30 Menu Masakan Sehari-hari untuk Keluarga Enak dan Bergizi

Yuk mari kita simak referensi menu masakan sehari hari untuk inspirasi masakan di rumah.

Banyak sekali menu masakan sehari hari untuk keluarga yang bisa kita buat dan sajikan sebagai makan di rumah. Biasanya menu masakan sehari hari murah dan juga menu sehari hari yang bervariasi. Agar tidak bosan untuk makan.

Biasanya para ibu rumah tangga sudah memikirkan menu masakan sehari hari untuk 1 bulan. Masing-masing dari masakan, pasti terdapat menu masakan sehari hari untuk anak. Oleh karena itu, ibu rumah tangga pasti memiliki daftar resep masakan sederhana sehari-hari dan daftar resep masakan sehari-hari mudah dan praktis.

Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas menu masakan harian sederhana dan juga beberapa menu masakan sehari-hari yang enak dan bergizi. Yuk, langsung saja kita simak ulasannya.

Baca Juga: Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan di Microwave

Menu Masak Sehari Hari yang Enak dan Bergizi

1. Sayur Tauge

Sayur Tauge

Menu masakan sehari hari yang pertama adalah sayur tauge. Tauge merupakan kecambah yang berasal dari biji kedelai. Memasak menu masakan ini sangat mudah. Tidak membutuhkan banyak bahan. Kita hanya membutuhkan tauge, bawang putih, bawang merah dan tomat.

Cara membuatnya pun mudah. Kita bersihkan terlebih dahulu tauge, dan rendam di air sebelum mulai dimasak. Lalu, siapkan wajan dengan minyak untuk menumis bawang putih, bawang merah dan tomat. Setelah layu, masukan sayur tauge dan bumbu perasa sesuai selesar.

2. Sayur Tahu

Sayur Tahu

Menu masakan sehari hari kedua adalah sayur tahu. Sayur tahu merupakan masakan yang sangat mudah untuk dijadikan menu makan harian. Selain murah, cara membuatnya juga sangat mudah. Kita hanya tinggal menyiapkan tahu, yang sudah digoreng. Dan memasukannya dengan berbagai macam bumbu.

Bumbu disarankan telah dihaluskan dan kemudian ditumis, sebelum kemudian ditambahkan kuah untuk merebus sayur tahu.

3. Tempe Bacem

Bagi Sedulur yang menyukai makanan manis, tempe bacem bisa menjadi pilihan sebagai menu masakan sehari hari. Siapkan tempe sesuai kebutuhan, lalu siapkan bawang putih yang telah dihaluskan. Tumis bawang putih, setelah wangi, masukan kecap dan garam sesuai selera.

Setelah matang, tambahkan air sedikit dan juga tempe. Biarkan bumbu meresap ke dalam tempe. Dan tempe bacem pun telah selesai dan siap dinikmati. Menjadikan tempe bacem sebagai menu masakan sehari hari merupakan pilihan tepat bagi yang membutuhkan makanan dengan cara mudah.

4. Orek Telur

Orek Telur

Menu masakan ini sangat disarankan untuk pekerja atau mahasiswa yang sedang kos. Karena membuatnya sangat mudah sekali. Tinggal goreng telur, aduk-aduk hingga bubuk dan masukan garam sesuai selera. Orek telur sebagai menu masakan sehari-hari pun telah siap kita santap

5. Perkedel

Perkedel

Membuat perkedel memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Pasalnya menu masakan sehari hari yang terbuat dari kentang ini membutuhkan waktu lama untuk menggoreng kentang terlebih dahulu, sebelum dihancurkan dan dicampurkan dengan telur dan bumbu lainnya.

Setelah kentang, telur dan bumbu-bumbu tercampur. Kita tinggal mencetak perkedel sesuai selera dan menggorengnya dengan tingkat kematangan sesuai selera.

6. Telor Balado

Telor Balado

Membuat telor balado sebagai menu masakan sehari-hari sangat mudah. Kita tinggal menyiapkan cabai merah, bawang merah dan bawang putih yang dihaluskan. Lalu goreng terlebih dahulu telor hingga matang.

Masukan bumbu yang telah dihaluskan ke dalam wajan, tumis hingga masak. Lalu tambahkan garam, gula dan penyedap rasa sesuai selera. Setelah pas, masukan telur balado dan aduk rata dengan bumbu balado. Menu masakan telor balado pun siap disajikan.

7. Bihun Goreng

Bihun Goreng

Bihun goreng merupakan menu yang umum kita temui di setiap penjual nasi goreng. Karena memang menjadikan bihun goreng sebagai menu masakan sehari hari adalah hal yang mudah dan juga enak. Selain itu, bihun goreng juga sangat murah membeli bahan-bahannya.

8. Rendang

Rendang

Rendang merupakan menu makanan favorit banyak orang. Bahkan rendang sempat menempati urutan pertama dalam daftar World’s 50 Most Delicious Food oleh CNN pada tahun 2011 yang lalu.

Menjadikan rendang sebagai menu masakan sehari hari adalah pilihan tepat. Karena rendang pasti sangat disukai banyak orang dan akan membuat lahap orang rumah setiap kali makan. Rendang dapat meningkatkan gairah makan kita.

9. Gulai

Gulai

Ide menu masakan sehari hari selanjutnya adalah gulai, gulai merupakan menu makanan yang menjadi ciri khas di pulau Jawa dan Sumatera. Gulai merupakan makanan dengan kuah yang terbuat dari bumbu rempah yang memiliki cita rasa gurih.

Ciri khas dari Gulai adalah kuahnya yang berwarna kuning dan kental. Bumbu gulai diracik dari berbagai rempah seperti kunyit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, adas, pala, serai, jintan, serta kayu manis. Membuat gulai bisa menggunakan daging ayam, sapi atau kambing.

10. Kambing Panggang

Kambing Panggang

Jika membutuhkan menu masakan sehari hari yang agak mewah dan berbeda. Kita bisa mencoba untuk memasak kambing panggang. Terutama bagi Sedulur yang mempunyai oven di rumah, Sedulur bisa mencoba resep masakan khas mesir yang satu ini.

Kambing panggang merupakan ide masakan yang akan membuat orang rumah bergairah untuk makan. Kita hanya perlu mengoleskan bumbu pada permukaan kambing hingga rata, kemudian panggang dalam suhu 200 derajat Celcius hingga matang, atau panggang selama kurang lebih sekitar 45 menit.

11. Sop Daging

Sop Daging

Jika Sedulur ingin menikmati olahan daging berkuah namun tidak bersantan sebagai menu masakan sehari hari, maka sop daging adalah pilihan yang tepat. Menu makanan satu ini merupakan olahan daging dalam kuah kaldu sapi bening yang bisa ditambah dengan irisan sayuran.

Sayuran yang digunakan biasanya adalah kentang, wortel, buncis, kubis, tomat, serta daun bawang dan seledri dalam rebusannya. Untuk menambah citarasanya, Kita juga bisa menambahkan tulang sumsum atau tetelan dalam sop.

12. Tongseng Daging

Tongseng Daging

Menu masakan sehari hari selanjutnya adalah tongseng daging. Jika secara umumbanyak masyarakat yang menganggap bahwa tengkleng dan tongseng adalah sama. Namun kedua makanan tersebut jelas beda. Perbedaan terletak pada bahan dasar daging yang digunakan

Jika umumnya tengkleng menggunakan daging kambing, tongseng merupakan menu makan yang menggunakan daging sapi. Makanan ini serupa gulai, namun menggunakan bumbu rempah seperti jahe, cengkeh, kayu manis, biji pala, daun jeruk, serta batang serai. Sangat cocok untuk dijadikan menu makan harian.

13. Tengkleng

Tengkleng

Tengkleng merupakan makanan khas Solo. Olahan daging ini mirip seperti gulai kambing, namun memiliki kuah yang lebih encer. Tengkleng merupakan hidangan yang terdiri dari tulang, daging serta jeroan kambing dengan kuah santan beraroma rempah yang memikat.

Bumbu yang digunakan untuk mengolah tengkleng tidak jauh berbeda dengan bumbu gulai. Untuk menambah citarasa, kita juga bisa menambahkan taburan bawang goreng pada saat penyajiannya. Menjadikan tengkleng sebagai menu masakan sehari hari akan sangat menggugah selera makan orang rumah.

14. Rawon Surabaya

Rawon Surabaya

Rawon merupakan makanan khas orang Surabaya di Jawa Timur. Olahan daging yang konon merupakan makanan favorit raja-raja pada masa lalu ini memiliki kuah berwarna hitam. Warna hitam tersebut berasal dari buah kluwak.

Selain kluwak, masakan ini menggunakan rempah-rempah lain seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, lengkuas, jahe, serai, daun jeruk, serta daun salam. Kita juga bisa menambahkan tauge atau sayuran lain sebagai pelengkap.

Orang Surabaya sudah sangat rutin menjadikan rawon sebagai menu masakan sehari hari mereka. Karena makanan satu ini merupakan ciri khas makanan dari kota pahlawan.

Baca Juga: 10 Resep Rawon Surabaya yang Menggugah Selera. Yakin Nggak Mau Coba?

15. Kepiting Pedas

Kepiting Pedas

Jika sekali-kali ingin menjadikan kepiting sebagai menu masakan sehari hari tidak ada salahnya. Walaupun memang bahan yang dibutuhkan sangat sulit didapat. Kepiting merupakan makanan laut yang agar ribet memakannya.

Namun, ribet dalam memakannya sebanding dengan kelembutan daging kepiting yang sangat halus dikunyah oleh mulut. Kita bisa mengolah kepiting dengan berbagai macam cara, yang paling mudah mengolahnya menjadi kepiting saus tiram.

16. Telur Tahu

Telur Tahu

Menu masakan ini berasal dari Surabaya, biasanya dimakan dan dinikmati sebagai bahan makanan untuk sarapan. Orang Surabaya mengenalnya dengan nama Tahu Tek. Menjadikan tahu tek sebagai menu masakan sehari hari  sangat cocok, terutama sebagai menu sarapan.

Ciri khas dan keunikan dari Tahu Tek ada pada bumbu kacang yang kental dengan campuran petis. Rasanya pun sangat gurih dan nikmat, terlebih biasanya ditambahkan pula irisan kikil atau telur dan juga lontong, dijamin kenyang.

17. Pecel Lele

Pecel Lele

Olahan seperti lele goreng, ayam goreng, dan tahu tempe yang disajikan oleh sambal ini sangat cocok di lidah masyarakat Indonesia secara umum. Oleh karena itu banyak masyarakat Indonesia yang sangat menyukai pecel lele.

Pecel lele juga sangat mudah kita temui di sisi jalan raya, karena banyak pedangan kaki lima yang berjualan pecel lele. Hal tersebut dikarenakan pecel lele sangat cocok sebagai menu makan untuk dinikmati sehari-hari.

18. Bebek Goreng

Bebek Goreng

JIka bosan dengan olahan ayam, Sedulur bisa mencoba memasak bebek goreng sebagai menu makanan sehari-hari. Daging dari bebek terkenal kenyal dan memiliki rasa yang gurih. Hal tersebut sangat cocok bagi yang menginginkan rasam yang puas saat makan.

Menjadikan bebek gorek sebagai menu makan setiap harinya akan menambah selera dan gairah makan. Hal tersebut sangat cocok jika orang rumah banyak yang malas makan. Menjadikan bebek goreng sebagai menu pilihan adalah keputusan yang tepat.

19. Soto Lamongan

Soto Lamongan

Soto Lamongan biasanya dinikmati dengan sepiring nasi hangat dan juga kerupuk udang yang menambah kelezatan saat menikmati olahan kuliner satu ini. Oleh karena itu, makanan satu ini menjadi makanan kebanggan masyarakat Jawa Timur.

Sedulur bisa menjadikan soto lamongan sebagai salah satu menu makanan untuk dimasak setiap harinya. Karena menjadikan soto lamongan sebagai menu makanan, akan bisa menambah gairah makan. Karena kuah soto lamongan terkenal nikmat dan gurih.

20. Pecel Semanggi

Pecel Semanggi

Masyarakat Jawa Timur, khususnya kota Surabaya, pasti sudah tidak asing lagi dengan kuliner satu ini. Pecel semanggi terkenal sebagai makanan khas Surabaya. Masyarakat surabaya sudah sering menjadikan pecel semanggi sebagia menu makan setiap hari.

Ada keunikan dan perbedaan dari pecel semanggi  yang membuatnya beda dengan pecel lainnya. Perbedaan tersebut adalah penggunaan daun semanggi dan kecambah. Kemudian bumbu pecel yang digunakan, karena terbuat dari campuran ketela rambat, kacang tanah, gula merah dan petis.

Selain itu, perbedaan lainnya adalah dalam cara menikmati hidangan ini yang unik, yaitu dengan menggunakan kerupuk sebagai sendok dan disajikan di atas daun pisang. Sangat tradisional dan sangat nikmat.

21. Sate Ayam

Sate Ayam

Jika bosan mengolah ayam dengan cara dipanggang dan digoreng, sekali-kali mengolah ayam dengan cara disate merupakan hal yang wajib dicoba. Walaupun memang lebih praktis membeli sate langsung, tapi membuatnya sendiri tidak ada salahnya.

Saat ini telah banyak tersedia warung dan toko yang menjual berbagai macam bumbu kacang kemasan yang bisa kita jadikan sebagai bumbu sate. Dan yang paling penting, kita bisa bebas makan berapa tusuk sate jika kita yang bikin sendiri.

22. Dendeng Balado

Dendeng Balado

Tertarik mencoba masakan minang sebagai menu makanan harian? Sedulur bisa mencoba dendeng balado untuk percobaan pertama. Daging sapi yang diiris tipis dan kemudian digoreng kering, merupakan pilihan tepat untuk menambah gairah makan.

Dilumuri oleh bumbu sambal balado yang pedas dan nikmat akan semakin menambah gairah makan kita setiap harinya. Dendeng balado sangat cocok dijadikan menu makan bagi para Sedulur yang sangat menyukai masakan padang.

23. Nasi Cumi

Nasi Cumi

Menjadikan nasi cumi sebagai menu makan setiap hari adalah pilihan yang tepat. Olahan nasi cumi terkenal dengan rasa yang lezat dan gurih. Yang menjadi unik dari kuliner ini adalah nasi cumi yang memiliki kuah berwarna hitam.

Tekstur daging cumi-cumi memang terkenal khas, yang empuk dan kenyal. Apalagi biasanya juga disajikan bersama dengan aneka sayuran dan lauk pauk seperti tahu tempe. Ciri khas makanan Surabaya adalah nasi yang selalu disertai dengan sambal yang menendang.

24. Nasi Kucing

Nasi Kucing

Makanan khas yang bisa kita temukan di setiap penjual angkringan ini juga bisa kita jadikan menu makan setiap hari, lho. Cara membuatnya yang mudah, tinggal ditambah sambel teri di dalamnya. Kita pun bisa menikmati menu makanan secara nikmat.

Nasi kucing sangat nikmat untuk kita coba, terutama bagi yang sangat merindukan suasana nongkrong di angkringan pada malam hari. Bisa mencobanya sebagai menu makan malam di rumah,

25. Nasi Sambel

Nasi Sambel

Nasi sambel merupakan makanan khas dari Surabaya, masyarakat Surabaya sudah sangat biasa menjadikan nasi sambel sebagai menu makanan sehari-hari. Nasi sambel bukan berarti hanya nasi dan sambel saja, namun terdapat juga lauk pauk.

Sambel identik dengan pedas, jika Sedulur ada yang menyukai masakan pedas, sangat wajib menjadikan nasi sambel sebagai menu makan sehari-hari.

Nasi Sambel juga merupakan makanan yang banyak dijual saat malam, masyarakat Surabaya sudah pasti akan menyantap nasi sambel jika kelaparan saat tengah malam. Ibarat angkringan di Jogja, di Surabaya sego sambel menjadi kuliner andalan malam hari.

26. Tahu Campur

Tahu Campur

Menu makan satu ini menjadi makanan yang paling diburu para pecinta kuliner ketika berada di kawasan Surabaya dan sekitarnya. Karena tahu campur merupakan makanan khas Surabaya yang juga bisa kita jadikan menu makanan setiap hari.

Tahu Campur memiliki rasa yang enak dengan sedikit bumbu petis di dalamnya.  Tahu campur terbuat dari bahan-bahan seperti daging sapi, tahu goreng, tauge, selada air dan mie kuning. Semua bahan ini dipotong-potong kemudian disiram kuah yang terbuat dari bumbu-bumbu yang sudah dicampur dengan petis. Semakin menggiurkan dengan tambahan sambal dan kerupuk udang.

27. Sop Ayam

Sop Ayam

Menjadikan Sop Ayam sebagia menu makan setiap hari juga merupakan pilihan yang tepat. Terutama bagi yang tidak memiliki waktu banyak untuk memasak. Pertama bahan membuat sop ayam sangat mudah di dapat, cara masak yang mudah dan tidak membutuhkan waktu lama, dan rasanya juga yang nikmat menjadi pilihan yang tepat.

Sedulur juga bisa menambah variasi dengan menambahkan sosis dan juga dan topping lainnya. Dijamin menjadikan sop ayam sebagai menu makan setiap hari tidak akan gagal dan mengecewakan.

28. Capcay

Capcay

Capcay bisa kita temui di penjual nasi goreng, karena capcay menjadi salah satu menu yang ditawarkan oleh para penjual nasi goreng. Olahan sayuran yang bergizi ini sangat cocok bagi para vegetarian yang ingin makan sehat namun juga tetap nikmat.

Namun bagi para pemakan daging, bisa juga menambahkan daging ayam, seafood atau daging sapi dalam campuran capcay.

29. Sayur Asem Kepiting

Sayur Asem Kepiting

Bagi para pecinta sayuran, resep ini sangat cocok untuk dicoba sebagai menu makanan setiap hari. Bahan yang dibutuhkan adalah 1 ikat daun kacang, 3-4 ekor kepiting, kacang panjang sesuai selera, 3 siung bawang putih, 4 butir bawang merah, 1 lembar daun salam, 1 buah tomat, 1 ruas Lengkuas dan garam juga gula secukupnya.

Cara memasaknya sangat mudah, pertama bersihkan kepiting dan bagi menjadi dua lalu rebus kepiting ke dalam air mendidih. Siapkan dan iris bawang dan tomat, juga geprek lengkuas. Jika rebusan kepiting sudah pas tingkat kematangannya, selanjutnya lalu masukkan sayuran.

Jangan lupa juga untuk memasukan lengkuas dan daun salam, juga tambahkan gula dan garam. Didihkan sebentar saja, karena sayuran biasanya akan cepat lembut dan hancur. Jangan lupa cek rasa, jika telah sesuai selera, resep satu ini pun siap dihidangkan.

30. Ayam Saus Tiram

Ayam Saus Tiram

Menu makan harian terakhir sebagai rekomendasi adalah saus ayam tiram. Bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk membuat ayam pedas saus tiram ini sama dengan ayam bumbu saus tiram biasa. Namun perbedaannya adalah penggunaan cabe rawit yang agak banyak untuk menambahkan rasa pedas dalam resep ini.

Cara memasaknya pun sama persis, hanya penggunaan cabe rawit yang ditambahkan untuk menambah rasa pedas dari resep ayam pedas saus tiram satu ini. Ayam pedas saus tiram sangat nikmat disajikan dengan nasi putih dan kerupuk.

Semoga daftar menu masakan harian yang telah diulas di atas bisa membantu Sedulur yang tengah membutuhkan ide masak setiap harinya yang membutuhkan berbagai makanan baru yang berbeda. Jangan lupa juga untuk menyediakan bahan-bahan yang dibutuhkan dengan membelinya di Aplikasi Super.

Download Aplikasi Super bagi yang belum download Aplikasinya, klik di sini juga untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari cara daftar Aplikasi Super agar bisa mendapatkan informasi terbaru terkait beberapa program menguntungkan dari Aplikasi Super.

Aplikasi Super memiliki beberapa program dan fitur yang bisa memberikan kita keuntungan yang menggiurkan. Jangan sampai kita melewatkan kesempatannya, karena kesempatan emas dan kesempatan terbaik belum tentu akan datang dua kali. Gunakan Aplikasi Super secara maksimal.