peraturan permainan bola voli

Sedulur suka bermain voli? Tapi apakah Sedulur mengetahui peraturan permainan bola voli seperti apa? Suka bermain atau bisa bermain voli belum tentu menjamin Sedulur mengetahui terkait peraturan dasarnya. Di sekolah, materi terkait olahraga voli merupakan materi ajar yang wajib.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama terkait peraturan permainan bola voli seperti apa saja. Namun sebelum masuk ke pembahasan aturan voli, alangkah lebih baiknya kita simak dulu penjelasan terkait olahraga satu ini bisa masuk ke Indonesia.

BACA JUGA: Cara Melakukan Passing Bawah Baik & Benar Dalam Bola Voli

Olahraga voli di Indonesia

iStock

Voli merupakan olaharaga paling populer di masyarakat Indonesia. Sehingga tak jarang kerap kita menjumpai hampir di pelosok desa atau perkotaan, pasti memiliki fasilitas bola voli. Tak hanya itu, pada acara-acara besar seperti lomba 17 Agustus.

Olahraga ini juga sering diselenggarakan turnamen yang bertujuan untuk memperkokoh persahabatan antarwarga kampung atau perkotaan. Guna memfasilitasi keberadaan bola voli di Indonesia maka lahirlah organisasi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI).

Meski demikian, jauh sebelum itu, ternyata bola voli benar-benar masuk di Indonesia dimulai sekitar tahun 1928. Olahraga ini masuk ke Indonesia dibawa oleh orang-orang Belanda di masa penjajahan era Belanda.

Saat itu, permainan voli hanya sebatas dimainkan oleh orang-orang Belanda dan kaum bangsawan saja. Sebab, pada masa itu, permainan voli memang hanya dikembangkan oleh guru-guru pendidikan jasmani dari Belanda. Sehingga saat itu, permainan voli hanya dimainkan oleh para tentara dan kerap melangsungkan turnamen antara orang Belanda saja.

Namun lambat laun seiring Belanda tak lagi menjajah Indonesia, olahraga ini mulai populer di kalangan masyarakat Indonesia hingga sekarang. Sehingga sampai saat ini, PBVSI selaku induk olahraga voli Indonesia kerap menggelar turnamen besar bola voli ternama bernama Proliga

Nah setelah mengetahui sejarah olahraga voli di Indonesia di atas, kita masuk ke pembahasan utama terkait peraturan olahraga bola voli. Berikut daftar peraturannya:

1. Peraturan dasar

peraturan permainan bola voli
iStock

Permainan bola voli dilakukan oleh enam pemain tiap tim dengan 4 pemain cadangan. Setiap tim memiliki kesempatan sebanyak tiga kali dalam memukul bola. Pada awal pertandingan, pemain dengan posisi server melakukan servis ke area lawan. Servis dilakukan di luar garis lapangan dan bola harus bisa melewati net.

Peraturan permainan bola voli terdiri dari dua tim. Terdapat empat peran yang harus dimiliki oleh setiap tim, yaitu spiker, setter, server, dan libero. Dari peraturan di atas, maka jumlah minimal satu tim untuk bertanding yaitu empat orang.

Permainan dimulai dengan melempar koin untuk menentukan tim mana yang berhak melakukan servis terlebih dahulu. Servis dilakukan di luar garis lapangan dan bola harus bisa melewati net. Bola dinyatakan out apabila keluar dari garis lapangan.

Berikut ini aturan dasar lainnya, yaitu:

  • Pemain harus melakukan passing, smash, dan teknik lainnya di area lapangannya sendiri. Artinya, pemain tidak boleh sampai melewati batas net atau memasuki area lawan.
  • Bola dinyatakan masuk apabila sudah menyentuh lantai dan berada di dalam garis lapangan permainan.
  • Pemain hanya boleh memukul/memantulkan bola, bukan menangkap atau melemparnya seperti permainan basket. Menangkap dan melempar bola akan dinyatakan sebagai pelanggaran.
  • Pemain boleh menggunakan anggota tubuh mana saja untuk memantulkan bola. Pemain dianggap melakukan pelanggaran apabila memantulkan bola dengan cara menendang.
  • Tidak ada batasan untuk pergantian pemain dan boleh dilakukan berkali-kali.
  • Pemain dilarang menyentuh net secara sengaja maupun tidak sengaja.
  • Berbicara kasar, baik kepada tim lawan maupun wasit, bisa dianggap sebagai pelanggaran.

2. Tugas dan fungsi peran pemain

iStock

Sebagaimana dijelaskan di atas, bahwa dalam olahraga ini terdapat empat peran penting, yaitu spiker, setter, server, dan libero. Berikut ini masing-masing dari tugas dan fungsi dari peran pemain dalam olahraga ini, yaitu:

  • Spiker: spiker berperan sebagai eksekutor serangan dengan melakukan smash atau spik ke wilayah permainan lawan untuk mendapatkan poin.
  • Setter: setter berperan memberikan umpan kepada spiker. Setter dan spiker harus memiliki ikatan yang kuat agar serangan bisa memberikan poin.
  • Server: server merupakan pemain yang bertugas untuk melakukan servis atau pukulan yang menandai dimulainnya permainan.
  • Libero: peran untuk menerima serangan lawan dilakukan oleh libero atau dikenal juga dengan istilah defender.

3. Perhitungan skor

peraturan permainan bola voli
iStock

Perhitungan skor juga merupakan peraturan permainan bola voli, bahkan merupakan peraturan dasar dan penting. Umumnya, permainan bola voli berlangsung selama dua hingga tida set. Dua babak pertama akan menentukan siapa pemenangnya dan apakah diperlukan set tambahan atau tidak.

Jika terdapat tim yang langsung memenangkan dua set secara berturut-turut maka pertandingan tidak perlu dilanjutkan pada set tambahan. Kecuali jika kedua tim sama-sama menang di masing-masing set, babak tambahan menjadi wajib dilakukan.

Sementara itu, untuk perhitungan poin menggunakan sistem rally point dengan jumlah 25 skor. Tim yang mendapatkan skor 25 terlebih dahulu, akan dinyatakan sebagai pemenang. Jika terdapat skor imbang seperti 24-24, maka target poin akan berubah tidak 25 point dan akan ada duece point.

4. Lapangan bola voli

iStock

Perihal lapangan permainan juga merupakan bagian penting dalam peraturan permainan bola voli. FIVB sebagai organisasi dunia yang mengatur dan mengawasi bola voli juga PBVSI yang mengatur di Indonesia, menjelaskan bahwa aturan terkait lapangan voli yaitu:

  • Lebar: 9 meter
  • Panjang: 18 meter
  • Lebar garis: 5 meter.

Bagian penting dalam lapangan bola voli yaitu jaring atau net. Terkait jaring juga terdapat aturan yang wajib dipatuhi, berikut aturannya:

  • Lebar: 1,00 meter
  • Panjang: 9,5 meter
  • Lebar mata jaring: 10 cm
  • Tinggi untuk voli putra: 2,43 meter
  • Tinggi pada voli putri: 2,24 meter.

Apakah Sedulur sadar bahwa di jaring lapangan voli seringkali terdapat antena, sebagai tanda apakah bola mengenai jaring atau tidak. Terkait antena pun ada aturannya, yaitu:

  • Diameter: 1 cm.
  • Panjang: 1,80 meter.
  • Pada bagian samping kiri dan kanan, net harus dipasang antena yang letaknya lurus di atas garis lapangan.
  • Kemudian, antena harus berwarna belang. Selama ini, warna hitam putih yang paling banyak digunakan dan terbuat dari bahan elastis seperti fiber.

5. Bola voli

peraturan permainan bola voli
iStock

Dalam peraturan permainan bola voli, bola voli itu sendiri merupakan bagian penting dalam peraturannya. Ukuran bola pun ada aturannya, tidak sama dengan bola basket atau bola dalam sepakbola. Berikut aturan bola voli yang dimaksud, yaitu:

  • Diameter: 65 – 67 cm
  • Berat: 250 – 280 gram
  • Terdiri dari 12 – 18 jalur/garis
  • Tekanan udara: 0,48 kg/cm2 – 0,52 kg/cm2.

Bahan yang digunakan untuk membuat bola pun berasal dari kulit lunak atau bahan lain yang sejenis. Bentuk bola juga harus bulat sempurna, dengan bagian dalam yang terbuat dari karet. Hal penting lain yaitu warna bola wajib terang.

BACA JUGA: Teknik Mengambil Bola Rendah dalam Bola Voli Secara Tepat

6. Peraturan teknis

iStock

Ini merupakan bagian penting dalam olahraga bola voli, yaitu peraturan teknis. Secara lengkap, peraturan teknis untuk olahraga ini yaitu:

  • Setiap tim diberi hak untuk memainkan bola sebanyak tiga kali. Apabila melebihi jumlah tersebut, maka akan dianggap mati.
  • Seorang pemain tidak boleh memainkan bola sebanyak dua kali berturut-turut. Jika melebihi itu, maka dianggap mati.
  • Dikatakan bola hidup apabila sudah diservis sampai bola mati atau menyentuh tanah.
  • Tim yang melakukan servis jika memenangkan pertandingan berhak mendapatkan satu poin.
  • Sebaliknya, apabila bola tidak bisa dikembalikan, maka ada poin bagi lawan.

Nah itulah penjelasan terkait peraturan permainan bola voli. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur memahami bola voli dan bisa memainkannya lebih baik lagi. Selain membuat sehat, voli juga merupakan olahraga seru yang dapat memberikan rasa bahagia saat memainkannya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.