wirama

Seni tari merupakan salah satu hasil kebudayaan asli Indonesia yang cukup populer. Hampir setiap daerah memiliki tarian khasnya masing-masing. Hal tersebut pun membuat jenis seni tari di Indonesia menjadi sangat beragam. Di sisi lain, terdapat sejumlah unsur-unsur dalam seni tari. Secara umum, unsur-unsur itu dikenal sebagai wiraga, wirasa, wirama, dan wirupa.

Dirangkum dari berbagai sumber, istilah wiraga, wirasa, wirama, dan wirupa berasal dari bahasa Jawa. Masing-masing unsur tersebut memiliki makna yang berbeda. Namun, kehadiran keempat unsur itu sama-sama bertujuan untuk membuat tarian yang ditampilkan oleh seorang penari menjadi indah dan harmonis.

Ingin tahu apa makna dari setiap unsur seni tari? Berikut rangkuman informasi mengenai unsur-unsur seni tari selengkapnya. Simak sampai habis, ya!

BACA JUGA: Tari Kreasi: Pengertian, Karakteristik, Jenis, Fungsi & Contohnya

Pengertian seni tari

wirama
Tribunnewswiki

Seni tari menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah seni mengenai tari-menari (gerak-gerik yang berirama). Sementara, makna kata tari sendiri adalah gerakan badan (tangan dan sebagainya) yang berirama, biasanya diiringi bunyi-bunyian (musik, gamelan, dan sebagainya). Sehingga, dapat dipahami bahwa seni tari adalah sebuah kesenian yang berupa gerakan badan, baik dilakukan dengan tangan atau bagian tubuh lainnya, yang mana gerakan tersebut dilakukan secara berirama.

Pengertian seni tari menurut para ahli

Sejumlah ahli telah mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian seni tari. Berikut adalah beberapa pendapat ahli tentang seni tari yang telah Super rangkum.

  • Bagong Sudito mengartikan seni tari adalah sebuah seni yang berbentuk suatu gerakan yang ritmis sekaligus sebagai media ekspresi manusia.
  • Corrie Hartong menjelaskan¬†seni tari adalah sebuah perasaan mendesak yang ada di dalam diri manusia, sehingga mendorong dirinya untuk menuangkan ungkapan yang bentuknya berupa gerakan yang ritmis. Menurut Corrie Hartong, seni tari adalah sebuah perasaan mendesak yang ada di dalam diri manusia, sehingga mendorong dirinya untuk menuangkan ungkapan yang bentuknya berupa gerakan ritmis.
  • Judith Lynne Hanna memaknai tari adalah seni plastis yang berasal dari gerak visual yang terlihat sepintas. Adapun kata plastis menurut KBBI memiliki arti bersifat mudah dibentuk atau dilukiskan sebagai berwujud.
  • Kamala Devi Chattopadhyaya menjelaskan pengertian seni tari sebagai suatu desakan yang berasal dari dalam diri seseorang yang harus dituangkan ke dalam bentuk gerakan ritmis.
  • Pangeran Suryadiningrat mengartikan seni tari adalah gerakan yang dihadirkan oleh seluruh anggota tubuh seseorang yang dilakukan selaras dengan irama musik dengan maksud tertentu.
  • Soedarsono mengartikan seni tari adalah suatu ungkapan yang berasal dari dalam jiwa setiap manusia yang kemudian diekspresikan melalui gerakan ritmis sekaligus ritmis. Ungkapan rasa di sini memiliki makna sebuah emosi atau rasa yang ada pada diri manusia.

BACA JUGA: Pengertian Tari Berpasangan Beserta Daerah Asal & Contohnya

Unsur-unsur dalam seni tari

Solopos

Telah dipahami bersama bahwa pengertian seni tari adalah sebuah karya seni berupa gerakan badan yang berirama. Selanjutnya, perlu Sedulur ketahui apa saja unsur-unsur dalam kesenian tari. Dirangkum dari berbagai sumber, seni tari memiliki empat unsur utama yaitu wiraga, wirasa, wirama, dan wirupa. Keempat unsur tersebut memiliki makna masing-masing yang mana apabila ada unsur yang tidak ada akan berpengaruh terhadap tarian. Sebab, tarian akan dianggap indah apabila seluruh unsurnya terpenuhi. Sementara apabila ada salah satu unsur yang tidak ada, tarian akan menjadi tidak harmonis. Selain itu, keempat unsur tersebut juga sekaligus menjadi sarana agar pesan atau makna tarian dapat tersampaikan kepada penonton. Sementara itu, berikut pengertian wirama, wiraga, wirasa, dan wirupa.

1. Pengertian wirama

wirama
Kompas

Unsur dalam kesenian tari yang pertama adalah wirama. Secara sederhana, bisa dijelaskan pengertian wirama adalah unsur dalam kesenian tari yang berupa alunan musik. Bagi Sedulur yang pernah menonton pertunjukan tari, tentu mengetahui adanya musik yang mengiringi tarian. Musik yang biasanya dimainkan oleh sekelompok orang menggunakan alat musik tradisional ini tidak sekadar hadir untuk meramaikan suasana. Sebab, irama musik ini juga sekaligus menjadi acuan penari dalam melakukan gerakan. Sehingga, penari harus menyatukan atau menyesuaikan gerakan tarinya dengan irama musik. Kesatuan antara tarian dan iringan musik tersebut pun akan menciptakan harmonisasi yang membuat pertunjukan tari menjadi indah.

2. Pengertian wiraga

wirama
Tribunnewswiki

Merujuk pada KBBI, wiraga memiliki arti dasar wujud lahiriah badan beserta anggota badan yang disertai keterampilan geraknya. Wiraga dalam tari adalah seorang penari harus menonjolkan gerak tubuh, baik ketika menari dalam keadaan duduk maupun berdiri. Dengan kata lain, penari memiliki kemampuan serta keterampilan untuk menampilkan setiap gerakan.

Tak hanya berkaitan dengan kemampuan penari untuk menampilkan gerakan, wiraga juga memiliki makna tentang pentingnya daya ingat seorang penari dalam menghafal koreografi. Sehingga, dapat dipahami bahwa ketepatan gerakan, waktu, tempo, dan perubahan gerak penting untuk diperhatikan dalam menari.

3. Pengertian wirasa

Tari tunggal
Pinterest

Unsur ketiga dalam kesenian tari adalah wirasa. Wirasa berasal dari kata rasa, yang dalam KBBI diartikan sebagai tanggapan hati terhadap sesuatu. Adapun unsur wirasa artinya bahwa dalam menampilkan tarian, seorang penari harus menggunakan perasaannya. Hal ini dimaksudkan agar penonton dapat ikut tersentuh perasaannya, terutama terkait dengan makna dari setiap gerakan tari yang ditampilkan. Wirasa dalam tarian sendiri bisa ditunjukkan oleh penari melalui ekspresi wajah serta gerakan tarian yang berirama.

BACA JUGA: Tari Jaipong: Sejarah, Gerakan, Properti dan Keunikannya

4. Pengertian wirupa

Bobo

Unsur seni tari yang terakhir adalah wirupa. Unsur tarian ini merujuk pada masalah penampilan seorang penari ketika membawakan sebuah tarian di hadapan penonton. Wirupa dimaksudkan agar karakter yang dibawakan oleh seorang penari dapat dilihat secara jelas oleh orang yang menontonnya. Adapun wirupa bisa ditunjukkan melalui riasan dan pakaian atau busana yang dikenakan oleh penari. Misalnya, ketika membawakan tarian yang menceritakan tentang kebahagiaan, seorang penari dapat mengenakan pakaian dan riasan yang membuatnya terlihat ceria. Sementara ketika membawakan tarian dengan makna kesedihan, pakaian dan riasan penari dapat dibuat lebih sederhana atau tidak mencolok.

Demikian tadi pembahasan mengenai seni tari. Dapat diketahui, unsur-unsur seni tari adalah wiraga, wirasa, wirama, dan wirupa. Setiap unsur tersebut memiliki makna tersendiri yang mana kehadirannya akan memengaruhi sebuah penampilan seni tari.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.