silsilah kerajaan inggris

Bagi yang menyukai sejarah kerajaan, menyimak informasi mengenai silsilah kerajaan Inggris merupakan hal yang sangat menarik. Bak di dunia dongeng, realitas yang terjadi di Inggris memang persis dengan kehidupan yang digambarkan dalam novel dan film yang bertemakan kerajaan.

Kehidupan telah modern dan sistem kerajaan yang cenderung diskriminatif telah ditinggalkan. Inggris merupakan salah satu negara yang mempertahankan hal tersebut. Baru-baru ini, kerajaan Inggris mengumumkan tentang kesehatan Ratu Elizabeth yang sedang kritis. Hal tersebut memunculkan pertanyaan terkait silsilah kerajaan Inggris.

Namun sebelum masuk ke pembahasan terkait silsilah dan penerus tahta kerajaan Inggris, ada baiknya kita simak terlebih dahulu bagaimana sejarah singkat kerajaan Inggris terlebih dahulu.

BACA JUGA: 11 Negara Tertua di Dunia, Berdasarkan Sejarah

-->

Sejarah singkat kerajaan Inggris

Sejarah Singkat Kerajaan Inggris
freepik

Mari mundur terlebih dahulu ke beberapa abad yang lalu. Pada abad ke-5 dan ke-6, Inggris wilayah yang didatangi oleh bangsa Jermanik dan kemudian mengembangkan peradaban yang dikenal dengan istilah Anglo-Saxon. Sejarah mencatat banyak peristiwa yang menjadi momentum terkait dinamika kehidupan Inggris itu sendiri.

Seiring dengan berjalannya waktu, Inggris merupakan salah satu negara dengan sistem kerajaan yang paling maju. Hal tersebut ditandai dengan munculnya revolusi industri di Inggris dan memulai penjajahan ke seluruh bagian dunia. Pada titik ini, silsilah kerajaan Inggris mulai menjadi lebih menarik karena daerah kekuasaannya yang luas.

Imperium Britania Raya (Kekaisaran Inggris) dimulai pada 1897 dengan penguasaan wilayah yang mencakup di benua Asia, Australia, Afrika dan Amerika. Inggris pun menjadi negara adidaya, disegani oleh negara dan kerajaan yang ada di Eropa hingga menjadi salah satu negara dengan wilayah kerajaan yang luas.

BACA JUGA: Kabar 11 Anak Soekarno dan Kisahnya

Kurang lebih, penjelasan di atas bisa menjadi dasar yang cukup untuk menjelaskan bagaimana silsilah keluarga kerajaan Inggris terjadi. Kerajaan Inggris silsilah pun dimulai dengan Ratu Anne, hal tersebut merujuk pada sejarah resmi yang keluarkan oleh kerajaan Inggris. Yuk, kita simak lebih lengkap lagi informasinya dalam pembahasan di bawah ini:

1. Ratu Anne Stuart

silsilah keluarga kerajaan inggris
quora

Akar dari silsilah kerajaan Inggris dapat dirunut dari Ratu Anne Stuart circa 8 Maret 1702. Saat itu, Ratu Anne resmi menjadi pemimpin tertinggi bagi kerajaan Inggris saja. Baru pada 1 Mei 1707, Ratu Anne juga merupakan penguasa dari kerajaan Skotlandia dan Irlandia. Penyatuan tiga kerajaan tersebut bertahan hingga saat ini.

Ratu Anne menikah dengan Pengeran George dari Denmark dan tidak melanjutkan tahta kerjaan kepada Marga Stuart, marga Ratu Anne. Namun kekuasaan berpindah kepada marga Hanover. Sejak saat itu, penerus tahta kerajaan Inggris pun berpindah dari marga Stuart ke marga Hanover.

2. Raja dan Ratu Dinasti Hanover

kerajaan inggris silsilah
wikimedia

Marga Hanover memimpin silsilah kerajaan Inggris dalam waktu yang sangat panjang. Tercatat dalam sejarah resmi kerajaan Inggris, marga Hanover berkuasa dari 1714 hingga 1910. Sejak kematian Ratu Anne, kerajaan Inggris memiliki undang-undang baru yang secara jelas melarang penerus tahta berasal dari marga Stuart.

Dari dinasti Hanover, terdapat 5 raja dan 1 ratu yang memimpin Inggris. Yaitu:

  • George I (memerintah 1714–1727)
  • George II (memerintah 1727–1760)
  • George III (memerintah 1760–1820)
  • George IV (memerintah 1820–1830)
  • William IV (memerintah 1830–1837)
  • Victoria (memerintah 1837–1901)

Ratu Victoria merupakan pemimpin kerajaan Inggris dari dinasti Hanover yang memimpin dalam waktu yang lama, yaitu 63 tahun 216 hari. Ratu Victoria berhasil mempertahankan sistem monarki Inggris dan mempertahankannya sebagai institusi politik seremonial. Hal tersebut dapat dilihat dan bertahan hingga saat ini.

BACA JUGA: Fakta Menarik Filosofi 11 Bendera ASEAN yang Jarang Diketahui

3. Raja Edward VIII dan George VI

silsilah kerajaan inggris dari awal
theguardians

Setelah marga Hanover, silsilah kerajaan Inggris berlanjut pada marga Saxe-Coburg dan Gotha. Marga ini merupakan marga dari Raja Edward VIII, anak dari Ratu Victoria itu sendiri. Namun, marga yang dibawa Raja Edward VIII terdapat garis keturunan dari ayahnya. Hal ini yang menjadi momentum pergantian dari dinasti Hanover ke marga Saxe-Coburg dan Gotha.

Meski terbilang singkat menjadi Raja Inggris, Edward VII terbilang sukses menjadi pemimpin kerajaan di tengah masa sulit ketika negara-negara di Eropa berada dalam kondisi yang sangat panas saat peperangan. Selepas Edward VII selesai menjadi Raja, tahta diteruskan oleh adiknya George VI. George VI merupakan ayah dari Ratu Elizabeth. Elizabeth sendiri adalah anak tertua dari George VI.

4. Dinasti Windsor

ratu elizabeth
indozone

Silsilah kerajaan Inggris selanjutnya diteruskan oleh dinasti Windsor. Windsor sendiri sebenarnya adalah marga Saxe-Coburg. Pada 1917 saat perang dunia pertama meledak di Eropa, George VI resmi mengganti nama marga dari Saxe-Coburg menjadi Windsor. Hal tersebut disebabkan oleh nama Saxe-Coburg yang identik dengan Jerman, sementara Jerman tengah menjadi isu sensitif saat itu.

Pilihan pergantian nama tersebut lebih bersifat politis. Marga Windsor menjadi penguasa tahta Inggris ditandai dengan naiknya Ratu Elizabeth 1 sebagai pemimpin kerajaan. Para pengamat kerajaan memprediksikan bahwa Inggris akan terus dipimpin oleh dinasti Windsor setidaknya dalam beberapa puluh tahun ke depan, hal tersebut disebabkan suksesor Queen Elizabeth merupakan orang-orang yang cakap dan piawai dalam mengurus kerajaan.

BACA JUGA: 10+ Gunung Tertinggi di Dunia & Asalnya yang Jarang Orang Tahu

Daftar pewaris kerajaan Inggris

ratu elizabeth 1
miror

Dari garis keturunan silsilah kerajaan Inggris Ratu Elizabeth, terdapat beberapa nama yang berhak meneruskan tahta kerajaan jika kemudian sang ratu berpulang. Hal ini sedang ramai dibicarakan, mengingat kerajaan Inggris baru-baru ini mengumumkan kondisi kesehatan Queen Elizabeth  tersebut. Berikut urutan daftar nama yang berhak menjadi pewaris tahta:

  1. Pangeran Charles, Price of Wales
  2. Pangeran William, Duke of Cambridge
  3. Pangeran George, Prince of Cambridge
  4. Putri Charlotte, Princess of Cambridge
  5. Pangeran Louis, Prince of Cambridge
  6. Pangeran Harry, Duke of Sussex
  7. Master Archie Harrison
  8. Pangeran Andrew, Duke of York
  9. Putri Beatrice, Princess of York
  10. Putri Eugenie, Pincess of York
  11. Pangeran Edward, Earl of Wessex
  12. James, Viscount Severn
  13. Lady Louse Windsor
  14. Putri Anne
  15. Peter Phillips
  16. Savannah Phillips
  17. Isla Phillips
  18. Zara Tindall
  19. Mia Tindall
  20. David Armstrong-Jones, Earl of Snowdon
  21. Charles Armstrong-Jones, Viscount Linley
  22. Lady Margarita Armstrong-Jones
  23. Lady Margarita Armstrong-Jones
  24. Lady Sarah Chatto
  25. Samuel Chatto
  26. Arthur Chatto

Ke-26 daftar pewaris tahta di atas diurutkan berdasarkan silsilah dari keturunan Ratu Elizabeth, adik-kakak, dan kerabat lainnya. Sesuai dengan peraturan pemerintah yang menganut sistem monarki tersebut. Urutan ketiga dari daftar di atas merupakan urutan terkuat yang dapat menjadi penerus tahta.

Sekian pembahasan terkait silsilah kerajaan Inggris dari awal hingga saat ini. Semoga bisa menambah wawasan Sedulur terkait informasi penting yang berkaitan dengan dunia. Inggris merupakan salah satu negara maju yang adidaya. Sudah seharusnya kita mengetahui informasi ini, terutama bagi Sedulur yang terobsesi dengan Inggris yang ingin mengunjungi negera tersebut suatu saat nanti.