingkan kota lain di Pulau Jawa.

Jika Sedulur sedang berencana melakukan kunjungan wisata ke Bondowoso, maka tidak boleh melewatkan ulasan kali ini ya. Karena kami akan membahas tentang 7 kuliner khas Bondowoso paling populer dan wajib dicoba oleh para pelancong.

Kira-kira seperti apa makanan khas Bondowoso yang begitu lezat tersebut? Simak selengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: 19 Oleh-oleh Khas Banyuwangi yang Terkenal dan Paling Populer

1. Nasi Mamong

Carica

Nasi Mamong merupakan kuliner khas Bondowoso yang unik. Nasi ini berbentuk kerucut dengan tinggi sekitar 10 cm, mirip tumpeng mini. Nama Mamong berasal dari Bahasa Madura yang berarti bingung.

Nasi mamong merupakan olahan nasi dengan campuran santan, daun salam, sereh, dan daun jeruk. Nasi diisi ayam, kemangi, teri, dan daun singkong yang dioseng dan kemudian dikukus. Untuk hasil akhir, nasi kemudian di bakar dan kemudian disajikan selagi hangat.

2. Rujak Gobet

Rujak merupakan salah satu makanan yang sangat terkenal di Indonesia. Rasa dari perpaduan dari bumbu dan juga isinya membuat banyak orang ketagihan jika memakannya. Namun ada yang berbeda dengan rujak yang disajikan di Bondowoso.

Hal ini dibuktikan dengan cara penyajian dan juga pemilihan bahannya yang berbeda dengan rujak pada umumnya di daerah lain. Bahan untuk membuat kuliner ini tentunya singkong, timun, dan juga kuah rujak yang mencampurkan petis Madura.

Jika dilihat dari bahannya, pastinya Sedulur menjadi bingung rasanya akan seperti apa, karena di daerah lainnya, bahan yang digunakan adalah sayur dan buah. Maka dari itu, jika Sedulur sedang main ke Bondowoso, tidak ada salahnya untuk mencicipi kuliner ini.

3. Bakso Gulung

makanan khas bondowoso
Suara

Jika bakso biasanya berbentuk bulat, Bakso di Bondowoso memiliki bentuk berupa gulungan daging. Bakso gulung merupakan perpaduan telur goreng, daging sapi cincang, yang digulung bersama adonan bakso. Gulungan ini kemudian diiris membentuk lingkaran kecil lalu disiram dengan kaldu.

Bakso Gulung yang terkenal di Bondowoso adalah Bakso Gulung Cak Rusdi dan Bakso Gulung Stasiun Rasa.

4. Surma

Mungkin sebagian orang masih cukup asing dengan kuliner yang satu ini. Pasalnya, Bondowoso memiliki makanan khas yang mirip seperti kebab. Nama dari kuliner tersebut adalah Surma.

Bahan yang digunakan dalam pembuatannya berupa daging cincang yang akan ditambahkan dengan irisan sayur, tomat, mentimun, dan dipadukan dengan saus khas yang sudah diolah sedemikian rupa.

Penyajian dari Surma sendiri juga sama seperti kebab yaitu semua bagan dibungkus dengan kulit tepung, barulah makanan ini bisa dinikmati kelezatannya. Apabila penasaran dengan kelezatannya, Sedulur bisa datang ke daerah Kampung Arab di Jalan Raya Situbondo, Bondowoso. Harga yang dibanderol pun juga sangat terjangkau.

5. Tape Bondowoso

makanan khas bondowoso
Pinterest

Bondowoso terkenal dengan olahan tape singkongnya. Tape Bondowoso terbuat dari singkong pilihan dan difermentasikan dengan baik sehingga menghasilkan rasa yang manis dan khas Bondowoso. Tape ini memiliki tekstur dan rasa yang berbeda dari tape singkong daerah lainnya.

Rasa tape khas Bondowoso sangat legit dan manis. Tape ini biasa dikemas menggunakan besek bambu dan dijual sebagai oleh-oleh khas Bondowoso.

6. Pia Tape Bondowoso

Terkenal dengan tapenya membuat Bondowoso memiliki ragam olahan tape salah satunya pia tape. Pia tape memiliki bentuk mirip bakpia dari Jogja. Namun, jika bakpia Jogja berisi kacang hijau, pia ini berisi tape dengan rasa legit dan manis.

Pia Tape memiliki kulit luar berwarna cokelat kekuningan yang lembut dan manis. Makanan ini juga sangat cocok dijadikan oleh-oleh karena cukup tahan lama lho.

7. Es Tapai Ngambeng

Detik Food

Karena Bondowoso dikenal dengan Kota Tape, maka tidak heran jika banyak sekali olahan tape yang ada di Bondowoso. Salah satu olahan yang menjadi kuliner khas Bondowoso yaitu Es Tapai Ngambeng.

Es Tapai Ngambeng adalah hidangan yang cocok untuk dijadikan takjil. Minuman ini terbuat dari campuran air gula aren dan sedikit air kapur sirih, lalu diguyurkan ke tape singkong yang sudah diiris kecil-kecil. Air kapur sirih berguna agar Tapai tidak lembek saat bercampur dengan air.

Nah, itu tadi rekomendasi makanan khas Bondowoso yang bisa Sedulur cicipi. Tak hanya cocok jadi menu kulineran saat wisata, tapi juga bisa menjadi oleh-oleh untuk orang di rumah lho. Jadi selamat mencoba makanan khas Bondowoso paling populer di atas ya!