planet dalam

Planet dalam dan planet luar merupakan dua kelompok planet yang terdapat dalam tata surya kita. Penyembutan tersebut untuk membedakan jenis planet yang jauh dan dekat dari matahari sehingga memunculkan ciri dan contohnya yang membedakannya.

Lantas seperti apa pembahasan terkait dua kelompok planet di tata surya kita tersebut? Yuk, mari langsung kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Ciri-ciri Planet di Tata Surya Beserta Karakteristik & Macamnya

Apa itu planet dalam

planet dalam
Bebaspedia

Kelompok dalam planet adalah kelompok planet yang berada dekat dengan matahari. Planet yang masuk dalam kelompok ini adalah Merkurius, Venus, Bumi dan Mars. Kelompok planet ini disebut juga istilah terestrial, karena dalam kelompok planet ini terdapat permukaan yang berbatu.

Karena planet-planet yang ada di tata surya perlu dikategorisasi atau dikelompokan berdasarkan kedekatan dengan matahari. Karena matahari sendiri merupakan sumber energi dari tata surya itu sendiri.

Ciri-ciri

Deposit Photos

Lantas seperti apa ciri-ciri dari planet yang masuk dalam kelompok dalam? Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini ciri-cirinya:

  • Mempunyai satu atau dua satelit, atau bahkan tidak punya sama sekali.
  • Planet kelompok ini terdiri dari bebatuan dan logam.
  • Kelompok planet ini tidak memiliki cincin.
  • Ukuran dan massa kelompok planet jauh lebih kecil dibandingkan planet luar.
  • Jarak dari matahari kurang dari 250 juta kilometer.
  • Rotasi planet lebih lambat dibandingkan planet luar.

Ukuran planet sangat berbeda-beda, Merkurius merupakan planet yang memiliki ukuran kecil. Dengan ukuran sekitar 4,878 km. Kita sebagai penduduk Bumi, berada pada posisi paling besar dalam kelompok dalam planet. Karena planet bumi memiliki ukuran sekitar 12,756 km untuk diameternya.

Apa itu planet luar?

Best HD Wallpaper

Planet dalam dan planet luar adalah bagian penting dalam tata surya, jika dari penjelasan di atas, kategori dalam adalah planet yang letaknya paling dekat dengan matahari, sementara itu planet luar adalah planet yang jaraknya jauh dari matahari.

Kelompok planet ini adalah Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus. Kelompok planet ini juga disebut sebagai kelompok Planet Jovian. Karena ukurannya yang mirip Jupiter dan jauh lebih besar dibandingkan dengan planet kelompok dalam tata surya dan terestrial.

Ciri-ciri 

Info Astronomy

Adapun ciri-ciri dari planet luar sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Punya banyak satelit, bahkan bisa lebih dari 10.
  2. Planet luar terdiri dari hidrogen dan helium.
  3. Planet luar memiliki cincin.
  4. Planet luar berukuran jauh lebih besar dan massanya jauh lebih berat.
  5. Jarak planet luar adalah lebih dari 750 juta kilometer dari matahari.
  6. Periode rotasinya lebih cepat dari kelompok dalam.

Bagi Sedulur yang bertanya bagaimana status Pluto? Pluto sudah tidak lagi masuk di daftar planet luar sejak dikeluarkan oleh IAU (Internasional Astronomical Union) pada tahun 2006. Maka jumlah planet kelompok di tata surya saat ini yaitu delapan setelah dikurangi oleh Pluto.

Jika di kelompok planet perta yang terbesar adalah planet Bumi dengan ukuran 12,756 km. Di kelompok planet luar, ukuran planet paling kecil sendiri yaitu Neptunus dengan diameter 49,552 km. Berkali-kali lipat lebih besar dari ukuran planet bumi.

Sementara itu, planet terbesar di kelompok planet luar adalah planet Jupiter, yaitu dengan ukuran diameter sekitar 142,985 km.

BACA JUGA: Urutan Planet di Tata Surya yang Terdekat dari Matahari

Perbedaan planet dalam dan planet luar

Deposit Photos

Dari penjelasan di atas, Sedulur bisa tahu bahwa perbedaan dari kedua kelompok planet ini sangat jelas. Bahwa planet luar merupakan planet yang jauh dari matahari, sementara kelompok yang ada di dekat dengan matahari yaitu Merkurius, Venus, Bumi dan Mars.

Dari ciri-ciri yang telah dijelaskan di atas, Sedulur sudah dapat membayangkan apa saja bedanya kedua kelompok planet tersebut.

Nah kini Sedulur telah tahu apa itu planet dalam dan planet luar berserta dengan ciri-ciri dan perbedaannya. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur memahami tata surya lebih baik lagi!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.