topik pembicaraan

Ngobrol atau berbincang merupakan salah satu konstruksi sosial yang penting untuk memelihara sebuah hubungan. Ya, walaupun harus diakui jika cara mencari topik pembicaraan itu memang tidak mudah. Terlebih lagi, jika kita berbicara dengan orang asing atau orang yang baru dikenal. Takut kata-kata yang diucapkan tidak tepat, dan justru membuat situasi menjadi canggung.

Seperti yang telah diketahui, bahwa mencari topik pembicaraan yang menarik itu tidak mudah. Kebanyakan orang tidak mau memulai obrolan karena takut akan menyinggung lawan bicara. Namun tidak perlu khawatir, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa topik yang bisa Sedulur jadikan sebagai bahan obrolan.

Lalu apa sajakah itu? Langsung saja, simak info topik pembicaraan yang menarik untuk wanita dan pria yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: Memahami Apa Itu Komitmen Dalam Hubungan Percintaan

1. Mulai dengan membahas cuaca

topik pembicaraan
pexels

Tentu saja, basa basi itu terkadang terasa sangat menyebalkan. Namun hal itulah yang akan menjadi awal Sedulur mendapatkan topik pembicaraan. Ini adalah pondasi terbaik untuk saling membangun sebuah dialog yang panjang. Jadi Sedulur bisa memulai pembicaraan dengan membicarakan cuaca, contohnya betapa dinginnya hari ini atau suhu udara yang lebih panas dari kemarin.

Topik tersebut dapat memberi Sedulur banyak jalan untuk melakukan eksplorasi secara lebih lanjut. Selain itu, Sedulur juga bisa menggunakannya sebagai segmen geografis, bagaimana tempat tinggal Sedulur yang sebelumnya, bagaimana cara untuk mengantisipasi perubahan musim berikutnya, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Melayangkan pujian

topik pembicaraan
pexels

Banyak yang bilang jika melayangkan pujian adalah topik pembicaraan pdkt terbaik. Coba saja Sedulur gunakan topik yang satu ini ketika mulai kesulitan untuk menemukan kalimat pembuka obrolan. Pujian langsung yang menyanjung penerima, akan membuat lawan bicara merasa akrab dan hangat, kemanapun arah pembicaraan nantinya.

Akan tetapi, berikan pujian yang tulis dan spesifik. Jika tidak, maka topik pembicaraan tetap tidak akan ditemukan. Justru lebih beresiko untuk membuat orang tersebut menjadi asing. Biarkan saja orang lain bicara mengenai sumber pujian. Apabila topiknya sudah habis, maka Sedulur bisa melanjutkan topik pembicaraan lagi terkait dengan hal tersebut.

BACA JUGA: 10 Shampo Penumbuh Rambut Terbaik Agar Kembali Lebat

3. Meminta tolong

topik pembicaraan
pexels

Minta bantuan atau pertolongan adalah salah satu cara atau trik untuk mendapatkan topik pembicaraan buat cowok. Untuk beberapa alasan, hubungan yang melekat antara satu orang dengan yang lainnya itu bisa dipicu pada saat salah satu pihak melakukan kebaikan pada pihak lain. Jadi bisa dibilang, Sedulur bisa memanfaatkan permintaan tolong untuk mendapatkan topik.

Permintaan tolong ini juga bisa membuat lawan bicara merasa lebih terbuka untuk mendengar apapaun yang kita katakan. Bantuan yang dimaksud ini, tidak harus berupa isyarat yang besar maupun sesuatu yang aneh. Sedulur bisa meminta bantuan-bantuan sederhana seperti menanyakan tugas besok atau meminjam buku pelajaran.

4. Bicara soal tempat

topik pembicaraan
pexels

Sedulur bisa memulai percakapan dengan membicarakan soal tempat yang sedang ditempati. Ini adalah salah satu cara cari topik pembicaraan yang sangat efektif. Terlebih lagi, Sedulur juga dapat melakukannya dimana saja, kapan saja, dan juga dengan siapa saja. Misalnya saat di kantor, Sedulur bisa membicarakan perubahan di tentang tempat parkir atau ruang istirahat.

Tidak masalah, semua ini masih dilakukan dengan tujuan untuk menemukan topik yang terbaik, khususnya dengan lawan jenis. Yang perlu dilakukan, yakni hanya menemukan sesuatu di sekitar pandangan mata yang juga bisa dilihat oleh lawan bicara. Hal ini akan menciptakan sebuah hubungan simpatik secara instant.

BACA JUGA: Review: Manfaat Serum Scarlett Acne, Atasi Masalah Jerawatmu

5. Pengamatan sekitar

topik pembicaraan
pexels

Sedulur bisa mencoba mengamati sekitar untuk menemukan sesuatu yang bisa dikaitkan dengan topik diskusi yang akan dibangun. Dapat dikatakan jika pengamatan ini juga menjadi salah satu cara untuk mencari inti pembicaraan yang cukup menarik bagi para pria, lho.

Tunjukkan sesuatu yang Sedulur lihat, dan tanyakan kepada lawan bicara tentang pendapat mereka akan hal tersebut. Misalnya saja seperti benda bekas kejadian yang baru berlangsung. Kemudian lanjutkan dengan serangkaian percakapan yang mengarah ke tujuan Sedulur secara bertahap. Namun tetap hindari percakapan-percakapan yang terkesan memaksa.

6. Sampaikan lelucon

topik pembicaraan
pexels

Tidak ada orang di dunia ini yang tidak suka dengan lelucon. Oleh karena itu, sampaikan topik pembicaraan lucu yang bersih dan cerdas untuk membuat lawan bicara tersenyum atau bahkan tertawa. Hal ini dapat membuat Sedulur bisa langsung menciptakan sebuah hubungan yang simpatik dan bisa bertahan dalam percakapan yang panjang.

Apabila Sedulur adalah orang yang suka dan sudah terbiasa bercanda, tentu saja melontarkan lelucon ini bukan hal yang sulit. Dengan lelucon yang sudah direncanakan sebelumnya, maka Sedulur bisa menemukan lelucon yang bisa digunakan untuk memulai topik pembicaraan.

7. Menanyakan acara

topik pembicaraan
pexels

Jika Sedulur sedang berada dalam suatu acara dan bertemu dengan orang baru yang ingin dikenal, maka bisa menanyakan tentang acara yang berkaitan. Satu hal yang bisa diambil dalam pertemuan Sedulur dengan orang tersebut, yakni kalian memiliki hobi atau kesukaan yang sama. Jadi misal kalian bertemu di acara konser musik, maka kemungkinan besar kalian punya band favorit yang sama.

Nah, beberapa pertanyaan yang bisa Sedulur lontarkan, seperti apakah orang tersebut pernah menonton band favorit di tempat konser yang lain? Sedulur juga bisa bertanya, apakah si lawan bicara hafal semua lagu dari band tersebut?

8. Mengarahkan topik dengan bertanya

topik pembicaraan
pexels

Alih-alih membuka percakapan secara langsung ke topik pembicaraan yang utama, Sedulur bisa mencari pertanyaan yang terkait untuk mengarahkan lawan bicara terlebih dahulu. Misalnya saja Sedulur sedang ini belajar membuat sebuah makanan, maka bisa membuka pembicaraan dengan menanyakan apakan si lawan bicara pernah mencoba makanan tersebut atau belum.

Setelah itu, baru Sedulur melanjutkan pembicaraan secara bertahap ke pembicaraan makanan yang akan dibuat. Tidak hanya makanan yang akan dibuat saja, Sedulur juga bisa memancing lawan bicara untuk membicarakan makanan-makanan yang lain.

BACA JUGA: 12 Manfaat & Posisi Cuddling yang Baik Untuk Kesehatan

9. Bicara tentang hobi

pexels

Apakah Sedulur sedang bingung menentukan topik pembicaraan chat dengan pacar agar tidak bosan? Coba saja untuk membicarakan hobi pacar atau lawan chat. Hampir semua orang suka diajak bicara tentang hobi yang mereka miliki. Kemudian, secara perlahan Sedulur ungkapkan juga ketertarikan dengan hobi lawan chat.

Misalnya lawan chat Sedulur suka bernyanyi, maka bisa menanyakan tentang lagu favorit atau penyanyi favorit. Sedulur juga bisa mengungkapkan lagu dan penyanyi favorit Sedulur sendiri. Dijamin, nantinya akan timbul diskusi yang sangat menyenangkan.

10. Menanyakan kisah mereka

pexels

Sebelum Sedulur menanyakan hal ini, pastikan terlebih dahulu di orang yang akan diajak bicara memiliki sifat friendly. Jika sudah dipastikan, langsung saja tanyakan kisah mereka tanpa perlu ragu. Hal ini akan menjadi topik pembicaraan yang menarik dan mengundang mereka untuk menceritakan kisah dan hidupkan yang mereka miliki.

Untuk membangun sebuah percakapan yang lebih intens, Sedulur juga bisa melayangkan beberapa pertanyaan pancingan yang berkaitan. Nantinya percakapan tersebut akan bertahan lama, sampai Sedulur benar-benar mengetahui kisah si lawan bicara.

11. Bicarakan sosial media

pexels

Untuk saat ini, hampir semua orang punya akun media sosial. Seperti yang telah diketahui, salah satu cara untuk memulai pertamanan adalah dengan saling mengikuti di media sosial. Hal ini bisa Sedulur jadikan sebagai topik pembicaraan yang menarik, karena kalian bisa saling update informasi yang sedang viral di dunia maya.

Tidak hanya itu, media sosial ini juga bisa Sedulur jadikan sebagai bahan diskusi. Coba saja temukan ketertarikan Sedulur dengan hal yang viral di dunia maya tersebut. Jika kebetulan kalian memiliki ketertarikan yang sama, tentu saja pembicaraan akan berjalan lama. Namun perlu untuk diingat, jangan terlalu berlebihan dalam membicarakan hal tersebut.

12. Bicarakan hal-hal favorit

pexels

Segala hal favorit bisa Sedulur jadikan sebagai topik pembicaraan yang sangat menarik. Misalnya saja seperti makanan, minuman, tokoh kartun, film, dan lain sebagainya. Pembicaraan tentang hal favorit tersebut bisa saja berlangsung dalam waktu yang lama, terlebih lagi kalian punya hal favorit yang sama. Mungkin saja kalian tidak akan kehabisan bahan yang dapat dibicarakan.

Sedulur tidak perlu ragu untuk menanyakan tentang film favorit mereka, lagu yang sering didengarkan, channel YouTube yang sering ditonton, dan lain sebagainya. Itu semua bisa Sedulur jadikan sebagai modal untuk mendapatkan topik yang menarik untuk kenalan atau teman baru.

BACA JUGA: 9 Fakta Ikan Nilem, Ikan Kecil yang Bisa Menghilangkan Stress

13. Bicarakan soal asmara

pexels

Dalam hal ini, mungkin beberapa orang lebih tertutup. Namun tidak sedikit orang yang terbuka untuk membicarakan perihal asmara tersebut. Jadi jika Sedulur sudah tahu lawan bicara cukup terbuka untuk membicarakan soal asmara, maka bisa menjadikan hal itu sebagai topik pembicaraan awal yang menarik.

Setiap orang pasti mempunyai pengalaman dan cerita percintaan tersendiri. Sedulur pasti akan terikat pada saat berempati dengan kisah emosional dengan si lawan bicara. Setelah itu, Sedulur bisa memberikan saran hubungan agar si lawan bicara tidak mengulangi kesalahannya kembali.

14. Membicarakan rencana masa depan

pexels

Setiap orang pasti punya mimpi yang ingin diwujudkan. Dan ini adalah topik yang cocok digunakan saat ngobrol dengan orang-orang yang memang sudah dekat dengan Sedulur. Tanyakan impian dia untuk masa depan, apa yang ingin diwujudkan, dan apa saja usaha yang harus dilakukan untuk menggapai impiannya tersebut.

Oh iya, jangan lupa untuk menawarkan bantuan terkait dengan rencana si lawan bicara. Selain itu, Sedulur juga bisa memberikan saran dan juga komentar. Namun jangan potong pembicaraannya, karena itu akan menimbulkan kesan bahwa Sedulur tidak menghargai dia.

15. Meminta pendapat

pexels

Bisa dibilang ini adalah salah satu jalan untuk mendapatkan topik pembicaraan yang paling efektif. Ya, jadi Sedulur bisa meminta pendapat dari si lawan bicara akan suatu hal. Misalnya saja Sedulur sedang ingin membeli sepatu. Cobalah meminta pendapat pada lawan bicara tentang sepat yang terbaik menurut dia.

Cara yang satu ini bisa lebih efektif jika lawan bicara juga tahu menahu akan hal yang ditanyakan. Dijamin dia tidak akan memberikan saran pilihan saja, namun lengkap dengan alasannya. Bahkan setiap Sedulur menanyakan pertanyaan lain yang berhubungan, si lawan bicara akan terus menjawab sampai Sedulur mengikuti saran yang diberikan olehnya.

Itulah beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan untuk mencari dan memulai topik pembicaraan. Walaupun terkesan mudah untuk dilakukan, namun pastikan kata-kata yang digunakan tidak menyakiti lawan bicara dan membuatnya merasa tidak nyaman.

Selain digunakan dalam percakapan secara langsung, beberapa poin di atas juga bisa Sedulur jadikan sebagai topik pembicaraan WA. Pilih saja poin yang paling tepat agar obrolan terasa menyenangkan.