Sedulur tertarik untuk memelihara ikan koi? Yuk simak daftar jenis ikan koi di bawah ini, beserta harga dan cara merawatnya.

Terdapat beberapa jenis koi yang biasa dipelihara oleh masyarakat, harga koi pun beragam. Jenis ikan koi dan harganya berbeda-beda, tergantung warna ikan koi dan keindahan yang dihasilkan. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas beberapa jenis ikan hias koi yang sering dipelihara oleh masyarakat.

Terdapat beberapa jenis ikan koi hias berdasarkan warnanya, ada ikan koi merah, ikan koi putih, ikan koi asagi, ikan koi shusui, ikan koi shiro, beberapa jenis ikan koi mahal lainnya. Ciri ciri ikan koi jenis koi langka biasanya ditandai dengan harga yang mahal dan warna yang menarik, salah satunya adalah jenis ikan koi chagoi.

Lantas, apa saja jenis ikan koi yang ada yang bisa dipelihara? Yuk, langsung saja kita simak ulasan dan pembahasannya di bawah ini. Sedulur wajib tahu sebelum memutuskan untuk merawat ikan koi.

-->

Baca Juga: Ternyata Ini 10 Manfaat Punya Hewan Peliharaan

Daftar Jenis Ikan Koi, Dari yang Populer Hingga Paling Mahal!

1. Ikan Koi Black Dragon

1. Ikan Koi Black Dragon
99.co

Jenis ikan koi yang pertama adala Koi Black Dragon. Ikan koi jenis ini merupakan ikan koi langka yang sangat jarang ditemui di dunia. Keunggulan dari koi black dragon adalah memiliki tubuh yang sempurna tanpa cacat. Ditambah lagi dengan corak warna yang unik dan menarik, membuat ikan koi jenis ini memiliki harga yang fantastis.

Dalam sebuah kegiatan di Jepang bernama Momotaro Farm, pernah diadakan lelang untuk ikan koi black dragon yang mencapai Rp 2.9 miliar. Harga yang fantastis untuk sebuah ikan hias rumah, yang konon dapat membawa keberuntungan ini. Harga yang sangat sepadan dengan kelangkaan dan keindahan dari ikan koi jenis ini.

2. Ikan Koi Sanke

2. Ikan Koi Sanke
gerava.com

Jenis ikan koi yang kedua adalah ikan koi sanke. Ikan koi jenis ini tidak selangka ikan koi black dragon. Terdapat ciri khas dari ikan koi sanke, yaitu terdapat pola jenis warna yang sama dengan corak yang berbeda-beda. Ikan koi sanke bisanya didominasi dengan warna merah dan hitam.

Terdapat juga beberapa pola warna dengan sentuhan warna putih, hitam dan merah. Salah satu nilai dan kelebihan dari ikan koi jenis ini terletak pada pola abstrak warna dan perpaduan warna merah, hitam dan putih yang menarik. Jenis ikan koi satu ini pernah dibanderol dengan harga Rp. 20 juta untuk satu ekor ikan koi sanke.

Baca Juga: 10 Jenis Tanaman yang dijadikan Aromaterapi + Manfaatnya

3. Ikan Koi Kohaku

3. Ikan Koi Kohaku
masfikr.com

Salah satu jenis ikan koi yang umum dipelihara adalah ikan koi kohaku. Ikan koi ini berasal dari peternak ikan koi di Jepang. Warna yang elegan, perpaduan dari warna putih dan merah menjadi ciri khas dari ikan koi jenis ini. Keunikan dan kombinasi warna serta corak yang abstrak merupakan keunggulan dari jenis ikan koi satu ini.

Pada tahun 2010 yang lalu, di ajang pelelangan ikan koi Niigata, Jepang, ikan koi kohaku pernah terjual dengan harga senilai Rp 1.1 miliar. Harga yang sangat fantastis untuk ukuran ikan hias. Selai sebagai hobi, ikan koi juga bisa dijadikan investasi yang menguntungkan.

4. Ikan Koi Asagi

4. Ikan Koi Asagi
jualikankoi.co.id

Jenis ikan koi termahal selanjutnya adalah ikan koi asogi. Ikan koi ini sangat unik, berbeda dengan jenis ikan koi yang telah dibahas sebelumnya. Yaitu, terdapat corak warna silver pada ikan koi asogi. Hal tersebut juga yang menjadi kelebihan dan keunggulan dari ikan koi jenis ini.

Sementara itu, untuk sirip dan kepala ikan koi asogi didominasi dengan warna merah, kuning dan putih. Membuat ikan koi jenis ini memiliki perbedaan khusus dari jenis tekstur dan warna dari jenis ikan koi lainnya. Ikan koi asogi dihargai sekitar Rp. 5 juta untuk setiap satu ekornya. Memelihara ikan koi merupakan hobi yang sangat mahal.

5. Ikan Koi Dainichi Showa

5. Ikan Koi Dainichi Showa
medium.com

Jenis ikan koi selanjutnya adalah ikan koi dainichi Showa, ikan koi jenis ini juga tidak kalah mahal dengan ikan koi jenis lain, hal tersebut dikarenakan corak warna yang dimiliki ikan koi jenis ini. Banyak pecinta ikan koi dan yang memelihara ikan koi ingin memiliki ikan koi jenis ini kara corak warna yang unik.

Jangan kaget mendengar harga ikan koi satu ini untuk satu ekornya. Untuk satu ekor ikan koi dainichi showa, dibanderol dengan harga Rp 100 juta. Banyak pecinta ikan koi yang rela menjual aset dan menggunakan tabungannya untuk dapat memiliki ikan koi satu ini.

6. Ikan Koi Ginrin Showa

6. Ikan Koi Ginrin Showa
ikankoi.org

Tidak kalah fantastis dengan ikan koi lain, ikan koi ginrin showa juga memiliki harga satu ekornya sekitar Rp 425 juta. Ikan koi jenis ini selalu mengikuti kompetisi Supreme Championship Nasional di jepang dan selalu keluar sebagai pemenang di tahun 1976, 1977, 1979 dan 1980. Presetasi tersebut yang membuat ikan koi jenis ini memiliki harga yang sanga fantastis. Untuk corak warna, jangan ditanya lagi. Sedulur tidak perlu meragukan keindahan ikan koi satu ini.

7. Ikan Koi Blue Showa

7. Ikan Koi Blue Showa
goodminds.id

Dalam sebuah pelelangan ikan koi di Farm Dainichi Koi di Jepang, ikan koi blue showa mencapai harga Rp 700 juta untuk setiap ekornya. Hal tersebut dikarenakan keunikan dari abstraksi warna ikan koi jenis ini, selain itu terdapat hal menarik lain yang menjadi kelebihan dan keunggulan dari ikan koi blue showa.

Ikan koi jenis ini merupakan ikan koi dengan pertumbuhan yang cepat. Ikan koi blue showa dapat tubuh setiap tahunnya hingga 40 cm, hal tersebut merupakan salah satu keunggulan dari ikan koi jenis ini.

8. Ikan Koi Bekko

8. Ikan Koi Bekko
golakoi.com

Variasi warna pada jenis ikan koi satu ini adalah warna merah hitam, kuning hitam, oranye hitam, dan silver hitam. Kolaborasi dan variasi warna yang unik, yang berbeda dengan jenis ikan lainnya membuat ikan koi satu ini sangat mahal, setiap ekornya dibanderol dengan harga Rp 10 juta.

Selain itu, ikan koi jenis ini juga bisa mencapai ukuran 80 cm ketika dewasa, ukuran yang sangat besar untuk ukuran ikan hias dan sekaligus merupakan keunikan dari ikan koi jenis ini.

9. Ikan Koi Maruten Kohaku

9. Ikan Koi Maruten Kohaku
ekor9.com

Jenis ikan koi pernah terjual dengan harga yang mencapai miliaran untuk satu ekornya. Kata maruten dalam bahasa Jepang berarti mahkota, hal tersebut dikarenakan ikan koi satu ini memiliki corak warna pada tubuhnya yang seperti mahkota. Ikan koi ini sangat identik dengan Jepang, karena jika polanya berwarna merah dan berbentuk bulat, akan sangat mirip dengan bendera Jepang.

10. Ikan Koi Tancho

10. Ikan Koi Tancho
jualikankoi.com

Jenis ikan koi yang terakhir adalah ikan koi tancho, jenis ikan koi satu ini tergolong jenis ikan koi kohaku. Banyak legenda dan cerita rakyat yang melibatkan ikan koi tancho, hal tersebut yang membuat banyak masyarkat Jepang menghormati ikan koi satu ini. Ciri khas ikan koi tancho adalah ada corak bulat berwarna merah di bagian kepalanya, sebagaimana bendera Jepang itu sendiri.

Semoga daftar jenis dari ikan koi yang telah dijelaskan di atas bisa memberi gambaran bagi Sedulur yang hendak memelihara ikan koi. Walaupun harganya sangat fantastis, Sedulur bisa memulai dengan memelihara ikan koi dengan harga yang normal terlebih dahulu. Sedulur juga bisa mulai menabung dari sekarang.

Agar Sedulur dapat menabung secara optimal dan maksimal, Sedulur bisa menyerahkan urusan dapur dan kebutuhan sehari-hari dengan membeli barang di Aplikasi Super. Barang dengan kualitas terbaik dan harga yang super murah bisa membuat Sedulur menabung lebih banyak.

Sedulur bisa klik di sini untuk cek kelengkapan barang dari Aplikas Super. Sedulur juga bisa download Aplikasi Super dengan klik di sini, agar bisa melakukan transaksi hanya dengan melalui smartphone saja.