mengatasi telat datang bulan agar tidak hamil

Jika pasangan suami istri sedang menginginkan buah hati, maka hal yang paling ditunggu adalah telat datang bulan yang dialami oleh istri. Apalagi jika Sedulur termasuk aktif secara seksual, tentunya mengalami telat datang bulan bisa menjadi suatu pertanda akan kehamilan. Namun, jika pasangan belum merencanakan atau menundanya, pastinya akan mencari cara untuk mengatasi telat datang bulan agar tidak hamil.

Pada dasarnya, siklus menstruasi merupakan sesuatu yang kompleks. Jadi, mengalami telat menstruasi bukan menjadi suatu tanda akan adanya janin di dalam rahim. Namun, jika hal tersebut sedang mengganggu pikiran, berikut adalah cara untuk mengatasi telat datang bulan agar tidak hamil.

BACA JUGA: 6 Ciri Keputihan Tanda Hamil dan Hal yang Harus Diwaspadai

1. Kunyit

jamu telat datang bulan paling ampuh
pixabay

Salah satu jenis tanaman obat ini memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh dan wajah. Selain itu, kunyit juga memiliki sifat menghangatkan yang mana diklaim ampuh sebagai cara mengatasi telat datang bulan agar tidak hamil. Cara untuk mengonsumsinya adalah dengan minum air rebusan kunyit.

-->

Hormon yang tidak seimbang dapat diatur dengan mudah dengan meminumnya. Selain itu, kunyit juga memiliki sifat anti inflamasi dan antispasmodic yang bisa mengatasi kram serta berbagai permasalahan pencernaan.

2. Mengonsumsi vitamin C

obat telat datang bulan di apotik
pixabay

Selain untuk menjaga daya tahan tubuh terutama pada musim yang tidak menentu ini, vitamin C atau asam askorbat juga diklaim bisa mengatasi telat menstruasi secara alami. Hormon progesteron akan menurun, dan hormon estrogen akan meningkat. Sehingga rahim akan terdorong untuk berkontraksi dan lapisan rahim akan meluruh.

Meskipun begitu, belum ada bukti ilmiah yang mengatakan bahwa vitamin C dapat mengatasi telat datang bulan agar tidak hamil. Jika ingin mencobanya, biasakan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti buah jeruk, brokoli, tomat, paprika, buah beri, atau berbagai macam merk suplemen vitamin C.

BACA JUGA: Perhatikan 19 Ciri Ciri Hamil Sebelum Telat Haid, Jarang Disadari

3. Minum teh jahe

obat mengatasi telat datang bulan agar tidak hamil
pixabay

Minum teh jahe secara teratur dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan. Mulai dari menyehatkan jantung, menjaga kadar gula darah, sampai mengatasi telat haid. Meskipun belum ada penelitian ilmiah yang membuktikannya, namun teh jahe diklaim sebagai salah satu jamu telat datang bulan paling ampuh.

Rahim akan mengalami kontraksi, sehingga akan mendorong untuk meluruhkan lapisannya. Tambahkan kayu manis atau madu agar cita rasa teh jahe semakin enak dan lezat.

4. Melakukan diet

diet
pixabay

Berat badan yang terlalu rendah atau berlebihan bisa menjadi salah satu penyebab menstruasi terhambat. Untuk membuat berat badan menjadi normal dan ideal lagi, lakukanlah diet dengan menjaga pola makan yang dikonsumsi.

Diet bisa menjadi opsi yang menyehatkan tubuh di samping mengonsumsi obat telat datang bulan di apotik. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan melakukan olahraga secara teratur. Tak lupa untuk selalu istirahat yang cukup dan minum air putih agar terhindar dari stres.

BACA JUGA: 15 Cara Mencegah Kehamilan yang Efektif Setelah Berhubungan

5. Adas

cara mengatasi telat haid agar cepat haid
pixabay

Tanaman yang biasanya digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan ini ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi telat datang bulan agar tidak hamil, lho. Hal ini disebabkan karena adas memiliki suatu zat yang bisa secara efektif meningkatkan aliran darah. Nyeri akibat datang bulan juga dapat mereda bila mengonsumsinya karena adanya sifat antispasmodic.

6. Kayu manis

jamu telat datang bulan di indomaret
pixabay

Salah satu rempah yang memiliki aroma khas ini memiliki efek menghangatkan, sama seperti kunyit. Dengan adanya efek tersebut, maka bisa digunakan sebagai cara mengatasi telat datang bulan agar tidak hamil. Adanya kandungan hydroxychalcone di dalam kayu manis juga bisa membantu kadar insulin menjadi teratur.

BACA JUGA: 10 Manfaat Yogurt Untuk Ibu Hamil & Kesehatan Janin

7. Biji ketumbar

obat telat datang bulan paling manjur di apotik
pixabay

Biji ketumbar merupakan salah satu rempah yang memiliki berbagai kandungan nutrisi seperti serat, antioksidan, vitamin C, dan vitamin B. Untuk mengatasi telat datang bulan agar tidak hamil, rebus beberapa sendok teh biji ketumbar.

Kemudian, saring rebusan tersebut sampai tidak ada ampas yang tertinggal. Minum ekstrak biji ketumbar tersebut sebanyak tiga kali dalam sehari agar siklus menstruasi menjadi teratur.

8. Lidah buaya

cara mengatasi telat haid 2 bulan
pexels

Terkenal sebagai pelembab alami wajah, ternyata lidah buaya juga bisa berfungsi sebagai pelancar datang bulan. Cara mengatasi telat haid agar cepat haid dengan menggunakan lidah buaya adalah mencampurkan daging lidah buaya segar dengan madu. Kemudian, konsumsi campuran tersebut sebelum sarapan setiap hari, selama 3 bulan.

Siklus menstruasi yang kacau akan kembali lancar karena adanya zat untuk menyembuhkan yang ada di dalam lidah buaya. Perlu diingat, jangan memakan campuran lidah buaya tersebut ketika sedang mengalami menstruasi, ya.

BACA JUGA: Fakta Nanas Muda Bisa Sebabkan Keguguran Kehamilan, Mitos?

9. Cuka apel

Cuka apel
pexels

Produk yang terbuat dari fermentasi sari buah apel ini bisa membantu Sedulur untuk mengatasi terlambat menstruasi. Caranya adalah dengan meminum 1-2 sendok makan cuka apel. Menstruasi akan menjadi teratur setelah mengonsumsinya. Selain mengatasi telat haid agar tidak hamil, cuka apel juga bisa membantu untuk menurunkan berat badan.

10. Peterseli

Peterseli
pixabay

Biasanya, peterseli atau parsley adalah tanaman yang digunakan sebagai garnish atau hiasan makanan. Namun, siapa sangka bahwa ia juga bisa membantu untuk mengatasi telat datang bulan agar tidak hamil. Hal ini dikarenakan adanya zat myristicin dan apiol yang bisa merangsang kontraksi pada uterus.

Dengan adanya kontraksi tersebut, maka siklus menstruasi bulanan akan bisa terjadi secara lancar. Cara untuk mengonsumsinya adalah dengan menggiling peterseli dan mencampurnya dengan air. Minum ekstrak peterseli tersebut secara rutin agar hasil yang didapatkan dapat terlihat.

BACA JUGA: Begini 8 Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut

11. Saffron

Saffron
pexels

Rempah yang berasal dari timur ini ternyata berguna sebagai cara mengatasi datang bulan agar tidak hamil. Untuk mengonsumsinya cukup mudah, yaitu dengan minum air rebusannya sebanyak tiga kali dalam satu hari. Lakukan setiap hari sampai hasilnya terlihat.

12. Pepaya mentah

mengatasi telat datang bulan agar tidak hamil Pepaya mentah
pixabay

Pepaya mentah atau pepaya muda biasanya dijadikan sebagai lalapan atau campuran pada sayur. Buah berbentuk lonjong dan berkulit hijau ini ternyata bisa digunakan sebagai cara mengatasi telat haid 2 bulan yang cukup efektif. Hal ini dikarenakan adanya zat dalam pepaya mentah yang bisa membuat otot rahim berkontraksi. Sehingga, menstruasi dapat dengan mudah terinduksi dan akan menjadi kembali lancar.

Selain digunakan sebagai pelancar menstruasi, pepaya mentah juga bisa membantu untuk mempercepat penyembuhan luka karena adanya zat papain di dalamnya. Namun, perlu diingat bahwa kamu harus bisa mengonsumsinya secara tidak berlebihan meskipun berbagai manfaat terkandung dalam pepaya mentah. Ibu hamil juga sebaiknya menghindari konsumsi pepaya mentah karena bisa memicu kontraksi pada rahim.

13. Biji wijen

mengatasi telat datang bulan agar tidak hamil Biji wijen
pexels

Biji wijen biasanya digunakan sebagai taburan hidangan, seperti odading, onde-onde, ataupun salad. Namun, tanaman yang berasal dari Timur Tengah ini ternyata ampuh untuk mengatasi telat datang bulan agar tidak hamil. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan meminum air rebusan wijen saat perut kosong di pagi hari.

Hal ini diklaim mampu untuk mengatur siklus menstruasi agar selalu tepat waktu. Perlu diingat bahwa Sedulur jangan mengonsumsinya dalam jumlah yang terlalu banyak. Hal ini dapat menyebabkan panas dalam tubuh akan meningkat. 

BACA JUGA: Amankah Yakult Untuk Ibu Hamil? Ini Faktanya

14. Kompres atau mandi dengan air hangat

mengatasi telat datang bulan agar tidak hamil mandi air hangat
pixabay

Jika Sedulur sedang mencari cara yang tepat untuk mengatasi masalah menstruasi selain membeli obat telat datang bulan paling manjur di apotik, cukup dengan mandi air hangat saja. Dengan rutin melakukannya, maka stress akan mereda, otot akan menjadi tenang, serta haid tidak akan telat lagi. Dengan meletakkan kompres hangat di perut, maka haid akan menjadi lancar karena aliran darah yang meningkat.

15. Menggunakan pil KB

mengatasi telat datang bulan agar tidak hamil
halodoc

Pil KB memang dikenal sebagai cara untuk mencegah kehamilan. Namun, Pil KB ternyata juga bisa digunakan sebagai obat mengatasi telat datang bulan agar tidak hamil. Dengan meminum pil KB selama 6 bulan secara tepat dan teratur, maka haid akan menjadi kembali lancar, seperti yang dikutip dalam Health Direct milik Kementerian Kesehatan Australia.

BACA JUGA: Ini Tanda Kehamilan 1 Minggu Setelah Berhubungan, Jarang Disadari

16. Kiranti

obat pengurang sakit datang bulan
blibli

Satu lagi cara untuk mengatasi terlambat menstruasi, yaitu dengan mengonsumsi Kiranti secara benar dan tepat. Kiranti mengandung berbagai bahan alami seperti asam jawa, kunyit, jahe, pandan, gula jawa, dan berbagai bahan herbal lainnya. Sehingga, haid akan menjadi lancar serta tubuh juga akan menjadi segar. Jamu telat datang bulan di indomaret ini juga bisa menghilangkan bau badan yang kurang sedap dan meringankan sakit pada persendian, lho.

Itu dia belasan cara untuk mengatasi telat datang bulan agar tidak hamil. Perlu diperhatikan bahwa jangan terlalu berlebihan mengonsumsi berbagai bahan tersebut. Karena, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik bagi tubuh. Jika ternyata cara diatas tidak berhasil, maka lakukan tes kehamilan atau konsultasikan ke dokter kandungan untuk mendapatkan hasil yang pasti.