sandi angka pramuka

Sandi angka pramuka merupakan salah satu sandi yang biasa digunakan dalam kegiatan kepramukaan. Penggunaan sandi ini sudah mulai diajarkan sejak tingkatan pramuka siaga. Dengan demikian, ilmu mengenai sandi ini termasuk ilmu komunikasi dasar yang seharusnya dikuasai. 

Sandi angka juga menjadi sandi dasar karena dijadikan patokan jenis sandi yang lain dalam hal cara membaca. Beberapa sandi yang cara membacanya menggunakan sandi ini adalah sandi kembang, sandi balon, sandi aljabar, dan sandi kanji. Bagi Sedulur yang masih bingung bagaimana cara menggunakan dan membaca sandi angka tersebut, ikuti penjelasan berikut ini, yuk!

BACA JUGA: 15 Macam-Macam Sandi Pramuka Beserta Penjelasannya

Sejarah sandi pramuka

sandi angka
Lensa Pos NTB

Penggunaan sandi dilihat dari kacamata sejarah dimulai dari pahlawan yang saling berkomunikasi saat berperang. Sandi tersebut biasanya digunakan oleh para pahlawan untuk berkomunikasi secara rahasia sehingga tidak diketahui oleh pihak lawan. 

Pada tahun 3000 SM, tulisan cuneiform sudah ditemukan di kerajaan Babilonia. Tulisan ini  termasuk ke dalam jenis tulisan kuno dengan bentuk menyerupai paku yang biasanya ditulis di atas tanah. Tidak hanya itu, Julius Caesar juga pernah mengirim berita rahasia menggunakan sandi loncat. Cara menulis sandi tersebut adalah dengan memakai satu baris huruf abjad serta memilih angka yang dirahasiakan. 

BACA JUGA: Bunyi Tri Satya & Dasa Dharma Pramuka Beserta Penjelasannya

Pengertian

sandi angka
iStock

Sandi pramuka angka merupakan sandi pramuka yang dibuat dengan memberikan penomoran pada masing-masing alphabet. Sandi angka 0 berarti sandi angka hurufnya A, sandi angka 1 berarti huruf B, sandi angka 2 berarti huruf C, dan seterusnya hingga sandi ke-25 yang berarti huruf Z . 

Penguasaan sandi ini menjadi hal penting bagi setiap anggota pramuka. Mulai dari golongan peserta didik, seperti pramuka siaga, penggalang, penegak, pandega, hingga anggota pramuka dewasa, seperti pembina pramuka.

Sementara itu, sandi angka dan sandi jam merupakan dua sandi yang berbeda. Sandi jam merupakan sandi yang menggunakan waktu pada jam yang dijadikan patokan. Sebagai contoh jika patokan jam yang dipilih adalah 07.00, maka 07.00 adalah huruf A, 07.05 adalah huruf B dan seterusnya dengan menambah 5 menit pada jam. Sedulur juga dapat merubah menitnya menjadi 3 menit atau lebih sesuai dengan keinginan.

Cara membuat dan membaca 

sandi angka
Muffin Graphics

Cara membuat dan membaca sandi angka adalah sebagai berikut. 

A = 0

B = 1

C = 2

D = 3

E = 4

F = 4

G = 6

H = 7

I = 8

J = 9

K = 10

L = 11

M = 12

N = 13

O = 14

P = 15

Q = 16

R = 17

S = 18

T = 19

U = 20

V = 21

W = 22

X = 23

Y = 24

Z = 25

Namun, terdapat beberapa versi yang perlu Sedulur ketahui, yakni kunci sandi tidak selalu 0 = A, bisa jadi 1 = A sehingga 2 = B, 3 = C dan seterusnya, atau 2 = A, sehingga 3 = B, 4 = C dan seterusnya, dan 1 = A, 3 = B, dan 5 = C (melompat satu angka). 

Contoh membaca sandi ini dapat Sedulur simak sebagai berikut.

  • BAHAGIA = 1070680.
  • INDAH = 813307.
  • BINTANG = 1813190136. 

BACA JUGA: Dasa Dharma Pramuka Lengkap Beserta Pengertian, Isi & Arti

Manfaat mempelajari sandi pramuka

sandi angka
iStock

Mempelajari sandi pramuka tentu memiliki manfaat, apa sajakah itu? Berikut adalah manfaat yang dapat dipetik.

  1. Dapat digunakan sebagai komunikasi antar regu.
  2. Berguna untuk meningkatkan daya ingat otak.
  3. Membantu meningkatkan kecerdasan.
  4. Menjadi sarana belajar dalam penyelesaian masalah.
  5. Menjadi sarana permainan dalam kegiatan pramuka.

Nah, itulah informasi mengenai pengertian sandi angka pramuka beserta cara membacanya. Meskipun tidak banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, namun mengetahui informasi mengenai macam-macam sandi pramuka dapat menambah wawasan dan meningkatkan daya ingat kita.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.