ukuran ktp

Berapa sih ukuran KTP di Photoshop? Tentu Sedulur tidak tahu ukuran pastinya ‘kan? Yang penting, sebagai warga negara kita harus dan wajib memiliki KTP sebagai bukti identitas diri. Usut punya usut, ternyata ukuran tanda pengengal di setiap negara itu berbeda loh, dimana setiap negara memiliki standarnya masing-masing.

Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas bersama berapa sih ukuran KTP di Indonesia? Apakah kuran KTP di Indonesia sama dengan ukuran tanda pengenal negara lainnya? Sebelum kita masuk ke pembahasan utama, kita bisa simak terlebih dahulu pengertian dari KTP itu sendiri.

BACA JUGA: Cara Membuat KTP Online Mudah, Cepat & Bebas Antre

Apa itu KTP?

ukuran ktp
Head Topics

Sebelum masuk ke pembahasan utama terkait ukuran KTP di word, mengetahui pengertian KTP merupakan hal penting. KTP merupakan singkatan dari Kartu Tanda Penduduk, yang merupakan sebuah dokumen yang menunjukan sebuah identitas pemegangnya dan merupakan tanda seseorang tercatat secara sah oleh negera.

KTP merupakan identitas resmi yang diakui di Indonesia, siapa saja yang dianggap telah dewasa yang dihitung berdasarkan usia, berhak mendapatkan KTP dan wajib memilikinya. Namun, biasanya setelah memiliki KTP, pemegangnya akan menerima dengan begitu cara tanpa tahu ukuran KTP di excel yang dimilikinya.

Dalam KTP terdapat NIK (Nomor Induk Kependudukan), nama lengkap pemegang KTP, alamat lengkap, tanda tangan hingga foto dari pemilik KTP tersebut. Di Indonesia saat ini, bukan hanya penyesuaian ukuran KTP di paint, namun juga telah ada penyesuaian secara digital.

Yaitu dengan memindahkan KTP non chip menjadi KTP elektronik (e-KTP) sehingga setiap pemegangnya akan semakin mudah menggunakannya. Juga akan memudahkan pemerintah dalam menertibkan data terkait kependudukan.

Perkembangan KTP Indonesia

Jurnalistika

Di Indonesia sendiri, KTP telah mengalami beberapa kali perubahan. Namun, perubahan sendiri berkaitan dengan desain dan lainnya, tidak untuk ukurannya. Untuk ukuran sendiri tidak banyak mengalami perubahan. Perkembangan yang paling terlihat yaitu perubahan sistem database kependudukan yang kini telah menggunakan basis elektronik.

Di Indonesia saat ini, sudah  menggunakan KTP dengan standar ISO 7810. Basis elektronik dalam kartu tanda penduduk ini menggunakan sebuah chip. Chip ini bermanfaat untuk menyimpan sejumlah data diri. KTP ini disebut dengan e-KTP atau KTP elektronik. Bahkan kini, pengambilan KTP telah dilengkapi dengan scan retina dan sidik jari

Fungsi dari KTP

ukuran ktp
Readers

Setelah Sedulur mengetahui pengertian dan perkembangannya, tentu Sedulur juga harus tahu apa saja fungsi dari KTP itu sendiri. Lantas apa saja fungsi dari KTP yang dimaksud? Berikut ini beberapa fungsinya:

  • Sebagai kartu identitas diri pemegangnya dan juga bukti sah sebagai warga negara.
  • Sebagai syarat untuk membuat dokumen penting lainnya, seperti SIM, atau KK.
  • Sebagai syarat untuk membuat akun rekening baru di sebuah bank.
  • Sebagai syarat untuk melamar kerja di berbagai instansi atau perusahaan.
  • Untuk keperluan penting dan darurat lainnya yang tidak dapat diprediksikan.

Ukuran KTP standar di Indonesia

Prospeku

Untuk di Indonesia, KTP dicetak di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dengan ukuran yang sudah terstandar yakni:

  • KTP biasa non elektronik 9 cm x 5 cm atau 86 mm x 54 mm
  • KTP elektronik 8,56 cm x 5,39 cm atau 85,60 mm x 53,98 mm

Ini merupakan ukuran tanda pengenal formal dan standar di Indonesia, seperti yang Sedulur miliki saat ini. Untuk memastikan dan meyakinkan diri, Sedulur bisa mengukurnya secara langsung.

Ukuran lengkap KTP

ukuran ktp
Pajakku

Selain ukuran dalam bentuk cm (centi meter) atau mm (mili meter) di atas, berikut ini berbagai ukuran lengkap dalam format lain untuk KTP di Indonesia, yaitu:

  • Ukuran KTP (Inci): KTP-el: 2,12 x 3,38, KTP lama: 2,12 x 3,38
  • Ukuran KTP (Pixe): KTP-el: 323 x 204, KTP lama: 323 x 204
  • Ketebalan (MM): 0,76 – 1

Mengetahui ukuran lengkap di atas bukan berarti Sedulur bisa melakukan cara print ukuran KTP sendiri. Karena KTP hanya berhak dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Sipil di tempat Sedulur tinggal. Adapun jika mencetak sendiri, hal tersebut merupakan tindakan ilegal.

Terutama jika digunakan untuk hal-hal negatif, bukan hanya menjadi tindakan ilegal saja namun kegiatan print ukuran KTP di PDF juga bisa dianggap sebagai kegiatan yang menjurus pada kriminalitas.

Perbedaan KTP biasa dan e-KTP

aceHTrend

Selain tentu perbedaan ukuran dan juga bentuk, salah satu yang menjadi pembeda utama antara KTP dan e-KTP adalah perbedaan terkait antara yang lama dan yang baru adalah keberadaan chip digital yang terdapat di dalam KTP itu sendiri. Dengan adanya chip, memudahkan Dinas Kependudukan dan Sipil dalam melakukan pencatatan.

Dari ukuran dan desain juga jauh berbeda. Terutama dari ketebalan dan keamanan KTP itu sendiri. Jika e-KTP saat ini cenderung lebih kuat, KTP lama terlihat seperti sebuah kertas maka harus dilapis dengan laminating agar KTP aman.

Sebagaimana yang disinggung sebelumnya, bahwa setiap negara memiliki ukuran tanda pengenal warga yang berbeda-beda. Setelah mengetahui ukuran di Indonesia, lantas bagaimana ukuran yang ada di negara lainnya? Berikut ini ada beberapa contoh sebagai perbandingannya:

BACA JUGA: Aplikasi Virtual Claim untuk Klaim BPJS Beserta Caranya

1. KTP di Eropa Barat

Telset.ID

KTP di Eropa Barat merupakan KTP dengan ukuran paling kecil, yaitu 85 mm x 55 mm. Ukuran tersebut banyak digunakan untuk tanda pengenal masyarakatnnya. Negara seperti Prancis, Italia, Spanyo dan negara lainnya mengadopsi ukuran KTP sebagaimana yang disebutkan di atas.

Bukan hanya untuk KTP, digunakan juga untuk ukuran tanda pengenal laiinya, seperti kartu nama, kartu pengendara dan banyak jenis kartu lainnya. Meskipun ukurannya kecil, hal tersebut tentu tidak mengurangi fungsi KTP itu sendiri. KTP tetap sebagai dokumen penting dan dibutuhkan untuk banyak hal terkait kependudukan.

2. KTP di Amerika Serikat

ukuran ktp
Mamarantau

Selanjutnya adalah KTP di Amerika Serikat, dengan ukuran 89 mm x 51 mm. Bukan hanya di Amerika Serikat namun juga di kawasan seperti Kanada menggunakan ukuran yang sama. Bukan hanya KTP, ukuran tersebut juga menjadi standar tunggal untuk kartu pengenal lainnya. Mulai dari ID card, surat pengendara dan lain sebagainya.

3. KTP di Eropa Timur

Kompas

Ukuran selanjutnya yaitu untuk KTP yang ada di Eropa Timur, seperti negara Rep. Ceko, Hungaria dan negara-negara yang ada di sekitarnya. Ukuran KTP di Eropa Timur yaitu 90 mm x 50 mm. Ukuran yang termasuk lebar jika dibandingkan dengan ukuran lainnya. Namun ukuran tanda pengenal di Eropa Timur ini bukan yang paling lebar, lho!

4. KTP di Asia Timur

ASKfm

Selanjutnya yaitu ukuran KTP di Asia Timur yang memiliki template ukuran sekitar 90 mm x 54 mm ini banyak digunakan di kawasan Asia Timur. Seperti Hongkong, Tiongkok, hingga Taiwan. Adapun negara di area Asia Tenggara juga ada yang menggunakan ukuran tanda pengenal ini yakni pemerintah Singapura.

5. KTP di Vietnam, India, Kolombia dan Denmark

Liputan6

Beberapa negara yang disebutkan di atas, memiliki ukuran KTP yang sama, yaitu sekitar KTP 90 mm x 55 mm. Ukuran tersebut banyak diadopsi oleh sebagian negara di Asia. Seperti Vietnam dan India. Adapun di luar Asia juga ada beberapa negara yang menggunakannya antara lain Kolombia, Norwegia, Denmark, Selandia Baru, hingga Australia.

6. KTP di Jepang

ukuran ktp
WeXpats

Terakhir adalah ukuran tanda pengal untuk warga yang ada di Jepang. Ternyata ukuran KTP di Jepang adalah yang paling besar di antara KTP lainnya. Di Jepang, KTP memiliki ukuran 91 mm x 55 mm. Ukuran kartu identitas warga negara Jepang ini tergolong eksklusif karena tidak digunakan oleh negara lain.

Karena di Jepang menggunakan huruf seperti Kanji, Katagana dan Hiragana maka di dalam KTP Jepang sendiri menggunakan dua jenis huruf, yaitu huruf latin dan huruf Jepang itu sendiri. Untuk huruf Jepang menggunakan bahasa Jepang sementara untuk huruf latin menggunakan bahasa Inggris.

Nah itulah tadi ukuran KTP di Indonesia dengan penjelasan lainnya. Disertai juga dengan ukuran dari berbagai KTP yang ada di belahan dunia lainnya. Kini dengan mengetahui penjelasan di atas, Sedulur sudah tahu bahwa ternyata ukurannya berbeda-beda di setiap negara yang ada di dunia ini.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.