Faring adalah

Dalam mempelajari sistem pernapasan, Sedulur akan menemukan salah satu organ bernama faring. Apa itu faring? Faring adalah tabung fibromuskular yang terdapat persis di depan tulang leher. Organ ini mengadakan komunikasi dengan rongga hidung, rongga telinga tengah, dan laring.

Secara umum, faring tidak hanya berfungsi dalam sistem pernapasan saja, melainkan juga pada sistem pencernaan. Organ yang seringkali digunakan untuk menyebut tenggorokan bagian atas ini juga memiliki fungsi untuk membantu manusia dalam berbicara.

Bagaimana informasi mengenai fungsi faring yang dimiliki manusia ini? Simak informasi selengkapnya di bawah ini, ya!

BACA JUGA: Sistem Pernapasan Pada Manusia: Organ, Proses & Cara Kerja

Faring adalah

faring adalah
IDFakta

Faring merupakan nama lain dari tenggorokan bagian atas, berupa tabung yang terletak di belakang mulut dan rongga hidung, dan menghubungkan keduanya ke trakea (batang tenggorokan). 

Dalam pengertian lain, faring adalah organ yang memiliki bentuk seperti tabung panjang atau lorong berotot, terbentang dari hidung hingga ke sistem pencernaan. Organ ini menghubungkan area mulut dan hidung menuju kerongkongan dan laring karena terletak di tengah leher dengan panjang sekitar 11,5 cm.

Fungsi faring dalam sistem pernapasan manusia adalah menyalurkan aliran udara dari hidung dan mulut, ke trakea. Secara umum, organ ini dibagi menjadi tiga bidang, yaitu faring nasal untuk mengadakan komunikasi dengan rongga hidung, faring oral untuk mengadakan komunikasi dengan rongga paru-paru, dan faring laryngeal untuk mengadakan komunikasi dengan epiglotis dari laring dan menuju ke esofagus.

Anatomi faring adalah

faring adalah
sekolahan.co.id

Telah disebutkan sebelumnya, faring memiliki tiga bagian penting. Ketiga bagian faring tersebut, yaitu: 

1. Nasofaring

Merupakan bagian atas tenggorokan yang terhubung ke rongga hidung. Bagian ini berfungsi sebagai tempat masuknya udara.

2. Orofaring

Merupakan bagian tengah tenggorokan yang terhubung ke rongga mulut. Bagian ini berfungsi sebagai tempat masuknya udara, makanan, atau cairan ke dalam tubuh.

3. Laringofaring

Laringofaring atau sering disebut dengan hipofaring merupakan bagian yang terletak di bawah tenggorokan dekat laring (kotak suara). Bagian ini berfungsi untuk mengatur masuknya udara ke paru-paru, serta mengatur makanan dan cairan masuk ke kerongkongan.

BACA JUGA: Sistem Ekskresi: Pengertian, Organ, Fungsi & Penyakitnya

Fungsi faring pada sistem pernapasan manusia 

faring adalah
iStock

Sebenarnya, faring tidak hanya berfungsi pada sistem pernapasan saja, melainkan juga pada sistem pencernaan. Pada sistem pernapasan, faring memiliki peran dalam membawa udara dari rongga hidung untuk masuk ke trakea.

Sementara dalam sistem pencernaan, faring memiliki peran dalam mengantarkan makanan dan minuman dari rongga mulut ke kerongkongan. Selain itu, faring juga berperan dalam pelafalan bicara karena karena otot-otot di organ tersebut dapat bergetar dan menghasilkan suara. 

Berikut adalah ulasan mengenai fungsi faring tersebut.

1. Berperan sebagai jalur masuknya udara 

Fungsi utama faring dalam sistem pernapasan adalah menjadi jalur masuknya udara. Keberadaan isthmus di dalam faring dapat membuat manusia bisa bernapas melalui hidup ataupun mulut.  

Faring juga memiliki sel-sel yang mampu mencegah masuknya kuman-kuman melalui udara ke saluran napas. Hal tersebut tentu saja menjadikan faring sebagai jalur masuknya udara yang sangat penting untuk menuju ke saluran napas. 

2. Membedakan jalur antara udara, air, dan makanan 

Pada bagian ujung faring, terdapat epiglotis yang berfungsi untuk mencegah masuknya udara ke sistem pencernaan. Epiglotis ini juga berperan dalam pencegahan makanan dan minuman yang akan memasuki saluran udara. Pemisahan saluran atau jalur ini sangat penting karena seseorang bisa tersedak saat makan dan berisiko menyebabkan kematian.

BACA JUGA: Pengertian Organ Tubuh Manusia Beserta Jenis & Fungsinya

3. Membantu menelan dan mendorong makanan  

Fungsi faring berikutnya adalah menelan dan mendorong makanan ke kerongkongan. Hal ini karena faring memiliki otot yang mampu mengangkat organ tersebut untuk membantu menelan makanan, serta otot yang dapat mendorong makanan dan minuman untuk turun ke usus. 

4. Menjaga tekanan udara agar seimbang 

Keberadaan saluran eustachius yang terhubung dari faring dan gendang telinga bagian tengah berfungsi untuk menjaga keseimbangan tekanan udara di gendang telinga. Ketika tekanan udara tidak seimbang, maka sistem pendengaran akan mengalami gangguan dan rasa tidak nyaman. 

5. Membantu proses bicara

Beberapa konsonan memiliki pengucapan yang dibantu dengan faring. Hal ini karena faring merupakan organ dengan bentuk seperti rongga tertutup yang bisa berubah-ubah menyesuaikan struktur ototnya. 

Udara dapat melalui faring saat menuju ke bagian kotak suara atau laring. Ketika pita suara bekerja untuk membuat suara, maka faring akan berperan dalam memperkuat suara dan memberikan suara pada kata pertama serta mendorong suara agar keluar dari mulut.

BACA JUGA: Berbagai Fungsi Hati Sebagai Organ yang Perlu Diketahui

Masalah kesehatan yang mempengaruhi kondisi faring adalah

faring adalah
iStock

Ada beberapa masalah kesehatan yang dapat mempengaruhi kondisi faring. Beberapa masalah tersebut, yaitu: 

  • Peradangan pada saluran pendengaran, yakni gangguan yang menyebabkan sakit telinga maupun gangguan pendengaran. 
  • Faringitis, yakni peradangan pada faring. 
  • Sleep apnea, yakni gangguan tidur yang mungkin disebabkan oleh kelainan pada faring. 
  • Tonsillitis, yakni terjadinya infeksi pada amandel.
  • Kanker, yakni meliputi kanker nasofaring, kanker orofaring, dan kanker hipofaring. 
  • Disfagia, yakni kesulitan menelan yang disebabkan karena kelemahan otot, kerusakan saraf, atau suatu penyakit. 
  • Infeksi, adanya infeksi bakteri dan virus bisa menimbulkan rasa sakit dan peradangan di organ tenggorokan. 

Nah, dari informasi di atas dapat diketahui bahwa pada sistem pernapasan fungsi faring adalah menjadi jalur masuknya udara. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang sedang mempelajari ilmu Biologi. Semangat belajar, ya! 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.