ikan oscar

Ikan oscar termasuk dalam salah satu jenis ikan hias yang saat ini sedang diminati oleh banyak orang, sebagai hiasan menarik di dalam akuarium rumah mereka. Walaupun masih jarang terdengar, namun ikan yang satu ini mempunyai karakteristik yang cerdik dan pintar selama berada di dalam akuarium. Sehingga ikatan emosional dengan penghuni rumah akan terjalin dengan baik.

Perlu untuk Sedulur ketahui, jika ikan ini adalah jenis ikan air tawar yang berasal dari lingkungan sungai Amazon. Ikan ini tidak seagresif ikan piranha, namun tetap saja tergolong sebagai ikan predator. Lalu ikan oscar makan apa? Makanannya adalah cacing, kelabang, kutu air, jangkrik, dan lain sebagainya. Tentu saja mudah kan untuk mendapat makanannya?

Nah, bagi Sedulur yang sedang mencari referensi tentang jenis ikan oscar yang bagus, maka berada di tempat yang tepat. Langsung saja, simak informasi yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: 15 Jenis Ikan Hias Air Tawar Cantik yang Mudah Dirawat

1. Red chili oscar

ikan oscar
ikanesia

Yang pertama, ada red chili oscar. Sama halnya seperti ikan arwana, karakter dari oscar warna merah ini juga terkenal dengan warnanya yang anggun dan juga indah. Karakter yang dimiliki oleh red oscar sendiri menghadirkan dua buah paduan warna yang berbeda. Yakni merah sebagai aksen warna utama, dan juga hitam sebagai warna gradasi.

Perpaduan antara warna merah dan juga hitam tersebut, terlihat sangat menyatu dan menghasilkan sebuah inspirasi menarik di dlama akuarium rumah Sedulur. Jika Sedulur suka dengan jenis oscar ini, maka disarankan untuk menempatkannya ke dalam akuarium yang disainnya minimalis. Jadi keindahan dari si ikan akan benar-benar nampak jelas.

2. Tiger oscar

ikan oscar
ikanesia

Tiger oscar menjadi salah satu variasi dari oscar ikan yang sangat populer di kalangan pecinta ikan hias. Hal ini karena pola tekstur di tubuhnya yang menyerupai pola harimau. Pola dari ikan tersebut, berada di bagian dekat ekor dan menutupi seluruh bagian tubuhnya. Itulah yang menjadi ciri khas dan keunikan yang dimiliki oleh tiger oscar.

Sama halnya seperti harimau, warna dasar dari tubuh jenis ikan ini adalah hitam. Kemudian untuk pola tekstur dengan bentuk seperti kolase tersebut adalah oranye. Biasanya, jenis oscar yang satu ini memiliki ukuran panjang tubuh antara 30 hingga 40 cm. Namun untuk beberapa kasus, ada juga yang panjangnya lebih dari 50 cm.

3. Blue oscar

ikan oscar
aquapedia

Jika Sedulur ingin memelihara ikan oscar dengan corak yang langka atau anti mainstream, maka jenis blue oscar bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Coraknya yang indah dan juga menarik, membuat siapa saja terpana ketika melihatnya. Pola dari ikan ini, mempunyai tekstur biru dengan persilangan warna merah yang cantik.

Walaupun warna merahnya tidak terlalu menonjol, namun justru itulah yang membuat keunikan pada warna ikan yang satu ini. Pada umumnya, karakter warna biru yang ada pada jenis blue oscar ini akan terlihat sangat esetik apabila cahaya di dalam akuarium rumah dibuat menjadi redup. Coba saja Sedulur buktikan jika tidak percaya.

BACA JUGA: Ragam Jenis Ikan Arwana, Ikan Hias Dengan Nilai Jual Termahal

4. Albino oscar

ikan oscar
ikanesia

Sesuai dengan namanya, ikan oscar albino mempunyai tekstur seperti halnya orang atau binatang dengan kulit albino, yakni putih pucat kemerah-merahan layaknya bentuk corak pada ikan mas. Biasanya karakter albino ini dikarenakan adanya corak kisi-kisi merah yang lebih dominan di bagian sisi tubuh sampai dengan siripnya.

Karena keunikan yang dimiliki olehnya, membuat harga ikan oscar albino ini sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis yang lain. Tentu saja ini membuatnya menjadi oscar fish yang langka dan diburu oleh para pecinta ikan hias.

5. White oscar

mascota

Jika sebelumnya albino, maka kini ada white oscar. Perlu diketahui, jika white oscar sendiri berbeda dengan jenis atau versi albino. Jenis oscar yang satu ini, cenderung memiliki tekstur berwarna putih murni layaknya ikan koi putih. Karakter dari warna putih yang ditampilkan tersebut, terlihat sangat menyatu dengan padu mulai dari sisi depan hingga sisi ekor ikan sehingga terlihat sangat menarik.

Jika Sedulut ingin menampilkan kesan yang indah, maka oscar putih ini dapat diletakkan di dalam akuarium dengan paduan lampu akuarium dengan warna yang nampak estetis. Misalnya saja seperti cyan dan magenta.

6. Black oscar

ikan oscar
aquapedia

Sederhana namun memiliki karakter yang kuat, itulah yang bisa Sedulur lihat dari tampilan black oscar. Jenis oscar yang satu ini, merupakan salah satu ikan berkulit gelap yang sangat indah dan juga unik. oscar ini mempunyai tekstur hitam yang pekat dengan adanya tambahan akses abu-abu ataupun jingga menyerupai jenis tiger oscar.

Walaupun demikian, tekstur dari black oscar ini benar-benar hitam sepenuhnya dengan akses oranye yang disembunyikan. Warna oranye tersebut, hanya benar-benar tipis bahkan hampir tidak nampak sama sekali. Jika dilihat secara singkat, maka yang terlihat hanya warna hitamnya saja.

BACA JUGA: 10 Jenis Ikan Koi Terpopuler, Harga & Tips Merawatnya

7. Green oscar

mascota

Apabila Sedulur ingin memiliki ikan dengan tampilan unik yang mengandung unsur mistis, maka green oscar adalah salah satu pilihan yang sangat menarik. Secara umum, ikan yang satu ini memiliki karakter menyerupai tiger oscar. Hanya saja tekstur hijau semacam lumut yang dimilikinya, membuat ikan tersebut terlihat sangat unik dan keren.

Harus Sedulur ketahui, jika perpaduan warna yang ada pada green oscar ini terdiri dari tiga jenis warna yakni hijau, hitam, dan juga kuning. Perpaduan warna tersebut, akan terlihat sangat menarik terutama dalam kondisi minim cahaya.

8. Florida oscar

aquapedia

Florida oscar termasuk salah satu varietas turunan dari oscar tiger dan juga oscar hitam, sehingga bentuk dan teksturnya sangat mirip. Walaupun berada di dalam satu varietas yang sama, namun oscar florida ini cenderung memiliki tekstur yang lebih mudah untuk dikenali. Karakter warnanya terlihat muda dan juga lembut, berbeda dengan oscar hitam dan juga oscar tiger.

Tambahan informasi, oscar florida ini memiliki alam hidup asli yang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan oscar hitam dan juga oscar tiger. Hal ini mengingat kemampuannya untuk hidup di alam liar yang dipenuhi oleh makanan-makanan yang berkualitas. Jadi jika Sedulur ingin memelihara jenis oscar ini, pastikan untuk selalu memberikan makanan ikan oscar yang baik.

BACA JUGA: 15 Jenis Ikan Molly Terfavorit Untuk Dipelihara di Rumah, Murah!

9. Lemon oscar

aquapedia

Sama tapi tidak serupa, ya itulah ungkapan yang cocok untuk jenis oscar lemon, juga oscar albino, dan oscar putih. Selain memiliki kemiripan dengan jenis oscar yang lain, ikan yang satu ini mempunyai karakteristik yang mirip dengan ikan lemon yang asli. Bahkan tidak hanya karakteristiknya saja yang mirip, namun faktor morfologinya juga sama.

Ya, lemon oscar ini merupakan ikan predator yang memiliki pergerakan sangat cepat ketika diletakkan di dalam sebuah akuarium. Oleh sebab itu, sangat tidak dianjurkan untuk menempatkan ikan ini dengan ikan hias yang lain dalam satu buah akuarium.

10. Veil tail oscar

aquapedia

Veil tail oscar adalah salah satu jenis oscar yang berbeda dengan jenis yang lain. Bahkan jika dilihat secara sekilas, bentuk dari ikan yang satu ini justru lebih mirip seperti ikan cupang dengan ukuran yang besar. Tentu saja ini adalah ikan yang tergolong unik kan?

Tidak hanya sekedar bentuknya yang menyerupai ikan cupang, namun ikan ini juga memiliki tekstur warna seperti cupang yakni hitam, putih, maupun kemerah-merahan. Pada umumnya, ekor dari jenis ikan ini ditutupi oleh garis tipis yang membentang. Nah, keindahan dari jenis veil tail oscar ini berasal dari bagian ekor tersebut.

BACA JUGA: 7 Jenis Ikan Cupang Termahal untuk Dipelihara, Tembus 25 Juta!

11. Oscar batik

ikan oscar
ikanesia

Banyak yang mengatakan jika varietas ikan oscar batik ini sangat mirip dengan jenis tiger oscar. Ya, itu memang benar, namun ada sedikit perbedaan di antara keduanya. Untuk jenis oscar batik ini, corak oranye lebih dominan ketimbang warna dasarnya yakni hitam. Sesuai dengan namanya, jenis oscar ini memiliki corak di area tubuh yang menyerupai corak kain batik.

12. Wild oscar

aquapedia

Nah, yang terakhir ada wild oscar, jenis paling alami jika dilihat dari bentuk sirip, ekor, maupun pola umumnya. Jenis oscar yang satu ini, mempunyai ciri khas tubuh yang berwarna hitam dengan garis kuning di bagian tubuhnya.

Di bagian pangkal ekor, ikan yang satu ini mempunyai garis dan bintik berwarna oranye. Untuk wild oscar anakan, bisa tumbuh sepanjang 10 hingga 15 cm. Sedangkan yang dewasa bisa mencapai 40 cm.

BACA JUGA: 6 Fakta Manfaat Ikan Koi, Bisa Bawa Keberuntungan!

Itulah beberapa jenis ikan oscar yang Sedulur jadikan sebagai referensi. Silahkan pilih salah satu jenis oscar yang paling disukai dan juga sesuai dengan minat.

Oh iya, jika Sedulur ingin memelihara lebih dari satu ikan oscar, maka disarankan untuk tidak menempatkannya dalam satu akuarium yang sama. Selain bisa berkelahi karena ini adalah ikan predator, mereka juga bisa saling berebut makanan.