sishankamrata

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, diperlukan aturan mengenai kesejahteraan serta keamanan masyarakat. Di Indonesia, sistem kemanan ini disebut dengan sishankamrata yang merupakan kependekan dari sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta. Sishankamrata ini melibatkan seluruh kekuatan rakyat dan seluruh potensi kemampuan kekuatan sosial.

Penasaran mengenai apa itu sisikanhamrata dan apa saja komponennya? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Pengertian Crazy Rich Beserta Asal-usul Penyebutannya

Pengertian sishankamrata

sishankamrata
Head topics

Sishankamrata singkatan dari Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta. Sishankamrata adalah suatu sistem pertahanan keamanan dengan komponen-komponen yang terdiri dari seluruh potensi, kemampuan, dan kekuatan nasional yang bekerja secara total, integral, serta berlanjut untuk mewujudkan kemampuan dalam upaya pertahanan serta keamanan negara. Sishankamrata bersifat semesta dalam ruang lingkup dan semesta dalam pelaksanaan.

Tujuan dari sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta ini untuk mewujudkan ketahanan nasional Indonesia. Ancaman terhadap ketahanan nasional bisa datang dari dalam maupun luar negeri. Sishankamrata digunakan sebagai strategi untuk menghadapi ancaman yang mungkin terjadi.

Ciri-ciri sishankamrata

sishankamrata
Genpi.co

Sistem pertahanan dan keamanan negara yang bersifat semesta memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  • Kerakyatan yaitu orientasi pertahanan dan keamanan negara oleh dan untuk kepentingan seluruh rakyat.
  • Kesemestaan yaitu seluruh sumber daya nasional didayagunakan bagi upaya pertahanan.
  • Kewilayahan yaitu gelar kekuatan pertahanan dilaksanakan secara menyebar di seluruh wilayah NKRI, sesuai kondisi geografis sebagai negara kepulauan.

Sesuai dengan Pasal 30 Ayat 1 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyatakan bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan serta keamanan negara. Dalam pasal tersebut ditegaskan usaha pertahanan dan keamanan Indonesia merupakan tanggung jawab seluruh WNI. Jadi tidak hanya menjadi tanggung jawab TNI dan POLRI saja, tetapi masyarakat sipil sekalipun. TNI dan POLRI bersama masyarakat sipil wajib menjaga keutuhan NKRI.

Komponen sishankamrata

sishankamrata
Headtopics

Terdapat empat komponen sishankamrata sebagai bentuk upaya untuk menjaga pertahanan dan keamanan negara. Simak ulasannya berikut ini.

Kompononen dasar

sishankamrata
Media Indo Pos

Komponen dasar dalam sistem pertahanan dan keamanan rakyak semesta adalah rakyat yang dibekali dengan pelatihan khusus. Contohnya seperti anggota hansip, salah satu rakyat yang sudah dilatih secara khusus untuk menjaga keamanan masyarakat.

BACA JUGA: Kata Sapaan: Pengertian, Jenis-jenis dan Contohnya

Komponen utama

Gead topics

Komponen utama dalam sistem pertahanan rakyat semesta adalah TNI dan Polri. Usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sishankamrata dengan Tentara Nasional Indonesia atau TNI dan Kepolisian Negara Republik Indonesia atau Polri sebagai kekuatan utama. Sementara itu, rakyat sebagai kekuatan pendukung. Hal tersebut sesuai dengan Pasal 30 UUD 1945. Komponen pertahanan bertugas melancarkan strategi pertahanan negara dengan menggunakan segenap kekuatan militer serta nonmiliter secara menyeluruh dan terpadu.

Strategi yang dilancarkan oleh komponen pertahanan meliputi strategi penangkalan bersifat kerakyatan, kewilayahan, dan kesemestaan. Sishankamrata juga melibatkan segenap departemen dan lembaga nondepartemen secara komprehensif untuk ikut serta menjamin keamanan negara. Komponen pertahanan bertanggung jawab untuk menganalisis misi, mengembangkan tindakan atau course of action atau COA, dan melaksanakan COA.

Komponen khusus

sishankamrata
Republika

Komponen khusus dari sishankamrata adalah rakyat yang sudah dibekali dan dilatih untuk menanggulangi akibat ancaman yang akan menyerang kesatuan negara, misalnya ancaman perang dan yang lainnnya. Komponen keamanan meliputi keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, serta pelayanan dari aparat penegak hukum kepada masyarakat.

Adapun komponen keamanan menjadi penyokong dari smart security yaitu sistem pengamanan kota modern yang berdasarkan pada kemajuan teknologi, keterlibatan komunitas, dan keterlibatan mitra keamanan dalam negeri. Smart security memiliki dua sasaran yaitu keamanan digital dan keamanan pribadi. Smart security merupakan salah satu upaya mewujudkan kota yang aman dan damai.

BACA JUGA: Internet adalah: Pengertian, Sejarah, Perkembangan & Manfaat

Komponen pendukung

sishankamrata
Head topics

Komponen yang selanjutnya adalah komponen pendukung. Dalam sistem pertahanan keamanan rakyat semesta, rakyat berfungsi sebagai kekuatan pendukung. Selain rakyat, kekuatan pendukung dalam sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta adalah sumber daya alam dan sarana prasarana yang ada di negara tersebut.

Komponen siber

sishankamrata
Freepik

Komponen siber bertugas menjaga kerahasiaan data, menegakkan integritas dalam pengelolaan data, sekaligus memastikan ketersediaan data untuk menjalankan smart security dan memaksimalkan kota pintar atau smart city. Komponen siber menjadi salah satu komponen yang mendapatkan perhatian tinggi dari pemerintah karena layanan smart city membutuhkan ketersediaan data yang tinggi. Perlindungannya harus dilakukan secara maksimal karena memiliki tingkat kerentanan yang juga cukup tinggi. Komponen siber bertanggung jawab melahirkan national security operation center atau NSOC.

Itulah penjelasan mengenai pengertian sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta beserta ciri-ciri sekaligus komponennya. Sistem pertahanan dan keamanan ini sangat diperlukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, mengingat ancaman mengenai kedaulatan negara dapat datang kapan saja baik dari luar maupun dalam negeri sekalipun. Dari pembahasan ini, semoga Sedulur makin memahami penerapan dan contoh sishankamrata, ya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!