kesehatan mental

Bisa dikatakan bahwa kesehatan mental sering luput dari perhatian. Padahal, salah satu kunci agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit adalah kondisi mental itu sendiri. Jadi mulai sekarang, Sedulur harus sadar akan pentingnya menjaganya agar tetap sehat.

Akan tetapi, apakah Sedulur sudah paham apa itu kesehatan mental? Kesehatan yang berpengaruh pada kepribadian, sifat, dan perilaku seseorang? Nah, Sedulur harus paham terlebih dahulu akan hal ini sebelum mulai merawat dan menjaganya.

Untuk informasi yang lebih lanjut, simak ulasan mengenai kesehatan mental yang akan dijelaskan di bawah ini!

BACA JUGA: 7 Ciri Mental Breakdown, Gangguan Kecemasan & Tips Mengatasinya

Apa itu kesehatan mental?

kesehatan mental
pexels

Mental merupakan suatu yang erat kaitannya dengan watak dan batin manusia. Jadi dapat dibilang jika kesehatan mental adalah kondisi saat watak dan batin manusia dalam keadaan normal dan tenang, sehingga bisa menikmati kehidupan dan menjalankan aktivitas sehari-hari.

Sedangkan kesehatan mental menurut para ahli, yakni merupakan kondisi dari kesejahteraan yang disadari oleh seseorang. Kesejahteraan tersebut meliputi kemampuan untuk mengelola stres, bekerja secara produktif, dan mampu bersosial dengan baik.

Sebaliknya, seseorang bisa dikatakan memiliki kondisi mental yang buruk jika susah mengendalikan emosi, merasa stres, tidak bisa berpikir dengan baik, dan membuat keputusan yang tidak tepat. Bahkan kondisi ini akan membuat orang kesulitan dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

Walaupun begitu, kondisi mental yang buruk itu berbeda dengan gangguan mental atau mental illness. Kondisi mental dari seseorang bisa buruk, namun belum tentu didiagnosis dengan jenis gangguan mental tertentu.

Pentingnya kesehatan mental

kesehatan mental
pexels

Menjaga kesehatan mental remaja, dewasa, maupun kanak-kanak itu sangat penting. Bahkan, seringkali kondisi mental pada masa kanak-kanak sangat berpengaruh untuk perkembangan kejiwaan sampai dewasa kelak.

Saking pentingnya hal ini, sampai diadakan hari kesehatan mental sedunia setiap 10 Oktober. Tentu saja peringatan tersebut diadakan untuk mengingatkan bahwa tidak hanya kesehatan fisik saja yang harus dijaga, namun juga kondisi mental.

Maka dari itu, penting untuk mempunyai mental yang sehat sejak kecil. Dengan mental yang sehat, maka kita bisa merasakan berbagai manfaat dalam menjalani kehidupannya, seperti berikut.

  • Mampu bekerja secara produktif.
  • Bisa berkontribusi di dalam masyarakat.
  • Bisa menjalin hubungan yang baik dengan sesama manusia.
  • Mampu mengatasi rasa stres dan tekanan dalam hidup.
  • Menyadari potensi yang dimiliki.
  • Sehat secara fisik dan juga jasmani.

Perlu diketahui, bahwa kesehatan mental dan fisik itu sangat berkaitan. Seseorang dengan gangguan mental, terutama depresi, memiliki risiko berbagai masalah fisik yang cukup tinggi di masa mendatang, penyakit jantung, seperti stroke, hingga diabetes tipe 2.

Hal-hal yang berpengaruh pada kesehatan mental

pexels

Seiring dengan berjalannya waktu, kesehatan mental seseorang juga bisa berubah. Hal ini tergantung pada berbagai faktor yang ditemui atau dialami selama menjalani kehidupan. Jadi perkembangan yang dialami oleh setiap orang itu berbeda.

Biasanya, perubahan mental ini terjadi saat kita dihadapi dengan beban atau tuntutan melebihi kemampuan yang dimiliki. Kondisi semacam ini, bisa membuat mental memburuk dan Sedulur menjadi rentan mengalami stres hingga depresi.

Namun tidak hanya itu saja, ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan mental Sedulur terganggu, seperti yang ada di bawah ini.

  • Faktor biologis, seperti halnya genetika atau ketidakseimbangan kimiawi pada otak.
  • Gaya hidup, aktivitas fisik yang kurang, konsumsi alkohol secara berlebihan, pola makan yang tidak teratur, atau penggunaan narkoba.
  • Pengalaman hidup pahit yang susah dilupakan, seperti trauma, kekerasan, atau pelecehan.
  • Riwayat keluarga dengan masalah gangguan mental.

Walau ada resiko memburuk, Sedulur masih bisa memperbaiki kondisi mental, kok. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan beberapa aktivitas seperti meditasi, teknik relaksasi, dan juga terapi atau pengobatan khusus, terutama jika sudah berkaitan dengan gangguan mental.

BACA JUGA: Definisi dan Gejala Gangguan Depresi Mayor

Cara menjaga kesehatan mental

pexels

Seperti yang sebelumnya dikatakan, menjaga kondisi mental itu sangat penting bagi siapapun. Dengan menjaga mental tetap sehat, maka Sedulur bisa menjalani kehidupan sehari-hari dengan lancar dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Nah, untuk mendapatkan manfaat tersebut, Sedulur bisa mempraktikkan beberapa hal untuk menjaga kondisi mental seperti berikut.

  • Menjaga agar pikiran selalu positif, karena pikiran yang negatif akan memengaruhi mental.
  • Bersosialisasi dan tetap menjaga hubungan yang baik dengan keluarga, kerabat, dan orang-orang di lingkungan sekitar.
  • Curhat atau berbicara tentang perasaan pada orang yang dipercaya, mampu membantu Sedulur untuk merasa didukung dan tidak sendirian.
  • Berjemur di bawah sinar matahari pagi untuk mendapatkan vitamin D secara alami. Vitamin D itu sangat baik untuk kesehatan mental, karena bisa membantu otak melepaskan bahan kimia yang meningkatkan mood.
  • Menghindari alkohol, rokok, dan narkoba yang memengaruhi mental dan merusak organ tubuh yang lain.
  • Tidak perlu sungkan untuk meminta bantuan jika Sedulur merasa kesulitan dalam mengatasi masalah atau melakukan sesuatu.
  • Melakukan aktivitas yang Sedulur gemari, pastikan aktivitas tersebut menyenangkan dan tentunya menyehatkan.
  • Selain meminta bantuan, Sedulur juga bisa keluarga, kerabat, atau teman yang sedang dalam kesulitan.
  • Menerapkan pola makan yang sehat agar fungsi otak dan organ tubuh yang lain tetap terjaga.
  • Menerima dan mensyukuri atas segala hal yang Sedulur miliki.
  • Tetap aktif dalam kegiatan fisik seperti olahraga, karena olahraga ini bisa meningkatkan suasana hati.
  • Mendapatkan waktu tidur yang cukup, agar bisa mengelola suasana hati dan emosi. Selain itu, hal ini juga mampu mencegah depresi dan juga gangguan kecemasan.

Tes kesehatan mental

pexels

Ini adalah sebuah tes atau pengujian yang dilakukan untuk menguji fungsi kognitif atau pengetahuan seseorang. Untuk lebih mudahnya, Sedulur bisa menggunakan kalkulator kesehatan mental yang saat ini banyak tersedia di internet.

Namun sebelum itu, Sedulur bisa mencoba beberapa tes yang ada di bawah ini.

1. Tes MMPI

MMPI atau yang merupakan singkatan dari Minnesota Multiphasic Personality Inventory, merupakan tes psikologi yang dilakukan dengan menilai kepribadian dan psikopatologi seseorang. Dengan tes ini, maka ahli profesional bisa menentukan ada tidaknya gangguan mental pada orang yang mengikutinya.

2. Tes Sehat Jiwa

Ada 3 jenis pengujian yang dilakukan dalam tes ini, yaitu CAGE kaitannya dengan kecanduan alkohol, Reporting Questionnaire (SRQ 20) untuk mengecek gangguan kesehatan mental, serta Geriatric Depression Scale (GDS 15) untuk screening depresi di usia lanjut.

3. Pemeriksaan Medis Kejiwaan

Tes ini dilakukan untuk memeriksa kondisi kejiwaan pasien secara menyeluruh dan juga lebih rinci. Kemudian ada juga pemeriksaan kejiwaan darurat, yang lebih fokus pada gejala, perilaku, dan riwayat kelainan pasien terkait munculnya gangguan kejiwaan.

BACA JUGA: 12 Manfaat Menulis, Baik Untuk Kesehatan Mental?

Banyaknya orang yang sehat secara fisik namun memiliki masalah pada mentalnya, membuat kita sadar akan pentingnya menjaga kesehatan mental. Jadi catat dan jangan pernah lupa untuk melakukan beberapa cara menjaga kondisi mental seperti yang sudah dikatakan di atas.

Namun jika Sedulur merasakan adanya tanda-tanda gangguan mental seperti perubahan suasana hati yang ekstrim, merasa putus asa, atau kecenderungan untuk menyakiti diri, segeralah berkonsultasi dengan dokter ahli, psikolog, maupun psikiater.