sifat-sifat magnet

Memiliki daya tarik yang tinggi merupakan salah dari beberapa sifat-sifat magnet yang ada. Selain itu, keunikan magnet tersebut yang membuat kita tertarik terhadap benda satu ini. Namun, ternyata terdapat beberapa sifat lainnya yang terdapat dalam magnet.

Berikut ini akan dibahas dengan lengkap untuk menjawab pertanyaan tentang jelaskan sifat-sifat magnet yang perlu diketahui. Sebelum itu, kamu juga perlu mengatahui jenis dan bentuk-bentuk dari magnet itu sendiri. 

BACA JUGA: 1 Kaki Berapa Meter? Ini Penjelasan dan Cara Hitung Cepat

1. Jenis dan bentuk magnet

Jenis dan bentuk
pikiran-rakyat

Berikut ini adalah jenis-jenis dan bentuk magnet yang ada. Munculnya perbedaan bentuk dan jenis magnet biasanya karena kebutuhan. Setiap bentuk dan jenis dari magnet digunakan untuk berbagai kebutuhan yang berbeda. Berikut ini adalah jenis dan bentuk dari magnet yang ada di dunia:

  • Magnet batang bentuknya menyerupai batang atau balok atau kubus
  • Magnet silinder bentuknya menyerupai tabung panjang
  • Magnet jarum bentuknya menyerupai jarum kompas dengan kedua ujung atau kutub magnetnya lebih runcing
  • Magnet cincin memiliki bentuk bulat menyerupai cincin
  • Magnet U (ladam) berbentuk seperti tapal kuda atau serupa dengan huruf U

Pada awalnya, magnet dapat dibedakan berdasarkan bentuknya. Kemudian dari bentuknya tersebut, magnet dapat digunakan untuk berbagai keperluan yang spesifik. Lantas, setelah mengetahui jenis dan bentuknya di atas, apa saja yang menjadi sifat-sifat magnet itu sendiri? Berikut ini adalah daftar dari sifat magnet yang perlu Sedulur ketahui.

1. Magnet mampu menarik benda

sifat sifat magnet
sikalem

Sifat sifat magnet yang paling identik adalah magnet mampu menarik benda berbahan logam. Ini merupakan sifat alami dari magnet yang kemudian banyak dimanipulasi dan dipergunakan untuk berbagai banyak kepentingan manusia dan membantu setiap pekerjaan umat manusia.

2. Medan magnet membentuk gaya 

sebutkan sifat-sifat magnet
iStock

Yang menjadi sifat magnet selanjutnya adalah medan magnet dapat membentuk gaya magnet. Meskipun gaya tarik terletak di bagian utara dan selatan, bagian dari magnet pun memiliki gaya. Gaya tersebut dapat memiliki kemampuan untuk menarik benda dan dari hal tersebut dapat membentuk gaya magnet itu sendiri.

BACA JUGA: 1 Yard Berapa Meter – Simak Rumus, Cara Hitung & Contohnya

3. Dua kutub yang berlawanan

kutub yang berlawanan
kontan

Jika diminta untuk sebutkan sifat-sifat magnet, salah satu yang paling jelas adalah dua kutub magnet yang berlawanan. Magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan selatan. Kedua kutub magnet berada di dua sisi yang berlawanan, posisi dan energi magnet paling kuat berada dan terletika di setiap ujung magnet. Perihal setiap kutub magnet, berikut ini penjelasanya. Karena kutub magnet memiliki pola interaksi yang unik.

4. Kutub magnet memiliki interaksi unik

interaksi unik
guruberto

Jika diminta menjelaskan sifat-sifat magnet, salah satunya adalah magnet memiliki kutub yang berinteraksi dengan unik. Magnet memiliki interaksi unik antara kutubnya. Antara kutub yang sama, ketika didekatkan akan saling menolak dan menjauh. Hal ini dikenal dengan gaya tolak-menolak magnet. Sebaliknya dengan kutub yang berbeda, akan saling menarik dengan gaya tarik-menarik magnet.

5. Sifat magnet bisa menghilang

sifat menempel bisa memudar
freepik

Berdasarkan sifat-sifat di atas, sifat magnet juga bisa menghilang. Tidak bersifat abadi, meskipun hal tersebut merupakan sebuah fenomena alam. Terutama jika terjadi beberapa hal terhadap magnet. Seperti terbakar dalam waktu lama dan terus menerus atau terjatuh dan mendapatkan benturan.

Sifat dari magnet bisa melemah dan kemudian akan menghilang. Begitu pula magnet akan lemah menarik suatu benda. Hal ini berbeda dengan para magnetik. Benda yang ditarik lemah oleh magnet disebut paramagnetik, berbeda kondisi dengan ketika magnet telah melemah.

Sekian pembahsan terkait sifat-sifat magnet yang perlu Sedulur ketahui, semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan Sedulur terkait fenomena alam yang unik, seperti magnet salah satunya. Terlihat sangat ajaib namun sebenarnya terdapat penjelasan ilmiah di baliknya.