Palung mariana

Palung Mariana merupakan tempat terdalam yang pernah ada di muka bumi. Sinar matahari saja pun tidak bisa tembus sampai ke dalam, bahkan seperti kapal selam yang tidak memenuhi syaratpun pun akan langsung hancur berkeping-keping ketika masuk ke palung tersebut. Nah, seperti apa palung yang terkenal paling dalam ini, berikut ulasan selengkapnya.

Apa Itu Palung Mariana?

Palung Mariana adalah palung yang paling dalam yang diketahui terletak di dasar laut sebelah timur kepulauan Mariana barat Samudra Pasifik dekat dengan negara Jepang dan Pulau Guam dan lokasi kedalamannya berada di kerak Bumi. Palung ini merupakan batasan di mana dua lempeng tektonik bertemu, zona subduksi di mana lempeng pasifik disubduksi di bawah lempeng Filipina. Bahkan, kedalaman dari tempat  ini disebut-sebut lebih jauh dari ketinggian Gunung Everest yang berada di atas permukaan laut. Berikut 10 fakta tentang palung terdalam di dunia ini!

BACA JUGA : Begini Arti Haid Menurut Hari, Tanggal, Waktu Primbon Jawa

1. Palung Mariana terletak di dekat Indonesia

Ini Fakta Unik Palung Mariana, Palung Terdalam di Dunia
Kompas

Siapa sangka ternyata letak palung mariana ini sangat dekat dengan Indonesia. Bukan tanpa alasan, palung ini berada di Samudra Pasifik barat dan memiliki bentuk yang unik yaitu berbentuk seperti bulan sabit. Secara jelasnya, palung ini terletak di dasar barat laut Samudra Pasifik, sebelah timur Kepulauan Mariana dengan koordinat 11’ 21’ Lintang Utara dan  142’ 12 Bujur Timur dekat dengan negara Jepang.

BACA JUGA : 30 Menu Masakan Sehari-hari untuk Keluarga Enak dan Bergizi

2. Palung Mariana adalah palung terdalam

Ini Fakta Unik Palung Mariana, Palung Terdalam di Dunia
Tribunnews

Kedalaman Palung Mariana mencapai kurang lebih 10.927 – 11.035 meter 935.798 kaki di bawah permukaan laut atau sekitar 35 kali ketinggian menara eiffel. Meski demikian, karena palung ini berada di khatulistiwa dan Bumi makin menggelembung, jadi tidak sedalam  palung di Atlantik.

BACA JUGA : Silsilah Keluarga Kerajaan Inggris Beserta Pewarisnya, Lengkap!

3. Orang yang pernah ke Palung Mariana

https://www.bbc.com/indonesia/majalah-48262736
BBC

Meski memiliki kedalamaan yang hampir menyentuh kerak bumi, namun pernah ada manusia yang masuk ke palung tersebut lho, walaupun hanya untuk meneliti kehidupan di dalamnya. Penyelam pertama yang pernah masuk ke dalam palung terdalam itu adalah Letnan Angkatan Laut AS Don Walsh dan insinyur asal Swiss bernama Jacques Piccard menumpang kapal selam bernama Trieste. Peristiwa bersejarah itu terjadi pada tahun 1960.

BACA JUGA : Mengenal Alat Musik Siter, Sejarah & Cara Memainkannya

4. Dihuni banyak organisme laut

Ini Fakta Unik Palung Mariana, Palung Terdalam di Dunia
IDN Times

Saking dalam dasarnya, bukan berarti tidak ada kehidupan di palung tersebut. Meski demikian, banyak orang masih bertanya-tanya lantas ada apa di Palung Mariana? Di dalam palung mariana masih terdapat organisme hidup meski bentuknya sangat aneh dan mengerikan, karena cahaya matahari tidak bisa menembusnya. Menurut peneliti, ada sekitar 200 mikroorganisme laut dan makhluk kecil yang bisa hidup di kedalaman palung mariana.

BACA JUGA : Mengenal Tie Dye, Tren Fashion Populer & Cara Membuatnya

5. Ditemukan polutan di dalamnya

Ini Fakta Unik Palung Mariana, Palung Terdalam di Dunia
Kompas

Meski terkenal sangat dalam, namun nyatanya palung tersebut masih menyimpan hal yang bisa membuat orang geleng-geleng kepala. Menurut penelitian dari Universitas Newcaste didapati sebuah temuaan bahan kimia buatan manusia yang telah dilarang penggunaanya pada tahun 1970.

BACA JUGA: 15 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan yang Disebutkan Al-Quran

6. Lebih dalam dibanding tingginya Gunung Everest

Ini Fakta Unik Palung Mariana, Palung Terdalam di Dunia
IDN Times

Diketahui, kedalamannya bisa melebihi tinggi dari gunung tertinggi di dunia yaitu Gunung Everest. Diperkirakan palung ini memiliki kedalaman kurang lebih sekitar 36.201 kaki atau 11.304 meter. Sementara itu, Gunung Everest memiliki ketinggian sekitar 29.035 kaki atau sekitar 8.850 meter.

BACA JUGA : 5 Moisturizer Terbaik Untuk Melembabkan Kulit & Tetap Glowing

7. Challenger Deep titik terdalam Palung Mariana

Okezone

Seperti diketahui, palung mariana terdiri atas beberapa daerah parit dengan lembah yang curam. Bagian terdalam disebut dengan Challenger Deep. Diperkirakan titik terdalam di palung ini memiliki kedalaman sekitar seribu kaki atau setara dengan 305 meter.

BACA JUGA: 15 Topik Pembicaraan Menarik Agar Obrolan Kamu Makin Asyik!

8. Ada sampah plastik dalam Palung Mariana

kaskus

Ulah jahil manusia ternyata membuat palung terdalam di dunia tersebut sedikit tercemar dengan sampah plastik. Sebab, kejadian ini pernah disaksikan oleh tim peneliti menggunakan robot. Dimana dalam ekspedisi tersebut, didapati jutaan ton sampah mengendap di dasar tempat terdalam di muka bumi ini

BACA JUGA : RAMALAN ZODIAK: November 2021, Ada Kabar Baik Pisces, Libra, Virgo

9. Tekanan sangat tinggi

BBC

Dalamnya tempat ini membuat siapapun tentu tidak berani menyelam meski sudah perlengkapan penyelaman seperti menggunakan tabung oksigen sekaligus. Sebab, tekanan di tempat ini sangat kuat dan tidak seorang pun bisa menyelam tanpa perlengkapan teknologi yang mendukung.

Di sisi lain, gendang telinga seseorang akan tertekan khususnya area keseimbangan. Hal ini berkaitan dengan kedalaman Palung Mariana yang dikatakan bisa mencapai sekitar 11 km tekanan tertingginya bisa mencapai 8 ton per inchi persegi. Jadi, hampir mustahil manusia masuk ke dalamnya hanya bermodalkan tabung oksigen dan perlengkapan penyelaman yang sederhana.

BACA JUGA: Ini Penyebab Kucing Muntah Kuning dan Cara Mengobatinya

10. Zona misterius

Tempo

Paluang Mariana  diselimuti berbagai hal misterius. Zona misterius dalam arti ini adalah minim sekali eksplorasi. Kedalaman lautan sudah terbagi menjadi empat zona. Berdasarkan penelitiannya terdapat zona litoral dan juga zona bathyal mewakili permukaan laut hingga kedalaman 3 km ke bawah. Sementara itu, zona abisal memiliki kedalaman  mencapai 6 km dan terakhir zona handal untuk menyebut tingkat kedalamannyaa berapapun yang melebihi 6 km bawah permukaan laut.

Demikian ulasan 10 fakta menarik mengenai kedalaman palung mariana dan juga sisi misterinya yang belum bisa pecahkan. Semoga menambah pengetahuan buat Sedulur ya.