cara melakukan passing bawah

Tips dan trik cara melakukan passing bawah dalam olahraga voli perlu diketahui, karena banyak kesulitan melakukan gerakan satu ini. Gerakan satu ini merupakan salah satu gerakan kunci dalam melancarkan serangan kepada lawan. Pemain voli pasti menyadari pentingnya menguasai gerakan satu ini.

Kali ini akan kita ulas tuntas bagamana tips dan trik cara melakukan passing bawah dengan baik dan benar dalam olahraga voli. Sebelum kita masuk ke tips dan trik cara melakukannya, kita buka pembahasan kali ini dengan membahas pengertian dari passing bawang dalam olahraga voli.

BACA JUGA: Sejarah Bola Voli: Pengertian, Sejarah, Peraturan & Tekniknya

Pengertian passing bawah dalam olahraga voli

cara melakukan passing bawah
Okezone

Passing bawah bola voli adalah gerakan yang ditujukan kepada kawan setim saat menerima servis dari lawan. Saat lawan melakukan servis, kita sebagai tim harus bersiap menerima servisnya dan kemudian bergegas menyusun serangan kepada lawan itu sendiri.

-->

Cara melakukan passing bawah bola voli yang baik dan benar merupakan kuncian dalam olahraga voli, karena dengan passing bawah yang baik, tim kemudian bisa menyusun serangan balas kepada lawan. Hal ini yang membuat passing bawah dalam voli berperan begitu penting dan sakral.

Gerakan dasar passing bawah

Bahassemua

Lantas bagaimana cara melakukan passing bawah secara urut? Tentu saja agar gerakannya sangat kuat, kita harus mengetahui beberapa gerakan dasarnya terlebih dahulu .Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan agar bisa melakukan gerakan dasar passing bawah:

  1. Gerakan dasar pertama adalah melakukan persiapan, yaitu melakukan kuda-kuda dengan berdiri bersama kedua kaki yang dibuka selebar bahu, dan kedua lulut yang direndahkan hingga berat badan tertumpu pada kedua ujung kaki bagian depan. Tips melakukan persiapan atau kuda-kuda adalah dengan merapatkan dan meluruskan kedua lengan di depan badan hingga kedua ibu jari sejajah. Lalu arahkan pandangan ke depan dan persipan meneriman bola.
  2. Kemudian dorong kedua lengan ke arah dadanya bila bersamaan dengan kudaa lutut dan pinggul yang naik dan tumit terangkat dari lantai. Usahakan untuk mendaratkan bola di tengah-tengah badan. Bola yang baik akan berada tepat pada pergelangan tangan.
  3. Setelah bola berhasil diterima dengan baik, angat tumit dari lantai, lalu pinggul dan lutut naik dengan kedua tangan lurus. Jangan pernah mengalihkan pandangan dari gerakan bola.

Cara melakukan passing bawah

cara melakukan passing bawah
Kumparan

Setelah mengetahui bahwa gerakan tangan yang benar saat melakukan passing bawah bola voli adalah dengan menguatkan gerakan dasar terlebih dahulu, sebagaimana yang telah dijelaskan di atas. Berikut ini adalah langkah dan cara melakukan passing bawah yang baik dan benar secara urut:

  1. Sikap badan berdiri, kedua kaki dibuka selebar bahu, dan kedua lutut agak ditekuk.
  2. Badan agak condong ke depan, pandangan ke arah datangnya bola.
  3. Kedua tangan dirapatkan dan diluruskan di depan badan.
  4. Perkenaan bola pada bidang datar lengan bawah dekat pergelangan.
  5. Saat perkenaan, gerakkan kedua lengan ke atas dengan sumber gerakan dari pangkal bahu, kemudian luruskan kedua tangan.
  6. Gerakan tangan disesuaikan dengan keras atau lemahnya kecepatan bola yang datang.

Passing bawah diperuntukan khusus untuk menerima bola servis yang dilakukan dengan cara melakukan servis bawah yang sempurna. Agar Sedulur lebih paham dan menguasai passing bawah dengan baik, berikut ini adalah tahapan dan cara melakukan passing bawah, jari–jari tangannya dan serta tips lainnya:

BACA JUGA: Pukulan yang Tidak Diperbolehkan dalam Permainan Bola Voli

1. Tahap awal passing bawah

cara melakukan passing bawah
Elevenia

Gerakan kedua lutut yang benar saat melakukan passing bawah bola voli adalah merupakan gerakan dasar atau kuda-kuda, ini penting dilakukan sebagai tahap awal agar bola servis yang diterima bisa diarahkan dengan baik. Selanjutnya ambil langkah dengan kedua kaki yang dibuka selebar bahu.

Lalu tekuk kedua lutut agar badan bisa bertumpu maksimal pada kedua kaki dan bisa seimbang, setelahnya rapatkan kedua lengan di depan badan. Pandangan ke arah datangnya bola, agar bisa melakukan passing dengan sempurna.

2. Pelaksanaan passing bawah

cara melakukan passing bawah
Voliball

Selanjutnya adalah proses pelaksanaannya, yaitu dengan mendorong lengan ke arah datangnya bola. Jangan sampai kehilangan konsentrasi dan fokus, dan pastikan tubuh berada tepat di titik tengah arah datangnya bola. Hal ini bertujuan agar kita lebih mudah untuk mengumpan balik bola. Selalu usahakan bola diterima tepat di pergelangan tangan.

3. Tahap akhir passing bawah

Olahragapedia

Ini merupakan tahap akhir dari cara melakukan passing bawah yaitu dengan mengangkat tumit dari lantai, sambil juga menaikkan pinggul dan lutut dengan kedua tangan yang lurus. Jangan lupa juga untuk mengarahkan bola kepada teman setim, usahakan untuk memantulkan bola dengan kecepatan rendah agar mudah untuk menyusun rencana dan strategi penyerangan.

Perlu Sedulur ketahui, bola voli merupakan olahraga yang unik. Tidak seperti basket yang diharuskan menggenggam bola, dalam olahraga voli bola hanya boleh disentuh saja. Setiap tim hanya boleh melakukan tiga kali sentuhan untuk menyusun serangan, dengan sentuhan akhir sebagai pamungkas baik itu smash yang kuat atau lay-up yang penuh tipu daya. Semuanya bertujuan untuk mendapatkan poin.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai cara melakukan passing bawah disertai beberapa tips yang perlu Sedulur ketahui. Semoga penjelasan di atas bisa membuat Sedulur menjadi lebih paham dan menguasai olahraga voli dan lebih termotivasi berolahraga. Karena mustahil mendapatkan tubuh yang sehat tanpa didukung oleh kegiatan olahraga.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.