teks prosedur

Teks prosedur adalah serangkaian kalimat yang bertujuan agar pembaca memahami penggunaan alat atau suatu barang. Contohnya saat kita membeli perangkat elektronik, terdapat beberapa informasi dan petunjuk yang harus kita baca yang biasanya terdapat di belakang kemasan. Nah, itu adalah teks prosedur.

Dalam kesempatan kali ini, akan kita bahas bersama segala hal terkait teks prosedur. Mulai dari pengertian, ciri-cirinya, jenis, hingga strukturnya. Tanpa harus berlama-lama, mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Teks Anekdot: Pengertian, Ciri-ciri, Tujuan, Struktur & Contohnya

Pengertian teks prosedur

teks prosedur
Sampoerna University

Teks prosedur berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia yaitu jenis teks yang berisi tahapan untuk menyelesaikan sesuatu. Teks prosedur bertujuan untuk membantu memahami bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu dengan tepat. Kita sudah sering menemukan teks prosedur ini dalam kehidupan sehari-hari seperti yang tercantum di belakang minuman kemasan. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang teks prosedur.

Setelah mengetahui pengertian di atas, berikut ini adalah struktur teks prosedur yang perlu Sedulur ketahui. Apa saja struktur dari teks ini? Yuk, langsung saja kita simak!

1. Tujuan

Imaji

Struktur tujuan yang ada di dalam teks ini cukup beragam. Contoh yang paling sering dijumpai yaitu pengantar topik. Tak hanya itu, bisa saja tujuan berisi alasan mengapa teks tersebut dibuat. Hal ini berarti, tujuan merupakan hasil akhir yang didapat jika mengikuti pedoman langkah-langkah yang ada di dalam teks ini.

2. Langkah-langkah

Teks Prosedural
Kumparan

Pada bagian isi teks, terdiri dari langkah-langkah. Langkah-langkah menerangkan tentang proses dari tahapan maupun langkah yang wajib untuk dilaksanakan demi memperoleh hasil lebih maksimal sesuai tujuan pembuatan teks. Pada bagian ini, langkah-langkah wajib disusun secara berurutan, sebab nantinya akan membahas dari tahapan nol sampai hasil pencapaian.

3 Penegasan ulang

teks prosedural
Celebrities

Untuk penegasan ulang berupa harapan atau manfaat apabila petunjuk-petunjuk itu dijalankan dengan baik. Selain itu, biasanya dalam bagian ini akan diulas kembali yang menjadi tujuan dan maksud diadakannya teks ini. Biasanya ini merupakan bagian penutup dari teks itu sendiri.

Ciri-ciri teks prosedur

Indowarta

Terdapat ciri-ciri dari teks prosedur yaitu sebagai berikut.

  • Menggunakan kalimat perintah;
  • Terdapat panduan yang harus dilakukan;
  • Menggunakan kata kerja aktif;
  • Menggunakan konjungsi (kata hubung);
  • Terdapat aturan dalam hal bahan atau kegiatan;
  • Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan rincian waktu, tempat dan cara;
  • Terdapat isi kegiatan yang dilakukan secara urut.

Dalam penjelasan di atas, terdapat aturan dalam bahan dan kegiatan. Hal tersebut merupakan aturan khusus. Saat membaca detail teks ini, Sedulur akan menemukan beberapa aturan, misalnya pada prosedur memasak mi instan, akan ada aturan terkait takaran air, takaran besar kecilnya api kompor, dan lain-lain.

Selain aturan khusus, dalam teks ini juga terdapat urutan kegiatan, sebagaimana yang disampaikan pada poin terakhir. Urutan kegiatan disusun secara sistematis. Untuk memudahkan pembaca memahami urutan kegiatan, maka penulis menggunakan poin-poin atau penomoran. Penyusunan teks secara sistematis bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam mempraktikkan tahapan dan mengurangi terjadinya kesalahan.

Kalimat perintah merupakan kalimat utama yang dapat ditemukan dalam teks ini atau bisa juga diartikan teks menggunakan kalimat larangan dan anjuran. Di dalam teks tersebut Sedulur akan menemukan kata imbauan atau perintah seperti kata “tambahkan”, “aduk perlahan”, “campurkan”, dan lain sebagainya. Kata-kata tersebut membuat pembaca seolah-olah diperintahkan untuk melakukan apa yang disampaikan.

Pada dasarnya, teks ini berisi panduan atau langkah-langkah dan tahap dalam melakukan atau menggunakan sesuatu. Misalnya pada keterangan penggunaan toner. Biasanya terdapat teks prosedur yang mencantumkan detail perawatan sebelum toner diaplikasikan. Atau saat Sedulur membeli televisi baru, misalnya.

Biasanya saat membuka televisi yang baru Sedulur beli, terdapat beberapa perintah yang wajib Sedulur baca. Perintah-perintah tersebut berisikan kalimat yang mengharuskan Sedulur melakukan beberapa hal yang berkaitan dengan penggunaan televisi yang Sedulur beli. Kalimat larangan yang terdapat dalam petunjuk juga merupakan bagian dari teks ini.

Selain pembahasan terkait struktur teks prosedur dan ciri-ciri di atas, terdapat beberapa jenis teks prosedur itu sendiri. Berikut ini adalah daftar dari teks yang tersedia dan bisa Sedulur pahami.

BACA JUGA: Teks Eksposisi: Pengertian, Struktur, Ciri-ciri, Jenis & Contohnya

1. Teks prosedur sederhana

teks prosedur
Wall Street English

Jenis pertama adalah teks prosedur sederhana. Teks ini adalah teks yang isinya hanya terdapat dua atau tiga langkah petunjuk saja. Jadi, teks ini sangat singkat dan hanya menyajikan bagian yang dianggap benar-benar penting. Contohnya tata cara atau petunjuk mengoperasikan setrika.

2. Teks prosedur kompleks

LinovHR

Jenis teks prosedur bahasa Inggris yaitu complex procedure text. Pengertian teks ini adalah teks yang terdiri dari berbagai langkah dan jenjang pada tahapannya. Teks ini bahkan sering memiliki sub-langkah untuk memperjelas petunjuk atau arahan. Selain itu, petunjuk yang disajikan sangat detail sehingga lebih mudah dipahami dan langsung diikuti.

3. Teks prosedur protokol

Edukasi Borneo

Selanjutnya adalah teks prosedural protokol, teks ini adalah teks yang berisikan langkah-langkah sederhana dan mudah dipahami. Contohnya dalam pembuatan sup, orang yang memasak bebas memilih apakah akan memotong kentang atau wortel terlebih dahulu, karena nantinya bahan-bahan tersebut akan dimasukkan ke dalam kuah sup secara bersamaan.

Kaidah kebahasaan

Teks prosedur
Semut Aspal

Teks prosedur merupakan teks yang menggunakan kaidah kebahasaan. Berikut urutan dari kaidah kebahasaan yang digunakan.

  • Kalimat yang digunakan dikategorikan dalam 3 bagian yaitu kalimat imperatif, kalimat deklaratif, kalimat introgatif.
  • Menggunakan konjungsi atau kalimat penghubung. Terdapat dua macam konjungsi yang digunakan yaitu konjungsi persyaratan dan konjungsi temporal.
  • Dalam teks ini digunakan numeralia atau kata bilangan yang menunjukan urutan atau langkah-langkah.
  • Pronomina atau kata ganti, digunakan untuk menggantikan orang atau benda. Berdasarkan fungsinya yang menggantikan orang atau benda, pronomina dibagi menjadi dua macam yaitu pronomina penunjuk dan pronomina persona.
  • Kata kerja berimbuhan merupakan bagian dari kaidah kebahasaan dalam teks ini. Terdapat dua jenis kata kerja, pertama kata kerja material, kedua kata kerja tingkah laku.

BACA JUGA: 10 Contoh Teks Debat Berbagai Topik dengan Strukturnya

Contoh teks prosedur

Kumparan

Agar Sedulur lebih memahami lagi apa itu teks prosedur, serta melengkapi penjelasan di atas. Berikut ini adalah contoh yang bisa Sedulur baca agar lebih paham lagi tentang maksud dari teks ini hadir. Berikut ini contohnya.

Cara Membuat Paspor

Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antarnegara. Bagaimana cara mengurus paspor? Berikut ini cara mengurus paspor dengan baik dan benar.

  1. Pertama, datang ke kantor imigrasi. Bisa datang ke kantor imigrasi yang tertera pada KTP atau kantor imigrasi terdekat.
  2. Kemudian, beli formulir permohonan. Formulir permohonan ada di loket yang sudah disediakan. Isi dengan lengkap formulir tersebut sesuai dokumen yang dimiliki dan bawalah dokumen yang asli.
  3. Selanjutnya, serahkan formulir permohonan tadi ke loket pendaftaran.
  4. Setelah itu, ambil tanda terima dan jadwal foto serta pengambilan sidik jari.
  5. Jika sudah berfoto dan mengambil sidik jari, maka sampai pada tahap wawancara dengan menunjukkan dokumen asli.
  6. Setelah tahap wawancara usai, langkah berikutnya membayar buku paspor dan menandatangani buku paspor. Minta informasi kapan jadwal pengambilan paspor yang sudah selesai.
  7. Pada tanggal yang telah ditentukan sebelumnya, kita dapat datang lagi untuk mengambil paspor yang telah jadi. Biasanya dalam waktu satu minggu paspor baru sudah selesai dan bisa diambil.

Nah, itulah penjelasan terkait teks prosedur. Semoga penjelasan di atas biasa memberikan pemahaman Sedulur terkait kebahasaan maupun pemahaman terkait bahasa Indonesia yang baik dan benar. Semoga artikel ini bisa mendorong Sedulur untuk mempelajari hal baru setiap harinya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.