Makanan kucing persia sebenarnya sangat mudah didapatkan di toko-toko hewan peliharaan atau pet shop. Meski demikian, kita harus selektif dalam memilihnya. Sebab makanan kucing jenis ini harus memiliki kandungan asam lemak Omega 3 dan Omega 6. Ini dikarenakan dua lemak esensial tersebut, sangat  bagus untuk pertumbuhan dan kesehatan bulu.

Sedulur juga wajib tahu bahwa ada makanan yang tidak boleh dimakan kucing persia seperti alpukat, telur mentah, nasi, bawang-bawangan hingga anggur atau kismis. Makanan ini merupakan sebuah pantangan bagi Sedulur yang memiliki kucing jenis persia.

Nah, berbicara makanan kucing jenis persia, berikut ulasan tim Aplikasi Super terkait rekomendasi makanan yang baik untuk si kucing persia:

BACA JUGA : 15 Ide Kado untuk Cowok yang Berkesan & Bikin Senang

Ragam makanan kucing persia  

1. Iskhan persian grain free

Makanan Kucing Persia yang Bagus untuk Bulu
Shopee

Pada posisi pertama, ada jenis makanan kucing persia bernama Iskhan Persian Grain Free. Ini merupakan makanan buatan brand asal Korea Selatan dan termasuk dalam makanan dari kelas premium. Makanan ini memang sangat dikhususkan buat kucing jenis persia, tidak hanya dilihat dari segi nutrisinya saja, melainkan juga bentuknya berupa kibble sehingga memudahkan kucing jenis persia dalam mengambil atau mengunyah makanannya. Dalam makanan untuk kucing persia ini, tergantung beberapa nutrisi penting supaya dapat menyehatkan bulu kucing persia. Seperti halnya berikut ini.

Kandungan:  Fresh deboned chicken meat, chicken meal, hydrolyzed salom meal, chickpea, lentils, pea, organic sweet potato, organic carrot, organic pumpkin, organic mung bean, organic sesame seed, organic sunflower seed, organic flaxseed, tapioca, beetpulp, chickin oil, fish oil (menhaden), hydrolyzed chicken meat meal (natural flavor), brewers yeast, yucca extract, fenugreek, retinyl acetate (vitamin A), thiamin mononitrate (vitamin B1), riboflavin, (vitamin B2), nicotinic acid (niacin, vitamin B3), calcium D-pantothenate (vitamin B5), pyridoxin hydrochloride (vitamin B6), cynacobalamin (vitamin B12), ascorbic acid (vitamin C), cholecalcifero (vitamin D3), DL-tocophernese sulfate, copper sulfate, calcium iodate.

BACA JUGA : Manfaat Konsumsi Roti Gandum Untuk Diet & Tips Memilihnya

2. Pro plan adult derma plus with optiderma

Makanan Kucing Persia yang Bagus untuk Bulu
Shopee

Sesuai namanya Derma maka, makanan kucing persia yang satu ini memang sangat  dikhususkan untuk makanan kucing persia yang bagus untuk bulu, hal ini memang sebenarnya  sangat dibutuhkan oleh kucing jenis persia. Derma Plus sangat membantu dalam mengontrol pembentukan hairball, mengurangi masalah kerontokan di rambut kucing Sedulur dan sangat aman memperlancar sistem pencernaan.

Tidak hanya itu, makanan kucing jenis ini, memiliki kandungan seperti vitamin, mineral dan protein yang sangat mudah untuk dicerna dan sangat penting untuk pertumbuhan bulu dan jaringan epidermal kucing, sehingga membuat kulit dan bulunya selalu sehat berkilau. 

Sumber protein utamanya dalam makanana kucing ini adalah adanya kandungan dari ikan salmon dan tuna sehingga memang sangat disukai oleh kucing dan mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk bulu dan pencernaan. Selain itu, makanan kuning persia ini juga mampu membantu melindungi gigi dari plak dan karang gigi. Jadi, buat Sedulur yang memiliki kucing persia,  tidak ada salahnya mencoba menggunakan produk ini. Adapun kandungan  yang ada dalam produk makanan kucing jenis ini adalah sebagai berikut

Kandungan: Salmon and tuna (dehydrated salmon & tuna, salmon & tuna); whole grain wheat; corn protein; dehydrated chicken; animal fat preserved with mixed-tocopherols (form of vitamin E); natural fibres (beet pulp, cellulose, wheat and rice fibre); minerals, vitamins, amino acids, organic acids and natural flavours (including calcium, phosphorous, sodium, chloride, potassium, magnesium,  manganese, copper, zinc, iron, iodine, selenium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, folic acid, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, vitamin E, choline, pyrophosphates); chicory; fish and/or vegetable  oils; natural antioxidants.

BACA JUGA : 10 Vitamin Penambah Nafsu Makan Terbaik Untuk Dewasa & Anak

3. Royal canin adult persian

Makanan Kucing Persia yang Bagus untuk Bulu
Shopee

Selanjutnya ada produk makanan kucing persia dengan jenis royal canin adult persian. Dalam produk makanan ini, mengandung sebuah nutrisi dalam menjaga kesehatan kulit dan bulu kucing persia. Selanjutnya mampu dalam membantu masalah pencernaan rambut yang termakan sehingga dapat mengurangi muntah hairball. Dengan adanya kandungan serat tertentu, termasuk psyllium yang kaya akan lendir. Tidak hanya itu, dalam makanan kemasan untuk kucing persia ini, mengandung beragam macam protein  yang sangat baik. Nah, apa sajakah itu, berikut adalah ulasannya.

Kandungan: Dehydrated poultry protein, animal fat, rice, vegetable protein isolate, maize, maize flour, vegetable fibre, hydrolysed animal proteins, maize gluten, wheat flour, yeast and parts thereof, minerals, chicory pulp, fish oil, soya oil, fructo oligosaccharide, psyllium husks and seeds, hydrolised yeast (source of manno- oligosaccharide), borage oil, marigold extract (source of lutein).Vitamin A: 31500 IU, Vitamin D3: 800 IU, E1 (Iron): 29 mg, E2 (Iodine): 2.9 mg, 2.9mg, E4 (Copper ) 9mg, E5 (Manganese ) 37mg, E6 (Zinc ) 147mg, E8 Selenium: 0.06mg – Technological additives: Clinoptilolite of sedimentary origin: 10g – Preservatives – Antioxidants.

BACA JUGA : 12+ Manfaat Buah Matoa Asal Papua Untuk Kesehatan Tubuh & Kulit

4. Universal world pet persian

Makanan Kucing Persia yang Bagus untuk Bulu
Tokopedia

Selanjutnya ada jenis universal world pet persian, untuk kucing jenis persia. Makanan kucing ini sangat tepat buat Sedulur yang sangat minim bujet. Meski harganya relatif murah, namun tetap memiliki kandungan gizi yang cukup baik dan sangat dibutuhkan kucing persia. 

Proteinnya dalam makanan ini menggunakan daging tuna dan udang, namun memang lebih banyak kandungan protein nabati (dari grain) dibandingkan dari produk hewani. Jadi apabila kucing persiamu masuk atau tergolong memiliki pencernaan yang sensitif, bisa jadi makanan yang satu ini mungkin kurang cocok. Namun, apabila pencernaanya cukup kuat, maka tidak akan masalah. 

Lantas apa saja kandungan yang berada dalam olahan makanan kucing ini, berikut adalah penjelasan lebih lanjutnya.

Kandungan: Corn, Soybean meal, Cassava, Corn Gluten Meal, Poultry Meal, Poultry Fat, Powered Cellulose, Tuna Meal, Wheat Bran, Minerals, Shrimp by product meal, Brewers, Dried Yeast, Vitamins, DL-Menthionine, Taurine, Fish Oil, Dried Carrot, Antioxidants. Nutrition Analysis: Crude Protein min 27.0% Crude Fat min 9.0% Crude Fiber max 7.0% Moisture max 10.0%.

BACA JUGA : Mengenal Suntik Putih, Manfaat & Efek Sampingnya, Amankah?

5. Equilibrio pelos longos, hairball (adult persian/long hir)

Makanan Kucing Persia yang Bagus untuk Bulu
Shopee

Sesuai namanya makanan kucing ini memiliki kandungan nutrisi yang bisa merawat bulu menjadi sehat, halus dan juga berkilau. Tidak hanya baik untuk bulu rambut kucing, makanan kucing persia dari Equilibrio juga mampu dalam mengontrol Ph urin menjadi tetap ideal, serta memperlancar dalam proses pencernaan sampai mengurangi bau kotoran. Lalu apa saja kandungan dalam kucing persia ini, berikut adalah ulasan secara lebih lengkapnya.

Kandungan: Mechanically separated chicken, fish meal, broken rice, ground whole corn, corn gluten meal-60, dry beer yeast, flaxseed, dried egg, powdered cellulose, whole wheat, whole sorghum meat Ground barley, fish oil, degummed soybean oil, inulin, antioxidant additive (tocopherol and essence of rosemary), L-carnitine, potassium chloride, yucca schidigera extract (0.1%), sodium hexametaphosphate ( 0.3%), probiotic, vitamin premix, trace mineral premix transquelatado.

BACA JUGA : 8 Keistimewaan Puasa Rajab. Menutup Pintu Neraka & Diampuni Dosanya

6. Me- O Persian Dry Food (Anti- hairball)

Makanan Kucing Persia yang Bagus untuk Bulu
Tokopedia

Makanan kucing persia yang satu ini, wajib dimiliki oleh Sedulur, sebab memiliki kandungan asam amino  Omega 3 dan 6 serta mampu membuat bulu semakin sehat dan berkilau. Banyak sekali keunggulan yang bisa didapat dari makanan kemasan kucing jenis ini yaitu, formula khusus buat kucing berbulu panjang Persia. Kandungan vitamin dan mineral untuk mencegah kerontokan rambut.

Mengandung fiber alami untuk kesehatan sistem pencernaan yang membantu mengeluarkan hairball memlalui fesess mengurangi resiko penyakit saluran kencing FLUTD (Feline Lower Urinary Tract Disease). Untuk lebih jelas mengenai kandungan yang tertera dalam kemasan makanan kucing ini, berikut adalah ulasan lengkapnya.

Kandungan: Corn, Poultry by-product meal, Stabilized animal fats, Corn gluten meal, Soybean meal, Fish meal, Vegetable fiber, Beet pulp, Stabilized Fish Oil, Flax Seed, Lecithin, Palatans, DL methionine, Taurine, Antioxidant, Choline chloride, Vitamins (Vit A, Vit D, Nicotinic acid, Vit E, Vit B1, Pantohenic acid, Vit B2, Vit B6, Folic acid, Vit K, Biotin, Vit B12), Mineral (Monocalcium phosphate, Pottasium chloride, Sodium chloride, Ferrous sulfate, Zinc sulfate, Copper sulfate, Manganous oxide, Potassium iodide, Sodium selenite).

7. Healthy cat persian adult

Makanan Kucing Persia yang Bagus untuk Bulu
Lazada

Dalam makanan ini memiliki fungsi sebagai haiball control, omega 3-6, urinary health – shiny coat, immunity control- dental care, bone, muscle care, natural product. Selain itu memiliki beragam kandungan penting yang dapat membantu tumbuh kembang kucing persia kesayangan Sedulur lho. Berikut adalah ulasan secera lebih lengkapnya.

Kandungan: Dehydrated chicken, animal fat (chicken), rice, maize, peas, maize gluten, lignocellulose, beet pulp, salmon oil, hydrolyzed chicken protein, whole dried eggs, flax seed, minerals, dried Antractic krill ( a natural source of EPA and DHA ), brewer’s yeast, dried chicory (a natural sourse of FOS and inulin), Yucca schidigera, Macleaya cordata. Analytiical Constituents : Crude Protein : 30,0% Crude Fat : 20,0% Crude Ash : 7,0% Crude Fiber : 4,2% Moisture : 9,0% Calcium (Ca) : 0,9% Phosphorus : 0,6% Additives (mg/kg) Vitamin A (IU/kg) : 20.000,0 Vitamin D3 (IU/kg) : 1.750,0 Vitamin E : 200,0 Iron (iron(II)sulphate(monohydrate)) : 70,0 Copper(copper(II)sulphate(pentahydrate)) : 10,0 Zinc (zinc(II)sulphate(monohydrate)) : 100,0 Manganese (manganese(II)sulphate) : 40,0 Iodine (calcium iodate) : 1,5 Selenium (sodium selenite) : 0,2 Taurine : 1.500,0

8. Cleo persian cat food

Shopee

Makanan kemasan untuk kucing jenis persia ini wajib Sedulur punya di rumah. Sebab, dalam makanan ini, mengandung serat-serat yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan kucing persia kamu lho. Makanan kemasan ini mengandung unsur makanan laut. Tidak Cuma itu makanan kemasan ini mengandung Omega 3 & 6 yang sangat penting untuk kesehatan kulit dan bulunya. Danjuga mengandung Taurin & Vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata kucing.

9. Nature’s protection persian

Shopee

Rekomendasi selanjutnya untuk kesehatan kucing persia kalian adalah Nature’s Protection Persian. Ya produk makanan kucing jenis persia ini mengandung sejumlah sumber protein dan lemak laut yaang cukup bagis untuk pertumbuhan bulu kucing.Tidak hanya itu,  makanan ini mampu juga merangsang kesehatan usus dan mengoptimalkan nutrisi.

10. Purelux elite nutrition for persian

Lazada

Sangat rekomedasi sekali buat Sedulur yang memiliki kucing jenis persia. Pakan ini mengandung 100% bebas dari biji-bijian seperti jagung, kedelai, gandum, pewarna  buatan, pengawet dan lain sebagainya. Selain itu, makanan ini mengandung asam lemak esensial yang dicampur  dengan serat berkualitas tinggi.

11. Whiskas

Shopee

Siapa yang tidak mengenal pakan kucing yang satu ini? Ya, whiskas merupakan pakan untuk kucing kalian lho sobat Sedulur. Makanan kucing murah ini, memiliki banyak varian rasa dan Sedulur bebas memberikan yang mana yang sesuai dengan selera kucingmu. Untuk pemberiannya sendiri, disarankan dilakukan sebanyak tiga kali sehari.

12. Pro plan adult dan kitten

https://www.blibli.com/p/proplan-kitten-starter-kemasan-500-gr-new-proplan-kitten-starter-kit-produk-baru-proplan/ps--MAT-70061-00006
blibli

Pro Plan sebenarnya mempunyai berbagai varian yang bisa disesuaikan dengan masalah dan kebutuhan kucing. Jika Sedulur mencari makanan yang bagus untuk pertumbuhan dan perawatan bulu kucing, Pro Plan Derma Plus adalah salah satu pilihannya. Varian Pro Plan jenis ini mempunyai kandungan penting seperti vitamin B kompleks, vitamin E, zink, omega 3 & 6, juga fiber. Kandungan-kandungan ini bisa membantu dalam mencegah kerontokan rambut secara berlebih serta mampu menjaga kesehatan kulit dan bulu yang indah pada kucing Sedulur.

Nah, itu tadi pembahasan mengenai makanan kucing persia yang mungkin bisa Sedulur pakai untuk kesehatan kucing Sedulur. Semoga ulasannya cukup membantu ya.