Takdir mubram adalah bagian dari takdir yang wajib diimani. Setiap umat muslim diwajibkan untuk percaya dan mengimani dengan yakin dan sepenuh hati terhadap takdir Allah SWT. Setidaknya terdapat dua takdir yang harus dipercayai, pertama takdir mubram dan muallaq.

Takdir mubram adalah salah satu yang harus dipercayai, bersama dengan taqdir muallaq itu sendiri. Namun, apakah Sedulur mengatahui tentang pengertian dua takdir tersebut? Jika belum, dalam artikel kali ini akan dijelaskan dua hal tentang itu. Namun sebelum itu, lebih baik kita simak dulu pengertian takdir dalam Islam itu sendiri.

BACA JUGA: Adab & Doa Berhubungan Agar Punya Anak Dalam Agama Islam

Pengertian Takdir dalam Islam

takdir mubram adalah
tirto.id

Dalam Islam, kita harus mempercayai takdir yang dikenal dengan Qadla dan Qodar. Perihal ini disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW dalam hadistnya, yang bersabda:

الإيْمَانُ أنْ تُؤْمِنَ باِللهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَتُؤْمِنَ بالقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرّهِ رواه مسلم

Artinya: “Iman ialah engkau percaya kepada Allah, Malaikat-Malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, Rasul-Rasul-Nya, hari akhir, dan engkau percaya kepada Qadar Allah, yang baik maupun yang buruk”. (HR. Muslim).

Dari sabda tersebut maka muncul dua pengertian, pertama Qadla yang berrti penciptaan dan Wadar yang berarti ketentuan. Qadar sendiri merupakan ketentuan Allah SWT atas segala sesuatu sesuai dengan kehendakNya. Sementar Qadar merupakan tindakan yang terjadi kepada setiap makhlukNya yang berkaitan dengan baik dan buruk.

Dari kedua pengertian tersebut, muncul pengertian takdir mubram dan muallaq. Takdir mubram dan muallaq merupakan takdir yang harus kita percayai, tanpa terkecuali. Untuk dapat lebih memahaminya, berikut ini pengertiannya.

Pengertian Takdir Mubram

kumparan

Takdir mubram adalah ketentuan mutlak dari Allah SWT yang berlaku dan manusia tidak diberi peran untuk mewujudkannya. Hal yang berkaitan dengan takdir mubram adalah segala sesuatu yang bersifat rahasia, mister dan hanya Allah SWT yang mengetahuiNya.

Pengertian dan pernyataan yang termasuk dalam contoh ketentuan dari takdir mubram adalah informasi penting, maka dari itu tercantum dalam QS An-Nisa ayat 78, yaitu:

اَيْنَمَا تَكُوْنُوْا يُدْرِكْكُّمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنْتُمْ فِيْ بُرُوْجٍ مُّشَيَّدَةٍ ۗ وَاِنْ تُصِبْهُمْ حَسَنَةٌ يَّقُوْلُوْا هٰذِهٖ مِنْ عِنْدِ اللّٰهِ ۚ وَاِنْ تُصِبْهُمْ سَيِّئَةٌ يَّقُوْلُوْا هٰذِهٖ مِنْ عِنْدِكَ ۗ قُلْ كُلٌّ مِّنْ عِنْدِ اللّٰهِ ۗ فَمَالِ هٰٓؤُلَاۤءِ الْقَوْمِ لَا يَكَادُوْنَ يَفْقَهُوْنَ حَدِيْثًا

Artinya: Di manapun kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu berada di dalam benteng yang tinggi dan kukuh. Jika mereka memperoleh kebaikan, mereka mengatakan, “Ini dari sisi Allah,” dan jika mereka ditimpa suatu keburukan, mereka mengatakan, “Ini dari engkau (Muham-mad).” Katakanlah, “Semuanya (datang) dari sisi Allah.” Maka mengapa orang-orang itu (orang-orang munafik) hampir-hampir tidak memahami pembicaraan (sedikit pun)?”

BACA JUGA: Mengenal Sifat Ujub Dalam Islam, Hukum dan Bahayanya

Contoh Takdir Mubram

takdir mubram adalah
haibunda

Dari pengertian takdir mubram di atas, maka kita bisa menyimpulkan contohnya yaitu hal-hal seputar kuasa Allah SWT. Seperti kelahiran, kematian, jodoh, hingga hari kiamat. Segala hal yang berkaitan dengan ketidaktahuan kita sebagai makhlukNya dan segala hal yang kita tidak berperan terhadap hal tersebut.

Hingga saat ini, kita tidak tahu keberadaan kita sebelum lahir ada dimana, begitu pula kita tidak tahu keberadaan kita setelah meninggal ada dimana. Adapun kita mengetahui informasi terkait dua hal itu, namun kita tidak dapat mengetahuinya. Begitu pula dengan jodoh, meskipun kita diperintahkan untuk berusaha namun hasilnya menjadi ketentuan Allah SWT.

Begitu pula dengan hari kiamat, bahkan Rasulullah SAW beserta para nabi lainnya yang merupakan utusan Allah SWT, tidak diberi tahu tentang kapan kiamat akan hadir. Kendatipun ciri-ciri dan tanda-tandanya diberikan sebagai informasi bagi kita untuk mempersiapkan segala sesuatunya.

BACA JUGA: Ini Hari Potong Kuku Terbaik Menurut Islam, Bukan Cuma Jumat

Pengertian Takdir Muallaq

inews

Setelah mengetahui pengertian dan contoh takdir mubram adalah sebagaimana yang dijelaskan di atas, satu lagi yaitu takdir muallaq. Takdir muallaq adalah takdir dan ketentuan Allah SWT yang melibatkan manusia sebagai hambaNya untuk berusaha dan berikhtiar. Dalil takdir muallaq yang terkenal adalah mengenai suatu hal yang tidak dalat diubah sampai kaum tersebut ingin mengubahnya. Dalil tersebut sebagai berikut:

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Artinya: “Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.”

Contoh Takdir Muallaq

takdir mubram adalah
kumparan

Sementara itu contoh takdir mubram dan takdir muallaq berdasarkan pengertian di atas adalah seputar dengan kegiatan kita sehari-hari. Seperti belajar untuk mendapatkan ilmu dan berprestasi. Berusaha untuk mendapatkan rejeki yang halal dan layak, serta memperbaiki diri untuk lebih beriman dan rajin beribadah.

Selain itu juga terdapat contoh lain seperti kesehatan. Kita berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat, dengan tujuan untuk mendapatkan kesehatan dan terhindar dari penyakit. Sederhananya, takdir muallaq adalah segala hal yang berkaitan dengan peran kita sebagai manusia kendatipun hal tersebut telah menjadi ketentuan Allah SWT.

Demikian penjelasan terkait takdir mubram adalah sesuatu hal yang mutlak dan bersifat rahasia dan misteri. Berbeda dengan takdir muallaq yang mengikutsertakan peran kita untuk mengubah sebuah kondisi. Semoga penjelasan di atas bisa menambah keimanan kita dan juga keyakinan kita untuk menjadi seseorang yang lebih baik lagi setiap harinya.