fungsi hati

Salah satu parameter yang menunjukkan kondisi tubuh seseorang adalah dari fungsi hati. Pasalnya, organ yang termasuk dalam organ pencernaan ini memiliki fungsi yang vital untuk menjaga kesehatan setiap manusia.

Hati atau yang juga disebut dengan liver ini memiliki banyak fungsi vital. Apabila ada gangguan dan kerusakan major di organ ini, siklus kehidupan seseorang juga ikut terkena imbasnya.

Supaya lebih peka dan Sedulur lebih memperhatikan kesehatan, berikut ini adalah list tentang fungsi utama hati. Selain itu, ada juga beberapa gangguan dan penyakit yang akan menyerang tubuh apabila organ ini bermasalah.

BACA JUGA: Kadar Kolesterol Normal dan Penyakit yang Bisa Ditimbulkan

-->

Fakta tentang hati

Fakta tentang hati
Unsplash

Di dalam tubuh, organ ini terletak di bagian kanan atas rongga perut. Lebih tepatnya berada di bawah diafragma dan di bagian kanan lambung.
Liver juga disebut sebagai organ terbesar dalam sistem pencernaan. Berwarna merah kecoklatan, organ yang berada di dalam tulan rusuk ini beratnya adalah sekitar 1,5 kilogram.

10 fungsi utama hati bagi tubuh bisa berjalan maksimal karena terlibat dengan banyak sistem tubuh lainnya. Misalnya sistem saraf, kantong empedu, hingga getah bening.

1. Membersihkan darah

fungsi hati dalam islam
Unsplash

Fungsi hati ekskresi yang paling utama adalah untuk membersihkan darah dari kandungan berbahaya. Mulai dari racun, alkohol, dan obat-obatan karena konsumsi yang cukup sering. Hati akan berperan untuk mengubahnya menjadi molekul yang larut dalam air dan dikeluarkan melalui air kencing.

2. Mengganti sel darah merah yang tua

Sumsum tulang secara reguler memproduksi sel darah merah yang bisa bertahan kurang lebih 100 hari hingga 120 hari. Lebih dari itu, sel darah merah sudah dikategorikan tua dan harus dikeluarkan dari tubuh.

Dalam hal ini, fungsi hati adalah menghancurkan sel darah merah tua dan diubah menjadi bilirubin yang nantinya akan disaring ginjal hingga akhirnya dikeluarkan lewat urin. Proses ini yang membuat warna urin kekuningan.

Apabila Sedulur mengalami tanda tanda gangguan fungsi hati, bilirubin akan menumpuk. Hal ini yang memicu gangguan kesehatan lainnya seperti penyakit kuning. Apabila mata dan kulitmu menjadi kekuningan, segera periksakan ke dokter untuk bisa segera ditangani.

BACA JUGA: Sistem Ekskresi: Pengertian, Organ, Fungsi & Penyakitnya

4. Memproduksi zat penting untuk tubuh

fungsi hati pencernaan
Unsplash

Selain membersihkan tubuh dari zat beracun, fungsi hati pencernaan yang tak kalah penting adalah diproduksinya zat esensial. Misalnya saja protein khusus dan kolesterol yang dapat membawa lemak ke tubuh. Tujuannya adalah adalah untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh,

Selain itu, protein yang dihasilkan hati bisa membantu proses pembekuan darah dan meningkatnya sistem kekebalan tubuh. Tak berhenti di situ, hati juga memberikan kebaikannya untuk memproduksi hormon yang membantu pertumbuhan anak. Selain itu, cairan empedunya penting ketika memproses pencernaan makanan.

5. Memproduksi kolesterol & hormon baik

Kolesterol tidak selama buruk. Ada juga lemak baik yang memang kehadirannya dibutuhkan untuk menyeimbangkan tubuh. Misalnya saja untuk membantu menghasilkan vitamin D dan asam empedu demi memudahkan pencernaan lemak. Hati secara alami memproduksi triliserida, kolesterol, dan protein lain yang akan dialirkan ke darah.

6. Memudahkan proses pencernaan makanan

Salah satu cairan yang bisa mempermudah proses pencernaan makanan adalah empedu. Cairan ini juga bisa membantu menetralkan lambung yang asam. Hati lah yang punya peran penting untuk memproduksinya.

BACA JUGA: 12 Penyakit Menular Seksual: Ciri, Penyebab & Pengobatannya

7. Metabolisme protein

tanda tanda gangguan fungsi hati
Unsplash

Fungsi hati lainnya yang tak kalah penting terjadi saat proses metabolisme protein. DI proses ini, amonis akan diubah menjadi urea dan dikelarkan bersama dengan urin.

8. Menyimpan nutrisi dan energi cadangan

Selain memproduksi zat yang esensial untuk tubuh, hati juga bisa membantu menyimpankan cadangan nutrisi dan energi. Glikogen yang ada di dalan tubuh diubah menjadi glukosa dan dikeluarkan saar kadar dalam tubuh sedang rendah. Ada juga vitamin A, vitamin B12, vitamin D, vitamin K, zat besi dan asam folat yang disimpan dan dikeluarkan saat dibutuhkan tubuh sewaktu-waktu.

Penyakit yang sering menyerang fungsi hati

Tanda fungsi hati terganggu & bermasalah
Unsplash

Akibat gaya hidup tidak sehat serta didukung oleh faktor internal dan eksternal lainnya, akan selalu ada kemungkinan tubuh diserang oleh penyakit yang menyerang hati. Berikut ini adalah kondisi dan keadaan yang menjaadi tanda bila hatimu mengalami gangguan dan kerusakan.

BACA JUGA: Penyakit Muntaber: Kenali Gejala dan Cara Mengobatinya

1. Hepatitis

Virus yang menyebar dan menginfeksi tubuh bisa menjadi faktor terjadinya peradangan pada liver. Beberapa contoh di antaranya adalah hepatitis A, hepatitis B, dan hepatitis C.

2. Sirosis hati

Konsumsi minuman beralkolhol maupun penyalahgunaan obat terlarang secara berlebihan bisa membuat fungsi hati terganggu. Salah satu penyakit yang menyerang adalah sirosis hati atau penyakit hati berlemak.

3. Kanker hati

Tumor yang ganas dan berubah menjadi kanker bisa menyerang hati. Kondisi ini bisa terjadi saat sel di hati bermutasi membentuk tumor. Kanker di organ tubuh lain yang sudah menyebar juga bisa ikut membuat fungsi hati jadi terganggu.

4. Hemochromatosis

Salah satu faktor lain yang membuat seseorang mengidap penyakit adalah dari gen. Hemochromatosis atau kelebihan zat besi ini bisa membuat tubuh teracuni. Kanker, ketidakteraturan denyut nadi, dan sirosis hati adalah salah satu hal yang bisa jadi faktor pemicunya.

Tanda fungsi hati terganggu & bermasalah

Penyakit hati
Unsplash
  • Kulit terkesan lebih kuning
  • Mata terlihat kekuningan
  • Sakit perut dan bengkak
  • Bengkak di tungkai
  • Bengkak di pergelangan kaki
  • Kulit gatal
  • Warna urine gelap
  • Warna feses pucat
  • Kelelahan berlebihan
  • Mual dan muntah
  • Kehilangan selera makan
  • Tubuh mudah memar

Makanan yang membantu & memelihara fungsi hati

Makanan yang membantu & memelihara
Unsplash

1. Sayur-sayuran

Kol, brokoli, dan pakcoy adalah sayuran yang punya manfaan untuk memelihara liver. Kandungan seperti carotenoid, flavonoid, dan sulforaphane memang sangat baik untuk organ ini. Selain itu, kale yang kaya akan sulfur juga bisa membantu proses detoksifikasi tubuh.

2. Oatmeal

Lemak jahat juga perlu dikurangi jumlahnya di dalam tubuh. Maka dari itu, perbanyak konsumsi oatmeal yang bisa menyerap lemak ini.

3. Kacang-kacangan

Vitamin E di dalam tubuh baik untuk melindungi hati dari penyakit berbahaya. Maka dari itu, Sedulur sangat disarankan untuk mengonsumsi beragam jenis kacang-kacangan.

4. Buah berry

Ada beberapa jenis buah berry yang bisa dikonsumsi untuk menjaga performa hati. Misalnya saja stroberi, raspberry, dan cranberry. Polifenol dan antosianin adalah zat yang dapat menghambat pertumbuhan kanker hati yang sekaligus berperan sebagai antioksidan.

5. Rempah

Rempah-rempah yang sering dipakai menjadi bumbu dapur memiliki zat yang dapat membuat zat racun di tubuh secara alami. Siufat antiviral, antibakteri, dan antiradangnya juga memberikan manfaat kepada hati dan organ lainnya.

Setelah mengetahui fungsi hati dalam Islam yang esensial dalam kelangsungan hidup seseorang, Sedulur pasti bisa lebih menjaga kondisi organ vital ini. Ubah gaya hidupmu dan konsumsi makanan sehat supaya livermu bisa tetap berfungsi dengan baik.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.