crazy rich artinya

Crazy Rich kini semakin kerap didengar dan digunakan netizen di media dosial. Crazy rich artinya apa? Yakni orang yang super kaya. Biasanya crazy ditujukan untuk artis, sosialita, pengusaha hingga pejabat untuk menggambarkan seberapa kaya mereka.

Lantas apa itu sebenarnya crazy rich dan siapa saja orang yang pantas dijuluki crazy rich? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA : MOU: Pengertian, Isi, Ciri-Ciri, Fungsi, dan Contohnya

Pengertian

crazy rich artinya
Pikiran Rakyat

Istilah crazy rich secara khusus disematkan kepada orang-orang yang memiliki kekayaan berlimpah, baik bisnis, rumah yang megah dan mobil mewah. Crazy rich artinya dalam bahasa Indonesia adalah super kaya. Di Indonesia julukan crazy rich disematkan untuk beberapa orang seperti Rudy Salim, Gilang dan Shandy Purnamasari yang merupakan pemilik produk skin care MS Glow. Julukan ini juga biasanya akan diikuti oleh nama tempat asalnya, seperti crazy rich Medan, crazy rich Surabaya, crazy rich Bali dan yang lainnya.

Crazy rich Indonesia

crazy rich artinya
trenasia

Di Indonesia, orang yang dijuluki crazy rich adalah mereka yang gemar pamer harta kekayaan di media sosial. Padahal crazy rich yang sesungguhnya justru hidupnya adem ayem dan hampir tidak pernah pamer harta kekayaannya di media sosial.

Berikut daftar the real crazy rich yang jarang muncul di media sosial, akan tetapi memiliki harta yang melimpah.

1. Robert Budi Hartono dan Michael Hartono

Robert dan Michael Hartono adalah adik akak yang masuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Kekayaannya bahkan mencapai Rp601 Triliun.  Crazy rich keturunan Thionghoa-Indonesia ini menjadi pemegang saham terbesar di bank Central Asia (BCA). Sebanyak 51% saham BCA adalah milik Robert dan Michael Hartono. Sumber kekakayaan lain dari kedua kakak beradik ini berasal dari perusahaan rokok Djarum.

2. Keluarga Widjaja

Keluarga Widjaja mempunyai kekayaan mencapai Rp138,7 triliun dan masuk ke daftar orang terkaya di Indonesia. Kekayaan yang dimiliki keluarga ini dimulai dari Eka Tjipta Widjaja yang meninggal pada Januari 2019. Widjaja memulai bisnisnya dengan berdagang kue sejak usia remaja. Kemudian mendirikan Sinar Mas Group. Setelah meninggal, bisnis Widjaja diteruskan oleh anak-anaknya. Ada pula putra Widjaja yang memilih untuk mengembangkan bisnis pribadinya.

3. Antony Salim

Urutan ketiga crazy rich Indonesia adalah Anthony Salim. Kekayaannya mencapai Rp121, 5 triliun. Anthony Salim dinobatkan sebagai orang terkaya ketiga di Indonesia versi Forbes dan Majalah Flobe Asia. Ia membangun perusahaan mi instan dan tepung terigu.

4. Chairul Tanjung

The real crazy rich selanjutnya adalah Chairul Tanjung dengan total kekayaan mencapa U$$ 7,8 miliar. Chairul Tanjung merupakan Chairman sekaligus Founder CT Group Chairul Tanjung. Ia juga pernah mencabat sebagai menteri perekonomian menggantikan Hatta Rajasa pada 2014 silam. 

BACA JUGA : Kata Sapaan: Pengertian, Jenis-Jenis dan Contohnya

Asal mula penyebutan crazy rich di Indonesia

crazy rich artinya
Fimela.com

Crazy rich pertama kali datang dari sebuah novel karya Kevin Kwan yang berjudul Crazy Rich Asians. Istilah itu kemudian semakin dikenal setelah novel tersebut diangkat menjadi sebuah film dan Henry Golding sebagai pemerannya.

Film tersebut bercerita tentang dunia dan kehidupan konglomerat Asia, terutama di Singapura. Di dalam film ini kehidupan orang-orang kaya Asia dikemas dengan sangat bail. Kemudian kalangan konglomerat tersebut mendapat julukan crazy rich.

Sejak itulah julukan crazy rich disemantkan untuk orang-orang yang super kaya. Selain crazy rich, ada juga julukan sultan untuk orang yang memiliki kekayaan luar biasa. Beberapa nama artis yang mendapat julukan sultan dari warganet yaitu Raffi Ahmad, Andre Taulany, dan Anang Hermansyah.

Meski berawal dari nocel Crazy Rich Asians, fenomena crazy rich di Indonesia mulai booming saat sebuah pernikahan yang sangat megah digelar di Surabaya. Pernikahan tersebut lalu menjadi perbincangan banyak nitizen lantaran sang memperlai pengantin memberikan souveni ran dorrprize berupa smartphone kepada para undangan. Tak hanya itu, pengantin tersebut juga mengundang penyanyi papan atas yaitu raisa sebagai pengisi acara. 

Crazy rich adalah orang yang super kaya yang identik dengan gemar memamerkan hartanya di media sosial. Sedangkan the real crazy rich artinya orang yang benar-benar kaya yang hidupnya adem ayem tanpa memamerkan harta namun masyarakat sudah mengetahuinya.

JCrazy rich pertama kali dikenal melalui novel yang berjudul Crazy Rich Asians yang kemudian diangkat menjadi sebuah film. Beberapa crazy rich Indonesia antara lain Robert Budi hartono, Rudy Salim hingga Chairul Tanjung. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!