jenis kabel lan

Salah satu kabel yang digunakan untuk keperluan koneksi dan jaringan yaitu kabel LAN, dan terdapat beberapa jenis kebel LAN yang tersedia dengan berbagai fungsi-fungsi khususnya yang berbeda.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas lebih lengkap terkait jenis-jenis kabel LAN itu sendiri. Selain itu, kita bahas juga fungsi, kelebihan dan kekurangan serta bagaimana tips memilih saat membeli kabel LAN itu sendiri.

BACA JUGA: Cara Block Website di Chrome dengan Mudah Tanpa Ribet

Pengertian kabel LAN

Pengadaan

Secara sederhana, kabel LAN merupakang singkatan dari Local Area Network. Dalam arti, kabel LAN merupakan salah satu jenis kabel yang secara umum digunakan untuk merangkai jaringan komputer. Namun, jaringan komputer tersebut hanya bersifat lokal saja.

Namun, jenis dari kabel juga turut mempengarhui kualitas sinyal dan jaringan serta daya tahan dari kabel itu sendiri. Maka dari itu terdapat beberapa jenis kabel untuk kebutuhan yang berbeda. Hal tersebut akan kita bahas dalam kesempatan kali ini.

Fungsi kabel LAN

jenis kabel lan
KamukanIT

Setelah mengetahui pengertian dari kabel LAN di atas, selanjutnya Sedulur juga harus tahu apa saja fungsi dari kabel itu sendiri. Yuk, langsung kita simak penjelasannya di bawah ini:

  • Penghubung antara satu komputer dengan komputer lainnya.
  • Dapat mengakses komputer dengan mudah secara remoter dengan menggunakan program desktop manager.
  • Menghubungkan komputer dengan berbagai perangkat.
  • Menghubungkan komputer dengan router.

Jenis-jenis kabel LAN

Webstudi

Setelah mengetahui pengertian, fungsi, kelebihan dan kekurangannya kabel LAN di atas, Sedulur juga harus tahui apa saja jenis kabel LAN terbaik. Selain jenis terdapat juga tipe kabel lan straight dan crossover yang lebih spesifik lagi.

Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas jenis dan merk kabel LAN terbaik sebagai rekomendasi. Yuk, mari langsung kita simak!

1. Kabel UTP/Twisted Pair

Jenis kabel yang pertama adalah kabel UTP (unshielded twisted pair), atau kabel jenis ini juga seringkali disebut dengan naman kabel twisted pair. Kabel ini memiliki ciri dan bentuk yang sama dengan beberapa kabel utama yang terpilin dengan rapi dan tertata.

Kabel jenis ini merupakan kabel yang paling banyak digunakan untuk mendukung jaringan lokal dan merupakan jenis kabel lan dari router ke PC

2. Kabel coaxial

Selain kabel UTP, jenis kabel LAN yang kedua adalah kabel coaxial. Ini merupakan jenis kabel LAN terbaik. . Berbeda dengan UTP, kabel coaxial justru lebih banyak terbuat dari kawat tembaga. Di luar kawat tembaga terdapat pelindung yang berupa isolator, konduktor, hingga bahan PVC. Secara fisik, kabel coaxial hampir memiliki kemiripan dengan antena pada umumnya.

3. Kabel fiber optik

Jenis kabel yang ketiga adalah kabel fiber optik. Kable ini terbuat dan terbentuk dari beberapa kumpulan serat fiber, hal tersebut membuat jenis kabel ini memiliki berat yang lebih ringan dan fleksibel. Selain itu, kabel ini juga bisa membawa dan mengalirkan data yang lebih banyak.

4. Kabel STP

Jenis kabel selanjutnya yaitu kabel STP (shielded twister pair), menggunakan kabel ini membuat data yang ditransmisikan akan terlindungi dari gangguna. Pada kabel ini terdapat lapisan pelndung yang terbuat dari alumunium fail. Pelindung tersebut dapat melindungi data yang ditransmisikan dari gangguan.

5. Kabel FTP

Kabel FTP (Foiled Twisted Pair, merupakan kabel yang menggunakan aluminium faol untuk mencegah interferensi elektromagnetik, kabel ini memiliki empat pasang kabel yang saling dipilin. Selain itu, kabel ini juga menggunakan aluminium foil yang dipasang tepat di bawah karet luar.

Aluminium foil tersebut berfungsi sebagai isolator yang dapat menahan interferensi elektromagnetik dari luar kabel.

Kelebihan dan kekurangan kabel LAN

jenis kabel lan
Pemasangan

Terdapat juga beberapa kelebihdan dan kekurangan dari setiap jenis kabel LAN. Sedulur perlu tahu apa saja kelebihan dan kekurangan kabel LAN agar Sedulur dapat mempertimbangkan untuk memilih saat membeli kabel jenis ini. Berikut ini kelebihan dan kekurangannya:

1. Kabel UTP/Twisted Pair

Kelebihan:

  • Harga kabel twisted pair cenderung lebih murah dibandingkan kabel jaringan yang lainnya.
  • Kabel UTP lebih mudah untuk membangun instalasinya.

Kekurangan:

  • Tegangan cenderung meningkat jika kabel memiliki frekuensi yang tinggi.
  • Pada frekuensi tinggi, kabel UTP cenderung mengalami penurunan keseimbangan sehingga tidak dapat mengkompensasi timbulnya gangguan noise.
  • Dibandingkan dengan berbagai jenis kabel yang lain, kabel UTP cenderung lebih memiliki harga yang mahal.

2. Kabel coaxial

Kelebihan:

  • Jenis kabel coaxial lebih aman untuk digunakan karena terbuat dari bahan isolator yang tepat dan tebal.
  • Jenis isolator pada kabel coaxial sebagai pelapisnya lebih tebal sehingga cukup menampung frekuensi tinggi.

Kekurangan:

  • Kabel coaxial memiliki fungsi untuk mengirimkan data dalam jumlah yang terbatas.
  • Karena bahan isolatornya yang tebal, maka kabel ini tidak fleksibel saat digunakan di berbagai jaringan instalasi.

3. Kabel fiber optik

Kelebihan:

  • Lebih tahan terhadap gangguan elektromagnetik.
  • Memiliki kapasitas yang cukup besar.
  • Kabel fiber optik berfungsi untuk mengirim transmisi data dengan jarak yang lebih jauh.
  • Memiliki kecepatan tinggi.
  • Bentuk fisiknya cenderung lebih fleksibel.
  • Tahan terhadap gelombang radio

Kelemahan:

  • Harga dari kabel fiber optik jauh lebih mahal

4. Kabel STP

Kelebihan:

  • Kabel STP mempunyai kualitas yang terjamin.
  • Kabel STP sesuai digunakan pada daerah yang mempunyai geografis yang lebar dan luas dan kabel STP sesuai digunakan pada medan yang berat.
  • Kabel STP dapat digunakan hingga mencapai lebih dari 100 meter.
  • Kabel STP dapat dan mampu mencegah gangguan luar misalnya gangguan cuaca ataupun gangguan arus listrik.

Kekurangan:

  • Kabel STP harus menggunakan sebuah konektor yang memiliki merek atau brand terkenal karena hal tersebut bisa memberi efek jaringan atau koneksi yang buruk.
  • Kabel STP mempunyai harga yang sangat mahal karena mempunyai kualitas yang terjamin.

5. Kable FTP

Kelebihan:

  • FTP memiliki fungsi sebagai penyimpanan, di mana data yang tidak dikirimkan akan hilang atau dihapus oleh komputer dan perangkat elektronik lain.
  • Meski menggunakan FTP memerlukan pengungkit, namun sudah ada perangkat lunak yang siap membantu, beserta petunjuk pengungkit. Informasi tambahan, pengungkit menggunakan FTP ini hanya ada dua langkah saja.
  • FTP mampu menjembatani pertukaran informasi dan file antar komputer. Selama prosesnya, sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang melindungi data yang kamu kirim atau terima.
  • FTP mampu melakukan backup data dan file, termasuk restore pada sebuah website.
  • Transfer data dan informasi melalui FTP sangat mudah dan efisien.
  • FTP dapat digunakan sebagai komputer tidak langsung atau komputer jarak jauh implisit.

Kekurangan FTP:

  • Desain yang tidak begitu kuat sehingga bisa mencegah administrator karena informasi tentang faktor risiko yang minimnya akan berada.
  • Salah menyampaikan informasi yang terjadi sehingga administrator sulit memahami informasi yang diterima.

BACA JUGA: 8 Situs Menarik Dark Website yang Bisa Kamu Coba, Berani?

Tips memilih jenis kabel LAN

Pembahasan terkait tips memilih jenis kabel akan lebih memudahkan Sedulur saat akan membeli kabel. Mengetahui kelebihan dan kekurangan tidak cukup sebagai pengetahuan jika Sedulur ingin membeli jenis kabel ini.

Berikut ini beberapa tips yang perlu Sedulur ketahui untuk saat membeli kabel LAN, yaitu:

1. Ketahui kebutuhan jaringan

Tips pertama yaitu Sedulur harus mengetahui kebutuhan jaringan itu sendiri. Dengan mengetahui kebutuhannya, Sedulur bisa memilih jenis kabel yang tepat. Terutama untuk kabel internat yang berkaitan dengan koneksi.

2. Pertimbangkan kondisi keuangan

Bukan hanya mempertimbangkan kebutuhan jaringan yang Sedulur perlukan, namun juga perlu Sedulur perhatikan kondisi keuangan. Setiap jenis kabel memiliki harga yang berbeda-beda. Selain itu, semakin tinggi kualitas kabel maka uang yang dibutuhkan semakin tinggi juga.

3. Pertimbangkan jenis router

Cara memilih jenis kabel yang berikutnya adalah dengan memperhatikan tipe router milik Sedulur. Sebab, beberapa jenis router dengan harga murah hanya akan mendukung pengiriman data dalam jumlah tertentu. Maka, jika router Sedulur kurang mendukung, membeli jenis kabel LAN dengan kualitas baik pun akan sia-sia.

Nah itulah tadi penjelasan lengkap terkait jenis-jenis kabel LAN, serta fungsi dan tips memilihnya. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur, terutama yang tengah membangun jaringan kabel LAN berkaitan untuk kebutuhan koneksi internet atau telepon.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.