Untuk mempelajari pelajaran bahasa Inggris pemula, salah satu materi yang harus Sedulur hafal dan ingat selalu adalah nama-nama hari dalam bahasa Inggris. Mengetahui dan menghafalkannya sama pentingnya dengan berhitung serta menghafalkan alfabet. 

Agar bisa mengingatnya dengan mudah dan cepat, Sedulur bisa melakukan beberapa kegiatan kreatif seperti mengubahnya menjadi lirik lagu atau ditulis di sebuah flashcard bergambar. Selain itu, menghafalkan juga bisa dilakukan dengan mudah jika terus diulangi dan diikuti dengan beberapa percakapan sederhana. Untuk memahaminya lebih lanjut, berikut adalah nama-nama hari dalam bahasa Inggris dan artinya. Pahami, ya! 

BACA JUGA: 16 Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Baik & Arti

1. Sunday

nama hari dalam bahasa inggris
unsplash

Nama hari dalam bahasa Inggris yang pertama adalah Sunday. Sunday adalah kata dalam bahasa Inggris yang memiliki arti hari Minggu. Sunday bisa dibaca dengan /ˈsʌndeɪ/. Dalam kalender, Sunday biasa disingkat menjadi “Sun”. Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah:

-->
  • The police station is closed on Sundays.
  • Can you come on Sunday evening?
  • Me and my boyfriend go to church every Sunday.

2. Monday

nama hari dalam bahasa inggris
pixabay

Senin dalam bahasa Inggris berarti Monday. Pelafalan dari kata Monday yaitu /ˈmʌndeɪ/. Satu dari nama-nama hari dalam bahasa Inggris yang harus dihafalkan ini bisa disingkat menjadi kata “Mon”, khususnya di kalender. Hari Senin merupakan hari pertama dalam seminggu dan merupakan hari yang cukup macet di kota-kota besar, karena banyak orang yang terburu-buru. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

  • It is the first Monday after I got married.
  • He will lend me a book on Monday.
  • Where did you go last Monday?

BACA JUGA: Cara Belajar Bahasa Korea Sendiri dengan Cepat untuk Pemula

3. Tuesday

nama hari dalam bahasa inggris
pixabay

Hari Selasa alias Tuesday sering dikaitkan dengan pemberian-pemberian nama dari Dewa Tiw yang memiliki hubungan dengan Mars. Akan tetapi, apabila dihubungkan dengan mitologi Yunani, Selasa atau Tuesday merupakan hari yang cukup sial karena adanya suatu peristiwa jatuhnya Konstantinopel. Tuesday merupakan nama hari dalam bahasa Inggris yang dibaca dengan /ˈtjuːzdeɪ/. Tuesday bisa disingkat dengan “Tue” atau “Tues”. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

  • He’s been off work since Tuesday.
  • Dr. White holds a clinic on Tuesday evening.
  • Jayler was slept over on my home on Tuesday night.

4. Wednesday

unsplash

Wednesday merupakan nama hari dalam bahasa Inggris berikutnya yang berarti Rabu. Meskipun terlihat mudah, namun masih banyak orang yang salah dalam melafalkan kata Wednesday. Pelafalan yang tepat dari kata ini bukan sesuai dengan yang ditulis, tetapi berbunyi “wens-day” atau /ˈwɛnzdeɪ/. Umumnya, Wednesday disingkat menjadi “Wed” atau “Weds”. Contoh kalimat dari Wednesday adalah:

  • Next month, I will arrive on Wednesday and leave on Saturday.
  • I’ve got something planned this weekend, but what about Wednesday evening?
  • The Wednesday market is held under the charter of Henry VII.
  • They studied together at the library on Wednesday night.

BACA JUGA: Silsilah Keluarga Kerajaan Inggris Beserta Pewarisnya, Lengkap!

5. Thursday

pixabay

Kamis memiliki arti Thursday, yang ternyata diambil dari nama dewa petir dan badai, yaitu Thor. Satu dari nama-nama hari dalam bahasa Inggris ini bisa dilafalkan dengan /ˈthərzdē/ dan mempunyai singkatan “Thur” atau “Thurs”. Berikut adalah contoh penggunaannya di dalam kalimat:

  • They must hand in their homework by Thursday without fail.
  • On Thursday of the third week, he arrived at the hospital and walked into the room he shared with another man.
  • According to reports, Jayler returned to the police station again on Thursday, October 31.

6. Friday

unsplash

Friday atau Jumat selalu dikaitkan dengan penutup atau akhir minggu yang berat. Sehingga, banyak orang bisa beristirahat pada hari Jumat. Jumat juga merupakan pembuka dari akhir pekan sebelum akhirnya berganti menjadi Sabtu dan Minggu. Bisa diartikan bahwa Jumat merupakan hari yang membahagiakan dan membuat lega sebagian besar orang.

Maka dari itu, tak heran ada istilah TGIF atau Thanks God It’s Friday yang berarti ucapan syukur seseorang yang sudah mencapai hari Jumat untuk dapat beristirahat sejenak. Friday merupakan nama hari dalam bahasa Inggris yang dibaca /ˈfrʌɪdeɪ/. Singkatan dari Friday adalah “Fri”. Di bawah ini adalah penggunaan kalimatnya:

  • If he wasn’t better by Friday, he’d go see the doctor.
  • Jayler left early each Friday afternoon, often returning late on Monday morning.
  • We left the city last Thursday night, and arrived in Bangkok on Friday afternoon.

BACA JUGA: Cara Belajar Bahasa Korea Sendiri dengan Cepat untuk Pemula

7. Saturday

pixabay

Saturday bukan merupakan salah satu dari nama-nama bulan dalam bahasa Inggris, tapi merupakan salah satu nama hari yang berarti Sabut. Kata Saturday bisa dilafalkan dengan /ˈsatədeɪ/ dan disingkat dengan “Sat”. Sabtu merupakan hari libur pada akhir pekan, meskipun sebagian orang masih bekerja atau melakukan kegiatan lainnya pada hari Sabtu. Berikut adalah contoh kalimatnya: 

  • I will meet the old man on Saturday.
  • The police were inundated with calls from people who saw the unexplained lights on Saturday night.
  • It turned up on a Friday and I’d finished watching the Thai-series by Saturday afternoon.

Nah, itu dia informasi lengkap beserta contoh kalimatnya yang bisa Sedulur pelajari. Jadi, apabila ada pertanyaan “sebutkan nama-nama hari dalam bahasa Inggris”, Sedulur tentunya tidak bingung lagi, ya. Sebagai informasi tambahan, ada pula istilah “weekend” dan “weekdays”. Weekend memiliki arti akhir pekan, yaitu Sabtu dan Minggu. Sementara itu, “weekdays” memiliki arti hari kerja, yaitu Senin hingga Jumat.