fungsi tuba fallopi

Dalam hal reproduksi wanita, fungsi tuba fallopi itu sangatlah penting. Seperti yang telah kita tahu, hampir setiap wanita menginginkan keturunan. Akan tetapi, adanya beberapa kondisi yang menyebabkan wanita susah hamil menjadi penghalang akan keinginan tersebut.

Salah satu dari kondisi yang dimaksud adalah tuba fallopi yang tersumbat. Tuba fallopi sendiri menjadi tempat berjalannya sel telur dari ovarium ke harim. Jika saluran tersebut tersumbat, maka sperma tidak bisa bertemu dengan sel telur dalam rahim. Sehingga, proses pembuahan pun tidak bisa terjadi.

Nah, bagi Sedulur yang penasaran, berikut ini penjelasan mengenai fungsi dari tuba fallopi beserta beberapa hal lain tentang organ tersebut.

BACA JUGA: Ini 16 Cara Mengatasi Telat Datang Bulan agar Tidak Hamil

Apa itu tuba fallopi?

fungsi tuba fallopi
pixabay

Tuba fallopi merupakan saluran dengan diameter sekitar 1 cm dan panjang sekitar 10-13 cm. Saluran tersebut menghubungkan antara indung telur (ovarium) dengan rahim.

Seperti yang tadi sudah dikatakan, peranan tuba fallopi dalam sistem reproduksi wanita ini sangat penting. Jika terjadi masalah pada organ tersebut misalnya saja ada penyumbatan, maka seorang wanita tidak bisa hamil.

Apa fungsi tuba fallopi?

fungsi tuba fallopi
pixabay

Setiap organ dalam tubuh manusia itu pasti memiliki fungsinya masing-masing. Nah, selain mengangkut sel telur dari ovarium menuju rahim, fungsi tuba fallopi adalah sebagai berikut.

Berperan dalam transportasi ovum

Sel telur yang diambil oleh fiambre, akan ‘disapu’ ke arah rahim. Proses yang satu ini diarahkan dengan gerakan peristaltik dan silia, yang mana merupakan kontraksi ritmik otot-otot tuba.

Berperan dalam transportasi sperma

Sperma akan bergerak keluar dari rahim menuju ke dalam tabung dan bertemu dengan sel telur untuk dibuahi.

Menjaga sperma

Jika berada di luar rahim, sperma itu mudah mati, bahkan tidak sampai 60 menit. Namun dengan tuba fallopi, sperma bisa bertahan selama 3 sampai 5 hari.

Berperan dalam pembuahan

Dalam bagian ampula dari tuba fallopi, juga sering terjadi pertemuan antara sel sperma dan sel ovum. Hal ini memungkinkan terjadinya fertilisasi atau pembuahan.

Berperan dalam transportasi embrio

Sel telur yang telah dibuahi akan bergerak menuju rahim. Jika kemudian tertanam dalam rahim, maka sel tersebut akan terus berkembang hingga akhirnya menjadi kehamilan rahim.

Tuba fallopi tersumbat

fungsi tuba fallopi
pixabay

Ada sekitar 25% sampai 30% wanita yang mengalami masalah pada kesuburannya, salah satunya adalah penyumbatan pada tuba fallopi. Jika hal itu terjadi, maka organ kewanitaan tersebut kurang bisa berfungsi dengan baik.

Mengkutip dari Medical News Today, tuba fallopi yang tersumbat itu bisa membuat wanita susah hamil. Hal ini karena sperma dan sel telur tidak bisa bertemu. Maka dari itu, penting bagi Sedulur untuk tahu penyebab dari penyumbatan tuba fallopi tersebut.

BACA JUGA: Garis Hasil Test Pack Samar, Apakah Pasti Pertanda Hamil?

Penyebab tuba fallopi tersumbat

fungsi tuba fallopi
pixabay

Ada beberapa hal yang bisa membuat tuba fallopi tersumbat dan mengakibatkan wanita susah untuk hamil. Adapun penyebab yang paling umum dari masalah tersebut adalah sebagai berikut.

Penyakit radang panggul

Banyak wanita yang mengalami masalah tuba fallopi tersumbat karena penyakit radang panggul. Biasanya, kondisi semacam ini terjadi karena terdapat infeksi di bagian reproduksi wanita seperti ovarium, uterus, dan serviks. Hal itu membuat tuba fallopi serta ovarium terluka sehingga terjadi penyumbatan.

Perlengketan usus

Perlengketan usus biasanya terjadi karena infeksi, operasi, maupun endometriosis. Selain itu, usus yang terinfeksi bisa juga dikarenakan oleh radang usus buntu kronis, lalu pecah. Cairan yang keluar menjadi lengket, hingga akhirnya menyumbat.

Hidrosalping

Umumnya, gangguan fungsi tuba fallopi ini terjadi karena adanya cairan yang menyumbat sehingga terjadi infeksi. Selain itu, kondisi ini juga dapat dipicu oleh beberapa hal, mulai dari peradangan sampai efek samping dari prosedur bedah di sekitar area organ reproduksi wanita.

Tanda-tanda saluran tuba falopi tersumbat

fungsi tuba fallopi
pixabay

Ada beberapa gejala atau tanda-tanda yang muncul ketika fungsi tuba fallopi terganggu. Umumnya, wanita yang mengalami masalah ini akan merasa nyeri ringan di seluruh atau satu sisi di bagian perut. Namun tidak hanya itu, ada juga beberapa gejala lain, di antaranya:

  • Rasa sakit atau nyeri jadi makin meningkat.
  • Keputihan yang terlihat tidak biasa dan sangat berbau.
  • Merasakan sakit ketika berhubungan seksual.
  • Merasakan sakit pada saat buang air kecil.
  • Pada saat menstruasi, perut terasa makin nyeri.
  • Sakit yang disusul dengan demam tinggi.

Efek pada kesuburan

fungsi tuba fallopi
pixabay

Saluran tuba alias tuba fallopi yang tersumbat itu menjadi penyebab umum kemandulan (infertilitas). Hal ini berkaitan erat dengan fungsi tuba fallopi sebagai tempat bertemunya sel sperma dan sel telur untuk pembuahan.

Jika tabung tersumbat, maka akan mencegah mereka untuk bertemu dan bergabung. Bila kedua tuba tersumbat sepenuhnya, tentu saja kehamilan tanpa pengobatan tidak mungkin bisa terjadi. Namun jika saluran tuba tersumbat sebagian, masih ada potensi untuk hamil. Hanya saja, risiko kehamilan ektopik pun meningkat.

BACA JUGA: Kalkulator dan Cara Menghitung Kehamilan yang Benar & Tepat

Prosedur penanganan tuba fallopi tersumbat

pixabay

Untuk mengatasi penyumbatan tuba fallopi, biasa dilakukan prosedur non-bedah rekanalisasi tuba fallopi (FTR). Berikut ini penjelasan secara lebih lanjut.

Monitoring

Rongga rahim akan dimonitor dengan menggunakan kamera sinar-X untuk mendapatkan histero-salpingogram (HSG). Pada HSG tersebut, dokter akan memasukkan pewarna ke dalam rahim serta saluran tuba. Pewarna itu akan membantu dokter untuk melihat lebih banyak bagian dalam saluran tuba.

Sonohisterografi

Metode yang satu ini, adalah dengan menyuntikan larutan garam (saline) ke bagian dalam rahim. Penyuntikan dilakukan melalui serviks selama ultrasonografi, sehingga bagian dalamnya membengkak dan kelainan pun bisa dilihat dengan lebih mudah.

Laparoskopi

Tabung penglihatan kecil bernama laparoskop akan dimasukkan ke dalam rongga panggul melalui sayatan kecil di bagian bawah pusar. Laparoskopi ini memungkinkan dokter untuk melihat rahim, ovarium, dan saluran tuba secara langsung.

Histeroskopi

Apabila terdeteksi kelainan di dalam rahim, maka dokter akan memeriksa rahim dengan menggunakan sebuah tabung penglihatan bernama histeroskop. Tabung tersebut dimasukkan melalui vagina ke dalam rahim.

Tes darah

Terkadang dokter juga melakukan tes darah dengan tujuan untuk memeriksa antibodi terhadap klamidia. Adanya antibodi ini, akan menunjukkan infeksi klamidia di masa lalu yang bisa saja menyebabkan masalah kemandulan.

Setelah itu, maka akan ditentukan apakah ada penyumbatan yang terletak di salah satu maupun kedua saluran tuba atau tidak. Kemudian kateter yang lebih kecil, dimasukkan melalui kateter pertama, lalu ke dalam tuba untuk membersihkan penyumbatan.

Tingkat keberhasilan prosedur penanganan tuba fallopi tersumbat

pixabay

Bisa dibilang jika prosedur penanganan ini memiliki keberhasilan hingga 90 persen. Setelah proses selesai, Sedulur bisa membuka paling tidak satu tuba fallopi kembali yang tersumbat. Walaupun begitu, fungsi tuba fallopi bisa kembali normal.

Apa wanita dengan satu tuba fallopi masih bisa hamil?

pixabay

Dikutip dari Mayo Clinic, Yvonne Butler Tobah, M.D., seorang OB-GYN berbasis di Rochester, menjelaskan jika wanita yang hanya memiliki satu tuba fallopi itu masih punya kesempatan untuk bisa hamil. Dr. Butler Tobah juga menambahkan jika hal ini bisa saja terjadi, jika:

  • Saluran tuba yang tersisa dalam kondisi yang benar-benar sehat dan berfungsi normal.
  • Mempunyai siklus menstruasi bulanan (ovulasi).
  • Masih mempunyai setidaknya satu ovarium yang berfungsi dengan baik.

Masalah tuba fallopi selain penyumbatan

pixabay

Ya, masalah yang paling umum terjadi pada tuba fallopi itu memang penyumbatan, yang bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti endometriosis, fibroid rahim, infeksi menular seksual, dan juga penyakit radang panggul.

Akan tetapi, mengutip dari sebuah studi dalam jurnal bertajuk RadioGraphics, ternyata ada beberapa masalah lain yang bisa terjadi pada tuba. Beberapa di antaranya seperti TB (tuberkulosis) tuba fallopi, torsi tuba fallopi, actinomycosis tuba, dan juga tumor pada tuba fallopi.

Sama halnya seperti penyumbatan tuba fallopi, rata-rata masalah tersebut memiliki kemungkinan untuk menghambat terjadinya kehamilan.

Pengangkatan tuba fallopi

pixabay

Pengangkatan tuba fallopi merupakan prosedur operasi yang melibatkan pengangkatan tuba, baik itu salah satu atau keduanya. Operasi ini disebut dengan salpingektomi dalam dunia medis. Jadi operasi tersebut dianjurkan untuk wanita dengan kondisi medis seperti berikut.

Kanker

Jenis kanker yang memerlukan proses salpingektomi, seperti kanker ovarium, kanker tuba fallopi, dan kanker pada organ reproduksi wanita lainnya. Selain tuba, kemungkinan dokter juga akan mengangkat rahim, serviks, ovarium, serta kelenjar getah bening di sekitar organ reproduksi.

Kehamilan ektopik

Kehamilan ektopik adalah kondisi di mana sel telur yang sudah dibuahi tumbuh di luar rahim (umumnya di tuba).

Endometriosis

Endometriosis bisa terjadi jika jaringan dinding rahim tumbuh di bagian luar rahim.

Tuba fallopi tersumbat

Selain pembersihan penyumbatan, pengangkatan tuba mungkin saja dianjurkan untuk mengatasi gangguan kesuburan tersebut.

Nah, itulah beberapa hal mengenai pengertian, masalah, hingga fungsi tuba fallopi yang mungkin saja belum Sedulur ketahui. Selain fungsi rahim, peranan tuba ini ternyata juga penting, kan? Walaupun cukup jarang wanita yang mengalami masalah pada organ ini, namun tetap saja bisa menghambat kehamilan.

Ya, menjaga kesehatan saluran tuba itu tidak bisa dilewatkan. Jadi mulai dari sekarang, Sedulur harus terus menjaga kesehatan organ reproduksi, ya. Sedulur bisa melakukannya dengan cara rutin memeriksakan diri ke dokter.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.