Perubahan Wujud Benda

Benda bisa berubah bentuk dari satu wujud menjadi wujud yang lain. Fenomena perubahan wujud benda ini pun cukup banyak terjadi dalam kehidupan sehari-hari baik yang kita sadari maupun tidak kita sadari.

Perubahan wujud benda ini tak lepas dari adanya aksi terhadap benda tersebut sehingga menghasilkan reaksi perubahan. Salah satu contohnya saja, es yang merupakan benda pada berubah menjadi air bila berada di luar ruangan.

Melihat tersebut, tentu Sedulur penasaran bukan apa saja macam perubahan wujud yang bisa terjadi pada benda-benda di sekitar kita? Yuk langsung simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Nama Hari dalam Bahasa Inggris, Cara Membaca & Kalimatnya

Mencair

Perubahan Wujud Benda
Pikiran Rakyat

Perubahan wujud benda padat menjadi cair disebut dengan mencair. Perubahan wujud zat ini biasanya dikarenakan adanya peningkatan suhu menjadi lebih panas.

Contoh mudahnya adalah es batu yang sudah menjadi benda padat akan berubah menjadi cair. Selain itu, ada juga mentega yang dipanaskan di atas wajan akan berubah menjadi minyak.

Nah beberapa contoh di atas sudah cukup menunjukkan bagaimana contoh perubahan wujud mencair yang terjadi di sekitar kita.

Menguap

Proses menguap
WTHR

Perubahan wujud benda cair menjadi gas disebut menguap. Terdapat empat cara untuk mempercepat terjadinya penguapan pada sebuah zat.

Pertama, dengan cara memanskan, memperluas permukaan, meniup udara di atas permukaan, dan terakhir mengurangi tekanan di atas permukaan.

Contoh menguap yang biasa kita lihat adalah dari merebus air, dimana saat air mendidih akan muncul uap panas. Uap panas ini merupakan perubahan wujud air yang menjadi gas. Hal ini dikuatkan dengan volume air yang akan terus berkurang ketika dipanaskan.

Prinsip menguap sendiri banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari juga, sepert untuk dasar pembuatan kulkas dan AC.

Mengembun

Perubahan Wujud Benda
Pixabay

Mengembun merupakan peristiwa dimana terjadi perubahan zat gas menjadi zat cair. Fenomena ini muncul karena adanya paparan energy panas pada suatu benda.

Contoh dari peristiwa ini bisa dilihat dari munculnya embun di kaca saat pagi atau di tanaman usai terjadi perubahan suhu di malam hari yang dingin menjadi lebih hangat di pagi hari.

Selain itu, kamu bisa melihat peristiwa ini dengan mengisi gelas dengan air es dan diletakkan di ruangan bersuhu panas. Maka akan terlihat embun keluar di bagian luar gelas.

Baca Juga: Mengenal Makna Lambang Garuda Pancasila hingga Sejarahnya

Menyublim

Kamper
Suara

Perubahan wujud benda dari padat menjadi gas disebut dengan menyublim. Konsep perubahan ini memang cukup jarang bisa dilihat karena begitu kompleks.

Tapi kamu bisa mengamati peristiwa kapur barus atau kamper yang akan hilang ketika disimpan dalam lemari dengan jangka waktu tertentu.

Mengkristal

Kristal es
Pixabay

Selanjutnya ada perubahan wujud benda dari gas menjadi padat disebut dengan mengkristal. Peristiwa ini terjadi karena adanya pelepasan energy panas pada suatu benda.

Contoh perubahan wujud dalam konsep ini adalah uap air yang terbang di langit berubah menjadi atau berubahnya udara dingi di dalam lemari es menjadi bunga es.

Membeku

Membeku
Pixabay

Terakhir ada perubahan dari zat cari menjadi padat yang disebut membeku. Peristiwa ini sangat dipengaruhi oleh suhu dimana zat cair akan menjadi padat ketika ada pada puncak titik beku.

Contoh perubahan wujud benda yang satu ini bisa kita lihat saat memasukkan air ke dalam freezer kulkas yang tidak lama kemudian akan berubah menjadi es batu.

Prinsip pembekuan juga menjadi salah satu cara yang memiliki banyak manfaat dalam kehidupan manusia. Hal ini tak lepas dari proses pembekuan yang bisa tetap menjaga kandungan atau komposisi zat tetap sama seperti saat membeku.

Beberapa contoh manfaat pembekuan adalah frozen food seperti bakso, daging, sayur, sampai mengawetkan makanan.

Baca Juga: Pengertian & Proses Fotosintesis pada Tumbuhan Serta Manfaatnya

Manfaat perubahan wujud benda

Perubahan Wujud Benda
Fortune

Kalau membicarakan manfaat dari proses kimiawi ini bagi kehidupan manusia, tentu jawabannya akan banyak sekali. Hal ini karena proses di atas memiliki keunggulannya dibidang bidang tertentu.

Seperti penguapan bisa menjadi salah satu alternatif para ahli masak untuk membuat bahan masakan yang awet dan tahan lama. Apalagi proses penguapan membuat mikroba dan bakteri yang bisa membuat sebuah barang menjadi busuk mati. Contoh dari peristiwa ini yang biasa banyak dijumpai adalah pembuatan ikan kering atau rumput laut kering dengan cara dijemur dengan sinar matahari.

Selain itu, ada juga konsep mencair yang bisa meningkatkan nilai jual suatu barang sehingga bisa menghasilkan keuntungan. Contohnya emas mentah biji yang dilebur menjadi emas cair yang lantas dipadatkan kembali agar bisa menjadi cincin, kalung, gelang, dan mahkota.

Bila Sedulur masih penasaran bagaimana benda-benda di atas bisa berubah wujud. Maka beberapa praktek sederhana bisa dilakukan sendiri di rumah kok. Tapi tetap harus berhati-hati ya apalagi kalau menggunakan bahan seperti api dan hal lain yang sifatnya beracun atau mudah terbakar.

Nah, itu tadi 6 perubahan wujud benda yang biasa terjadi di sekitar kita. Semoga ilmu di atas bisa memberikan tambahan wawasan dan membuat Sedulur semua makin paham bahwa banyak hal kimiawi yang terjadi tanpa kita sadari.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.